P. 1
pissss

pissss

|Views: 90|Likes:

More info:

Published by: Fadjarwaty Chmaesajaler on Jan 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

KARYA ILMIAH

PEMANFAATAN BONGGOL PISANG SEBAGAI KERIPIK
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Bahasa Indonesia Semester II

Disusun oleh:
Puky Ismawati XI.IA.3

SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN 2012

Kirwanto NIP. Nurhayati NIP.2003 Dra.19630826.13176920 .198601.LEMBAR PENGESAHAN Judul karya ilmiah Penyusun NIS Sekolah Hari Tanggal : : : : : : Oleh: Pembimbing I Kepala Sekolah Drs.

Kutowinangun ... Oleh karena itu....Semua teman dan pihak lain yang telah membantu dalam penyusunan Karya Ilmiah ini..... Harapan penulis semoga Karya Ilmiah ini dapat memberi manfaat serta menambah wawasan ilmu pengetahuan yang lebih luas bagi pembaca.Ibu Dra. Kirwanto. Nurhidyati selaku Kepala SMA Negeri 1Kutowinangun 2...Bapak Drs. 3.... karena keterbatasan kemampuan an pengetahuan yang kami miliki... S... yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Ilmiah ini yang berjudul “Pemanfaatan Bonggol Pisang Sebagai Keripik”.. selaku pembimbing penyusunan Karya Ilmiah...KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dalam penyusunan Karyailmiah ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan. Pada saat ini penulis tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu.. penulis ucapan terima kasih kepada: 1.. membimbing. Ucapan terima kasih.. kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah “Pemanfaatan Bonggol Pisang sebagai Keripik” . serta memberi saran dalam menyusun karya ilmiah ini.. oleh karena itu..201 Penulis ...Pd. penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun..

..Sistematika Penulisan .........DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL..............Rumusan Masalah C.....Latar belakang B..............Tujuan Penulisan D........Manfaat Penulisan E......... HALAMAN PENGESAHAN KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB IPENDAHULUAN A..................Metode Pengumpulan Data F.

yaitu: 1. terkonsep pemikiran untuk mengembangkan bonggol pisang yang seringkali tidak dimanfaatkan untuk dijadikan makanan ringan yaitu “Keripik Bonggol Pisang”. Maka dari itu. Bagaimana pemanfaatan bonggol pisang sebagai keripik? 3. Apa kandungan bonggol pisang? 2. dalam rangka mengembangkan sumber daya alam Indonesia yang begitu melimpah. Bonggol pisang merupakan salah satu yang jarang dimanfaatkan. Latar belakang Selama ini masyarakat indonesia belum mengoptimalkan potensi yang terdapat pada tanaman pisang.BAB I A. Padahal bonggol pisang memiliki gizi dan serat yang sangat tinggi. Indonesia adalah negara yang mempunyai iklim tropis. tentu saja terdapat banyak tanaman pisang yang setiap daerah sudah pasti ada tanaman yang satu ini. Yang nantinya diharapkan “Keripik Bonggol Pisang” ini menjadi komoditi yang dapat memacu perekonomian Indonesia. pelepah dan jantungnya saja. Seringkali masyarakat menggunakan bonggol pisang hanya sebagai makanan ternak saja atau malah dibuang begitu saja. hanya sebagai buah saja yang dioptimalkan sebagai buah. Salah satu pemanfaatanya dalah sebagai Keripik Bonggol pisang. B.Rumusan masalah Adapun rumusan masalah yang penulis angkay. .

. Kandungan kimia dari bonggol pisang. Yang pada nantinya dapat menjadi makanaan ringan yaitu KeripikBonggol Pisang. D. C. agar semua anggota dari pohin pisang dapat dimanfaatkan se maksimal mungki. Dari namanya saja sudah terlihat aneh.Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan yang dapat penulisambil dari rumusan masalah tersebut adalah untuk mengetahui: 1. yang penulis angkat melalui internet dan buku-buku reverensi. Penulisan karya ilmiah ini juga bertujuan untuk menjadikan masyarakat lebih dewasa.karena melihat pada realitasnya pohon pisang terdapat bayak dilingkungan masyarakat. dalam artian lebih dapat menginsipasi masyarakat dari karya ilmiah ini. Mettode Pengumpulan Data Adapun metode yangdigunakan penulis adalah metode studi kepustakaan yang berarti mencari sumber-sumber yang relevan terhadap judul. 2. E. semakin aneh maka semakin menarik keingin tahuan masyarakat dan diharapkan masyarakat luas dapat lebih meng optimalkan sumber daya alam yang ada di Indonesia. Cara pembuatan keripik bonggol pisang.Manfaat Penulisan Manfaat penulisan ini adalah menambah wawasan penulis khususnya dan masyrakat pada umumnya.4. 3.

jenis pisang yang biasa dijual di pasaran dan umum dikonsumsi adalah pisang barangan. Namun.Batang terdiri dari lapisan-lapisan yang bisa akrab dispisang mumpunyai akra boleh masyarakat indonesia disebut kedebog. Batang sesungguhnya pendek sekali berbentuk bonggol (rhizome) dan pada bonggol terdapat banyak mata yang kelak tumbuh menjadi tanaman dan terdapat akar serabut. pisang raja uli. . Daunnya tunggal berurat utama cukup kuat tetapi urat samping yang tumbuh sejajar menyirip kurang kuat.Tidak susah mencari tanaman ini. pisang raja. kalau sudah tua akan berwarna kuning dan coklat. pisang kepok. Buah ini brawal dari bunga yang awalnya terbungkus lapisanlapisan yang berwarna ungu. pisang raja sereh. pisang raja bulu. Dan selanjutnya adalah daun. terdapat lebih dari 230 jenis pisang. pisang raja molo. . pisang raja kul. kemudian lama kelamaan akan berkembang mulai membentuk calon-calon buah pisang. batangnya dapat mencapai 3 meter tingginya tergantung jenis dan keadaan lingkungannya yang setiap lapisan batang tersebut dapat berganti-ganti membentuk lapisan yang baru. vitamin dan mineral. pisang jara jambe. sehingga daun mudah sobek dan tidak tahan terhadap tiupan angin kencang Dan bagian lain dari tanaman pisang adalah buah.BAB II A. Daun terdiri dari batang daun sebagai penopang daun agar dapat tegak.Tanman Pisang 1.jenis Tanaman Pisang Di Indonesia. protein. baik dari sisi sebaran. sumber karbohidrat. Klasifikasi tanaman pisang Tanaman Pisang merupakan komoditas yang menduduki tempat pertama di Indonesia diantara jenis buah-buahan lainnya. daun ini berwarna hijau. pisang raja tahun.jenis. luas pertanaman maupun dari sisi produksinya . 2. Pisang juga tanaman buah. lapisan ini mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. Tanaman yang berbatang semu lunak yang terbentuk dari kelompok daun dan sifatnya menyimpan air.

Alkohol tersebut dapat berfungsi sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM). pisang kidang. dan pisang klutuk.6 .2%).Kering 245 3. 3.0. pisang ambon lumut.A (si) B (mg) C (mg) 3. pisang ambon kuning. Namun tidak semua jenis bonggol pisang enak untuk dibuat keripik. pisang kapas.4 . pisang nangka.66.Kalori Protein Lemak H. Beberapa jenis bonggol pisang yang digunakan adalah yang berasal dari pisang kepok. maka pemanfaatannya sebagai bahan makanan (pengganti beras dan gandum paling sederhana) dan juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan alkohol. bahan kecantikan dan kedokteran (Munadjim.01 12 86 4.0. 2.arang Ca P Fe Vitamin Air (%) Berdasarkan komposisi kimia bonggol pisang tersebut maka bonggol pisang dapat dipergunakan sebagai bahan makanan yang cukup baik. Keistimewaannya tekstur keripik ini rasanya renyah dan tidak terasa pahit.5 . pisang mas.Manfaat Kandungan BonggolPisang Kandungan kimia bonggol pisang adalah sebagai berikut : 1. pisang raja. 1983). .6 15 60 0.11. Alkohol yang diperoleh tersebut juga dapat dipergunakan sebagai bahan industri kimia. pisang lampung.2 60 150 2 . Apalagi bonggol pisang dipercaya mengandung serat sehingga bisa memperlancar pencernaan.pisang tanduk. dan pisang tongkat langit.04 4 20 5. karena bonggol pisang cukup banyak mengandung karbohidrat (66.Basah 43 0.

000 m dari permukaan laut.Syarat tunmbuh tanaman Pisang Tanaman ini toleran akan ketinggian dan kekeringan.4. Walaupun demikian sebetulnya tanaman pisang tidak memerlukan persyaratan yang berat dan bahkan dapat tumbuh baik pada tempat yang terlindung. Pisang ambon.Pengembangan Bonggol pisang Sebagai Keripik Dalam masyarakat Indonesia. . yaitu dengan pemanfaatan bonggol pisang dijadikan sebagai keripik. Dewasa ini pengembengan sumber daya alam indonesia sangatlah kurang pengembanganya. nangka dan tanduk tumbuh baik sampai ketinggian 1. keripik juga sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia.Ketinggian tempat tidak lebih dari 1. Dalam rangka memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar kita tidaklah salah kita mencoba terobosan-terobosan baru dalam masalah makanan. 5.000 m dari permukaan laut (dpl). Di Indonesia umumnya pisang juga dapat tumbuh pada dataran rendah sampai pegunungan setinggi 2. nama keripik bkanlah hal yang asing lagi.600 m diatas permukaan laut (dpl). namun untuk mendapatkan produksi yang tinggi diperlukan pemeliharaan yang intensif.

Pisang serat (Musa Textilis). bagian yang dimanfaatkan bukan buahnya. pisang dibedakan menjadi tiga jenis. tetapi serat batangnya yang digunakan untuk pembuatan tekstil. . Contoh pisang hias adalah pisang kipas dan pisang-pisangan. Pisang hias umumnya ditanam sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik tanaman. yaitu pisang serat. Pisang buah (Musa paradisiaca) di tanam dengan tujuan untuk dimanfaatkan buahnya.BABIII Berdasarkan manfaatnya. Contoh pisang serat adalah Pisang Abaka. pisang hias dan pisang buah.

pisang kapas. dan pisang bangkahulu. pisang hijau. pisang ambon kuning. permukaan buah mengkilap. Pertama. pisang jara jambe. pisang raja sereh. Namun. pisang ambon lumut. terdapat lebih dari 230 jenis pisang. . pisang raja bulu. Keempat. pisang raja. pisang nangka. pisang cavedish. waktu yang diperlukan dari saat tanaman panen rata-rata 12 – 15 bulan. pisang ambon kuning. pisang seribu. pisang yang dapat dimakan langsung setelah masak atau setelah dioleh terlebih dahulu. pisang yang dapat dimakan setelah diolah terlebih dahulu (plantain). pisang ambon lumut. yakni buah yang masih melakukan respirasi setelah pemanenan sehingga pemasakan buah dapat diatur dengan menggunakan etilen (zat karbit).Pisang buah dibagi menjadi empat golongan. pisang oli. golongan banana mempunya bentuk buah yang ujungnya tumpul dan rasa buahnya yang enak jika sudah matang. pisang nangka. Di Indonesia. Ketiga. Golongan plantain mempunyai bentuk buah yang ujungnya runcing. dan pisang tongkat langit. pisang siam. dan beraroma kurang tajam. pisang raja kul. Tingkat kematangan buah pisang juga dapat ditentukan dari umurnya. Kedua. pisang raja molo. Bagian lingir (tepi) buah sudah tidak bersudut lagi 3. pisang yang dapat dimakan ketika masih mentah. Warna buah hijau kekuningan dan tangkai di bagian putik telah gugur. pisang susu. pisang mas. pisang mas. Contohnya. Tanda buah pisang yang sudah tua sebagai berikut : 1. seperti pisang kepok dan pisang raja. jenis pisang yang biasa dijual di pasaran dan umum dikonsumsi adalah pisang barangan. pisang raja tahun. pisang kapas. tergantung dari varietasnya. Kematangan buah pisang dapat amati secara fisik. pisang barangan. Buah pisang merupakan buah klematerik. berkadar pati tinggi. Jika dihitung dari saat mula berbunga adalah 4 – 6 minggu. pisang kidang. pisang yang dapat dimakan langsung setelah matang (disebut juga pisang meja) atau dikenal dengan banana. pisang raja uli. pisang lampung. pisang tanduk. pisang tanduk. Contohnya. pisang kepok. Buah tampak berisi 2. pisang kepok. seperti pisang klutuk (pisang batu) yang berasa sepat dan enak untuk rujak. pisang raja.

Buah yang masih muda berwarna hijau karena masih banyak mengandung klorofil. selai.01 12 86 Kering 245 3. pisang goreng.5 . Proses perubahan warna kulit pisang dari hijau menjadi kuning disebabkan oleh hilangnya klorofil tanpa atau hanya sedikit pembentukan karotenoid. Pada saat buah pisnag sudah matang. anggur.2 60 150 2 . sari buah. nektar. sirup glukosa.04 4 20 (Daftar Komposisi Bahan Makanan. arang Ca P Fe Vitamin Air (%) A (si) B (mg) C (mg) Basah 43 0. dan fruktosa. bubur (pure). Pisang yang sudah matang akan mudah busuk karena kadar airnya cukup tinggi. dan aneka kue. serta sejumlah kecil maltosa.66.0. Gizi. glukosa. getuk. tape. 1979). pisang rebus.11. buah pisang yang sudah matang terasa lebih manis. Dir. Lilik Kustiyah Kalori Protein Lemak H. Perubahan kimia yang sangat menonjol pada saat proses pematangan buah pisang adalah perubahan pati menjadi gula. dodol. ledre. dikutip dari buku membuat aneka olahan pisang oleh Eddy Setyo Mudjajanto.6 . Kandungan pati pada buah pisang masih muda lebih dominan.6 15 60 0. saus.Perubahan warna merupakan perubahan fisik yang paling menonjol pad proses pematangan buah pisang. Untuk memperpanjang daya awet dan daya gunanya. pisang epe. pisang panggang keju. Karena itu. buah pisang dapat dioleh menjadi berbagai produk. Buah pisang mentah dapat diolah menjadi gaplek pisang. dan keripik. Buah pisang matang dapat diolah menjadi sale.0. tepung. pati.4 . kandungan pati menurun sekitar 20 % pada bagian buah yang masih hijau antara 1 – 2 % dalam buah yang matang. kolak. sebagian besar kandungan pati akan digantikan oleh sukrosa. . bersamaan dengan peningkatan kadar gula.

Untuk mempercepat proses hidrolisis ini diperlukan kira-kira 100oC selama 30 menit. Setelah larutan dingan diatur keasamannya sehingga menjadi pH 4-5 (Munadjim. Pengeringan dapat dilakukan dengan sinar matahari atau dengan alat khusus. maka pemanfaatannya sebagai bahan makanan (pengganti beras dan gandum paling sederhana) dan juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan alkohol. c. bahan kecantikan dan kedokteran (Munadjim. Sedangkan untuk mengubah gula menjadi alkohol dipergunakan jasad renik Scharomices. karena bonggol pisang cukup banyak mengandung karbohidrat (66. Untuk memisahkan alkohol dalam larutan. Pati ini dapat dipisahkan dengan metode pengepresan. Hidrolisis Untuk menghidrolisis pati dalam bonggol pisang menjadi gula mula-mula bonggol pisang dihancurkan lebih dahulu. Misalnya asam khlorida (HCl).2%). yaitu dengan pemarutan atau pencacahan halus. 1983).Berdasarkan komposisi kimia bonggol pisang tersebut maka bonggol pisang dapat dipergunakan sebagai bahan makanan yang cukup baik. kemudian diambil seperseratusnya untuk . b. Hasil pemarutan bonggol psiang ini kemudian dicampur dengan asam kholrida 10% dengan perbandingan 10:1. Sumber Pati/Hidrat arang Bonggol pisang basah mengandung kira-kira 11% pati. Fermentasi (peragian) Larutan gula yang diperoleh dari hasil hidrolisis bonggol pisang setelah diatur kesamannya dan kadar gulanya 10-18%. Alkohol yang diperoleh tersebut juga dapat dipergunakan sebagai bahan industri kimia. Adapun langkah sederhana pembuatan alkohol tersebut adalah : a. Pati yang diperoleh dikeringkan hingga bebas air. 1983). dipres dihancurkan diparut bonggol pisang pati basah pengering pati kering Untuk mengubah pati menjadi gula diperlukan proses hidrolisis dengan bantuan asam mineral. Bonggol pisang yang masih segar dihancurkan/diparut dengan mesin penghancur (parut). 1983). diperlukan cara penyulingan (Munadjim. kemudian dimasukkan ke dalam mesin pengepres. Alkohol tersebut dapat berfungsi sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM). Diagram pengambilan adalah sebagai berikut. Pati akan mengendap dan airnya ditampung dalam bejana untuk diendapkan. maka pengeringan dilakukan secepat mungkin. Agar pati tidak lekas rusak.

1983). Yogyakarta. Titik didih alkohol (etanol) kira-kira 80oC . 1983. Untuk mencegah hal itu perlu direndam dalam larutan bisulfat. agar tidak mudah rusak dan berwarna coklat. langsung digoreng hingga kering dan matang. Setelah jasad renik ini aktif. starter dimasukkan ke dalam larutan gula hasil hidrolisis dalam ruangan tertutup tetapi dapat keluar tanpa ada kontak dengan udara luar (Munadjim. Penerbit Kanisius. Hasil samping lain dari penyulingan alkohol ialah fuse oil yang terpisah pada kolom destilasi bagian bawah yang mudah dipisahkan dengan pencucian (Munadjim. Yogyakarta. (*) materi referensi: http://www. Daftar Pustaka Munadjim Bsc. Hutan dan Kehutanan. Jadi bonggol pisang setelah diiris tipis-tipis setebal 0. Kemudian direndam dalam bumbu (garam.php… • • 3 tahun lalu Lapor Penyalahgunaan .dibuatkan starter (pengaktif jasad renik). Hasil pemisahan alkohol berada diatas bagian kolom. sedangkan titik dadaih air 100 oC. 2002. direndam larutan 1% Na bisulfat selama 2-3 menit. PT Gramedia. kemudian ke dalam alat pemisah kolom destilasi. d. Penerbit Kanisius. Hasil fermentasi dipanaskan dalam alat pemanas dengan steam. Drs. bawang dan merica). Jakarta Suhardi. 1983). Penyulingan alkohol Untuk memisahkan alkohol dari hasil fermentasi dapat dilakuaka dengan penyulingan. Teknologi Pengolahan Pisang. Maksud pembuatan starter ini agar jasad renik lebih aktif daya kerjanya.P. Hutan dan Kebun Sebagai Sumber Pangan Nasional. dkk. M. Ir.kabarindonesia.com/berita. Selain itu sebagai bonggol pisang dapat dimanfaatkan sebagai makanan ringan (kripik bonggol pisang). 2001. Dalam pembuatannya bonggol pisang sebelumnya perlu perlakuan pendahuluan.5 cm. yang akhirnya dialirkan masuk ke tangki penyimpanan. Arifin Arief. Setelah bumbu-bumbu meresap. Untuk memperoleh alkohol yang berkadar tinggi atau murni perlu dilakuakan dengan penyulingan bertingkat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->