P. 1
PENGERTIAN AC

PENGERTIAN AC

|Views: 304|Likes:
Published by Ryeoo Vic Won

More info:

Published by: Ryeoo Vic Won on Jan 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2014

pdf

text

original

PENGERTIAN AC

1. Pengertian AC Air Conditioner Merupakan sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Dengan kata lain, AC Berfungsi Sebagai Penyejuk Udara yang diinginkan ( sejuk atau dingin ) dan nyaman bagi tubuh. Ac Lebih Banyak digunakan di wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas).

2.Komponen Komponen Pada AC Komponen AC dikelompokan menjadi 4 bagian, yaitu komponen utama, komponen pendukung, kelistrikan, dan bahan pendingin (refrigeran)

Komponen Utama AC diantaranya : 1. Kompresor Kompresor Adalah Sebuah alat yang berfungsi untuk menyalurkan gas refrigeran ke seluruh sistem. Jika dianalogikan, cara kerja kompresor AC layaknya seperti jantung di Tubuh Manusia. Kompresor Memiliki 2 Pipa,, Yaitu Pipa Hisap Dan Pipa tekan. Dan Memiliki 2 daerah tekanan, yaitu tekanan rendah dan tekanan tinggi. Ada tiga jenis kompresor, Yaitu : Kompresor Torak ( Reciproacting ) Kompresor Sentrifugal, dan kompresor rotary.

2. Kondensor Kondensor Berfungsi sebagai alat penukar kalor, menurunkan temperatur refrigeran, dan mengubah wujud refrigeran dari bentuk gas menjadi cair. Kondensor Pada AC biasanya di simpan pada luar ruangan (outdoor). Kondensor biasanya didinginkan Oleh Kipas (FAN), Fan ini berfungsi menghembuskan panas yang di hasilkan kondensor pada saat pelepasan Kalor yang di serap Oleh gak refrigeran. Agar Proses Pelepasan kalor bisa lebih cepat, pipa kondensor didesain berliku dan dilengkapi dengan sirip. 3. Pipa Kapiler Pipa kapiler merupakan komponen utama yang berfungsi menurunkan tekanan refrigeran dan mengatur aliran refrigeran menuju evaporator. Fungsi utama pipa kapiler ini sangat vital karena menghubungkan dua bagian tekanan berbeda, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah. refrigeran bertekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler akan di ubah atau diturunkan tekananya. Akibat dari penurunan tekanan refrigeran menyebabkan penurunan suhu. Pada bagian inilah (pipa kapiler) refrigeran mencapai suhu terendah (terdingin). Pipa kapiler terletak antara saringan (filter) dan Evaporator.

evaporator bisa di katakan sebagai alat penukar panas. 4. Akibatnya. Accumulator Accumulator berfungsi sebagai penampung sementara refrigeran cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas evaporator. Udara panas di sekitar reuangan ber-AC diserap oleh evaporator dan masuk melewati sirip-sirip pipa sehingga suhu udara yang keluar dari sirip-sirip menjadi lebih rendah dari kondisi semua atau dingi. accumulator berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigeran agar bisa keluar-masuk melalui saluran isap kompresor. Akibatnya. kemudian ikut bersirkulasi di dalam sistem pendingin melewati kondensor dan evaporator. Evaporator Evaporator berfungsi menyerap dan mengalirkan panas dari udara ke refrigeran. Fan atau kipas terletak pada bagian outdoor yang berfungsi mendinginkan refrigeran pada kondensor serta untuk membantu pelepasan panas pada kondensor . 2. sirkulasi refrigeran menjadi terganggung. minyak pelumas berfungsi meredam panas di bagian-bagian kompresor. Kotoran yang lolos dari saringan karena strainer rusak dapat menyebabkan penyumbatan pipa kapiler. Sebagian kecil dari oli kompresor bercampur dengan refrigeran. accumulator mengkondisikan wujud refrigeran tetap dalam wujud gas. Selain itu. tahan terhadap temperatur kompresor yang tinggi. yaitu bersifat melumasi. Untuk mencegah agar refrigeran cair tidak mengalir ke kompresor. Blower terletak di bagian indoor yang berfungsi menghembuskan udara dingin yang di hasilkan evaporator. memiliki titik beku yang renndah. Oleh sebab itu. oli kompresor harus memiliki persyaratan khusus. Wujud cair refrigeran setelah melewati pipa kepiler akan berubah wujud menjadi gak.Strainer Atau Saringan Strainer atau saringan berfungsi menyaring kotoran yang terbawa oleh refrigeran di dalam sistem AC. Secara sederhana. seperti karat dan serpihan logam.4. 3. ketika wujud refrigeran berbentuk gas akan lebih mudah masuk ke dalam kompresor dan tidak merusak bagian dalam kompresor. Biasanya Evaporator ditempatkan pada dalam ruangan. Sebab. Selain itu. Sirkulasi udara ruangan ber-AC diatur Oleh Blower indoor. dan tidak menimbulkan efek negatif pada sifat refrigeran serta komponen AC yang dilewatinya. Komponen Pendukung AC Diantaranya : 1. kotoran yang menjadi penyumbat sistem pendingn. Kipas ( Fan atau Blower ) Pada komponen AC. Minyak Pelumas Kompresor Minyak pelumas atau oli kompresor pada sistem AC berguna untuk melumasi bagian-bagian kompresor agar tidak cepat aus karena gesekan. biasanya.

Thermistor dirancang agar memiliki tahanan yang nilainya semaking mengecil ketika temperatur bertambah. memiliki diameter (kira-kira 3-5 mm). Dengan begitu. yaitu thermistor temperatur ruangan dan thermistor pipa evaporator.Overload Motor Protector (OMP) . Pada Unit AC. Kemudian. yaitu sebagai penggerak kompresor dan motor kipas (fan). kapsul kaca dipasangi dua buah kaki terminal (pin).PCB Kontrol PCB Kontrol merupakan alat mengatur kerja keseluruhan Unit AC. seperti piringan.kapasitor. Pada motor kipas (fan indoor atau outdoor) memiliki start kapasitor berukuran 1-4 nF. Jika di analogika. Biasanya.saklar. mengatur temperatur. biasanya terdapat dua starting kapasitor. Dengan bantuan starting kapasitor. sperti thermistor. hanya dibutuhkan waktu sepersekian detik atau sangat singkat untuk membuat motor kompresor berputar pada kecepatan penuh. Kapasitor difungsikan sebagai penggerak kompresor pertama kali atau starting kapasitor. Thermistor dibuat dari bahan semikonduktro yang dibuat dalam beberapa bentuk. ada dua jenis thermistor. thermistor mampu mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan perubahan temperatur. tergantung dari pabrikan AC. thermistor berbentuk butiran mampu memberikan reaksi yang sangat cepat terhadap perubahan temperatur. Thermistor temperatur ruangan berfungsi menerima respon perubahan temperatur dan hembusan evaporator. secara otomatis hubungan listrik pada kapasitor akan dilepas.relay .sensor. Karena ukurannya sangat kecil. Lama atau singkatnya waktu yang dibutuhkan tergantung dari jumlah muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor.5 2 PK memiliki start kapasitor berukuran 15-50 nF. Besarnya muatan yang bisa ditampung tergantung dari kapasitas kapasitor.IC. Pada thermistor berbentuk butiran. 3. Dikatakan sementara. batangan. 3.fuse. Kapasitor Kapasitor merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai penyimpanan muatan listrik sementara. pada kompresor AC bertenaga 0. Thermistor Thermistor adalah alat pengatur temperatur. Satuan dari kapasitas kapasitor adalah Farad (F). Di dalam komponen PCB Kontrol terdiri dari bermacammacam alat elektronik. Selanjutnya. lama pengoperasian(timer). pergerakan swing. atau butiran. dan digantikan dengan hubungan langsung dari PLN. Thermistor pipa berfungsi menerima perubahan temperatur pada pipa evaporator. mulai dari mengontrol kecepatan blower indoor. kapasitor akan melepaskan semua muatan listrik yang terkandung secara tibatiba dalam waktu yang sangat singkat. beberapa butir thermistor tersebut dibungkus dengan kapsul yang terbuat dari bahan gelas (kapsul kaca). Setelah motor kompresor mencapai putaran penuh. 2.trafo. Biasanya. fungsi PCB kontrol menyerupai fungsi otak manusia. dan alat elektronik lainnya.Komponen Kelistrikan Pada AC : 1. termistor dipasang di bagian evaporator. Pada unit AC. Fungsinya pun beragam. Kapasitor akan mengisi kembali muatan dan akan digunakan kembali sewaktu-waktu pada saat menyalakn kompresor lagi. sampai menyalakan atau menonaktifkan AC.

Batang bimetal inilah yang membuka dan menutup arus listrik secara otomatis ke motor listrik. Biasanya. Selanjutnya. baik pada motor listrik indoor maupun outdoor. arus listik akan mengalir menuju kompresor sehingga kompresor akan kembali bekerja. Bentuk dan ukuran motor listrik indoor dan outdoor berbeda. . bimetal akan membuka sehingga arus listrik menuju kompresor akan putus. Ketika suhu kompresor turun. fungsi start capasitor akan digantikan oleh arus listrik PLN untuk memutar kedua motor listrik tersebut. Untuk membantu memaksimalkan putaran. sedangkan internal OMP banyak terdapat pada mesin kompresor AC yang besar(1.External OMP digunakan untuk mesin compresor AC yang tidak terlalu besar(0. 4.Overload Motor Protector(OMP) merupakan alat pengaman motor listrik kompresor (biasanya terdapat pada jenis kompresor hermetik). dibutuhkan start kapasitor yang berfungsi menggerakan motor listrik pertama kali sampai mencapai putaran penuh. Ketika bimetal dilewati arus listrik tinggi secara terus menerus atau kondisi kompresor yang terlalu panas. Begitu juga sebaliknya. Motor Listrik Motor Listrik berfungsi untuk menggerakan kipas (outdoor) dan Blower (indoor).5-1 PK).5-2 PK). Kerja OMP dikendalikan oleh sensor panas yang terbuat dari campuran bahan logam dan bukan logam (bimetal). bimetal akan menutup. yaitu external OMP (diletakan di luar body kompresor) dan internal OMP(diletakan di dalam kompresor). Penempatan OMP pada kompresor hermetik ada dua macam.

mengenal bagian. Motor Kompresor Motor Kompresor berfungsi menggerakan mesin kompressor. agar dapat membuang panasnya keluar. Untuk penempatanya sendiri. motor kompresor dikemas menjadi satu unti dengan kompresornya. Kondensor merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai pengembunan. Selanjutnya udara tersebut mampu menyerap kondisi yang ada dalam ruangan mesin . Karena dengan adanya perbedaan antara sisi tekanan tinggi dan tekanan rendah. Dari sini refrigerant yang sudah mengembun dan menjadi zat cair akan mengalir menuju pipa evaporator. Refrigerant yang yang dipompakan dari kompresor akan mengalami penekanan sehingga mengalir ke pipa kondensor. kompresor akan berfungsi sebagai sirkulator bahan pendingin menuju ke seluruh bagian sistem pendingin. Fungsi kompresor sendiri adalah menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi gas yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi. maka bahan pendingin cair dapat melalui alat pengatur aliran ke evaporator. Pada system refrigerasi kompresor bekerja membuat perbedaan tekanan pada masing masing bagian. Umumnya. Zat cair yang berasal dari pipa kondensor masuk ke evaporator lalu berubah wujud menjadi gas dingin karena mengalami penguapan. kemudian mengalami pengembunan. kondensor ditempatkan diluar ruangan yang sedang didinginkan. untuk start awal motor kompresor juga menggunakan bantuan start kapasitor.5. Ketika Motor bekerja.bagian AC Balas Kompresor Merupakan bagian yang paling penting dari mesin pendingin. kompresor menekan bahan pendingin kesemua bagian dri system. Evaporator Evaporator merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai penguapan. Kondensor Kondensor adalah alat untuk membuat kondensasibahan pendingin gas dari kompresor dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi. Serupa dengan motor kipas.

Filter (penyaring) tambahan digunakan untuk menghilangkan polutan dari udara.pendingin. Dalam proses menghilangkan panas. Ekspansiberfungsi sama seperti pipa kapiler. Fungsilain dari pembungkus desikan tersebut agar serbuk desikan yang halus tidak keluar dari pengering dan ikut larut bersama refrigerant. dan kipas pada jendela luar. Mekanisme berubahnya refrigerant menjadi cairan lalu gas dengan memberi atau mengurangi tekanan terbagi mejadi dua area. Desikan tersebut dibungkus dengan maksud untuk mempermudah saat penggantiannya. Permasalahan yang sering timbul pada pipa kapiler ini adalah karena kebocoran atau tersumbat. Selanjutnya gas yang ada dalam evaporator akan mengalir menuju kompresor karena terkena tenaga hisapan. Prinsip kerja Air Conditioner Balas Sebenarnya. Kunci utama dari AC adalah refrigerant. Pipa kapiler ini biasanya berukauran diameter 0. Sedangkan pengering sendiri berfungsi untuk menghilangkan uap air dari refrigerant.0 mm dengan panjang kurang lebih 1 meter. Selain itu. yang umumnya adalah fluorocarbon[1]. jenis AC lainnya yang umum adalah AC ruangan yang terpasang di sebuah jendela. AC maupun kulkas menggunakan prinsip yang sama yaitu saat cairan menguap diperlukan adanya kalor.8 2. Ekspansi disini sebagai pengontrol refrigerant yang mengalir dari pipa ke pipa lainya. dan menjadi gas dan menyerap panas ketika tekanan dikurangi. Sebuah penyaring udara. guna meningkatkan tingkat kenyamanan orang selama berada di dalam ruangan tersebut. condenser coil (kumparan penukar panas). menjadi cairan dan melepaskan panas saat dipompa (diberi tekanan). AC yang digunakan dalam sebuah gedung biasanya menggunakan AC sentral. Pengering Pengering terdiri dari sebuah silinder yang beriai desikan. . Sebelum gas mengalir ke pipa kapiler harus melalui alat yang disebut dried stainer atau saringan. yang mengalir dalam sistem. Pipa kapiler atau ekspansi Pipa kapiler adalah suatu pipa pada mesin pendinginyang mempunyai diameterpaling kecil jika dibandingkan dengan pipa pipa yang lainya. kipas. sistem AC juga menghilangkan uap air. dan cooling coil (kumparan pendingin) yang ada pada sisi ruangan dan sebuah kompresor (pompa). Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekananan mengatur cairan refrigerant yang mengalir di pipa kapiler.

Cairan lalu dialirkan ke orifice tube. uap air ditambah. Katup ekspansi: Katup ekspansi. Pada kompresor. refrigerant melepaskan panas dan menjadi cairan. Pada akhirnya. dan mobil. dipasang juga katup ekspansi. penemu berkebangsaan Amerika. Sebuah thermostat[2] mengontrol motor kompresor untuk mengatur suhu ruangan.Udara panas dari ruangan melewati filter. Tak lama setelah itu. kompresor mengubah fluida kerja/refrigent berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi. berikut adalah penjelasan lebih mendetail sehubungan dengan mekanisme AC. Pada condenser coil. Gas bertekanan tinggi kemudian diteruskan menuju kondensor. Gedung-gedung besar menggunakan unit pendingin di mana udara segar diambil kemudian bercampur dengan udara ruangan. Sistem kerja AC terdiri dari bagian yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tekanan supaya penguapan dan penyerapan panas dapat berlangsung. Willis Carrier. bus. Bila udara kering. lalu melalui teralis/kisi-kisi kembali ke dalam ruangan. tapi digunakan juga di dalam gedung. Untuk lebih jelasnya. kereta api. merupakan komponen terpenting dari sistem. Sebelumnya. gas refrigerant dari cooling coil lalu dipanaskan dengan cara pengompresan. Ini dirancang untuk mengontrol aliran cairan pendingin melalui katup orifice yang merubah wujud cairan menjadi uap ketika zat pendingin meninggalkan katup pemuaian dan memasuki evaporator/pendingin . sehingga udara menjadi dingin. Dalam beberapa sistem. selain memasang sebuah orifice tube. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagian-bagian AC: Kompresor: Kompresor adalah power unit dari sistem sebuah AC. merancang sistem/mekanisme AC pada tahun 1911. Campuran ini disaring dan didinginkan saat melalui sebuah unit pendingin (cooling coils). Kondensor: Kondensor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah/mendinginkan gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi. Ketika AC dijalankan. kita perlu mengenal bagian-bagian dari AC agar kita dapat memahami sistem kerja AC. menuju ke cooling coil yang berisi cairan refrigerant yang dingin. yang tersirkulasi kembali ke cooling coil. ruangan. AC mulai digunakan bukan hanya di pabrik. udara dingin masuk ke dalam gedung. Orifice Tube: di mana cairan bertekanan tinggi diturunkan tekanan dan suhunya menjadi cairan dingin bertekanan rendah.

Evaporator/pendingin: refrigent menyerap panas dalam ruangan melalui kumparan pendingin dan kipas evaporator meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. perubahan fase ini disebabkan karena tekanan refrigent dibuat sedemikian rupa sehingga refrigent setelah melewati katup ekspansi dan melalui evaporator tekanannya menjadi sangat turun. dalam . Refrigent dalam evaporator mulai berubah kembali menjadi uap bertekanan rendah. tapi masih mengandung sedikit cairan. jadi refrigent yang masuk ke dalam kompresor dialirkan ke condenser yang kemudian dimampatkan di kondenser. sebelum melalui kompresor untuk memperoleh tekanan dan beredar dalam sistem lagi. Jadi. Adapun besarnya kalor yang dilepaskan oleh kondenser adalah jumlahan dari energi kompresor yang diperlukan dan energi kalor yang diambil evaparator dari substansi yang akan didinginkan. di dalam evaporator ini refrigent akan berubah keadaannya dari fase cair ke fase uap. Di bagian kondenser ini refrigent yang dimampatkan akan berubah fase dari refrigent fase uap menjadi refrigent fase cair. Dengan adanya perubahan kondisi refrigent dari fase cair ke fase uap maka untuk merubahnya dari fase cair ke refrigent fase uap maka proses ini membutuhkan energi yaitu energi penguapan. sistem kerja AC dapat diuraikan sebagai berkut : Kompresor yang ada pada sistem pendingin dipergunakan sebagai alat untuk memampatkan fluida kerja (refrigent). maka refrigent mengeluarkan kalor yaitu kalor penguapan yang terkandung di dalam refrigent. pada katup ekspansi ini refrigent tekanannya diturunkan sehingga refrigent berubah kondisi dari fase cair ke fase uap yang kemudian dialirkan ke evaporator. Pada kondensor tekanan refrigent yang berada dalam pipa-pipa kondenser relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan refrigent yang berada pada pipi-pipa evaporator. evaporator dipasangi silikon yang berfungsi untuk menyerap kelembapan dari refrigent. Biasanya. Ini juga dapat berlaku seperti mulut/orifice kedua bagi cairan yang berubah menjadi uap bertekanan rendah yang murni. Hal ini secara praktis dapat dilakukan dengan jalan diameter pipa yang ada dievaporator relatif lebih besar jika dibandingkan dengan diameter pipa yang ada pada kondenser. Campuran refrigent kemudian masuk ke akumulator / pengering. Setelah refrigent lewat kondenser dan melepaskan kalor penguapan dari fase uap ke fase cair maka refrigent dilewatkan melalui katup ekspansi.

Dengan diambilnya energi yang diambil dalam substansi yang akan didinginkan maka enthalpi[3] substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. freon dianggap sebagai salah satu penyebab lapisan Ozon Bumi menajdi lubang dan menyebabkan sinar UV masuk. Proses ini akan berubah terus-menerus sampai terjadi pendinginan yang sesuai dengan keinginan. Walaupun. [1] Fluorocarbon adalah senyawa organik yang mengandung 1 atau lebih atom Fluorine. [2] Thermostat pada AC beroperasi dengan menggunakan lempeng bimetal yang peka terhadap perubahan suhu ruangan. Dengan adanya mesin pendingin listrik ini maka untuk mendinginkan atau menurunkan temperatur suatu substansi dapat dengan mudah dilakukan. Lempeng ini terbuat dari 2 metal yang memiliki koefisien pemuaian yang berbeda. . dan Freon-12 (CCl2F2).hal ini energi yang dipergunakan adalah energi yang berada di dalam substansi yang akan didinginkan. produksi fluorocarbon mulai dikurangi. hal tersebut belum terbukti sepenuhnya. sehingga lempeng membengkok dan akhirnya menyentuh sirkuit listrik yang menyebabkan motor AC aktif/jalan. Kelompok Freon dari fluorocarbon terdiri dari Freon-11 (CCl3F) yang digunakan sebagai bahan aerosol. Lebih dari 100 fluorocarbon yang telah ditemukan. dengan turunnya enthalpi maka temperatur dari substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. umumnya digunakan sebagai bahan refrigerant. Ketika temperatur naik. Saat ini. metal terluar memuai lebih dahulu.

Fungsi pemompaan: proses ini dapat dioperasikan secara kontinyu dengan mensirkulasikan refrigerant berdasarkan hisapan dan kompresi. Bila sakelar dihubungkan.KOMPONEN SISTEM AC 1. 2. 3. Fungsi penekanan : proses ini membuat gas refrigerant dapat ditekan sehingga membuat temperatur dan tekanannya tinggi lalu disalurkan ke kondensor. Upaya hubungan kompresor dengan motor penggeraknya dapat diputuskan dan dihubungkan (pada saat AC dihidupkan dan dimatikan). Kondensor Kondensor di dalam sistem air conditioner merupakan alat yang digunakan untuk merubah gas refrigrant bertekanan tinggi menjadi cairan. bersama roda puli. dan dikabutkan pada temperatur yang tinggi. Ada 3 kerja yang dilakukan oleh kompresor yaitu : Fungsi penghisap : proses ini membuat cairan refrigerant dari evaporator dikondensasi dalam temperatur yang rendah ketika tekanan refrigerant dinaikkan. maka kita perlukan sebuah kopling magnet yang dipasang pada poros kompresor. Kompresor. Alat tersebut melakukan cara ini dengan menghilangkan panas dari refrigerant ke temperature atmosfir. Kompresor akan memompa gas refrigerant dibawah tekanan dan panas yang tinggi pada sisi tekanan tinggi dari sistem dan menghisap gas bertekanan rendah pada sisi intake (sisi tekanan rendah). Kopling magnet (Magnetic Clutch). magnet listrik akan menarik plat penekan sampai berhubungan dengan roda pulley dan poros kompresor terputar. Kompresor merupakan unit tenaga dalam sistem AC. Pada waktu sakelar diputuskan pegas plat pengembali akan menarik plat penekan sehingga putaran motor penggerak terputus dari poros kompresor (putaran mesin hanya memutar puli saja). Kondensor terdiri dari coil dan fin yang berfungsi .

Bila temperatur evaporator rendah. desiccant. maka switch akan terbuka dan memutus aliran listrik. Untuk itulah pada saluran masuk evaporator dipasang katub ekspansi. Katup ekspansi . tekanan cairan di atas membran tidak mampu melawan tekanan pegas. High pressure : Ia mendeteksi tekanan refrigerant pada sisi tekanan tinggi. Ia dapat melindungi kerusakan compressor. y y Low pressure : Jika tidak ada refrigerant dalam sistem A/C. Menyaring benda-benda asing dan uap air dengan desiccant dan filter agar tidak bersirkulasi pada sistem AC. saringan harus diturunkan supaya zat pendingin menguap. dan ia juga berisikan fiber dan desiccant (bahan pengering) untuk menyaring benda-benda asing dan uap air dari sirkulasi refrigerant. dengan demikian penyerapan panas dan perubahan bentuk zat pendingin dari cair menjadi gas akan berlangsung dengan sempurna sebelum keluar evaporator. Memisahkan gelembung gas dengan cairan refrigrant sebelum dimasukkan ke katup ekspansi 5. Menyimpan refrigrant 2. Dual pressure switch dipasangkan pada refrigerant line di antara kondensor dan receiver drieratau pada receiver drier. Receiver-drier menerima cairan refrigerant bertekanan tinggi dari kondensor dan disalurkan ke katup ekspansi (katup ekspansi). dan side glass . Filter (receiver drier) Receiver drier merupakan tabung penyimpan refrigerant cair. Cairan refrigerant dialirkan ke dalam pipa untuk disalurkan ke katup ekspansi melalui outlet pipe yang ditempatkan pada bagian bawah main body setelah tersaringnya uap air dan benda asing oleh filter dan desiccant. sehingga memutus pengiriman listrik ke compressor clutch . katup jarum menutup saluran masuk ke . 6. berfungsi untuk menghentikan kompresor dengan meng-off-kan magnetic clutch. Saklar pengatur tekanan. Kondensor ditempatkan didepan radiator yang pendinginanya dijamin oleh kipas. pipe. Dual pressure switch. yaitu : 1. Receiver drier terdiri dari main body filter. Bekerjanya katup ekspansi diatur sedemikian rupa agar membuka dan menutupnya katup sesuai dengan temperatur evaporator atau tekanan di dalam sistem.jika tekanan yang ada lebih tinggi dari normal. sebagai alat pengaman. Filter / Reciever drie mempunyau 3 fungsi . y Tekanan zat pendingin yang berbentuk cair dari kondensor. 3. Katup ekspansi jenis Blok Ruangan di atas membran diisi dengan cairan khusus yang sensitif terhadap perubahan temperatur pada evaporator. switch ini akan terbuka.mendinginkan refrigerant ketika udara tertiup diantaranya. 6. 4. ketika tekanan pada high pressure line tidak normal tinggi atau rendah. untuk menjaga agar tekanan sistem A/C tidak melampaui batasnya. Untuk refrigrant jenis R-134a menggunakan kondensor jenis parallel flow untuk memperbaiki efek pendinginan udara. Dengan cara itu maka efek pendinginan udara dapat diperbaiki sekitar 15% sampai 20%.

dan agar temperatur ruang dalam kendaraan dapat disetel sesuai dengan suhu yang diinginkan. supaya udara dingin juga dapat dihembus ke dalam ruangan. dengan demikian evaporator harus menyerap panas. pipa±pipa evaporator juga diperluas permukaannya dengan memberi kisi±kisi (elemen) dan kipas listrik (blower). k" > . Penyaring udara (air filter).. Air ini juga akan membersihkan kotoran± kotoran yang menempel pada kisi±kisi evaporator. 7. agar penyerapan panas ini dapat berlangsung dengan sempurna. Alat berupa saklar ini terpasang pada evaporator case dengan pipa kapilernya terpasang dan terbungkus rapat pada pipa saluran masuk evaporator.evaporator. Sebaliknya pada saat temperatur evaporator naik. Thermostat Jika suhu pengabutan refrigrant menurun dibawah 0oC maka akan terbentuk pembekuan (frost)pada fin evaporator dan hal ini menyebabkan menurunya aliran udara serta kapasitas pendinginan menurun. Zat pendingin cair dari receiver drier dan kondensor harus dirubah kembali menjadi gas dalam evaporator. 8. karena kotoran itu akan turun bersama air. Air filter ini menggunakan combination filter. katup terdorong ke bawah. tekanan cairan di atas membran akan naik pula. Motor Blower. sampai melebihi tekanan pegas. Thermostat akan melepaskan magnetic clutch ketika temperatur permukaan evaporator fin ada dibawah sekitar 1 C dan akan menghubungkan magnetic clutch dengan kompresor ketika suhunya telah mencapai > 4 C. 10. demikian seterusnya. penguapan zat pendingin terhenti dan temperatur evaporator naik kembali. Untuk mencegah seperti pembekuan / frosting ini. 9. untuk menyaring debu dan bau dalam udara secara efektif sehingga udara yang masuk ke ruangan mobil benar ± benar bersih dan tidak berbau. Suhu evaporator turun kembali. saluran terbuka. Kegunaannya adalah meniupkan udara ke ruangan dalam penumpang dan mengirimkannya melalui evaporator. . Evaporator. Biasanya putaran motor blower terdiri lebih dari satu tingkat kecepatan ( 2 ± 3 tingkat kecepatan ). maka thermostats dipasangkan. Thermostat dihubungkan ke magnetic clutch pada kompresor secara seri. Rumah evaporator bagian bawah dibuat saluran/pipa untuk keluarnya air yang mengumpul disekitar evaporator akibat udara yang lembab.

Kondensor AC Kondensor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi yang kemudian akan dialirkan ke orifice tube. kita pasti sudah sangat akrab dengan air conditioner. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai peran masing-masing bagian tersebut: Compressor AC Compressor AC adalah power unit dari sistem AC. Namun apakah banyak dari kita yang tahu bagaimana cara kerja ac sehingga bisa menghasilkan udara yang nyaman (baca: dingin) bagi kehidupan kita? Udara dingin tersebut sebenarnya merupakan output dari sistem yang terdiri dari beberapa komponen. evaporator. Refrigent dalam evaporator mulai berubah kembali menjadi uap bertekanan rendah. compressor AC. Biasanya. evaporator dipasangi silikon yang berfungsi untuk menyerap kelembapan dari refrigent. dipasang juga katup ekspansi. dan evaporator. Orifice Tube Orifice tube merupakan tempat di mana cairan bertekanan tinggi diturunkan tekanan dan suhunya menjadi cairan dingin bertekanan rendah. kondensor. katup ekspansi. Kondensor merupakan bagian yang ³panas´ dari air conditioner. sebelum melalui compressor AC untuk memperoleh tekanan dan beredar dalam sistem lagi. Ketika AC dijalankan.Cara Kerja AC dan Bagian-Bagiannya Di era serba maju sekarang ini. Ini juga dapat berlaku seperti mulut/orifice kedua bagi cairan yang berubah menjadi uap bertekanan rendah yang murni. Campuran refrigent kemudian masuk ke akumulator / pengering. compressor AC mengubah fluida kerja/refrigent berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi. selain memasang sebuah orifice tube. yaitu. untuk membawa panas ke orifice tube. apalagi di perkotaan hampir tidak bisa lepas dari pemanfaatan teknologi ini. Kondensor bisa disebut heat exchange yang bisa memindahkan panas ke udara atau ke intermediate fluid (semacam air larutan yang mengandung ethylene glycol). orifice tube. Katup Ekspansi Katup ekspansi merupakan komponen penting dalam sistem air conditioner. Katup ini dirancang untuk mengontrol aliran cairan pendingin melalui katup orifice yang merubah wujud cairan menjadi uap ketika zat pendingin meninggalkan katup pemuaian dan memasuki evaporator/pendingin. Gas bertekanan tinggi kemudian diteruskan menuju kondensor. Kehidupan modern. tapi masih mengandung sedikit cairan. . Evaporator AC Refrigent menyerap panas dalam ruangan melalui kumparan pendingin dan kipas evaporator meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Dalam beberapa sistem.

Ketika temperatur naik. Setelah refrigent lewat kondenser dan melepaskan kalor penguapan dari fase uap ke fase cair maka . sehingga lempeng membengkok dan akhirnya menyentuh sirkuit listrik yang menyebabkan motor AC aktif. Pada kondensor tekanan refrigent yang berada dalam pipa-pipa kondenser relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan refrigent yang berada pada pipi-pipa evaporator. Adapun besarnya kalor yang dilepaskan oleh kondenser adalah jumlahan dari energi compressor yang diperlukan dan energi kalor yang diambil evaparator dari substansi yang akan didinginkan. Di bagian kondenser ini refrigent yang dimampatkan akan berubah fase dari refrigent fase uap menjadi refrigent fase cair. cara kerja AC dapat dijelaskan sebagai berkut : Compressor AC yang ada pada sistem pendingin dipergunakan sebagai alat untuk memampatkan fluida kerja (refrigent). Lempeng ini terbuat dari 2 metal yang memiliki koefisien pemuaian yang berbeda. Jadi.Thermostat Thermostat pada air conditioner beroperasi dengan menggunakan lempeng bimetal yang peka terhadap perubahan suhu ruangan. jadi refrigent yang masuk ke dalam compressor AC dialirkan ke condenser yang kemudian dimampatkan di kondenser. maka refrigent mengeluarkan kalor yaitu kalor penguapan yang terkandung di dalam refrigent. metal terluar memuai lebih dahulu.

dengan turunnya enthalpi maka temperatur dari substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. Proses ini akan berubah terus-menerus sampai terjadi pendinginan yang sesuai dengan keinginan. Udara panas dari ruangan melewati filter. Pada compressor AC. Dengan adanya mesin pendingin listrik ini maka untuk mendinginkan atau menurunkan temperatur suatu substansi dapat dengan mudah dilakukan. Saat ini. dan kipas pada jendela luar. Mekanisme berubahnya refrigerant menjadi cairan lalu gas dengan memberi atau mengurangi tekanan terbagi mejadi dua area: sebuah penyaring udara. dan cooling coil (kumparan pendingin) yang ada pada sisi ruangan dan sebuah compressor (pompa). Dengan diambilnya energi yang diambil dalam substansi yang akan didinginkan maka enthalpi [*] substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. perubahan fase ini disebabkan karena tekanan refrigent dibuat sedemikian rupa sehingga refrigent setelah melewati katup ekspansi dan melalui evaporator tekanannya menjadi sangat turun. dan menjadi gas dan menyerap panas ketika tekanan dikurangi. Hal ini secara praktis dapat dilakukan dengan jalan diameter pipa yang ada dievaporator relatif lebih besar jika dibandingkan dengan diameter pipa yang ada pada kondenser. refrigerant melepaskan panas dan menjadi cairan. Perlu diketahui : Kunci utama dari air conditioner adalah refrigerant. . umumnya digunakan sebagai bahan refrigerant. [*] Entalphi adalah istilah dalam termodinamika yang menyatakan jumlah energi internal dari suatu sistem termodinamika ditambah energi yang digunakan untuk melakukan kerja. Lebih dari 100 fluorocarbon yang telah ditemukan. Sebuah thermostat AC [***] mengontrol motor compressor AC untuk mengatur suhu ruangan. [**] Fluorocarbon adalah senyawa organik yang mengandung 1 atau lebih atom Fluorine. yang umumnya adalah fluorocarbon [**]. pada katup ekspansi ini refrigent tekanannya diturunkan sehingga refrigent berubah kondisi dari fase cair ke fase uap yang kemudian dialirkan ke evaporator.refrigent dilewatkan melalui katup ekspansi. gas refrigerant dari cooling coil lalu dipanaskan dengan cara pengompresan. Pada condenser coil. lalu melalui teralis/kisi-kisi kembali ke dalam ruangan. di dalam evaporator ini refrigent akan berubah keadaannya dari fase cair ke fase uap. yang tersirkulasi kembali ke cooling coil. dalam hal ini energi yang dipergunakan adalah energi yang berada di dalam substansi yang akan didinginkan. condenser coil (kumparan penukar panas). yang mengalir dalam sistem. menuju ke cooling coil yang berisi cairan refrigerant yang dingin. menjadi cairan dan melepaskan panas saat dipompa (diberi tekanan). Dengan adanya perubahan kondisi refrigent dari fase cair ke fase uap maka untuk merubahnya dari fase cair ke refrigent fase uap maka proses ini membutuhkan energi yaitu energi penguapan. Kelompok Freon dari fluorocarbon terdiri dari Freon-11 (CCl3F) yang digunakan sebagai bahan aerosol. produksi fluorocarbon mulai dikurangi. dan Freon-12 (CCl2F2). sehingga udara menjadi dingin. freon AC dianggap sebagai salah satu penyebab lapisan Ozon Bumi menajdi lubang dan menyebabkan sinar UV masuk. kipas. hal tersebut belum terbukti sepenuhnya. Walaupun.

Lempeng ini terbuat dari 2 metal yang memiliki koefisien pemuaian yang berbeda. Ketika temperatur naik.[***] Thermostat pada air conditioner beroperasi dengan menggunakan lempeng bimetal yang peka terhadap perubahan suhu ruangan. . metal terluar memuai lebih dahulu. sehingga lempeng membengkok dan akhirnya menyentuh sirkuit listrik yang menyebabkan motor AC aktif/jalan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->