P. 1
SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

|Views: 22|Likes:
Published by Retno Wulan Dari II

More info:

Published by: Retno Wulan Dari II on Jan 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2012

pdf

text

original

Disusun oleh: Dwi Nur Fitriani Ika Nur Setyani Retno Wulandari Vivi Damayanti

€ Pencernaan makanan melalui saluran pencernaan manusia meliputi 2 proses yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Pencernaan kimiawi adalah pencernaan yang melibatkan enzim. € € . Pencernaan mekanik adalah pencernaan yang dilakukan oleh gigi dan mulut.

Alat yang berfungsi untuk menghancurkan makanan ini disebut alat pencernaan. Misalnya.€ Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diolah melalui proses pencernaan. Proses pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi zat-zat makanan yang dapat diserap tubuh. Selain alat-alat pencernaan. Kelenjar pencernaan membantualat-alat pencernaan dalam mencerna makanan.air liur. lambung hati dan kelenjar pankreas. € € € € . dalam tubuh kita juga terdapat kelenjar pencernaan.

Kerongkongan ` (Esofagus) 3. Lambung (Ventrikulus) 4. Pankreas . Hati 3. Usus besar (Kolon) 6. Kelenjar Pencernaan 1. Saluran Pencernaan 1.A. Anus B. Usus halus (Intestinum) 5. Mulut 2. Kelenjar Ludah 2.

Air ludah mencerna makanan secara kimiawi. € € € € € € . dan air ludah (air liur). Ketiga komponen itu berperan untuk mencerna makanan di dalam mulut.€ Makanan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. lidah. Gigi dan lidah mencerna makanan secara mekanis. Pencernaan secara mekanis merupakan pencernaan makanan dengan cara dikunyah oleh gigi dan dibantu lidah. Pencernaan kimiawi merupakan pencernaan makanan yang dilakukan oleh enzim. Di dalam rongga mulut terdapat gigi.

merasakan. kunyah dan menelan Faucium .lubang tenggorokan ke arah faring Frenulum ² menghubungkan bibir dengan processus alveolaris 6 € € € 2 € € .2 3 4 5 6 7 1 € Mulut/cavitas oral ‡ Vestibulum: Ruang antara bibir dan processus alveolaris Bibir (labia) Palatum (langit2mulut): ‡ Durum/keras dan molle/halus Lidah: berguna untuk bicara.

€ Terjadi proses mekanik dan kimia. Penghancuran makanan oleh gigi. Pencampuarn makanan dengan saliva oleh lidah. € € € € . Proses menelan makanan ke esofagus. Proses mekanik berupa penghancuran makanan oleh alat2 pada mulut. Proses kimia berupa reaksi makanan dengan enzim2 yg terdpt pada saliva.

Makanan dipotong dan dilumatkan menjadi lebih halus. Gigi pada bayi disebut dentis deciduus atau gigi susu yang akan tanggal pada usia 6-13 tahun dan diganti dengan gigi tetap (dentis permanentes). bulan ke 12-16. bulan 16-20 dan akhirnya bulan ke 20-40. Gigi pertama terbentuk pada usia 6-8 bulan.€ Berperan dalam pencernaan makanan. kemudian bulan ke 8-12. € € . Untuk menghasilkan makanan yang mudah dicerna sebaiknya dikunyah 22 kali.

Masingmasing8 gigi seri. 4 gigi taring. dan 20 gigi geraham. gigi berjumlah 20 buah € yang terdiri atas 8 gigi seri. € Jumlah . dan 8 gigi geraham.gigi anak-anak dan gigi orang dewasa berbeda. € Pada anak-anak. 4 gigi taring. € Gigi orang dewasa berjumlah 32.

Gigi taring berbentuk lancip dan runcing.€ Gigi seri berbentuk pahat berfungsi untuk mencengkeram dan memotong makanan. berfungsi untuk menusuk dan mengoyak makanan. € € . Gigi geraham berbentuk rata bergerigi. berfungsi untuk mengunyah makanan.

Bagian-bagian gigi: (a)gigi seri. (premolar) (d) gigi geraham belakang. (kaninus) (c) gigi geraham depan. (insisivus) (b)gigi taring. (molar) .

berfungsi untuk melindungi gigi saat mengunyah. dan saraf.bagiannya sebagai berikut: 1) Email (glazur atau enamel) merupakan bagian terluar gigi. email juga melindungi gigi terhadap asam yang dapat melarutkan dentin. merupakan bagian yang paling dalam. 2) Tulang gigi (dentin). tersusun atas zat dentin. 4) Semen merupakan pelapis bagian dentin yang masuk ke rahang. Email merupakan struktur terkeras dari tubuh. mengandung 97% kalsium dan 3% bahan organik. . 3) Sumsum gigi (pulpa). Di pulpa terdapat kapiler. berada di sebelah dalam email. arteri.Adapun penampang gigi dapat diperlihatkan bagian. vena.

2) Akar gigi (radix) merupakan bagian gigi yang tertanam di dalam rahang.1) Mahkota gigi (corona) merupakan bagian yang tampak dari luar. 3) Leher gigi (colum) merupakan bagian yang terlindung oleh gusi. Pulpa Enamel Mahkota gigi Leher gigi Dentin gigi Akar gigi .

€ Lidah menempati hampir sebagian besar rongga mulut dan disusun terutama oleh otot lurik. Otot Ekstrinsik: berasal dari tulang atau palatum mole dan berfungsi untuk perubahan posisi lidah. menghubungkan lidah dengan dasar mulut. € € € . Otot Intrinsik berasal dan menyusun kontur lidah yang berfungsi untuk perubahan bentuk dan ukuran tetapi tidak untuk posisi. Frenulum lingualis. tertutup oleh lendir.

Membantu dalam pengunyahan material lembut dan terdapat reseptor pengecap.   Pergerakan lidah untuk mencampur makanan dengan saliva menjadi masa padat disebut sebagai bolus Lapisan atas dari lidah mempunyai banyak tonjolan yang disebut papilae atau tunas pengecap. .

asam. Oleh karena itu lidah berfungsi sebagai indra pengecap . asin. dan pahit.Indra pengecap pada lidah dapat mengecap rasa manis .

Dalam mulut terdapat 3 kelenjar ludah yaitu ‡kelenjar parotis. . ‡kelenjar submandibularis ‡ kelenjar sublingualis Ketiga kelenjar ini mengeluarkan ludah atau air liur(saliva).

Air ludah mengandung enzim Ptyalin yang berfungsi memecah karbohidrat (Amylum) menjadi gula sederhana yaitu maltosa. kelenjar Submandi bular Gbr. Memecah material makanan sehingga dapat dirasakan oleh reseptor pengecap Menghasilkan ion bicarbonat sebagai penyangga makanan yang bersifat asam. Sublingual Saluran Kel. Parotis € . Air liur memiliki pH netral karna mengandung 98% air Enzym (lysozyme): membantu membunuh bakteri (Proteksi terhdp infeksi) € € € € Kel. Rongga Mulut Kel.€ Mencampur dan membasahi makanan sehingga mudah ditelan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->