Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet Perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan untuk mengakses internet

dan fungsinya, antara lain adalah : 1. Komputer 2. Modem 3. Saluran Telepon (Line Telepon), TV Kabel, ISDN, Handphone 1. KOMPUTER Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi berikut:

Processor merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.

RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB

Harddisk digunakan untuk media penyimpanan secarmagnetik. Harddisk minimal 10GB data

VGA card

Merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB.

Monitor Merupakan perangkat output.

2. MODEM

M

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain: Modem Dial Up ( Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL)

Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu: 1) Modem Internet Modem Internet merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps. Keuntungan menggunakan modem internal, antara lain adalah : a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis

5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Sebelum dapat terkoneksi dengan internet.b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel. • Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber line) ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL. • Modem Kabel (Cable Modem) Modem Kabel (Cable Modem). Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua . maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider). 2) Modem Eksternal Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Keuntungan modem eksternal: a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain b) Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem. kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2. Kelemahan dari modem eksternal: a) Harga lebih mahal dari pada modem internal b) Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas. Sedangkan kelemahan modem internal. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik. sebagai berikut: a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.

Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel 4. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.bagian untuk suara dan data. ISDN ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data. TV Kabel Selain saluran telpon. Basic Rate Inteface (BRI) 2. Layanan akses modem kabel dapat melalui jaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya. Handphone Saluran Telepon (Line Telepon) Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Modem CDMA 5. indosat. Modem 3GP 6. Satelit. dan mynet. serta merupakan transmisi system telepon analog ke system digital. yaitu: 1. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Jenis modem 1. suara. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP (Network Service Provider). Agar dapat menggunakan modem kabel. Saat ini. Saluran Telepon (Line Telepon). misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet. untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. computer harus dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP. Di dalam ISDN terdapat dua jenis pelayanan. TV Kabel. Modem GSM 7. ISDN. linknet. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu. Primary Rate Interface (PRI) Satelit . karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah. centrin. Modem ADSL 3. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital 2.

Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP. IPCOP. pengiriman data multimedia ke komputer. XORP atau Quagga. Handphone Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP. ROUTER Router adalah sebuah komputer yang mempunyai perangkat lunak dan perangkat keras yang khusus untuk keperluan routing dan penyampaian paket di jaringan komputer seperti Internet. NVRAM. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. . melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus. seperti Cisco IOS atau Juniper Networks JUNOS dan JUNOSe atau Extreme Networks XOS). E. Router yang sederhana dan murah banyak digunakan di kantor kecil. Router biasanya mempunyai sistem operasi khusus.VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Saat ini. notebook dan handheld computer. Selain WAP. dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 Kbps. Sering kali router jenis ini di bangun menggunakan komputer biasa menggunakan perangkat lunak open source yang banyak dapat di ambil secara bebas di Internet. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9. Beberapa jenis perangkat lunak ini adalah Untangle. SmoothWall. dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service). biasanya juga di lengkapi memori RAM. sehingga memungkinkan akses internet. Untuk router dengan kecepatan tinggi biasanya membutuh satu atau beberapa proses yang khusus. rumah atau WARNET.6 Kbps. terdapat 3G (Third Generation) pada telepon seluler berbasis CDMA (Code Division Multiple Access). dan flash memori untuk menyimpan data. GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps.

Umumnya router kecil seperti tampak pada gambar merupakan salah satu jenis router yang banyak digunakan terutama di rumah. Router yang besar besar. terutama di kota-kota besar. ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yangdiperkuat. Passive hub hanya bertindak sebagai kotak sambungan.Sebuah hub bisa active atau passive. seperti Cisco CRS-1 atau Juniper T1600 digunakan untuk menyambungkan antar ISP. antara kantor dan Internet.Hub adalah central utnuk topologi star dan . Sementara untuk ISP atau RT/RW-net di Indonesia lebih banyak digunakan komputer kecil RouterBoard yang sudah mempunyai antenna diluarnya dengan sistem operasi Mikrotik. sebuah laptop yang biasanya sudah mempunyai peralatan WiFi di dalamnya dapat langsung tersambung ke Internet tanpa kabel. Akses point tersebut merupakan base station pusat dari sebuah jaringan HotSpot yang banyak kita dapati di restoran atau hotel. di kantor atau di sekolah untuk menggunakan secara bersama sebuah sambungan akses Internet agar dapat digunakan oleh banyak komputer sekaligus. Beberapa router jenis ini sudah di produksi di dalam negeri seperti UFOAkses. Dengan adanya jaringan HotSpot. atau digunakan di dalam ISP. iamembagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruhnetwork. Active hub bertindak sebagairepeater. Sementara router yang kecil dapat digunakan untuk memberikkan sambungan jaringan bagi beberapa komputer di kantor kecil atau rumah. Kebanyakan router kecil ini biasanya sudah di lengkapi dengan Akses Point yang tampak berupa antenna yang mencuat di belakang router tersebut. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer danmentransmisikannya ke komputer yang lain. Hub Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuahcentral connection point untuk komputer pada network.Salah Satu Contoh Router Router dapat digunakan untuk memberikan sambungan di dalam kantor. dan di dalam Internet Service Providers (ISP).

Daripada melewatkan packet ke semua port. Switch Biasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN token star. diagnostic) Kekurangannya. membutuhkan kabel tersendiri untuk berjalan. menawarkan feature yang fault.(Ethernet.tolerance (isolasi kerusakan) memberikan manajemen service yang. Gambarannya adalah seperti ini : . switchdapat secara drastis mengurangi traffic network.Kapabilitas yang disediakan hub central utnuk topologi star dan mengijinkancomputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah. Dalam switch biasanya terdapat routing. hub cukup mahal. hubmenyediakan kemampuan berikut:. Token Ring. penghilangan atau pemindahan.Kapabilitas yang disediakan hub-------------------------------Fungsi tambahan selain sebagai central connection point. FDDI).Switch adalah hub pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukantujuan MAC address dari packet. dan akan mematikan seluruh network jika ia tidak berfungsi.workstation.mengijinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah.memfasilitasikan penambahan.routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukankoneksi dengan komputer lain dalam LAN.Switch memelihara daftar MAC address yang dihubungkan ke port-portnyayang ia gunakan untuk menentukan kemana harus mengirimkan paketnya. Berfungsi untukmenghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satudengan komputer yang lain. menambah jarak network (fungsi sebagai repeater).tersentralisasi (koleksi informasi.switch secara umum lebih cepat daripada sebuah router. Karena ia beroperasi pada MAC address bukan pada IP address.menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda.Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Jadi. switch meneruskannya ke port dimana ia dialamatkan.

kualitas sinyal) fisik suatu segmen jaringan. B. Contohnya.Repeater A.PENGERTIAN REPEATER (bekerja pada Physical Layer) Digunakan untuk mengatasi keterbatasan (jarak. Dapat juga digunakan untuk menggabungkan beberapa segmen suatu jaringan yang besar (misalnya Ethernet to Ethernet) Namun dalam membangun jaringan fisik yang besar.KARAKTERISTIK . perlu diperhatikan bahwa aturan panjang kabel maksimum tidak dapat dilampaui dengan menggunakan repeater ini. kabel coaxial 50 ohm pada Ethernet hanya bisa total sampai 2.3 km dan batasan ini tidak dapat diatasi dengan menggunakan repeater.

Bersih dan meningkatkan transmisi digital 5.Jaringan analog menggunakan amplifier untuk meningkatkan sinyal 6.CARA KERJA .Atenuasi 3. atau memanipulasi data 8.1.langi Repeater sinyal 4.Lapisan fisik (lapisan 1) Perangkat C.Panjang kabel yang digunakan mempengaruhi kualitas komunikasi 2.Repeater hanya bekerja dengan sinyal fisik 7.Tidak dapat memformat. mengubah ukuran.

secara sangat sederhana adalah dengan melihat area dari lokasi tsb dengan mata kita.daya pancar repeater. atau Bukit . Memperkirakan jarak jangkau repeater. maka hampir dapat dipastikan. maka bag rx aktif. Seringnya repeater diletakkan disuatu lokasi yang tinggi misalnya di puncak Gunung. ( Line Of Sight ) Mengingat keterbatasan daya pandang. bila yang terlihat sangat luas. sensitivitas. dapat saja coveragenya lebih jauh dari pandangan kita. Antennanya pun di instalasikan ditower yang cukup tinggi.antennanyapun ditinggikan lagi yang biasanya diletakkan diatas tower sehingga jangkauan pancaran akan lebih jauh.ektivitas . dan pancaran tsb dapat diterima oleh HT lain dilapangan pada Frekwensi receive HT ( B ) Demikian pula saat HT lain mengudara untuk menjawab atau memanggil prosedur tsb kembali berulang Repeater pada umumnya diletakkan disuatu tempat ketinggian . Peformance sebuah repeater dipengaruhi pula oleh . sampai sanalah area yang dapat dicover oleh repeater itu. Semakin tinggi letak repeater. maka akan lebih jauh pula daya jelajahnya. serta sel.Saat PTT HT Ditekan ( ia akan memancar pada Freq A ) Bag RX repeater (frequency :A) menerima informasi dari radio HT tsb. sejauh mata kita memandang. dan COR akan langsung menggerakkan bag transmit (TX ) yang secara bersamaan informasi yang diterima tsb dipancarkan kembali oleh bagian TX ( B).

. Dan jika alamat tujuan berada dalam segmen yang sama dengan alamat asal.Khusus terhubung media yang berbeda 4.Jangan serius mempengaruhi kinerja jaringan 3.dari repeater itu sendiri. Cara Kerja Bridge: Setelah mengetahui ke segmen mana paket akan disampaikan. maka paket akan di-forward ke semua segmen yang terkoneksi. Table ini berfungsi untuk menentukan ke segmen mana paket akan di route dan menyediakan kemampuan filtering. Bridge juga melanjutkan paket-paket broadcast ke semua segmen kecuali segmen asalnya.KEUNTUNGAN 1.Tidak dapat mengurangi lalu lintas jaringan d.KEKURANGAN 1.Token Ring dan Ethernet 3. Bridge bekerja dengan mengenali alamat MAC asal yang mentransmisi data ke jaringan dan secara otomatis membangun sebuah table internal. Untuk meningkatkan kekuatan pancaran. kecuali segmen alamat asalnya. D. bridge akan menolak paket.Tidak dapat terhubung jaringan yang berbeda arsitektur 2. maka digunakan pula Antenna dengan penguatan ( gain ) yang besar. selain meletakkan repeater pada tempat yang tinggi.Tembaga untuk serat E. bridge bekerja pada layer data-link dari model OSI.Memperpanjang jarak fisik jaringan 2. Bridge Bridge adalh perangkat jaringan yang digunakan untuk memecah jaringan yang besar. bridge melanjutkan pengiriman langsung ke segmen tersebut jika bridge tidak mengenali alamat tujuan paket.

Media yang umum digunakan. Disebut juga sebagai Network Adapter. atau informasi pengecekan kesalahan. terbagi menjadi dua jenis. • Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis. yakni I/O yang dipetakan ke memori. sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile). pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiberoptic). yakni: • Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. atau Thicknet. Token Ring. yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik. bus PCI. Contohnya adalah Ethernet. antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e). NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik. PCMCIA. NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB. serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface). bus EISA. atau memory yang digunakan bersama-sama. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address. yang dapat berupa TwistedPair (UTP atau STP). bus paralel atau Express Card. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet. dan lainnya. Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis. atau bus PCI Express. yang dapat berupa kartu dengan bus ISA. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard. 100 Megabit/detik. Thinnet.Network Card Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. bus serial. kabel fiber-optic. 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase. Jenis NIC yang beredar. Direct Memory Access (DMA). dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. bus MCA. sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet). Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC . Contohnya adalah NIC Ethernet. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. atau gelombang mikro (jika menggunakan radio/jaringan tanpa kabel). atau radio (jika memang tanpa kabel). Token Ring. sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan. NIC fisik NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer. Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode. dan NIC yang bersifat logis. yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. pensinyalan. yang mengandung alamat. khusus untuk kabel tembaga). yakni NIC yang bersifat fisik. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda. Proses pembuatan frame ini.

Saat ini beredar di pasaran adalah access point yang telah dilengkapi dengan raouter di dalamnya yang biasa disebut wireless router. diinstalasikan di dalam firmware. atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi. Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi. Biasanya berbentuk kotak kecil dengan 1 atau 2 antena kecil. Gambar network card Access Point (AP) Digunakan untuk melakukan pengaturan lalulintas jaringan dari mobile radio ke jaringan kabel atau dari backbone jaringan wireless client/server. harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX. . terinstalasi secara default. Peralatan ini merupakan radio based.secara langsung. berupa receiver dan transmiter yang akan terkoneksi dengan LAN kabel atau broadband ethernet. dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). NIC logis NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows.

tidak perlu bertanya ke konfigurator sebelumnya.com. satu buah jenis wireless Access Point (AP) dan sebuah lagi Wireless Cable/DSL Router. tapi gunakan wifi device yg anda miliki. kalo antena AP yg anda beli bagus alias untuk outdoor.. Fungsi access point adalah sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client.Fungsi Acces Point Fungsi Access Point ibaratnya sebagai Hub/Switch di jaringan lokal. wajan bolic. langsung saja timbul rasa penasaran untuk melakukan konfigurasi AP. Repeater. yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga anda. dkk. bisa tidak. di access point inilah koneksi internet dari tempat anda dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio. Fungsi utama ACSESS POINT adalah menyediakan akses jaringan wifi. ada passwordnya. cari cara untuk melakukan reset ke default factory setting di google. semakin tinggi kekuatan sinyal(ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya. baik itu sebagai AP.. . . karena tidak dapat fee dari vendor dan memungkinkan exploitasi menjadi lebih mudah oleh pengakses ilegal yang ada di area sekitar kantor he.. Kedua perangkat ini sudah lama tidak difungsikan secara optimal. jadi gk usah beli mahal2 AP hanya untuk menangkap sinyal.. password default telah berganti. AP-Client. banyak tutorial yg menjelaskan bagaimana membuat penguat sinyal untuk wifi device USB.. Konfigurasi acces point Ada dua buah perangkat wireless. dapat beberapa informasi dari forum/milis. Model dan merk perangkat wireless tidak disebutkan.. dll. setelah dicoba akhirnya konfigurasi AP kembali ke setting awal. Konfigurasi pertama dilakukan terhadap AP. Ya.. ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau.. ada antena kaleng.. apakah bisa terdeteksi? Bisa ya. he. sedangkan AP rata2 menggunakan antena indoor..

Client Bridge Mode 3. selanjutnya ada keinginan untuk menyiapkan sebuah komputer untuk dijadikan sebuah server yang akan menyediakan fungsi untuk: 1. kemudian klik sumbit. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access (WPA) 3. Mencatat log/history akses 6. Proses upgrade dapat dilakukan secara mudah. dalam waktu kurang dari satu menit proses upgrade selesai dan firmware baru langsung terpasang. Repeater Mode AP dan Komputer Server Saat ini AP telah berfungsi dengan baik dan benar. Pengelolaan akses 3. Access Point (fungsi default) 2. Kabel UTP . Pengelolaan authentifikasi 5. beberapa konfigurasi dilakukan. Menyediakan fitur billing 1. diantaranya dengan: 1. Pengelolaan user 2. masukkan file firmware update. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses 4. Proxy dan Firewall 4. Langsung saja cari firmware terbaru untuk AP di website vendor. Reset ke default factory setting dilakukan sesuai rekomendasi Vendor yang ada di file README. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server 2. Firmware yang di download berbentuk file executable. jalankan file tersebut akan melakukan decompress dan menghasilkan file README dan firmware update. AP tidak memberikan IP sesuai dengan alokasi yang ditentukan. yaitu DHCP server dapat berfungsi dengan baik dan tersedianya fasilitas tambahan/baru yaitu perangkat wireless sekarang fungsinya menjadi tiga jenis: 1. bahkan dengan upgrade firmware akan ada fungsi tambahan atau baru. Upgrade firmware memberikan hasil yang sangat memuaskan.Interface untuk mengatur setting AP dilakukan dengan memasukkan alamat IP perangkat AP melalui browser. Ternyata sudah ada beberapa release terhadap firmware lama yang ada di AP. download firmware versi terakhir. misalnya meski DHCP server telah diatur. Upgade Firmware Biasanya perangkat yang mempunyai firmware semacam AP akan menyediakan upgrade firmware untuk melakukan perbaikan. dsb Beberapa konfigurasi yang dibuat tidak bekerja dengan baik. yaitu langsung dilakukan melalui browser.

Kabel UTP terdiri dari delapan Pin Warna (seperti gambar disamping). Kekurangan kabel UTP yaitu rentan efek interferensi elektromagnetic yang berasal dari media atau perangkat lainnya. yaitu: 1.Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ). setiap pasang di pisahkan oleh lapisan pelindung. yaitu kabel straight-through digunakan untuk menghubungkan sebuah hub dgn switch dan kabel cross-over digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer secara peer to peet tanpa hub dan switch. Media dan ukuran konektor kecil 4. pada prakteknya pada administrator jaringan banyak menggunakan kabel ini sebagai media yang efektif dan dapat diandalkan. Kabel Koaksial Kabel koasial terdiri atas konduktur silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Panjang Kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek). Kabel UTP mempunyai beberapa karakteristik. secara Fisik terdiri atas empat pasang kawat medium. Akan tetapi. Kabel UTP mempunyai banyak keunggulan. selain itu mudah dipasang. Dimana terdapat dua tipe kabel yang umum. Kabel koaksial dapat di gunakan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh. 2. ukurannya kecil dan harganya lebih murah dibandingkan media lain.100 Mbps 2. Biaya rata-rata per node murah. . 3. Kecepatan dan keluaran 10 .

Pada umumnya. Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain. tetapi jangkauannya sangat terbatas dan keandalannya juga sangat terbatas.Kabel UTP (Unshielded twisted Pair). konektor penghubung dengan bentuk huruf T sebagai penyambung antara tiga konektor BNC . Kabel koaksial pada umumnya digunakan pada topologi bus dan ring. Media-media itu antara lain adalah sebagai berikut: 1.Kabel Fiber Optic.RJ-45. kabel jenis ini bisa dibilang sangat mahal. Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan utk transmisi-transmisi modulasi.Kabel Coaxial. Kabel ini sangat popular untuk LAN karena memiliki bandwith yang lebar. Kecepatan dan keluaran 10 . Diameter yang besar memilik transmisi panjang dan menolak noise. kemampuan jangkauan kabel max 500M. Media dan ukuran konektor medium 4. Mempunyai kelebihan diantaranya harganya lebih murah dan juga dipakai untuk membuat topologi star. tetapi perbedaannya pada STP adalah memiliki lapisan Alumunium Foil sehingga tidak akan terlalu terpengaruh pada efek listrik. 3. Biaya Rata-rata per node murah 3. dan juga tidak akan cepat rusak. Merupakan jenis kabel yang terbuat dari fiber. Kekurangannya jenis kabel ini tidak terlalu kuat terhadap pengaruh efek listrik. Kabel koaksial mempunyai beberapa karakteristik. Sekarang. Jaringan itu adalah gabungan dari beberapa komputer dengan media jaringan serta protokol jaringan sehingga antar komputer bisa saling bertukar informasi.100 MBps 2. menggunakan cahaya sebagai pengirim paket data. Perkabelan .Kabel STP (Shielded Twisted Pair). . Contoh kabel koaksial dalam kehidupan sehari-hari yaitu: kabel tv.Kabel koaksial memiliki ukuran beragam. . thin10Base5 yang biasanya digunakan untuk kabel backbone pada instalasi jaringan antar gedung.BNC. Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium) Jaringan dengan menggunakan kabel koaksial merupakan jaringan dengan biaya rendah. Kabel Fiber Optik Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke bawah. apa saja media untuk jaringan itu??? Media jaringan merupakan media yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dan yang lain sehingga antar komputer dapat melakukan pertukaran informasi. Digunakan untuk topologi Bus dan Ring. kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung. Tetapi untuk harga. konektor penghubung untuk dipasang pada kabel UTP atau STP . Nama Lain dari Kabel ini adalah "thicknet". 2.TBNC. Harga lebih mahal dari UTP. Konektor . . konektor penghubung untuk dipasang pada kabel Coaxial . sama dengan kabel UTP. Tidak akan terpengaruh oleh efek listrik. Harga relatif rendah. yaitu : 1. kemampuan jangkauan kabel max 100M. sehingga dapat Anda gunakan untuk komunikasi broadband (multiple channel).

Menjadikan bentuk media wireless ini belum begitu banyak diminati oleh masyarakat.jpg&imgrefurl=http://elisaeliary.Switch. tetapi karena berbagai alasan. Karena transmisnya yang menggunakan cahaya. 6. Thin coax Mulai ditinggalkan.bp. Pelaksanaan menggunakan kabel ini juga relative lebih mudah. Berikut grafik yang menjelaskan prosentase penggunaan berbagai tipe media yang mendukung jaringan komputer beserta keuntungan dan kerugian dari masing-masing media / backbone tersebut. konektor adalah Penghubung suatu perangkat dengan perangkat lainnya.blogspot. 2. Tidak ada kabel yang harus dimonitor terus menerus kondisi fisiknya.Hub. Multimode fiber Fiber Multi Mode (MM) mulai banyak digunakan oleh berbagai perusahaan sekarangsekarang ini.blogspot. Tetapi kecepatan yang ditawarkan sangat rendah. (lihat bagian topology network). Selain harus dipertimbangkan kesulitan untuk menyambung Single Mode Fiber apabila karena sesuatu hal putus ditengah jalan. seperti pengembangan dari jaringan yang sudah ada. Single Mode fiber Media ini banyak dipakai untuk transmisi serat optic yang membutuhkan jarak tempuh yang jauh antar aktif device. Selain adanya issue mengenai keamanan data yang sangat perlu diperbaiki standarisasinya. mengirimkan paket data ke seluruh komputer sehingga semua komputer akan mendapatkan paket data yang dikirim si pengirim. 5. Pengerjaan media jenis ini sangat sulit dan membutuhkan keahlian khusus oleh orang-orang yang bersertifikasi (sebaiknya). tetapi dengan kapasitas jarak antar benua.co. disamping berbagai kerugian lain melihat dari topologi yang dibentuk oleh media jenis ini. 4. Sangat cocok sekali untuk perusahaan yang melakukan distribusi penghitungan yang tinggi kapasitasnya. karena kecilnya biaya perawatan. NIC (Network Interface Card). kecepatan transfer data tetap karena yang dituju adalah satu tujuan 4. devices (perangkat) tambahan yang ada dalam komputer agar bisa digunakan untuk jaringan. Baik kerusakan kabel karena tikus atau bencana alam.id/imgres? imgurl=http://1. Sekitar 20% dari traffic internet di dilayani oleh Fiber Optic jenis ini.google. kecepatan transfer data dibagi-bagi sesuai dengan jumlah komputer yang ada misalkan jumlah kecepatan transfer data 100Mbps dalam lab itu ada 10 komputer jadi untuk kecepatan transfer data ke masing-masing komputer itu adalah 10Mbps . 3. Media ini menawarkan kecepatan yang tinggi seperti bandwith fiber optic pada umumnya. 1. http://www.3. Category 5 UTP category 5 dan 5e sampai sekarang merupakan media kabel utama yang paling banyak dipakai karena harganya relatif lebih murah dan banyak terdapat di pasaran. Terminal . pengeboran lepas pantai dan tempat-tempat yang keras iklimnya sehingga membutuhkan terminasi kabel utp yang dilengkapi dengan pelindung.com/&h=400&w=400&sz=27&tbnid=Y N611poIIGRuZM:&tbnh=124&tbnw=124&prev=/images%3Fq%3Dgambar %2Bkonektor&zoom=1&q=gambar+konektor&hl=id&usg=__X816Jfj9glp2FmA_5uQHoQ5c9U=&sa=X&ei=dgf2TLGsCYjQrQfg5JiRBw&ved=0 . Sehingga instansi-instansi khusus saja yang membutuhkan media ini sebagai media transmisi. Misalnya pada kapal laut. Akan tetapi mahalnya alat-alat active devicenya masih menjadi momok. tempat untuk memasukkan konektor dari kabel ke komputer. karena tingginya bandwith dan kecepatan yang ditawarkan oleh passive device jenis ini.com/_Wb5XVZGw7YQ/SwUG1K7dFFI/AAAAAAAA ABA/ET5F-TnYpAk/s1600/konektor-rj45. mengirimkan paket data langsung ketujuan yang dituju pengirim. Misalnya digunakan oleh ISP (penyedia jasa internet) yang mempunyai jalur khusus ke-gateway-gateway dunia. Shielded Twisted Pair (STP) Media ini banyak dipakai untuk kondisi-kondisi khusus. maka produksi kabel jenis ini masih terus di butuhkan. Wireless Penggunaan media ini sangat menjanjikan untuk masa kini dan mendatang. Selain dari ketahanannya terhadap intervensi gelombang listrik.

wordpress.us/img460/7334/handbookimg61sy.firdaus.id/files/images/DSC_4832-kabel-pita-10-konektor2x5. Sebenarnya Power connector ini lebih dominan dimiliki pada form factor ATX. Daya pada power supply 430W dan 500W.preview. Jadi Connector ini mempunyai 2 kelebihan. bisa pada m otherboard yang membutuhkan 20 pin atau 24 pin.google. baik dengan 20 dan 24 pin konektor.jpg&imgrefurl =http://denypbg. Tetapi sekarang sudah jarang PC yang menggunakan PSU jenis AT. Connector ini bisa dilepas lagi pada bagian 4 connector terakhir untuk motherboard yang mengggunakn 20 pin. 3.co. 20/24 Pin Power Connector. MOLEX Power Connector. Jenis power connector ini adalah connector yang menghubungkan antara PSU dengan motherboard.CBcQ9QEwAAhttp://www.firdaus.or.id/imgres? imgurl=http://img460.or.ac.imageshack.google.com/2008/03/27/tipekonektor/&h=335&w=738&sz=18&tbnid=OQ563w148Nq_cM:&tbnh=64&tbnw=14 1&prev=/images%3Fq%3Dgambar %2Bkonektor&zoom=1&q=gambar+konektor&hl=id&usg=__YX0ay29w51jkngBqSnQUEjIhLw=&sa=X&ei=dgf2TLGsCYjQrQfg5JiRBw&ved=0CBkQ9QEwA Qhttp://www.co.php%3Fq %3Dkabel-pita-dan-konektor2x5&h=312&w=640&sz=35&tbnid=sMRdRNOu2Mzn4M:&tbnh=67&tbnw=137&p rev=/images%3Fq%3Dgambar %2Bkonektor&zoom=1&q=gambar+konektor&hl=id&usg=__2X7vrK6vw1LWedav wFoO4XzHu3A=&sa=X&ei=dgf2TLGsCYjQrQfg5JiRBw&ved=0CBsQ9QEwAghtt p://www.ac.id/imgres?imgurl=http://yulian. Dan jenis ini banyak ditemukan pada komputerkomputer yang baru atau yang procesornya diatas Pentium 4 yang versi baru.itb.id/%7Ewaskita/redirect. . Konektor 4 pin ini merupakan konektor power tambahan bagi processor dan motherboard.id/wp-upload/konektorkabel-serat-optik. 4 Pin AUX Power Connector.jpg&imgrefurl=http://www.id/imgres? imgurl=http://wa2010.id/2006/11/21/fiberoptic/&h=168&w=342&sz=12&tbnid=hauAQwfyEFoTQM:&tbnh=59&tbnw=120& prev=/images%3Fq%3Dgambar %2Bkonektor&zoom=1&q=gambar+konektor&hl=id&usg=__hQFMJE5IAJB_Fpou9 PxPig2rgYE=&sa=X&ei=dgf2TLGsCYjQrQfg5JiRBw&ved=0CB0Q9QEwAw Konektor 20 pin ATX 20 pin konektor ATX yang memasukkan ke dalam sebuah motherboard atx.google. Konektor 24 pin ATX Beberapa motherboard memerlukan 24 pin ATX Connector. macam-macam konektor 1. Sedangkan untuk form factor AT yang merupakan PSU PC dahulu memiliki power connector berjumlah 12 pin.ee.jpg&imgrefurl=http://yulian. 2.co.itb. Jika motherboard Anda memiliki slot untuk 20 pin konektor yang diperlukan untuk Motherboard.ee.

Konektor ini merupakan kembaran dari MOLEX. Jika anda memiliki harddisk atau dvd-drive yang berjenis SATA . PSU belum menyediakan konnektor power SATA secara langsung. PGA dapat terbuat dari keramik (CPGA) dan dari plastik (PPGA). Seperti Harddisk.5 inci persegi). Sekarang Floppy Drive jarang digunakan karena data yang bisa ditampung sedikit. Bagian bawah dari PGA tampak seperti hamparan permadani paku. 6. Yang dihubungkan ke motherboard. Kipas processor pun punya konektor power tersendiri. Sebab.MOLEX merupakan konektor power yang bisa dibilang serba guna. dll . SATA Device Power Connector. BERG Power Connector. 4. pin Pin biasa dijumpai sebagai kontak yan menonjol pada konektor lelaki. misalnya konektor 5 pin atau 9 pin. Salah satu dari pin tersebut digunakan untuk mengetahui jumlah putaran kipas processor. Karena konektor ini merupakan power konektor bagi Floppy Drive. Jenis pin lainnya adalah kaki-kaki serupa kaki laba-laba yang menghubungkan chip komputer ke soket pada papan sistem komputer (Motherboard). 5. Konektor tersebut berjumlah 3. Disingkat dengan PGA. maka anda harus memiliki power konektor ini. 3 Pin Fan Power Connector. Konektor ini sekarang mulai ditinggal orang. Sebuah chip berbentuk bujursangkar dengan pin yang bersifat high density (200 pins muat dalam chip berukuran 1. kipas tambahan. Optical Drive. . Karena konektor ini konektor yang paling banyak digunakan. Konektor sering ditandai dengan jumlah pin yang ada. Konektor ini sebenarnya disambung dengan power konektor MOLEX.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful