UJIAN TENGAH SEMESTER TA 2011 / 2012

AKADEMI KEBIDANAN SINGKAWANG
MATA KULIAH KODE MK SKS SEMESTER DOSEN
A. OBJEKTIF ( Pilihan Ganda ) 1. Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca yang berarti lima dan syila yang berarti dasar / sendi adalah merupakan pengertian Pancasila secara ............ a. Historis c. Epistemologis e. Analogis b. Etimologis d. Terminologis 2. Asal mula Pancasila yang menjadikan Pancasila dari calon Dasar Negara menjadi Dasar Negara yang sah adalah definisi dari causa pancasila yaitu ........... a. Causa Matrealis c. Causa Efisien e. Causa finalis b. Causa formalis d. Causa prima 3. Yang dimaksud causa prima dalam Pancasila adalah ......... a. Asal mula bahan c. Asal mula pertama b. Asal mula bentuk d. Penyebab pertama

: : : : :

PENDIDIKAN PANCASILA BD 101 2 SKS 1 SUTENDY YUNIOR SIREGAR, SE.MM

e. Penyebab utama

4. Kalau kita berbicara mengenai Causa Prima, maka yang terpikir oleh kita adalah .......... a. Tuhan c. Spiritualitas e. Kerohanian b. Agama d. Pancasila 5. Bentuk susunan Pancasila adalah Hierarkis Piramidal artinya ............. a. Sila I dijiwai dan menjiwai sila II, III, IV, V b. Sila II dijiwai dan menjiwai sila ke III, IV, V c. Sila III dijiwai sila I dan II d. Sila IV menjiwai sila I, II, dan III e. Sila V menjiwai sila I, II, III dan IV 6. Bentuk dan susunan Pancasila juga bersifat organis artinya, kecuali ........... a. Masing-masing sila tidak terpisahkan satu sama yang lainnya b. Masing-masing sila berbeda namun tidak bertentangan c. Masing-masing sila mempunyai kedudukan dan fungsi sendiri-sendiri d. Masing-masing sila merupakan penjelmaan dari kedudukan Pancasila e. Masing-masing sila tidak boleh dilepas satu dengan yang lainnya 7. Isi arti Pancasila bersifat umum universal, yaitu ......... a. Isi arti Pancasila dalam realisasi berbagai bidang kehidupan yang konkret dan dinamis b. Isi arti Pancasila sebagai pedoman negara dan bangsa Indonesia terutama dalam tertib hukum Indonesia c. Isi arti Pancasila memiliki sistem logis baik yang menyangkut kualitas maupun kuantitasnya d. Isi arti Pancasila mempunyai unsur rasionalitas terutama berkaitan dengan hajat hidup orang banyak

... 8.. Batang Tubuh UUD 1945 b.. Tidak dapat tercapainya sasaran pemerintah dalam perubahan-perubahan keadaan negara d.. Etimologis c. Etiologis e. Isi arti Pancasila adalah hakikat sila-sila yang merupakan intisari Pancasila sehingga merupakan pangkal tolak dalam pelaksanaan bidang kenegaraan. Epistemologis d. Seluruh Rakyat melalui DPR 16. dan validitas ilmu pengetahuan adalah . maka komunis tidak diperkenankan tumbuh di negara kita. kecuali . a.. a.. Setelah Pancasila mengalami ujian dari era Orde Lama ke Orde Baru yakni dengan terjadinya GASTEPU. Ontologis 10..30 S/PKI d.. Perubahan e. Analogis b. Panitia PPKI d... Terbatasnya pengaturan HAM e. Peralihan c. Epistemologis d.. Alenia ke empat 12. Pada tanggal 22 Juni 1945 BPUPKI membentuk panitia kecil yang dipersiapkan untuk cikal bakal kemerdekaan RI panitia tersebut adalah . Siapa yang berwenang mengubah UUD 1945 ? a. Pergantian b. Partai Komunis tidak sesuai dengan Ideologi Internasional b. Panitia AD HOC 11..... Perpindahan d. Alenia pertama c. MPR d.e. keberadaan atau ekstensi adalah . Partai Komunis merupakan Gerakan Kaum Tani dan Buruh yang tidak mendapat dukungan Pemerintah pada masa itu c. Cabang ilmu filsafat yang menyelidiki hakikat sesuatu / tentang ada. . dimana tujuan negara RI tercantum didalamnya yaitu pada .. Mengubah Pembukaan UUD 1945 berarti.... a... Partai Komunis telah gagal meyakinkan rakyat Indonesia akibat Gerakan Peristiwa G.. Etimologis c.. syarat.. Presiden dan MPR e. Partai Komunis memiliki paham yang tidak sesuai dengan cita-cita dan kodrat manusia Indonesia 13.. Suatu paham mengenai seperangkat nilai atau pemikiran yang dipegang oleh seorang atau sekelompok orang untuk menjadi pegangan hidup didefinisikan sebagai . Lemahnya check and balance pada institusi ketatanegaraan b. Ontologis 9. Perevisian 14.. Panitia Sembilan e. Kata Amandemen pada UUD 1945 mengandung makna .... Panitia Indonesia Merdeka b.. Partai Komunis tidak mempunyai Nasionalisme e...... Analogis b.. Etiologis e. Alenia ke tiga e......... dibawah ini merupakan alasan-alasannya.. Executive heavy yakni kekuasaan dominan ditangan Presiden c.. sebab .. susunan metode. a... MPR dan Presiden b. merubah negara akan tetapi pada batang tubuh serta pasalpasalnya terjadi perevisian. a. asal. Presiden c. tertib hukum dan berbagai bidang kehidupan konkrit... Alenia ke dua d.. Pengaturan terlampau fleksibel 15. Dokuritzu Dzumbi Chosakai c.... a.... Cabang ilmu filsafat yang menyelidiki... Didalam Pembukaan UUD 1945 Pancasila merupakan paradigma pembangunan. a.

. 1 Oktober c.. Masyarakat sudah mulai jenuh terhadap ulah para koruptor yang menyengsarakan rakyat c. Ideologi c.. Paradigma e.. Supratman. sehingga muncul lah street justise. Rakyat main hakim sendiri terhadap fenomena-fenomena kriminalitas yang terjadi di masyarakat.. Banyaknya terjadi kasus KKN e.Apa yang menyebabkan hal ini terjadi ? a. 24) sangat bertentangan dengan pancasila sila ke ? a. 28 Oktober 1928 d. 2 Oktober b.. Sebagai Lambang Negara Republik Indonesia e. 29 Mei 1965 e.... Lagu kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh WR. 19 Agustus 1965 19. 5 Oktober d. yang dimaksud paradigma adalah . 28 Oktober 1929 c. Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal ... Konsep hidup e.. 16 Agustus 1965 b........ Nepotisme d.. Ketiga dan Kelima .. Nasionalisme b. kecuali... Kurangnya rasa kemanusiaan 25. Korupsi b. Menurut Anda fenomena diatas (No.. Penggunaan disebut . 17 Agustus 24... 17 Agustus 1945 22.. Teladan hidup d. Tidak tegaknya supremasi hukum dikarenakan banyak terjadinya kesenjangan sosial dan hukum antara masyarakat miskin dan kaya d... Cita-cita hidup b. a. 28 Oktober 1965 e. 6 Juni 1945 e.. a. a. 18 Agustus e.. Dasar hidup 23. a.... Di bawah ini adalah merupakan fungsi Pancasila..... 17 Agustus 1945 d... Lemahnya pengawasan terhadap masyarakat lapisan bawah b. Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam masyarakat berbangsa dan bernegara. 1 Juli 1945 18.. Otoriter e... 1 Oktober 1965 c. 17 Agustus 1945 d. Pertama dan ketiga c.. Sebagai cita-cita Nasional Bangsa Indonesia c. Sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia 20. Rezim 21.. Pertama dan kedua e. dan dinyanyikan secara resmi pada Sumpah Pemuda II di Jakarta pada tanggal . 1 Oktober 1965 b. Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara pada tanggal . a. Hari lahirnya Pancasila pada tanggal ? a. Teladan 17. Filsafat d... 1 Juni 1945 b.. 18 Agustus 1945 c. Kolusi kekuasaan negara untuk memperoleh penghasilan keuntungan atau prestise perorangan c. Pandangan hidup c. Sebagai pandangan hidup atau falsafah hidup bangsa Indonesia d.a.. a. Sebagai Dasar Negara RI b.

Freeport ! . Mengoptimalkan partisipasi masyarakat 2. ESSAY 1. Menjamin terciptanya integrasi sinkronisasi dan sinergi baik antar daerah maupun pusat 29. Kekerasan berpendapat. Presiden tidak bertanggung jawab terhadap Presiden 4. Indonesia ialah negara berdasarkan hukum 2. Kausa matrialis 2. bermasyarakat 3. Kekuasaan kepala Negara tak terbatas 30. Jelaskan mengapa persoalan HAM harus kita perjuangan sampai kapanpun ! 5. Kebebasan intervensi 27. Merupakan pernyataan yang mengatur hubungan negara dengan warga negara 3. Di bawah ini merupakan makna dari Pembukaan UUD 1945. Sistem perencanaan Pembangun Nasional bertujuan ? 1. Kedua dan kelima d. Jelaskan apa yang dimaksud Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum ! 4. Rakyat merupakan pemegang kekuasaan tertinggi 2. Presiden dan Wakilnya dipilih MPR dan karenanya harus tunduk dan bertanggung jawab kepada MPR 4. 7 kunci pokok sistem pemerintah NKRI menurut UUD 1945 adalah. beragama. Mempunyai nilai-nilai yang universal yang dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa yang beradab diseluruh muka bumi 4. Kausa formalis 3. Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efektif / efisien berkeadilan dan berkelanjutan 4. Berdasarkan semangat-semangat UUD1945. kecuali 1. Sumber dari motivasi dan aspirasi perjuangan dan tekad bangsa 2. Apa yang dimaksud Zona Ekonomi Eksklusif ? 3. esensi demokrasi adalah 1. Sistem konstitusional 3. Kausa Prima 28. kecuali 1. Kausa efisien 4. Mendukung koordinasi antar pelaku pembangunan 3. Berikan pendapat Anda mengenai kasus yang terjadi di Papua serta kasus PT.b. Jelaskan pengertian Pancasila secara Etimologis ! 2. Causa yang terdapat pada Pancasila adalah ? 1. Keempat dan kelima Petunjuk A Jika jawaban no 1 2 3 benar B Jika jawaban no 1 dan 3 benar C Jika jawaban no 2 dan 4 Benar D Jika jawaban no 4 benar E Jika semua jawaban benar 26. Merupakan konsepsi negara dibidang Poleksosbud B.