HMI (Human Machine Interface) adalah membuat fungsi dari teknologi nyata.

Jadi dengan membuat desain HMI yang sesuai, akan membuat pekerjaan fisik lebih mudah. pada hampir semua solusi teknis, efektifitas dari HMI adalah dapat memprediksi penerimaan user terhadap seluruh solusi yang ada. konsep HMI yang Moderen pada industri adalah sebagai media komunikasi antara operator dengan perancangan yang secara ideal mampu memberikan informasi yang diperlukan, agar perencanaan yang dilakukan dengan tingkat efisiensi maksimum. HMI merupakan sarana bagi operator untuk mengakses sistem otomasi di lapangan yang mencangkup operasional , pengembangan, perawatan troubeleshooting fungsi dari HMI yaitu: 1. Memberikan informasi plant yang up-to-date kepada operator melalui graphical user interface. 2. Menerjemahkan instruksi operator ke mesin 3. Engineering Development Station Bagian-bagian dari Human Machine Interface (HMI) Meliputi; 1. Tampilan Statis dan Dinamik 2. Manajemen Alarm 3. Trending 4. Reporting 1. Tampilan Statis dan Dinamik Pada tampilan HMI terdapat dua macam tampilan yaitu Obyek statis dan Obyek dinamik 1. Obyek statis, yaitu obyek yang berhubungan langsung dengan peralatan atau database. Contoh : teks statis, layout unit produksi 2. Obyek dinamik, yaitu obyek yang memungkinkan operator berinteraksi dengan proses, peralatan atau database serta memungkinkan operator melakukan aksi kontrol. Contoh : push buttons, lights, charts 2. Manajemen Alarm Suatu sistem produksi yang besar dapat memonitor sampai dengan banyak alarm. dengan banyak alarm tersebut dapat membingungkan operator. Setiap alarm harus di-acknowledged oleh operator agar dapat dilakukan aksi yang sesuai dengan jenis alarm. Oleh karena itu dibutuhkan suatu manajemen alarm dengan tujuan mengeleminir alarm yang tidak berarti Jenis-jenis alarm yaitu;

User membtuhkan beberapa cara untuk memberitahu mesin apa yang harus dilakukan. Human machine interface (HMI) adalah sebuah interface yang membolehkan interaksi antara seorang manusia dan sebuah mesin. messaging system. Dua komponen dibutuhkan pada sebuah human machine interface. dari control panel untuk nuclear power plants hingga screen dan input button pada sebuah cell phone. dapat diakses. Pembuatan laporan yang spesifik dibuat menggunakan report generator yang spesifik pula. Reporting Dengan reporting akan memudahkan pembuatan laporan umum dengan menggunakan report generator seperti alarm summary reports. atau untuk menentukan mesin. 4. Absolute Alarm • • High dab High-High Low dan Low-Low Deviation Alarm Deviation High Deviation Low Rote of Change Alarms Positive Rate of Change Negative Rate of Change 2. Contoh dari input device meliputi keyboard. dan web based monitoring. Selain itu. • • 3. dan mouse. touch screen. switch. Laporan dapat diperoleh dari berbagai cara antara lain melalui aktivasi periodik pada selang interfal tertentu misalnya kegiatan harian ataupun bulanan dan juga melalui operator demand. Grafik yang dilaporkan tersebut dapat secara summary atau historical. Beberapa engineer khusus untuk mengembangkan humen machine interface dan mengubah cara bagaimana orang berinteraksi dengan masin dan system. . mudah untuk digunakan dan logic. Yang pertama adalah sebuah input. joystick. Seluruh device tersebut dapat diutilisasi untuk mengirimkan command kedalam sebuah system atau bahkan set interlink dari system.Trending Perubahan dari variable proses kontinyu paling baik jika dipresentasikan menggunakan suatu grafik berwarna.1. reporting juga bisa dilaporkan dalam suatu database. dan membutuhkan usaha untuk membuat fungsi interface. Human machine interface sangat bervariasi. Merancang interface tersebut adalah sebuah tantangan. • • 3. toggle.

Alarm. Mesin dalam hal ini bisa berupa Mesin. dan biasa juga diganti dengan touch screen. Sebagai ilustrasi . Pada sebuah computer. Pompa. HMI/MMI biasanya dilengkapi dengan keyboard dan Mouse. Take action (based on security level). Sehingga nantinya kita bisa menge-track alarm2 apa saja yang aktif dan bisa mendapatkan alasan kenapa suatu system tiba-tiba trip/shutdown. Intinya sih sama aja bila dilihat dari singkatannya pengertian HMI/MMI adalah Interface (antar muka) antara Mesin dengan Manusia. ini adalah graphic dari sebuah process misal temperature dari system yang bersangkutan. Sebuah robot dapat memindahkan untuk merespon command dan menstore data pada sebuah hard drive sehingga orang dapat melihat bagaimana robot tersebut merespon. dll beserta alat2 intrumentasinya seperti Level Indicator Transmitter (LIT). Pada umumnya HMI/MMI adalah berupa komputer dengan display di Monitor CRT/LCD dimana kita bisa melihat keseluruhan system dari layar tersebut. user memiliki sebuah screen yang dapat mendisplay informasi. kita dapat memonitor/mengawasi kondisi plant kita secara real time tanpa perlu keluar dari control room. Trending. kita dapat merubah setting misal settingan alarm high dan low dari suatu pressure atau bahkan kita bisa merubah settingan trip suatu system. Bisa dilihat secara Real Time atau History HMI or MMI part2 . Layaknya sebuah komputer. dll.. Pressure Indicator Transmitter (PIT). kita dapat menjalan suatu proses atau menshutdown proses tersebut. yang membolehkan mesin untuk tetap mengupdate user pada progress command. andaikan ada sebuah plant yang terdiri dari Tangki. Dimana keyboard sendiri juga bisa di ganti dengan tampilan di layar buat penginputan. System Package atau bahkan Sebuah Plant (cth: Petrochemical/Oil&Gas Plant).Interface juga membutuhkan sebuah output. disediakan Alarm History dan Summary. Untuk lebih jelasnya bisa click link berikut ini hubungan antara plc dan hmi/mmi Berikut fungsi dari HMI/MMI: • • • • • Monitoring. Setting (based on security level). atau untuk menggunakan command pada space fisik. Maka kita bisa menggambarkan plant tersebut di layar dengan mencontoh dari P&ID (Pipeline & Instrumentation Diagram) dan bisa menampilkan value (nilai) dari masing2 sensor/transmitter yang bersangkutan. HMI or MMI (part1) HMI adalah singkatan dari Human Machine Interface sedangkan MMI adalah singkatan dari Man Machine Interface.

salah satu programnya aplikasi adalah Wonderware (www. 7. 2007 — juare97 Sambungan dari part1 . atau lainnya maka akan sangat membantu sekali. Jadi biasanya aplikasi ini dipakai pada saat stage development system HMI/MMI nya dimana kita ingin .0. Untuk versi 10 ini. VB. Untuk lebih jelasnya bisa baca InTouch User Guide (InTouchUG. mungkin masih bisa juga asal sabar dan tekun aja dalam mempelajarinya :p Intouch terdiri dari 3 buah program: • • • Intouch Application Manager WindowMaker. Kalo ndak punya sama sekali.0. Karena kalau HMI/MMI ini sudah dipakai untuk proses produksi. 8. (mungkin lohhh dan lebih secure karena ada level securitynya.wonderware. Delphi. Kebetulan saya sudah coba versi 6.0.com) InTouchTM . lebih jelasnya tanya orang wonderwarenya aja yah… Penggunaan Intouch juga cukup mudah.0.. dan WindowViewer Intouch Application Manager adalah tempat dimana kita mengorganisasi aplikasi yang telah di buat. Apabila sudah ada pengalaman programming high level language seperti basic. Mungkin karena sifatnya yang stabil. Seperti yang pernah di bahas di postingan terdahulu mengenai HMI / MMI. maka yang kita langsung menjalankan WindowViewer (biasanya langsung dijalankan otomatis apabila computer baru dinyalakan dan masuk ke windows). Untuk versi yang saya sebutkan diatas. tetapi pada umumnya komputer yang digunakan untuk HMI/MMI selalu dipasang di Windows NT based.November 9. wonderware bisa berjalan di Windows 2000 dan Windows XP. sedangkan versi 10 nya belum saya coba karena sudah pindah profesi jadi instrument engineer yang sebagian besar hanya menangani field instrument saja. Di Win 98 juga bisa. Pada umumnya apabila system telah dibuat. bisa dilihat di postingan ini wonderware-intouch-10 Di postingan ini saya hanya membicarakan tentang wonderware secara umum saja.pdf) yang datang dengan CD Installannya atau apabila sudah menginstall bisa dilihat di start menu. pascal. dan 9. jarang kita membuka ini.

Tapi perlu diingat kalo coba2 bikin animasi. Sudah disediakan tool menggambar seperti kotak dan garis.membandingkan dengan aplikasi lain alias copy paste atau nyontek gitu loh . :p) WindowMaker sendiri merupakan program untuk mengedit window yang akan ditampilkan. Lah kalo kita jadi kontraktor. Apalagi kalo sampai usernya tertarik. Lumayan kan duit makannya bisa ditabung. Nah dulu saya sempat lihat aplikasi untuk PT. kita bisa run WindowViewer buat lihat hasilnya. script dan lain sebagainya. capek dehhhh …... Kalo kita kerja di kantor sendiri.. uang gaji tok aja plus harus keluarin duit buat makan siang. Pada umumnya sih kita menggambar sesuai dengan P&ID yang ada. contoh Modbus. OLE itu Object Linking Embedded) untuk nge-Link antara Wonderware dengan PLC yang bersangkutan. (capek deh… Kalo saya sih biasanya iseng2 aja bikin animasi misal nambahin gunung atau burung yang lagi terbang atau bahkan nampilin photo kita. menampilkan Text dan lain sebagainya.. AxxN (disamarkan dikit). Pemilihan OPC ini berdasarkan atas Protocol yang digunakan untuk komukasi PLC dengan Wonderware. malah kita yang rugi soalnya kita kan di bayar LumSump.. programmernya bikin peta plantnya tampak dari atas termasuk ada pelabuhan dan laut. Apalagi kalo Hotel dan Makan ditanggung .. sebetulnya Wonderware juga punya IOServer / DA Server yang dikasih gratis. soalnya dibikin kecil2 . Selain itu juga ada fasilitas DBDumb dan DBLoad. Nah setelah aplikasi jadi.p (lagian ngapain bikin dari awal . UUD sih dan kejeblos juga … itu pun dulu saya merasa dah cepet sekali bikin tag-tagnya. Bener-bener kreatif dan sabar :p. bolehlah …. Kalo makan malam kan di rumah bareng keluarga. dan lain sebagainya. pasti dia minta bikin macam2. hidup jadi lebih makmur…. Untuk memudah kan edit tag-tag yang akan dipakai di system. Huehehhehe…. daripada bikin/edit dari WindowMaker …. Oh iya kalo nggak mau beli OPC nya.capek2 mikir … buang2 waktu). Cuman ada yang bilang kalo . Waktu awalnya saya sampe kagum soalnya dulu saya edit manual di excel di perusahaan sebelumnya yang lain (saya sudah beberapa kali pindah kerja nich. Di perusahaan saya dulu bahkan di buat engineering database (msaccess) yang memudahkan membuat tag-tag ini. Modbus TCP-IP. kalo daily rate. bahkan pindah2 profesi walaupun masih berdekatan. Disini kita akan menggambar System yang akan ditampilkan. (hehehe … jadi ngelantur inget pengalaman dulu waktu masih jadi fresh graduate engineer Oke balik lagi ke Wonderware …. Ini dipakai buat export dan import tag. lumayan ngabisin waktu.. Maklum biasanya kalo kerja dikontraktor pas tugas di luar kantor / di client biasanya dapat allowance dan uang makan. MPI Ethernet. Oh iya jangan lupa sediakan juga program OPC (OLE for Process Control.

Jadi kalo mau gretongan . Dan memang lebih simple karena pake bahasa seperti delphi/pascal (high level languange)… …. Di Wonderware ada juga yg telah OOP yaitu IAS(dgn core .beli OPC Third party lebih stabil. WinCC kena hadang Wonderware. Irawan. sedang di WinCC adalah object. Citect PCS7 …susah nembus pasar Honeywell.…. iya ya. Yokogawa.NET tapi bisa juga nerima class2 yg dibuat pake C#) cuman sayangnya IAS ini tidak bisa melempar ‘instant object’ ke client ato objectnya masih terpusat di server … jadi klo ada 5 client yg akses ke IAS Server kita harus pinter2 ngatur aliran data . 2007 1:09 PM. di WinCC kan kita bisa merubah object kotak ini dari Button tanpa ada variable(tag) yg terlibat di dalamnya … Cuman seperti halnya konsep OOP. Wonderware akan lebih mudah di cerna .. btw … itu semua tergantung yg punya duit. tul ngak ? eone On Nov 14. Foxboro dll . (namanya juga bayar … yah harus lebih bagus dari yang gretongan kan  ) . Masalah susah ato mudah sangat relatif ….:) lho kok jadi membanding2kan kayak sales aja ….NET. Masih lebih mudah untuk dipelajari karena user guide dan help bisa dikatakan lebih banyak. Juni A. klo ngak akan saling berebut kapling …. untuk SCADA/HMI/DCS Siemens tuh sebetulya oke sekali cuman di pasar masih tertinggal ….> wrote: Tapi pengalaman saya pake wincc pak … Saya masih lebih prefer wonderware …. base-nya VB. <……. ya klo bisa kita usul ke Software yg kita suka … klo ngak ya pake yg bos-bos mo beli … tinggal manfaatin kelebihan software masing2 …. minta aja CD IOServer / DA Server nya ke agen wonderwarenya.. klo ngak dirancang dgn bener akan sangat memusingkan juga nantinya …. Tapi kalo sudah terbiasa dgn konsep OOP(Object Oriented Programing) kemungkinan akan memilih WinCC.. Sebab di Wonderware “everything is variable”. RSView. Jadi klo kita mo bikin benda kotak berubah warna di wonderware kita harus buat variable (tag) dulu baru di link ke kotak itu.. Memang klo untuk pemula ….

ada beberapa alat instrumentasi (PIT=Pressure Indicator Transmitter.Hubungan antara PLC dan HMI/MMI November 8. dll) yang di pakai disini. LIT=Level Indicator Transmitter. . 2007 — juare97 gambar berikut adalah ilustrasi hubungan antara PLC dan HMI/MMI …. pada gambar di atas … ini adalah situasi di field (lapangan) yang biasanya di gambarkan di P&ID.

Analog Input .nah alat2 instrumentasi di field ini ini dihubungkan ke PLC melewati terminal block (bisa saja langsung. Discrete Output … . Discrete Input .. Analog Output ... Nah alat2 ini di kelompokkan dalam kategori yang sama . tapi pada umumnya lewat sini dulu terkait dengan fabrikasi panel yang pada umumnya ditempat terpisah dan safety karena beberapa terminal block dilengkapi dengan fuse untuk menghindari short circuit yang bisa merusak modul I/O atau transmitter)..

. lalu megeksekusi programnya dan hasilnya akan di keluarkan ke output . 3D bahkan photo aktualnya …. melihat kondisi input. akan melakukan fungsi logic dan pengontrolannya. tentang HMI or MMI untuk contoh: 1.. dan protocol untuk masing2 PLC berbeda-beda .Nah disini PLC yang sudah di isi dengan program sesuai dengan FDS (Functional Design Spesification). oke segini dulu … lain waktu akan diedit dan ditambah … .. tetapi bisa untuk fungsi yang lain … lihat di posting saya sebelumnya …. 2. System yang memakai PLC S7-300 atau S7-400 dengan Protocol TCP/IP. apabila kita ingin melihat plant/system dari sebuah interface seperti komputer maka kita bisa memasukkan program HMI/MMI …di program ini kita bisa menggambar plant yang terdapat di P&ID atau bahkan menggambar sesuai dengan kondisi yang sebenarnya … bisa masukkan gambar 2D. tapi untuk sekarang ini mereka sudah mendukung komunikasi TCP/IP (Ethernet). untuk koneksi ke wonderwarenya bisa kita pakai DASSIDirect dan bisa saja dengan konfigurasi lainnya . System yang memakai PLC Modicon Quantum dengan Protocol Modbus TCP/IP. disini kita bisa menarik kabel komunikasi dari PLC ke Komputer .. jadi data yang dikirim dan diterima jadi lebih cepat … selain itu tidak hanya untuk memonitor . misal kita pakai 3rd party OPC Server/Client…. Apabila kita ingin mengkoneksi ke Wonderware kita bisa pakai IO Server Modbus TCP/IP (mbenet)...

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful