KEGIATANPEMBUATAN MONOGRAFI DESA SARAKAN DAN PAPAN NAMA RW DAN RT SEPATAN TANGERANG

A. Latar belakang Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu Catur Dharma Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) untuk turut serta dalam membangun masyarakat yang lebih maju dan berkeadilan sosial. Salah satu bentuk pengabdian masyarakat tersebut adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan UMT setiap semester VII. Dalam pelaksanaan KKN, mahasiswa di bagi dalam kelompokkelompok yang diharapkan melakukan pengabdian kepada masyarakat sehingga turut serta dalam mensukseskan pembangunan baik pembangunan fisik, maupun non fisik yang didasarkan pada lima aspek, yaitu : Sosial, Budaya, dan Pemerintahan (SBP), Ekonomi dan Peningkatan Wirausaha (EPW), Prasarana, Sarana, dan Teknologi (PST), Kesehatan dan Lingkungan Hidup (KLH), dan Dakwah Islamiyah dan Pendidikan (DIP). Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Tangerang, yang dilaksanakan selama satu bulan mulai tanggal 4 Januari sampai dengan 4 Februari 2012 di Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Propinsi Banten. Desa Sarakan Sepatan menjadi objek sasaran kami. Dari hasil observasi kami selama beberapa hari berada di Desa Sarakan, kami tidak menemukan data kependudukan yang terbaru tahun 2012 dan sewaktu kami

Mengadakan papan nama RW dan RT. diantaranya: 1. Tidak adanya data penduduk yang terbaru tahun 2012. maka kami memutuskan untuk membuat program Pembuatan Monografi Desa Sarakan dan Papan Nama RW dan RT untuk di pasang di depan rumah masing-masing. Mengadakan data penduduk yang terbaru tahun 2012. Target 1. Dengan latar belakang tersebut. B. Tujuan 1. Tidak adanya papan nama RW dan RT 2. Terbentuknya papan monografi untuk memudahkan dalam mengetahui jumlah penduduk yang ada di Desa Sarakan 2.ingin melakukan pendataan dengan mewawancara semua RW dan RT sulit bagi kami menemukan rumah-rumah RW dan RT. C. D. 2. . Terbentuknya papan nama RW dan RT untuk memudahkan masyarakat dalam maupun luar menemukan rumah RW dan RT. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. maka dapat diambil suatu pemahaman yang bisa dijadikan rumusan masalah.

Kegiatan Tahapan kerja untuk mencapai tujuan dan target tersebut adalah sebagai berikut: 1. Tempat dan Jadwal Kegiatan Kegiatan dilaksanakan di Desa Sarakan Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Propinsi Banten dan dimulai dari tanggal 4 Januari sampai dengan 4 Februari 2012. Manfaat Manfaat dilakukannya program Pembuatan Monografi Desa Sarakan dan Papan Nama RW dan RT adalah untuk memudahkan dalam mengetahui jumlah penduduk yang ada di Desa Sarakan untuk memudahkan masyarakat dalam maupun luar menemukan rumah RW dan RT. 4. Melakukan persiapan dari segi teknis dan non-teknis. Membuat pelaporan jalannya kegiatan. 2. 5. terutama tokoh masyarakat baik formal maupun informal. Melakukan evaluasi kegiatan G. 3. Melakukan pencarian dana untuk operasional program. Sosialisasi kegiatan kepada seluruh masyarakat.E. F. .

Anggaran Kegiatan 1. Proposal ini merupakan usaha kecil kami untuk merealisasikan sesuai dengan acuan konseptual dan operasional dari rencana kegiatan KKN yang berlokasi di Desa Sarakan Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Propinsi Banten. Rencana Pendanaan (terlampir) 2. Penutup Demikianlah program kerja ini kami susun berdasarkan observasi dan informasi dari pihak-pihak bersangkutan. Sumber dana a. semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita sekalian. Instansi terkait (UMT) I.H. . Dana mahasiswa b. juga berdasarkan kebutuhan masyarakat desa untuk dapat melengkapi administrasi pendataan kependudukan di Desa Sarakan guna membangun desanya sehingga tidak tertinggal dari desa-desa yang lain terutama. Oleh karenanya besar harapan kami agar proposal ini dapat berguna sehingga dukungan dan partisipasi semua pihak untuk merealisasikan program kegiatan kerja yang mudah–mudahan dapat kami laksanakan. Amien. Akhirnya kami sampaikan terima kasih atas perhatian serta doa dan dukungan dari semua pihak.

M. H. 01 Januari 2012 Ketua Kelompok Sekretaris Ahmad Faisal NBM. Zulkifli. Dosen Pembimbing Drs. 671 306 . 1108110 Yuni arsih Ratna S.Pd NBM. Mengetahui.LEMBAR PENGESAHAN Tangerang.

LEMBAR PENGESAHAN Tangerang. 1108110 Yuni arsih Ratna S. 01 Januari 2012 Ketua Kelompok Sekretaris Ahmad Faisal NBM. .

H.Mengetahui/ Menyetujui. Zulkifli. 671 306 S A E N. M. SE . Dosen Pembimbing Kepala Desa Sarakan Drs.Pd NBM.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful