PENGERTIAN AGAMA

Oleh Jappy Pellokila Menurut teori Evolusi [yang sampai kini belum ada bukti-bukti utuh dan lengkap tentang kebenarannya], manusia modern atau homo sapiens ada karena suatu proses perkembangan yang panjang dan dalam rentang waktu lama. Proses panjang dan lama itu terjadi karena manusia berkembang dari organisme sederhana menjadi makhluk yang relatif sempurna; dan segala sesuatu yang bertalian dengan manusia serta kemanusiaannya juga berkembang karena adanya proses evolusi. [Dan dalam kenyataannya, evolusi hanya merupakan teori, tetapi diajarkan dan dijabarkan sebagai suatu peristiwa yang benar-benar terjadi atau dialami pada semua makluk. Akan tetapi, menurut Kitab Suci Agama-agama, manusia, alam semesta, dan segala sesuatu adalah hasil ciptaan TUHAN Allah; hasil ciptaan yang penuh dengan kesempurnaan. Karena kesempurnaan itu, manusia mampu bertambah banyak karena di dalam diri mereka tertanam naluri bertahan hidup serta kemampuan reproduksi. Di samping itu, manusia juga dilengkapi dengan berbagai kemampuan serta kreativitas [penggagas Teori Evolusi pun, tidak pernah bisa menjawab siapa yang telah melengkapi manusia dengan berbagai kemampuan serta kreativitas tersebut], sehingga mampu beradaptasi dengan sikon hidup dan kehidupannya; bahkan menjadikan segala sesuatu di sekitarnya menjadi lebih baik serta memberi kenyamanan padanya. Kemampuan dan kreativitas itu, menjadikan manusia mempunyai keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupannya. Sehingga, yang tadinya mempunyai pola nomade, lambat laun menetap kemudian membangun komunitas pada suatu lokasi dengan batas-batas geografis tertentu. Dalam batas-batas geografis itu, mereka semakin bertambah banyak serta mampu membangun komunitas masyarakat dengan berbagai aspek yang bertalian dengannya.

PENGERTIAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN
Pengertian Agama : Dalam masyarakat Indonesia selain dari kata agama, dikenal pula kata “din” ( ) dari bahasa Arab dan kata “religi” dari bahasa Eropa. Agama berasal dari kata Sanskrit. Satu pendapat mengatakan bahwa kata itu tersusun dari dua kata, “a” yang berarti tidak dan “gama” yang berarti pergi, maka kata Agama dapat diartikan tidak pergi, tetap di tempat, diwarisi turun – temurun. Sedangkan kata “Din” itu sendiri dalam bahasa Semit berarti undang – undang atau hukum. Dalam bahasa Arab kata ini mengandung arti menguasai, menundukkan, patuh, hutang, balasan, kebiasaan. Adapula kata Religi yang berasal dari bahasa Latin. Menurut satu pendapat asalnya ialah “relegere” yang mengandung arti mengumpulkan, membaca dan dapat juga kata relegare juga bisa diartikan mengikat. Oleh karena itu agama adalah suatu ketetapan yang dibuat oleh Tuhan Yang Maha Esa secara mutlak atau tanpa adanya campur tangan siapa saja. Pengertian Kebudayaan : ditinjau dari sudut Bahasa Indonesia, kebudayaan berasal dari bahasa Sansakerta “Buddhayah”, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal. Pendapat lain megatakan juga bahwa kata budaya adalah sebagai suatu perkembangan dari kata majemuk budidaya, yang mempunyai arti “daya” dan “budi”. Karena itu mereka membedakan antara budaya dan kebudayaan. Sedangkan budaya sendiri adalah daya dari budi yang berupa cipta, karsa dan rasa; dan kebudayaan adalah hasil dari cipta, kaPluralisme agama mempunyai landasan epistemologis dan teologis. Bagian epistemologis dari teori ini menitikberatkan pada pembuktian kebenaran untuk semua agama-agama, sedangkan bagian teologisnya lebih banyak mengarah pada
RATNA SARI DACHI Page 1

pengakuan keselamatan dan kebahagiaan para pengikut dari semua agama-agama. Demikian pula pluralisme agama dengan mengambil ilham dari filsafat Kant pemisahan nomen dengan phenomen, hermenetik Gadamer, teori kesatuan substansi agamaagama, kejamakan hakikat, teori pengalaman keagamaan, kesetaraan argumen, gradasi dan keberadaan batin hakikat, telah mengumumkan kesamaan agama-agama dalam meraih hakikat serta mendapatkan keselamatan. Dalam tulisan ini, pertama akan kami paparkan landasan epistemologi pluralisme agama dan melakukan telaah serta kritik terhadapnya dan kemudian memaparkan landasan teologinya serta telaah dan kritik terhadapnya.

Landasan Epistemologi Pluralisme Agama
Landasan epistemologi pluralisme agama, terbangun dengan mengambil ilham dari teori pemisahan nomen dan phenomen Kant, hermeneutik, khususnya hermeneutik filsafat Gadamer, dan bahasa agama (religious language). Sebagaimana diisyaratkan bahwa bagian penting dari landasan teoritis pluralisme agama ini menekankan pada pengafirmasian kebenaran bagi semua agama-agama. Yakni berupaya membuktikan bahwa semua agama-agama dari segi mencerap hakikat adalah sama dan setara. Tidak ada satu pun agama yang lebih utama dan sempurna dibanding semua agama-agama lainnya, sehingga ia dapat dipandang sebagai agama yang paling benar dan paling sempurna. Semua agama adalah sederajat dalam kesahihan dan kebenaran. Yang berbeda di antara mereka hanyalah lahiriahnya saja, tetapi batin dan substansinya adalah satu. Oleh karena itu, konsekuensi logis dari tinjauan ini adalah ketiadaan pemisahan dari dimensi kebenaran dan kebatilan antara proposisi-proposisi agama tauhid (monoteisme), trinitas, trimurti, politeisme, dan syirik.

Tujuan Manusia sebagai Makhluk Keberagamaan
Manusia adalah makhluk beragama, dalam arti bahwa mereka percaya dan/atau menyembah Tuha, melakukan ritual (ibadah) atau upacara-upacara. Suatu fenomena bahwa manusia menyembah, berdoa, menyesali diri dan minta ampun kepada sesuatu yang ghaib, walaupun kemudian ada yang menjadi agnostic (tidak mau tahu akan adanya Tuhan) atau atheis (mengingkari adanya Tuhan). Mereka cenderung untuk mengganti Tuhan yang bersifat pribadi seperti negara, ras, proses alam, pengabdian total untuk mencari kebenaran atau ideal-ideal yang lain. Hubungan pribadi manusia dengan Tuhan lebih bersifat trasendental, karena hubungan ini lebih banyak melibatkan rohani pribadi manusia yang bersifat perseorangan. Dengan adanya agama maka manusia mulai menganutnya. Beragama merupakan kebutuhan manusia karena manusia adalah makhluk yang lemah sehingga memerlukan tempat bertopang. Manusia memerlukan agama demi keselamatan hidupnya. Manusia dapat menghayati agama melalui proses pendidikan agama, penanaman sikap dan kebiasaan dalam beragama dimulai sedini mungkin, meskipun masih terbatas pada latihan kebiasaan (habit formation). Tetapi sebagai pengembangan pengkajian lebih lanjut tentunya tidak dapat diserahkan hanya kepada satu pihak sekolah saja atau orang tua saja melainkan keduannya harus berperan. Oleh karena itu dimasukkannya kurikulum pendidikan agama di sekolah-sekolah. Tugas pendidikan yaitu membina pribadi manusia untuk mengerti, memahami, menghayati, dan mengamalkan aspek-aspek religi dalam menjalani kehidupan seharihari. Selaras dengan pandangan manusia sebagai makhluk beragama, maka menggali nilai-nilai yang melandasi pendidikan itu hendaknya memperhatikan nilai-nilai yang bersumber pada Tuhan Yang Maha Esa dengan meyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akherat.

ALASAN-ALASAN MANUSIA BERAGAMA
Mengapa manusia beragama? Jawaban sederhananya adalah karena manusia mempunyai naluri religius untuk menyembah sesuatu di luar dirinya. Namun, jika
RATNA SARI DACHI Page 2

dibalik itu. manusia beragama agar TUHAN memberi kekuatan serta kemampuan untuk menjalani hidup dan kehidupan 2. karena pelbagai alasan. Hal itu terjadi dengan harapan bahwa TUHAN yang diajarkan dalam agama-agama mampu memberikan kemampuan kepadanya agar bisa menghadapi rintangan hidup dan kehidupannya. Page 3 RATNA SARI DACHI . Jadi. dapat bertahan serta tidak musnah. di dalamnya ada upaya sungguh-sungguh untuk menyembah dan percaya kepada Ilahi. termasuk memelihara serta menata lingkungan hidup. Ketidakmampuan menghadapi pelbagai rintangan hidup dan kehidupan setiap hari. dan lain-lain. manusia ingin memperoleh kekuatan baru dari TUHAN. misalnya ○ memperoleh kepastian keselamatan.ditelaah lebih mendalam. Merasa tidak mempunyai kepastian masa depan karena tak mampu mengikuti perubahan. memperhatikan sesama manusia berdasarkan kasih ○ memberi dorongan kepada dirinya sehingga berani berjuang menegakkan keadilan. 1. membantu. Keterbatasan dan ketidakmampuan psikologis. sehingga mampu membangun relasi antar sesama dengan penuh tanggungjawab. 5. penderitaan. demokrasi. Namun. kerukunan. sehingga dirinya menyembah-Nya dengan benar serta mengikuti semua kehendak-Nya ○ ajaran-ajaran agama sebagai pagar pembatas agar tidak jatuh serta terjerumus ke dalam cara-cara hidup yang buruk serta negatif. Ada banyak faktor yang menjadikan manusia beragama. Pada umumnya. Biasanya sikon seperti itu membuat manusia menjadikan agama sebagai tempat pelarian terakhir. dengan menjalankan ajaranajaran agama. 4. maka alasan-alasan manusia beragama ternyata tidak sederhana. Karena itu. kemudian melarikan diri kepada hal-hal rohaniah. Manusia mempunyai pelbagai cara untuk mengembangkan hidup dan kehidupannya sehingga. seseorang [menjadi penganut agama] agar memperoleh kepastian masa depan hidup kekal setelah kematian ○ mengingatkan diri sendiri bahwa ada TUHAN yang menciptakan serta mengatur segala sesuatu. sekaligus mengembangkan pola-pola keberagamaannya. pada dirinya masih tersimpan banyak kekurangan serta ketidakmampuan dan keterbatasan. kebenaran. menjadikan diri sendiri sadar sekaligus takut untuk melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum-hukum masyarakat ○ memberi pengaruh positif pada hidup dan kehidupan secara pribadi dan anggota masyarakat. Di samping semua hal tersebut. serta hak asasi manusia. serta ikut ambil bagian dalam pembangunan serta perbaikan masyarakat melalui berbagai bidang hidup dan kehidupan ○ ajaran agama menjadikan manusia mempunyai sikap moral dan etika yang baik. termasuk hidup dan kehidupan. Kompleksitas permasalahan yang dihadapi. ada orang yang menjadi pemeluk atau umat salah satu agama dengan alasan-alasan khas. manusia beragama. secara fisik. sehingga mengalami stagnasi berpikir. misalnya keterbelakangan. 3. Keinginan yang tidak tercapai serta ketidakpastian karena adanya perubahan sikon hidup dan kehidupan. menolong. Misalnya. yang diajarkan oleh agama-agama. toleransi. mendorong seseorang untuk berbuat kebajikan. kebodohan. kemiskinan.

maka ia sama saja dengan tidak beragama. membawanya pada kebenaran dan memberikan kesalamatan hidupnya. Karena fungsi agama sebagai petunjuk. Damai di hati dan mengasihi itu bukanlah slogan. karena mereka tidak mengerti dengan apa yang mereka lakukan” *Pesan damai Muhammad saw. karena semua itu ternyata tidak membawa banyak manfaat bagi kita semua dan bagi masyarakat Indonesia. 3. maka sama saja dengan tidak beragama. Kalau seseorang memeluk suatu agama dan (dengan) memeluk. Di antara kita ada yang sering pesimis tentang “apa sebenarnya manfaat kita beragama”. Agama diturunkan untuk manusia untuk keselamatan hidupnya di dunia dan di akhirat. Bila manusia mengaku beragama. halal haram dan benar salah. Sehingga orang bertanya-tanya. “Maafkanlah mereka. Bila lima pengaruh ini tidak ada pada seorang penganut agama artinya agama tidak berpengaruh pada dirinya. Berikut ini adalah lima pengaruh agama yang harus ada pada sikap mental kita agar agama itu terasa manfaatnya. saling mempertentangkan. K. Saling hujat. apakah ia telah beragama atau ber-Tuhan? 4. maka agama harus berpengaruh pada penganutnya yaitu mengendalikan sikap dan perilakunya agar selalu berada pada jalan yang benar. 7. kejahatannya juga keras. agama harus mengendalikan perbuatan dan perilaku manusia. Fenomena inilah yang disoroti oleh pemuka agama. Kerusuhan masih saja terjadi. 2. * Sabda Yesus. dan dekat dengan Tuhan. dan sebagainya.mahasiswa sering bertengkar . kalau begitu apa manfaat beragama? Karena kelihatannya shalat/sembahyangnya keras. maka perlu dipertanyakan.H. Jadi beragama tidak dapat diukur hanya dengan tekun shalat/bersembahyang. Karena agama apapun tidak pernah mengajarkan hal demikian. 5.bertawuran. dan saling menebar kebencian. dan sebagainya. Salahuddin Wahid pernah menyampaikan koreksi atau mungkin kritik yang keras sekali. para pelajar . Bila pengaruh agama tidak ada pada dirinya. 6. tetapi itu adalah sikap hidup seorang umat beragama. “Jangan Membenci” *Ajaran Konfusius. masyarakat merasa tidak aman karena masih ada bom dimana-mana. shalat/sembahyangnya rajin korupsinya juga rajin sekali. tetapi hidupnya tidak diatur oleh agamanya atau agama tidak berpengaruh dalam kehidupan sehari-harinya untuk mempertimbangkan baik buruk. “Seorang manusia itu harus memiliki cinta kasih untuk hidup selaras dengan sesama”. PENGARUH AGAMA BAGI MANUSIA 1.MANFAAT AGAMA 1. menganut dan setuju dengan agama yang dianut itu kemudian terjadi perubahan didalam dirinya menuju ke arah yang lebih baik. Hal yang sungguh memalukan dari pribadi-pribadi yang mengaku sebagai umat yang beragama dan ber-Tuhan. saling bermusuhan. Normatif RATNA SARI DACHI Page 4 . akrab. tetapi amat jahat dengan sesama manusia. Beliau mengatakan masyarakat Indonesia rajin shalat/bersembahyang sehingga sepertinya intim. maka agama itu bermanfaat bagi orang tersebut. PADAHAL masyarakat kita ini hampir seluruhnya mempunyai agama dan memeluk agama. “Kasihilah musuhmu” *Budha Gautama. Kalau sebagai umat beragama hatinya belum bisa hidup damai dengan umat beragama lain dan mengasihi sesamanya. Sebagai petunjuk hidup. Secara singkat manfaat hidup beragama adalah apabila terjadi perubahan atas diri kita ke arah yang lebih baik. memakai simbol-simbol agama.

pegangan dan keteguhan dalam hidup dan seterusnya. bersikap dan berfikir positif. Kesemuanya berakar dari kata Salam yang berarti kedamaian. Sensitif Dampak pengaruh kedua yang mesti dirasakan oleh manusia dari agama adalah sikap sensitif. kekeliruan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya. Kita ini tidak lama hidup di dunia. Sensitif ini terhadap baik dan buruk. dengan ajaran agama yang dianutnya. Yang salah tidak diikuti yang benar didukung dan diikuti. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia. menghadap Allah 4. lingkungan alam dan sebagainya. Radio Aktif Terakhir adalah sikap mental radio aktif. dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah. salah dan benar. penyelewengan. Agama juga menjanjikan keselamatan dunia dan akhirat bagi pemeluknya. kesalahan. 5.ال‬Allāh). kebudayaan. agama juga mengajarkan keyakinan kepada Tuhan. Positif Sikap mental keempat yang harus tumbuh dari manusia beragama adalah sikap positif yaitu optimisme. atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Kata Islam lebih spesifik lagi didapat dari bahasa Arab Aslama. menyerah atau tunduk" dan dalam pengertian yang lebih jauh kepada Tuhan. sebentar dan tidak lama. Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan". pengakuan beragama kita hanya di mulut saja. memiliki harapan masa depan yang lebih baik. Salah satu dasar lain dari ajaran agama adalah bahwa agama itu memberikan harapan akan masa depan yang lebih baik. hal-hal yang tidak beres. seseorang menjadi sensitif terhadap lingkungan sosial. yang bermakna "untuk menerima. maka agama harus berdampak normatif pada pemeluknya. Tentatif Kesadaran dan sikap mental ketiga yang harus tumbuh dalam diri kita dari agama adalah kesadaran tentatif (sementara). 3. ekonomi. keburukan dan kesalahan di sekitar kita berarti mununjukkan agama yang kita anut tidak berfungsi. RATNA SARI DACHI Page 5 . Karena agama adalah ajaran tentang norma-norma untuk keselamatan hidup manusia. Bila kita tidak sensitif terhadap segala bentuk kemungkaran. yaitu Allah. menjanjikan surga bagi mereka iman kepada Allah dan berbuat baik ISLAM Islam (Arab: al-islām.Agama adalah ajaran tentang aturan-aturan atau norma-norma kehidupan yang bersumber dari wahyu Ilahi. ‫ السلم‬berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan. tidak benar dan sebagainya. pentingnya memiliki iman. Sensitif disini adalah sikap yang peka terhadap segala keburukan. 2. menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Artinya. Sikap mental pertama yang harus tumbuh dari manusia beragama adalah sikap mental normatif. Kesadaran tentatif artinya sadar betul hidup ini hanya sementara. Aspek kebahasaan Kata triliteral semitik 'S-L-M' menurunkan beberapa istilah terpenting dalam pemahaman mengenai keislaman. Islam memiliki arti "penyerahan". Salah satu ciri agama adalah ajarannya tentang kebenaran. yaitu Islam dan Muslim. atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan (Arab: ‫ . lalu menghindarinya sekuat mungkin. kehidupan politik. Selain kebenaran. kita seolah tidak beragama karena fungsi agama tidak hidup dalam diri kita. hanya sementara dan kemudian akan mati memasuki kehidupan akhirat.

Lima Rukun Islam Islam memberikan banyak amalan keagamaan. dan penganutnya harus menunjukkan ini dengan menyembah-Nya. ataupun kedua-duanya. Taurat. Isi dari kelima Rukun Islam itu adalah: 1. Mengacu pada kalimat di atas. Perkataan ini memberikan beberapa maksud dari al-Qur’an. melainkan sebagai penerus dan pembaharu kepercayaan monoteistik yang diturunkan kepada Ibrahim. seluruh firman Allah terdahulu telah mengalami perubahan oleh manusia. melalui perantara Malaikat Jibril adalah sempurna dan tidak ada keraguan di dalamnya (Al-Baqarah [2]:2). kualitas Islam sebagai kepercayaan ditegaskan: "Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk. dengan demikian tentu saja Ibrahim juga menganut ketauhidan secara hanif (murni) yang menjadikannya seorang muslim. Injil dan suhuf para nabi-nabi yang lain) melalui nabi dan rasul terdahulu sebelum Muhammad. dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah". umat Islam juga diwajibkan untuk beriman dan meyakini kebenaran kitab suci dan firman-Nya yang diturunkan sebelum al-Qur'an (Zabur. Mengucap dua kalimah syahadat dan meyakini bahwa tidak ada yang berhak ditaati dan disembah dengan benar kecuali Allah saja dan meyakini bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul Allah. jihad dan zakat. dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku. dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. yaitu "asyhadu an-laa ilaaha illallaah. Esensinya adalah prinsip keesaan Tuhan dan pengakuan terhadap kenabian Muhammad. yaitu lima pilar yang menyatukan Muslim sebagai sebuah komunitas. RATNA SARI DACHI Page 6 . dan menghindari politheisme.Aspek kemanusiaan Dengan demikian.yang berarti "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Isa. Adapun sebagaimana dinyatakan dalam al-Qur'an. maka umat Islam meyakini bahwa al-Qur'an adalah satu-satunya kitab Allah yang benar-benar asli dan sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya. menuruti perintah-Nya." Namun masih ada yang lain yang menggambarkan Islam itu sebagai perbuatan kembali kepada Tuhan-lebih dari hanya penyataan pengesahan keimanan. Agama Islam mempercayai bahwa al-Qur'an dan Sunnah (setiap perkataan dan perbuatan Muhammad) sebagai sumber hukum dan peraturan hidup yang fundamental. Tambahan dari Lima Rukun. Umat Islam juga meyakini al-Qur'an yang disampaikan oleh Allah kepada Muhammad. Musa. Mendirikan salat wajib lima kali sehari. Pandangan ini meletakkan Islam bersama agama Yahudi dan Kristen dalam rumpun agama yang mempercayai Nabi Ibrahim as.. Di dalam al-Qur'an. perbankan. Di dalam al-Qur'an Allah juga telah berjanji akan menjaga keotentikan al-Qur'an hingga akhir zaman. wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah" . hukum Islam (syariah) telah membangun tradisi perintah yang telah menyentuh pada hampir semua aspek kehidupan dan kemasyarakatan. Tradisi ini meliputi segalanya dari hal praktikal seperti kehalalan.. dan nabi oleh Tuhan yang sama. Para penganut umumnya digalakkan untuk memegang Lima Rukun Islam. Islam menegaskan bahwa agama Yahudi dan Kristen belakangan setelah kepergian para nabinya telah membelokkan wahyu yang Tuhan berikan kepada nabi-nabi ini dengan mengubah teks dalam kitab suci.. Kaum Muslim percaya bahwa Allah mengutus Muhammad sebagai Nabi terakhir setelah diutusnya Nabi Isa 6 abad sebelumnya. penganut Yahudi dan Kristen sering direferensikan sebagai Ahli Kitab atau orang-orang yang diberi kitab. Umat Islam meyakini bahwa agama yang dianut oleh seluruh nabi dan rasul utusan Allah sejak masa Adam adalah satu agama yang sama dengan (tauhid|satu Tuhan yang sama). 2. Adapun bila seseorang meyakini dan kemudian mengucapkan dua kalimat persaksian ini. memperkenalkan intepretasi palsu. ia dapat dianggap telah menjadi seorang muslim dalam status sebagai mualaf (orang yang baru masuk Islam dari kepercayaan lamanya)." Ayat lain menghubungkan Islām dan dīn (lazimnya diterjemahkan sebagai "agama"): ".. Islam berarti penerimaan dari dan penyerahan diri kepada Tuhan.Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untukmu agamamu. Mereka tidak menganggap Muhammad sebagai pengasas agama baru. [14] Umat Islam juga percaya bahwa selain al-Qur'an. niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Kepercayaan Kepercayaan dasar Islam dapat ditemukan pada dua kalimah shahādatāin ("dua kalimat persaksian"). Dalam beberapa ayat.

kebanyakan ilmuwan percaya kata Allah didapat dari penyingkatan dari kata al. seperti Eropa Barat. juga di sebagian besar Afrika Utara dan Asia. Zabur dan suhuf) 4. Doktrin antara Sunni dan Syi'ah berbeda pada masalah imamah (kepemimpinan) dan peletakan Ahlul Bait (keluarga keturunan Muhammad). dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia. Permasalahan terjadi akibat perbedaan pandangan tentang siapa yang seharusnya memimpin kaum Muslim sesudah wafatnya Muhammad. Semenanjung Balkan di Eropa Timur dan Rusia. Injil. Kata Allah juga adalah kata yang digunakan oleh orang Kristen (Nasrani) dan Yahudi Arab sebagai terjemahan dari ho theos dari Perjanjian Baru dan Septuaginta. dijadikanNya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Iman kepada qada dan qadar Ajaran Islam Hampir semua Muslim tergolong dalam salah satu dari dua mazhab terbesar. Komunitas besar juga ditemui di Cina. Istilah Arab untuk Tuhan ialah Ilāh. 4. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia. Membayar zakat. Terdapat juga sebagian besar komunitas imigran Muslim di bagian lain dunia. bentuk maskulin). Berpuasa pada bulan Ramadan." Nama "Allah" tidak memiliki bentuk jamak dan tidak diasosiasikan dengan jenis kelamin tertentu. Enam Rukun Iman Muslim juga mempercayai Rukun Iman yang terdiri atas 6 perkara yaitu: 1.6% di Indonesia. Dalam Islam sebagaimana disampaikan dalam al-Qur'an dikatakan: "(Dia) Pencipta langit dan bumi. tetapi yang lain menjejakkan asal usulnya dari bahasa Aram Alāhā. negara Muslim terbesar berdasar populasi. Allah Konsep Islam teologikal fundamental ialah tauhid. bermaksud "Tuhan" (al-ilāh'). Namun baik Sunni maupun Syi'ah secara umum berpandangan sama terhadap rukun Islam dan rukun Iman yang merupakan aspek fundamental keimanan dalam Islam walaupun dengan terminologi yang berbeda.3. 3. tauhid dituangkan dalam syahadat (pengakuan). dan Pakistan sedangkan negara dengan mayoritas Islam Syi'ah adalah Iran dan Irak. Taurat. Iman kepada malaikat Allah 3. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan. Yang pertama dari Lima Rukun Islam. (Asy-Syu'ara' [42]:11) RATNA SARI DACHI Page 7 . 30% di subbenua India dan 15. yaitu kepercayaan tentang keesaan Tuhan. yaitu Sunni (85%) dan Syiah (15%). 2. 5. Islam adalah agama predominan sepanjang Timur Tengah. Sekitar 20% Muslim tinggal di negara-negara Arab.pasangan (pula). Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan. Negara dengan mayoritas pemeluk Islam Sunni adalah Indonesia. 4. Iman kepada nabi dan rasul Allah 5. Iman kepada Allah 2. Katakanlah: "Dia-lah Allah (Tuhan). Arab Saudi. Yang Maha Esa. Iman kepada Kitab Allāh (Al-Qur'an. Menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu. yaitu bersaksi: “ ‫ل إله إل ال محمد رسول ال‬ Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah ” Konsep tauhid ini dituangkan dengan jelas dan sederhana di dalam al-Qur'an pada Surah Al-Ikhlas yang terjemahannya adalah: 1. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat". Iman kepada hari kiamat 6.(si) dan ʾilāh' (dewa.

Islam menolak ajaran Kristen menyangkut paham Trinitas dimana hal ini dianggap Politeisme. tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur'an yang ada saat ini persis sama dengan yang disampaikan kepada Muhammad. Walau Al-Qur'an lebih banyak ditransfer melalui hafalan. Penurunannya sendiri terjadi secara bertahap antara tahun 610 hingga hingga wafatnya beliau 632 M. Di Indonesia ada lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an yaitu lomba membaca Al-Qur'an dengan tartil atau baik dan benar. bukan pada bentuk fisiknya sebagai hasil cetakan. yang kemudian menghapalkan dan menulis isi Al Qur'an tersebut. mereka yang menghafal keseluruhan Al-Qur'an dikenal sebagai hafiz (jamak:huffaz). Dalam Islam. Mengutip al-Qur'an. tetapi bukan Al-Qur'an itu sendiri. (Ta Ha [20]:14) Pemakaian kata Allah secara linguistik mengindikasikan kesatuan. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur'an disampaikan kepada Muhammad melalui malaikat Jibril. Islam menggambarkan Tuhan dalam 99 nama/gelar/julukan Tuhan (asma'ul husna) yang menggambarkan sifat ketuhanan-Nya sebagaimana terdapat pada al-Qur'an. karena Tuhan tidak serupa dengan apapun (Asy-Syu'ara' [42]:11). Oleh karena itu terjemahan hanya memiliki kedudukan sebagai komentar terhadap Al-Qur'an ataupun bentuk usaha untuk mencari makna Al-Qur'an. Namun walau terdengar merujuk ke sebuah buku/kitab.[22] Al-Qur'an memiliki 114 surah . Sesungguhnya al-Masih. dipercayai bahwa saat ini terdapat jutaan penghapal Al-Qur'an diseluruh dunia. Hasil terjemahan dari Al-Qur'an ke berbagai bahasa tidak merupakan Al-Qur'an itu sendiri. Muslim juga percaya bahwa Al-Qur'an hanya berbahasa Arab.[23] Hampir semua Muslim menghafal setidaknya beberapa bagian dari keseluruhan Al-Qur'an. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara". dan sejumlah 6. batu-batu dan dedaunan. maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku". Secara harfiah Qur'an berarti bacaan. Isa putra Maryam itu adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan kalimat-Nya) yang disampaikannya kepada Maryam dan (dengan tiupan ) roh dari-Nya. Pencapaian ini bukanlah sesuatu yang jarang. namun sebagai tambahan banyak pengikut Islam pada masa itu yang menuliskannya pada tulang.Allah adalah Nama Tuhan (ilah) dan satu-satunya Tuhan sebagaimana perkenalan-Nya kepada manusia melalui al-Quran : "Sesungguhnya Aku ini adalah Allah. Dan janganlah kamu mengatakan :"Tuhan itu tiga". kemudian disampaikan lagi kepada pengikutnya. hal ini dilarang karena dapat berujung pada pemberhalaan dan justru penghinaan. Yang membacakan disebut Qari (pria) atau Qariah (wanita). Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. dalam hal ini adalah Tuhan Ibrahim. Dalam Islam Muhammad tidak RATNA SARI DACHI Page 8 . Nabi Muhammad S. Namun. Umat Islam percaya bahwa Tuhan yang mereka sembah adalah sama dengan Tuhan umat Yahudi dan Nasrani.A. Kitab suci Al-Qur'an adalah kitab suci ummat Islam yang diwahyukan Allah kepada Muhammad melalui perantaraan Malaikat Jibril. Secara umum para ulama menyepakati bahwa versi Al-Qur'an yang ada saat ini pertama kali dikompilasi pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan (khalifah Islam ke-3) yang berkisar antara 650 hingga 656 M. berhentilah dari ucapan itu. Maha suci Allah dari mempunyai anak. janganlah kamu melampaui batas dalam agama dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sebagai gantinya.236 ayat (terdapat perbedaan tergantung cara menghitung). visualisasi atau penggambaran Tuhan tidak dapat dibenarkan. Itu lebih baik bagi kamu.W Muhammad (570-632 M) adalah nabi terakhir dalam ajaran Islam dimana mengakui kenabiannya merupakan salah satu syarat untuk dapat disebut sebagai seorang muslim (lihat syahadat). ummat Islam merujuk Al-Qur'an sendiri lebih pada kata-kata atau kalimat di dalamnya. segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. An-Nisa' [4]:71: "Wahai Ahli Kitab. Sesungguhnya Allah Tuhan yang Maha Esa. Utsman bin Affan kemudian mengirimkan duplikat dari versi kompilasi ini ke seluruh penjuru kekuasaan Islam pada masa itu dan memerintahkan agar semua versi selain itu dimusnahkan untuk keseragaman.

ibunya Aminah meninggal dunia. belajar mengaji (membaca Al-Qur'an) dan lain sebagainya. Arab Saudi. Pada tahun 622 Masehi. dan sesudahnya selama beberapa waktu mulai mengajarkan ajaran Islam secara tertutup kepada para sahabatnya. Masa awal Islam bermula pada tahun 611 ketika wahyu pertama diturunkan kepada rasul yang terakhir yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira'. yang mana sebagian menerima dan sebagian lainnya menentangnya. Banyak penduduk Mekkah yang sebelumnya menjadi musuh kemudian berbalik memeluk Islam. sebab ayahnya Abdullah wafat ketika ia masih berada di dalam kandungan. Muhammad dapat menyatukan orang-orang anshar (kaum muslimin dari Madinah) dan muhajirin (kaum muslimin dari Mekkah). dan yang terpenting adalah Ka'bah. Ibadah yang biasa dilakukan di Masjid antara lain salat berjama'ah. perbuatan. Peristiwa ini disebut Hijrah. Sejarah Masa sebelum kedatangan Islam Jazirah Arab sebelum kedatangan agama Islam merupakan sebuah kawasan perlintasan perdagangan dalam Jalan Sutera yang menghubungkan antara Indo Eropa dengan kawasan Asia di timur. Di Madinah. umat Islam selalu mendapatkan kemenangan. Hadits adalah teks utama (sumber hukum) kedua Islam setelah Al Qur'an. Oleh karena itu dalam Islam dikenal istilah hadits yakni kumpulan perkataan (sabda). Muhammad dilahirkan di Mekkah pada tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah (571 masehi).diposisikan sebagai seorang pembawa ajaran baru. diskusi agama. Ketika Muhammad berusia 40 tahun. Muhammad kemudian menikah dengan seorang janda bernama Siti Khadijah dan menjalani kehidupan secara sederhana. menyebabkan umat Islam memasuki fase yang sangat menentukan. karena di sana terdapat berhala-berhala agama mereka. Sepeninggalan ibunya. Muhammad dalam pandangan Islam adalah seorang manusia biasa. Masyarakat ini disebut pula Jahiliyah atau dalam artian lain bodoh. peristiwa itu menjadi dasar acuan permulaan perhitungan kalender Islam. Warga Quraisy terkenal dengan masyarakat yang suka berpuisi. Ketika Muhammad wafat. Dalam setiap peperangan yang dilakukan melawan orang-orang kafir. Setelah tiga tahun menyebarkan Islam secara sembunyi-sembunyi. ia akhirnya menyampaikan ajaran Islam secara terbuka kepada seluruh penduduk Mekkah. ketetapan maupun persetujuan Muhammad. sehingga ketika penaklukan kota Mekkah oleh umat Islam tidak terjadi pertumpahan darah. Ia dilahirkan di tengah-tengah suku Quraish pada zaman jahiliyah. Tempat ibadah Rumah ibadat umat Muslim disebut masjid atau mesjid. Muhammad dibesarkan oleh kakeknya Abdul Muthalib dan dilanjutkan oleh pamannya yaitu Abu Talib. perayaan hari besar. Pada saat usianya masih 6 tahun. Namun setiap perkataan dan perilaku dalam kehidupannya dipercayai merupakan bentuk ideal dari seorang muslim. Terlepas dari tingginya statusnya sebagai seorang Nabi. Mereka menjadikan puisi sebagai salah satu hiburan disaat berkumpul di tempat-tempat ramai. ceramah agama. Bodoh disini bukan dalam intelegensianya namun dalam pemikiran moral. Keunggulan diplomasi nabi Muhammad pada saat perjanjian Hudaibiyah. dalam kehidupan suku-suku padang pasir yang suka berperang dan menyembah berhala. Muhammad dilahirkan dalam keadaan yatim. sehingga umat Islam semakin menguat. telaga Zamzam. Muhammad dan pengikutnya berpindah ke Madinah. melainkan merupakan penutup dari rangkaian nabi-nabi yang diturunkan sebelumnya. tak terhindarkan terjadinya perang antara Mekkah dan Madinah. Mekkah adalah tempat yang suci bagi bangsa Arab ketika itu. Kebanyakan orang Arab merupakan penyembah berhala dan ada sebagian yang merupakan pengikut agama-agama Kristen dan Yahudi. ia mulai mendapatkan wahyu yang disampaikan Malaikat Jibril. Dalam fase awal ini. hampir seluruh Jazirah Arab telah memeluk agama Islam. HARI BESAR 1 Muharam (hari pertama tahun Hijriyah) 10 Muharam (disebut juga hari Asyura) RATNA SARI DACHI Page 9 .

dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus. kematian dengan penyaliban. sengsara. Kata Kristen sendiri memiliki arti "pengikut Kristus atau "pengikut Yesus". Tritunggal dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea Pertama (325) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantin I. yang menebus manusia dari dosa. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di Antiokia (Kisah Para Rasul 11:26). dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga. Murid-murid Yesus Kristus untuk pertama kalinya disebut Kristen ketika mereka berkumpul di Antiokia (Kisah Para Rasul 11: 26c). Sebagaimana agama Yahudi.12 Rabiul Awal (hari kelahiran Nabi Muhammad SAW) 27 Rajab (Hari Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW) 15 Sya'ban 17 Ramadhan (Malam Nuzulul Qur'an) 1 Syawal (Hari Raya Idul Fitri) 10 Zulhijjah (Hari Raya Idul Adha) KRISTEN Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran. mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Tuhan. Kekristenan adalah monoteisme. Pergerakan RATNA SARI DACHI Page 10 . wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias. ajaran. juru selamat bagi seluruh umat manusia. Mereka beribadah di gereja dan Kitab Suci mereka adalah Alkitab. umat Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian Lama (atau Kitab suci Yahudi). Yesus Kristus adalah pendiri jemaat (gereja) dan kepemimpinan gereja yang abadi (Injil Matius 16: 18-19) Umat Kristen juga percaya bahwa Yesus Kristus akan datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini. Pemeluk agama Kristen mengimani bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat. Gambaran umum agama Kristen Dasar-dasar Iman Agama Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan hidup. Dalam kepercayaan Kristen. kebangkitan. sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru. yang percaya akan tiga pribadi (secara teknis dalam bahasa Yunani hypostasis) Tuhan atau Tritunggal. hidup.

katolik. kudus. semua perilaku-perilaku yang menekankan kepada "teknik-teknik berdoa" yang menggunakan faktor eksternal seperti yang tadi disebutkan biasanya dituduh sebagai "pagan" (paganisme. ada Gereja yang mengharuskan baptisan dilakukan dengan diselamkan kepada air seperti Yesus (misalnya Gereja Kristen Protestan dan Karismatik). Baptisan Baptisan merupakan sebuah ritual dan sakramen menggunakan air. Anak (Yesus Kristus). [9] Keyakinan ini harus dilihat dari sudut pandang kepercayaan Kristen terhadap hubungan yang unik antara orang percaya dengan Yesus. yang menandakan seseorang berkomitmen menjadi seorang Kristen dan tergabung menjadi anggota Gereja. supaya dunia percaya. kepemimpinan orang Kristen diteruskan berdasarkan penunjukan Petrus oleh Yesus. Karena itu. Setelah itu. penekanan terhadap kebebasan untuk datang kepada Tuhan ini pun ditekankan. dalam doa secara Kristiani. Banyak denominasi Gereja kini menyadari bahwa perpecahan itu justru menyimpang dari pesan Yesus yang mendoakan kesatuan di antara para pengikutnya. ya Bapa. Doa Pengajaran Yesus tentang doa pada Khotbah di Bukit menggambarkan bahwa doa secara Kristiani hanya memakai sedikit faktor eksternal. supaya mereka semua menjadi satu. Dalam doa secara Kristiani. seperti misalnya harus menggambar simbolsimbol tertentu atau harus menyembelih hewan-hewan tertentu terlebih dahulu sebelum berdoa. tetapi juga untuk orang-orang. Ibadah Contoh benda-benda yang digunakan umat Kristen dan Katolik untuk beribadah—Alkitab. Yang kedua terjadi antara Gereja Katolik dengan Gereja Protestan pada tahun 1517 ketika Martin Luther memprotes ajaran Gereja yang dianggapnya telah menyimpang dari kebenaran. [8] Di seluruh Perjanjian Baru. kebangkitan badan. sebuah Salib. Setelah Petrus meninggal kepemimpinan dilanjutkan oleh para uskup yang dipimpin oleh uskup Roma. [10] RATNA SARI DACHI Page 11 . pengampunan dosa. Pengakuan iman mereka menyebutkan kepercayaan akan Allah Tritunggal yang Mahakudus." — Injil Yohanes 17:20-21 ” Doa ini kemudian menjadi dasar dari gerakan ekumenisme yang dimulai pada awal abad ke-20. and sebuah Rosario. lewat Roh Kudus. yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka. yakni Bapa. Gereja yang satu. Ada Gereja yang memperbolehkan baptisan dengan air yang dipercikkan (misalnya Gereja Katolik dan Othodox). Roh kudus. Gereja Kristen mengalami dua kali perpecahan yang besar: yang pertama terjadi pada tahun 1054 antara Gereja Barat yang berpusat di Roma (Gereja Katolik Roma) dengan Gereja Timur (Gereja Ortodoks Timur) yang berpusat di Konstantinopel (sekarang Turki). “ "Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa. kehidupan kekal. yang ditekankan adalah cukup hanya perlu percaya kepada kebaikan Tuhan ketika berdoa. di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau. bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.Sepeninggal Yesus. penyembahan berhala). sama seperti Engkau. atau tidak ada sama sekali. apostolik. agar mereka juga di dalam Kita.

kudus. Katolik Kata Katolik berasal dari kata sifat bahasa Yunani. dan Apostolik. Dalam "Kekristenan Katolik" (Termasuk Komuni Anglikan). makna inilah yang umum dipahami di banyak negara. Setelah kebangkitannya. Baik Gereja Katolik Roma maupun Gereja Ortodoks percaya bahwa Gerejanya masing-masing adalah satu-satunya Gereja yang asli dan universal. katolik. Kudus. Bagi umat Protestan. "Gereja Katolik" atau yang sering diterjemahkan menjadi "Gereja Am" bermakna segenap orang yang percaya kepada Yesus Kristus di seluruh dunia dan sepanjang masa. yaitu : hari Natal. atau membungkuk." Riwayat penggunaan kata "katolik" dalam Gereja Ignatius dari Antiokhia Sepucuk surat yang ditulis oleh Ignatius kepada umat Kristiani di Smyrna[4] sekitar tahun 106 adalah bukti tertua yang masih ada mengenai penggunaan istilah Gereja Katolik (Surat kepada jemaat di Smyrna. Kaum bidaah tertentu pada masa itu. sebelum kemudian naik ke surga. hari Kenaikan dan hari Pentakosta. Yesus lahir dari rahim seorang wanita perawan. Sejarah agama Kristen Agama Kristen bermula dari pengajaran Yesus Kristus sebagai tokoh utama agama ini. dan justru berkata bahwa "dia hanya tampak seolah-olah menderita sengsara" (Surat kepada jemaat di Smyrna. Yesus yang semakin populer dibenci oleh orang-orang Farisi. artinya "universal". yang kemudian berkomplot untuk menyalibkan Yesus.Dalam tradisi lanjutan. sebagai gembala-gembala keesaan dalam persekutuan dengan segenap Gereja dan dalam persekutuan satu sama lain. istilah "Gereja Katolik" bermakna Gereja yang berada dalam persekutuan penuh dengan Uskup Roma. hari Jumat Agung (hari Kesengsaraan). Hari-hari Raya Kristen Agama Kristen memiliki lima hari raya. beberapa gerakan sebelum berdoa dianjurkan. selama tiga tahun Yesus berkhotbah dan berbuat mukjizat pada banyak orang. Umat Gereja Ortodoks Timur. Kebiasaan melipat tangan. Sejak usia tiga puluh tahun. καθολικός (katholikos).[2] Katolik dianggap sebagai salah satu dari Empat Ciri Gereja. berlutut. Yesus lahir di kota Betlehem yang terletak di Palestina sekitar tahun 4-8 SM. Maria. bersama keduabelas rasulnya. tanpa memandang "denominasi". seperti misalnya membuat tanda salib.[3] sesuai Kredo Nicea tahun 381: "Aku percaya akan Gereja yang satu. Yesus wafat di salib pada usia 33 tahun dan bangkit dari kubur pada hari yang ketiga setelah kematiannya. dalam arti merupakan kesinambungan dari Gereja universal mula-mula yang didirikan oleh para rasul. Bagi sebagian pihak. Ketiga ciri lainnya adalah Satu. para uskup dipandang sebagai pejabat tertinggi dalam agama Kristen. Gereja Lutheran dan beberapa Gereja Metodis percaya bahwa Gereja-Gereja mereka adalah katolik. yang menyangkal bahwa Yesus adalah insan jasmaniah yang benarbenar menderita sengsara dan wafat.[1] Dalam konteks eklesiologi Kristen. Gereja Anglikan. yang dikandung oleh Roh Kudus. yaitu hari Kedatangan Tuhan yang Keduakalinya. [5] RATNA SARI DACHI Page 12 . dan apostolik. bukanlah umat Kristiani sejati dalam pandangan Ignatius. menyatukan kedua tangan di depan dada. hari Paskah (Hari Kebangkitan). pada masa kekuasaan raja Herodes. Gereja Katolik digunakan Ignatius untuk menyebut Gereja universal dalam persekutuan dengan Uskup Roma (Sri Paus). terdiri atas Ritus Latin dan 22 Gereja Katolik Timur. Sebenarnya masih ada satu hari raya yang belum direalisasikan. Yesus masih tinggal di dunia sekitar empat puluh hari lamanya. 8). 2). atau mengangkat tangan pun terkadang sering dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi ketika berdoa dan mengekspresikan isi doa. kata Katolik memiliki sejarah yang kaya sekaligus beberapa makna.

dan diperkokoh oleh usia. St. di mana tak ada satu pun hal-hal ini untuk memikat atau menahan saya. kami nyatakan bahwa mereka harus ditandai dengan sebutan nista sebagai kaum bidaah. akhirnya." Undang-undang 27 Februari 380 ini termaktub dalam kitab 16 dari Codex Theodosianus. jemaat Kristen berada di bawah kepemimpinan besar lima daerah. dan tidak boleh menyebut tempat-tempat pertemuan mereka sebagai gereja-gereja. karena agama itu telah terpelihara berkat tradisi yang kuat dan yang kini dianut oleh Pontif (Paus) Damasus dan oleh Petrus.. memberi tugas untuk menggembalakan domba-dombaNya (Jn 21:15-19).Istilah Gereja Katolik juga digunakan dalam Kemartiran Polikarpus pada 155.. sebagaimana yang seharusnya . sesudah kebangkitanNya. di tengahtengah begitu banyak bidaah. diperbesar oleh kasih. sekitar 177. karena menurut penilaian kami mereka adalah orang-orang gila yang bodoh. begitu pula otoritasnya. Di pihak saya. Uskup Aleksandria . yaitu Yerusalem. sekalipun semua kaum bidaah ingin disebut umat Katolik. Konstantinopel. Antiokia.. bab 4: Bukti-bukti iman Katolik. dan dalam Canon Muratorianus. Putera Tunggal Allah" (Materi-materi Katekisasi. Aleksandria. disuburkan oleh pengharapan. dengan nama Katolik. Karena inilah nama khusus dari Gereja yang Kudus ini.. saya tidak percaya akan injil kecuali digerakkan oleh otoritas Gereja Katolik. telah dipertahankan Gereja.[6] Theodosius I Istilah Kristen Katolik termuat dalam undang-undang kekaisaran Romawi tatkala Theodosius I.. yang kepadanya Tuhan. Kursi Roma RATNA SARI DACHI Page 13 . Kiril dari Yerusalem St. mulai dari tahta Rasul Petrus sendiri.sedangkan bagi orang-orang lain. yang. Kesepahaman orang-orang dan bangsa-bangsa membuat saya bertahan dalam Gereja. jangan hanya bertanya di manakah Rumah Tuhan (karena sekte-sekte profan lainnya juga berusaha menyebut tempat-tempat mereka sendiri RumahRumah Tuhan). Uskup Roma dikenal oleh 5 daerah sebagai "yang pertama"..[8] Sejarah singkat gereja Katolik Roma Awalnya. permasalahan dengan doktrin dan prosedur banyak mengambil Roma sebagai masukan pendapat. dikukuhkan oleh mukjizat-mukjizat. dan Roma. XVIII. namun bilamana ada orang asing yang bertanya di manakah Gereja katolik berhimpun. turun sampai para uskup yang ada sekarang. jangan juga hanya bertanya di manakah Gereja. Tak seorangpun dapat melepaskan saya dari iman yang mengikat pikiran saya dengan ikatan-ikatan yang begitu banyak dan begitu kuat pada agama Kristiani. bukan tanpa alasan." — St. Kyril dari Yerusalem (sekitar 315-386) mengimbau orang-orang yang sedang menerima bimbingan iman Kristiani darinya demikian: "Jika kalian berada di dalam kota-kota. "Sebanyak itulah jumlah dan makna ikatan-ikatan mulia yang dimiliki nama Kristiani itu yang menahan seorang beriman agar tetap dalam Gereja Katolik.. Suksesi para imam membuat saya bertahan. Augustinus dari Hippo Penggunaan istilah Katolik untuk membedakan Gereja "sejati" dari kelompok-kelompok bidaah juga dilakukan oleh Augustinus yang menulis demikian: "Dalam Gereja Katolik. "Dan begitulah.. sehingga. yang adalah mempelai dari Tuhan kita Yesus Kristus. Augustinus (354–430): Melawan Epistola kaum Manikeus yang disebut Fundamental. tetapi bertanyalah di manakah Gereja Katolik. bunda kita semua. tidak satupun bidaah yang sanggup menunjuk kapel atau rumahnya sendiri.[7] Undang-undang ini mengukuhkan Kristianitas Katolik sebagai agama resmi Kekaisaran Romawi. mengkhususkan nama tersebut bagi para penganut "agama yang diajarkan kepada orangorang Romawi oleh Rasul Petrus yang suci. ada banyak hal lain yang layak membuat saya tetap berada dalam rahimnya. 26). Dengan kamu. Kaisar Romawi dari 379 sampai 395.

Perpecahan terbesar dalam Gereja Katolik Roma terjadi pada abad ke-16 dengan adanya Reformasi Protestan yang melahirkan gereja-gereja Protestan. Kebanyakan yang menolak hasil keputusan ini adalah Kristen Persia. gereja yang sekarang dikenal sebagai Gereja Asiria Timur. Italia sebagai kepala gereja yang kelihatan.merupakan kursi dari suksesor Santo Petrus yang mendapat julukan "Pangeran Para Rasul" sebagai tanda persatuan Gereja[9]. yang menyatakan status Perawan Maria sebagai Theotokos (Bunda Allah). Kelompok ini dikenal dengan sebutan Gereja Katolik ritus Timur. Perpecahan terakhir terjadi ketika Raja Henry VIII dari Inggris memisahkan seluruh gerejagereja di kerajaannya dari persekutuan dengan Paus karena permintaannya untuk menikah kedua kalinya sementara istri pertamanya masih hidup ditolak. semakin banyak Gereja-Gereja Timur yang kembali ke dalam persekutuan penuh dengan Roma. Adapun sakramen yang diakui oleh Gereja Katolik Roma sebagai berikut: • • • • • • • Baptis Pengakuan dosa Ekaristi Penguatan/Krisma Imamat Pernikahan Pengurapan orang sakit Dalam ajaran Katolik. Perancis. Rusia. Menurut tradisi gereja. Umat Kristen yang menolak ini dikenal sebagai Komuni Oriental Ortodoks. Kelompok gereja inilah yang dikenal sebagai Gereja Anglikan Inggris. Perpecahan besar pertama dalam Gereja Katolik terjadi pada abad 11. Masalah perbedaan doktrin tentang rumusan Pengakuan Iman Nicea-Konstantinopel (lihat filioque). wakil Yesus Kristus di bumi. tidak lebih dan tidak kurang. Konsili ini menolak monofisit. Inggris. Sakramen Gereja Katolik mengajarkan bahwa Yesus Kristus menginstitusikan tujuh sakramen. Sedangkan Yunani. Gereja Katolik Roma Lihat pula: Gereja Katolik Roma Secara umum. Roma dan negara-negara Skandinavia termasuk Gereja "Barat" (Gereja Katolik Roma). sebutan Gereja Katolik merujuk pada Gereja Katolik Roma. yang merupakan kepala utama gereja yang tak kelihatan. yaitu "Barat" dan "Timur". Petrus menjadi uskup Roma dan menjadi martir di sana. Kata Roma diatributkan pada Gereja ini karena Gereja Katolik mengimani Paus yang berkedudukan di kota Roma. Santo Agustinus menyebut sakramen sebagai "tanda kelihatan dari rahmat Allah yang tidak kelihatan" RATNA SARI DACHI Page 14 . Dewasa ini. Mesir termasuk dalam Gereja "Timur" (Gereja Ortodoks Timur). namun dengan tetap mempertahankan tata cara beribadah mereka. Suriah. baik menurut Kitab Suci [10] maupun Tradisi Suci dan sejarah Gereja[11]. • • • • Seluruh grup di atas kecuali Protestan masih menyebut persekutuan mereka sebagai Katolik. Gereja Katolik dengan penambahan kata Roma sendiri sebenarnya tidak pernah menjadi nama resmi yang digunakan oleh Gereja Katolik. Gereja Katolik pun terbagi menjadi dua. Perpecahan-perpecahan besar dalam struktur Gereja sebagai lembaga tercatat sebagai berikut: • Perpecahan pertama pada gereja terjadi pada saat Konsili Efesus (431). Paus adalah penerus Petrus turun temurun yang tidak terputuskan. Perpecahan ini dikenal sebagai Skisma Timur-Barat. Perpecahan berikut terjadi setelah Konsili Khalsedon (451). sakramen adalah berkat penyelamatan khusus yang oleh Yesus Kristus diwariskan kepada gereja.

Adwaita Wedanta menegaskan bahwa hanya ada satu kekuatan dan menjadi sumber dari segala yang ada (Brahman). Tuhan itu Maha Esa tiada duanya.380. Karmaphala Tattwa .percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan segala aspeknya 2.Sidrap). yakni: 1. Atma Tattwa . dan Vaidika-Dharma ("Pengetahuan Kebenaran") adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama katolik baru memasuki tanah Jawa pada masa pemerintahan Herman Willem Daendels di Batavia awal abad-19 dengan didirikan gereja pertama di sana pada tahun 1807 dan disertai dengan diakuinya oleh Vatikan. Dalam salah satu ajaran filsafat Hindu.percaya dengan adanya hukum sebab-akibat dalam setiap perbuatan 4. Agama ini pernah tersebar di Asia Tenggara sampai kira-kira abad ke-15. Keyakinan dalam Hindu Hindu seringkali dianggap sebagai agama yang beraliran politeisme karena memuja banyak Dewa. Kalimantan (Suku Dayak Kaharingan). Pancasradha merupakan keyakinan dasar umat Hindu. Mulai saat itu agama ini digantikan oleh agama Islam dan juga Kristen. beragama Katolik HINDU Agama Hindu (Sanskerta: Sanātana Dharma सनातन धमर "Kebenaran Abadi" [1]).203 dari 241. Widhi Tattwa . Punarbhava Tattwa . Kelima keyakinan tersebut. Selayaknya konsep ketuhanan dalam agama RATNA SARI DACHI Page 15 . Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). lebih tepatnya pada masa keruntuhan Majapahit. Menurut umat Hindu. mayoritas pemeluk agama Hindu di Indonesia adalah masyarakat Bali.percaya dengan adanya proses kelahiran kembali (reinkarnasi) 5.[4] Penganut agama Hindu sebagian besar terdapat di anak benua India.879 penduduk Indonesia. Moksa Tattwa . namun tidaklah sepenuhnya demikian. Dalam Agama Hindu ada lima keyakinan dan kepercayaan yang disebut dengan Pancasradha. Sulawesi (Toraja dan Bugis . selain itu juga yang tersebar di pulau Jawa.05%–7. yang memanifestasikan diri-Nya kepada manusia dalam beragam bentuk. konsep yang dipakai adalah monoteisme.Lombok. Di sini terdapat sekitar 90% penganut agama ini.973. Konsep tersebut dikenal sebagai filsafat Adwaita Wedanta yang berarti "tak ada duanya". Dewa bukanlah Tuhan tersendiri. Pada 2005. Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini.percaya bahwa kebahagiaan tertinggi merupakan tujuan akhir manusia Monoteisme Dalam agama Hindu pada umumnya.[2][3] Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia setelah agama Kristen dan Islam dengan jumlah umat sebanyak hampir 1 miliar jiwa. sekitar 3. Pada masa sekarang.Katolik di Indonesia Penyebaran agama Katolik sudah dimulai sejak kedatangan Portugis di Indonesia yang dilakukan oleh beberapa misionaris pada abad ke-16 dan abad ke-17 di bagian timur seperti di Maluku dan Flores. Dalam agama Hindu.percaya dengan adanya jiwa dalam setiap makhluk 3.

Tuhan tidak pernah campur tangan. Brahman merupakan sesuatu yang tidak berawal namun juga tidak berakhir. Ateisme Agama Hindu diduga memiliki konsep ateisme (terdapat dalam ajaran Samkhya) yang dianggap positif oleh para teolog/sarjana dari Barat. dan dalam agama Hindu. Laksmi. semuanya Aku terima dan Aku beri anugerah setimpal sesuai dengan penyerahan diri mereka. Parwati. konsep panteisme disebut dengan istilah Wyapi Wyapaka. dan dengan cara pelaksanaan yang berbeda-beda sebagaimana yang diajarkan dalam Catur Yoga. yaitu empat jalan untuk mencapai Tuhan. Siwa. melainkan dipuji atas jasajasanya sebagai perantara Tuhan kepada umatnya. Meskipun banyak pandangan dan konsep Ketuhanan yang diamati dalam Hindu. melainkan karena pertemuan Purusha dan Prakirti. beliau tidak berada di surga ataupun di dunia tertinggi namun berada pada setiap ciptaannya. dan terdapat dalam setiap benda apapun[10]. namun ajaran filsafat tersebut (Samkhya) merupakan ajaran filsafat tertua di India. seperti misalnya: Wisnu. konsep yang ditekankan adalah panteisme. asal mula segala sesuatu yang tidak berasal dan segala penyebab namun tidak memiliki penyebab[11]. tidak ada duanya. dan lain-lain. wahai putera Partha (Arjuna)[13] ” Pustaka suci RATNA SARI DACHI Page 16 . Panteisme Dalam salah satu Kitab Hindu yakni Upanishad. Brahman merupakan pencipta sekaligus pelebur alam semesta. Dalam keyakinan umat Hindu. Dalam keyakinan umat Hindu. maka semuanya diperbolehkan. Brahma. Kitab Upanishad dari Agama Hindu mengatakan bahwa Tuhan memenuhi alam semesta tanpa wujud tertentu. posisi para dewa disetarakan dengan malaikat dan enggan untuk dipuja sebagai Tuhan tersendiri. Brahman hanya ada satu. Brahman berada di mana-mana dan mengisi seluruh alam semesta. melainkan Tuhan berada dan menyatu pada setiap ciptaannya. Brahman merupakan asal mula dari segala sesuatu yang ada di dunia. Saraswati. Konsep tersebut menyatakan bahwa Tuhan tidak memiliki wujud tertentu maupun tempat tinggal tertentu. Ajaran ateisme dianggap sebagai salah satu sekte oleh umat Hindu Dharma dan tidak pernah diajarkan di Indonesia. Dalam agama Hindu. Semua orang mencariku dengan berbagai jalan. Filsafat Adwaita Wedanta menganggap tidak ada yang setara dengan Brahman. konsep Ida Sang Hyang Widhi Wasa merupakan suatu bentuk monoteisme asli orang Bali. Filsafat Samkhya dianggap tidak pernah membicarakan Tuhan dan terciptanya dunia beserta isinya bukan karena Tuhan. Samkhya merupakan ajaran filsafat tertua dalam agama Hindu yang diduga menngandung sifat ateisme. namun orang-orang bijaksana menyebutnya dengan berbagai nama sesuai dengan sifatnya yang maha kuasa. Nama-nama kebesaran Tuhan kemudian diwujudkan ke dalam beragam bentuk Dewa-Dewi. Sang pencipta alam semesta. ibarat garam pada air laut. Oleh karena itu menurut filsafat Samkhya. Ajaran filsafat ateisme dalam Hindu tersebut tidak ditemui dalam pelaksanaan Agama Hindu Dharma di Indonesia. Dalam konsep tersebut. Mereka berpegang teguh kepada sloka yang mengatakan: “ Jalan mana pun yang ditempuh manusia kepada-Ku.monoteistik lainnya. Segala sesuatu yang ada di alam semesta tunduk kepada Brahman tanpa kecuali. Tuhan dikenal dengan sebutan Brahman. Dalam Agama Hindu Dharma (khususnya di Bali). Adwaita Wedanta menganggap bahwa Tuhan merupakan pusat segala kehidupan di alam semesta.

Di antara susastra suci tersebut. pemelihara dan pelebur alam semesta. Smerti berarti "yang diingat" atau tradisi. seperti misalnya Weda. Agama dan Purana serta kedua Itihasa (epos). Yang tergolong kitab Smerti adalah kitab-kitab yang tidak memuat wahyu Tuhan. dan Bhagawadgita. seperti misalnya kitab tentang ilmu astronomi. Kitab Weda berjumlah empat bagian sedangkan kitab Upanishad berjumlah sekitar 108 buah. hukum. seperti misalnya Regweda dan Isopanishad. ekonomi.Kuil Akshardham di New Delhi. sosiologi. tata negara. melainkan kitab yang ditulis berdasarkan pemikiran dan renungan manusia. Dalam perkembangannya. yaitu Ramayana dan Mahabharata. Hindu meliputi banyak aspek keagamaan. Sastra lainnya yang menjadi landasan penting dalam ajaran Hindu adalah Tantra. serta aliran/sekte. pustaka suci Hindu dibagi menjadi dua kelompok. • Kitab Regweda dalam aksara Dewanagari dari abad ke-19. Kitab-kitab smerti merupakan penjabaran moral yang terdapat dalam kitab Sruti. India adalah terbesar di dunia candi Hindu Ajaran agama dalam Hindu didasarkan pada kitab suci atau susastra suci keagamaan yang disusun dalam masa yang amat panjang dan berabad-abad. yang mana di dalamnya memuat nilai-nilai spiritual keagamaan berikut dengan tuntunan dalam kehidupan di jalan dharma. RATNA SARI DACHI Page 17 . kepemimpinan. • Sruti berarti "yang didengar" atau wahyu. Wisnu atau Siwa sebagai perwujudan Brahman dalam menjalankan fungsi sebagai pencipta. Umat Hindu meyakini akan kekuasaan Yang Maha Esa. merupakan susastra yang dipelajari secara luas. yang disebut dengan Brahman dan memuja Brahma. dan sebagainya. yang diikuti dengan Upanishad sebagai susastra dasar yang sangat penting dalam mempelajari filsafat Hindu. Weda merupakan yang paling tua dan lengkap. Upanishad. politik. tradisi. Bhagawadgita adalah ajaran yang dimuat dalam Mahabharata. Yang tergolong kitab Sruti adalah kitab-kitab yang ditulis berdasarkan wahyu Tuhan. yaitu kelompok kitab Sruti dan kelompok kitab Smerti. Weda dan Upanishad terbagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. tuntunan hidup. yang sering disebut sebagai ringkasan dari Weda. Secara umum.

Ketujuh Maha Rsi tersebut yakni: 1. yaitu dari kata vid yang berarti "tahu". Bhagawadgita RATNA SARI DACHI Page 18 . sehingga ribuan ayat-ayat tersebut tersebar di seluruh wilayah India dari zaman ke zaman. Setelah penyusunan dilakukan. Weda terbagi menjadi empat. Resi yang menerima wahyu juga tidak hidup pada masa yang sama dan tidak berada di wilayah yang sama dengan resi lainnya. Agar ayat-ayat tersebut dapat dipelajari oleh generasi seterusnya. seorang Maharesi yang mengklasifikasi kitab Weda. Bhagawadgita yang merupakan intisari ajaran Weda disebut sebagai "Weda yang kelima". ayat-ayat tersebut dikumpulkan ke dalam sebuah kitab yang kemudian disebut Weda. Resi Atri 4. yaitu: Bagawan Pulaha. Atharwaweda Samhita Keempat kitab tersebut disebut "Caturweda Samhita". Para Maha Rsi yang menerima wahyu Weda jumlahnya sangat banyak. Resi Bharadwaja 7. Regweda Samhita 2. dan Bagawan Sumantu. Weda berasal dari bahasa Sanskerta. Weda merupakan kitab suci tertua di dunia karena umurnya setua umur agama Hindu. Selain keempat Weda tersebut. Resi Gritsamada 2. tidak pada suatu zaman saja. Kata Weda berarti "pengetahuan". Weda Weda merupakan kitab suci yang menjadi sumber segala ajaran agama Hindu. Usaha penyusunan ayat-ayat tersebut dilakukan oleh Bagawan Byasa atau Krishna Dwaipayana Wyasa dengan dibantu oleh empat muridnya. Ayurweda Samhita 3. Resi Kanwa Ayat-ayat yang diturunkan oleh Tuhan kepada para Maha Rsi tersebut tidak terjadi pada suatu zaman yang sama dan tidak diturunkan di wilayah yang sama. namun yang terkenal hanya tujuh saja yang disebut Saptaresi. Bagawan Jaimini. Resi Wamadewa 6.Krishna Dwaipayana Wyasa. maka disusunlah ayat-ayat tersebut secara sistematis ke dalam sebuah buku. yaitu: 1. Resi Wiswamitra 5. Bagawan Wesampayana. Sesuai dengan isinya. Resi Wasista 3. Samaweda Samhita 4.

dan cerita tentang makhluk supranatural. yang ada hanyalah istilah Catur Warna. Darsana. Kitab Jyotisha merupakan kitab yang memuat ajaran sistem astronomi tradisional Hindu. Purana dan Itihasa. Warahapurana 5. Wisnupurana 3. yang merupakan manifestasi kekuatan Brahman. Kitab Tantra memuat tentang cara pemujaan masing-masing sekte dalam agama Hindu. Nitisastra. Padmapurana 4. Kitab Jyotisha digunakan untuk meramal dan memperkirakan datangnya suatu musim. Kata Purana berarti "sejarah kuno" atau "cerita kuno". Bhawisyapurana 6. Bhagawadgita terdiri dari delapan belas bab dan berisi ± 650 sloka. Kresna yang memilih menjadi kusir kereta Arjuna menjelaskan dengan panjang lebar ajaran-ajaran ketuhanan dan kewajiban seorang kesatria agar dapat membedakan antara yang baik dengan yang salah. Purana Purana adalah bagian dari kesusastraan Hindu yang memuat mitologi. Matsyapurana 2. Penulisan kitab-kitab Purana diperkirakan dimulai sekitar tahun 500 SM. Bhagawadgita. Skandapurana 5. Wamanapurana 6. mitologi. Kalpa. Kebanyakan kitab tersebut tergolong ke dalam kitab Smerti karena memuat ajaran astronomi. Itihasa yang terkenal ada dua. masyarakat dibagi menjadi empat golongan. Sistem Catur Warna (Golongan Masyarakat) Artikel utama: Sistem Golongan Masyarakat dalam Hinduisme Dalam agama Hindu. Dalam ajaran Catur Warna. Jyotisha. Kitab Tantra juga mengatur tentang pembangunan tempat suci Hindu dan peletakkan arca. Markandeyapurana 7. ilmu kepemimpinan. Kitab lainnya Selain kitab Weda. Brahmandapurana 8. Dilanda oleh pergolakan batin antara mana yang benar dan mana yang salah. Terdapat delapan belas kitab Purana yang disebut Mahapurana. Bhagawatapurana 4. ilmu sosial. legenda. dikenal istilah Catur Warna bukan sama sekali dan tidak sama dengan kasta. Salwasutra. yang berisi percakapan antara Sri Kresna dengan Arjuna menjelang Bharatayuddha terjadi. Bayupurana 8. Kurmapurana Itihasa Itihasa adalah suatu bagian dari kesusastraan Hindu yang menceritakan kisah kepahlawanan para raja dan kesatria Hindu pada masa lampau dan dikombinasikan dengan filsafat agama. Arjuna juga merasa lemah dan tidak tega untuk membunuh saudara dan kerabatnya sendiri di medan perang. Agnipurana 9. ilmu bangunan dan pertukangan. Kitab Nitisastra memuat ajaran kepemimpinan dan pedoman untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Setiap bab menguraikan jawaban-jawaban yang diajukan oleh Arjuna kepada Kresna. Adapun kedelapan belas kitab tersebut yakni: 1. Karena di dalam ajaran Pustaka Suci Weda. Brahmapurana 7. Linggapurana 3. Jawaban-jawaban tersebut merupakan wejangan suci sekaligus pokok-pokok ajaran Weda. dan kisah-kisah zaman dulu. yakni kitab keenam dari seri Astadasaparwa kitab Mahabharata. dan lain-lain. Chanda. Ajaran tersebut kemudian dirangkum menjadi sebuah kitab filsafat yang sangat terkenal yang bernama Bhagawadgita. seperti misalnya Resi Walmiki dan Resi Byasa. ilmu hukum. Upanishad. Diceritakan bahwa Arjuna dilanda perasaan takut akan kemusnahan Dinasti Kuru jika Bharatayuddha terjadi. Kitab Jyotisha berisi pedoman tentang benda langit dan peredarannya. ilmu tata negara. agama Hindu mengenal berbagai kitab lainnya seperti misalnya: Tantra. Naradapurana 1.Bhagawadgita merupakan suatu bagian dari kitab Bhismaparwa. dan lain-lain. tidak terdapat istilah kasta. Arjuna bertanya kepada Kresna yang mengetahui dengan baik segala ajaran agama. yaitu Ramayana dan Mahabharata. Kitab Itihasa disusun oleh para Resi dan pujangga India masa lampau. yaitu: RATNA SARI DACHI Page 19 . Brahmawaiwartapuran a 9. Garudapurana 2.

Yang Tidak Tercipta. Asia Timur dan Asia Tenggara. Setiap aliran Buddha berpegang kepada Tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya tercatat sabda dan ajaran sang hyang Buddha Gautama. Dalam proses perkembangannya. Ketuhanan Yang Maha Esa adalah suatu yang tanpa aku (anatta). ini adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia. Udana VIII : 3. agama ini praktis telah menyentuh hampir seluruh benua Asia dan telah menjadi agama mayoritas di beberapa negara Asia seperti Thailand. Asia Tengah. lebih tepatnya lagi di wilayah Nepal sekarang. kita dapat melihat bahwa konsep Ketuhanan dalam agama Buddha adalah berlainan dengan konsep Ketuhanan yang diyakini oleh agama-agama lain. sebagai reaksi terhadap agama Brahmanisme. dsb. Tidak Dijelmakan. Yang Mutlak. ” Ungkapan di atas adalah pernyataan dari Buddha yang terdapat dalam Sutta Pitaka. adipati. Dalam sistem Catur Warna terjadi suatu siklus “memberi dan diberi” jika keempat golongan saling memenuhi kewajibannya. Tidak Diciptakan dan Yang Mutlak". yang merupakan konsep Ketuhanan Yang Mahaesa dalam agama Buddha. Yang Mutlak. Yang Tidak Menjelma. Keempat golongan sangat dianjurkan untuk saling membantu agar mereka dapat memperoleh hak. Dalam hal ini. “ Ketahuilah para bhikkhu bahwa ada sesuatu Yang Tidak Dilahirkan. Yang Tidak Menjelma. pemuka agama dan rohaniwan Ksatria : golongan para raja. Tetapi para bhikkhu. pembentukan. pembentukan. Dengan membaca konsep Ketuhanan Yang Maha Esa ini. Kamboja. Yang Tidak Menjelma. yang tidak berkondisi (asamkhata) maka manusia yang berkondisi (samkhata) dapat mencapai kebebasan dari lingkaran kehidupan (samsara) dengan cara bermeditasi. pemunculan dari sebab yang lalu. apabila tidak ada Yang Tidak Dilahirkan. Vinaya Piṭaka (peraturan atau tata tertib para bhikkhu) dan Abhidhamma Piṭaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi). dan pejabat negara Waisya : golongan para pekerja di bidang ekonomi Sudra : golongan para pembantu ketiga golongan di atas Menurut ajaran catur Warna. Ketuhanan Yang Mahaesa dalam bahasa Pali adalah Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang yang artinya "Suatu Yang Tidak Dilahirkan. maka ada kemungkinan untuk bebas dari kelahiran. Agama Buddha berkembang dengan unsur kebudayaan India. Yang Tidak Diciptakan. Dengan ini. Ajaran Buddha sampai ke negara Tiongkok pada tahun 399 Masehi. patih. karena ada Yang Tidak Dilahirkan. sebab masih banyak umat Buddha yang mencampuradukkan konsep Ketuhanan menurut agama Buddha dengan konsep Ketuhanan menurut agama-agama lain RATNA SARI DACHI Page 20 . dibawa oleh seorang bhiksu bernama Fa Hsien. Singapura. Sejarah agama Buddha mulai dari abad ke-6 SM sampai sekarang dari lahirnya Siddharta Gautama. ditambah dengan unsur-unsur kebudayaan Helenistik (Yunani). orang suci. Duhai para Bhikkhu. Catur Warna menekankan seseorang agar melaksanakan kewajibannya dengan sebaik-baiknya. penjelmaan. Jadi. Pencetusnya ialah Siddhartha Gautama yang dikenal sebagai Gautama Buddha oleh pengikut-pengikutnya. Taiwan. Yang Tidak Tercipta. maka tidak akan mungkin kita dapat bebas dari kelahiran.• • • • Brāhmana : golongan para pendeta. Masyarakat Tiongkok mendapat pengaruhnya dari Tibet disesuaikan dengan tuntutan dan nilai lokal. Konsep Ketuhanan dalam Buddhisme Perlu ditekankan bahwa Buddha bukan Tuhan. penjelmaan. Konsep ketuhanan dalam agama Buddha berbeda dengan konsep dalam agama Samawi dimana alam semesta diciptakan oleh Tuhan dan tujuan akhir dari hidup manusia adalah kembali ke surga ciptaan Tuhan yang kekal. Yang Mutlak. BUDHA Agama Buddha lahir di negara India. menteri. Myanmar. status seseorang didapat sesuai dengan pekerjaannya. status seseorang tidak didapat semenjak dia lahir melainkan didapat setelah ia menekuni suatu profesi atau ahli dalam suatu bidang tertentu. Perbedaan konsep tentang Ketuhanan ini perlu ditekankan di sini. Tetapi dengan adanya Yang Mutlak. Pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu Sutta Piṭaka (kotbah-kotbah Sang Buddha). pemunculan dari sebab yang lalu. yang tidak dapat dipersonifikasikan dan yang tidak dapat digambarkan dalam bentuk apa pun.

Untuk mencapai itu pertolongan dan bantuan pihak lain tidak ada pengaruhnya. Akibat atau hasil yang ditimbulkan dari kamma disebut sebagai Kamma Vipaka. cetana (kehendak)lah yang kunyatakan sebagai kamma. Nilai-nilai kemoralan yang diharuskan untuk umat awam umat Buddha biasanya dikenal dengan Pancasila. Jadi ada aksi atau karma baik dan ada pula aksi atau karma buruk. Setelah berkehendak. yang dilakukan oleh jasmani (kaya). Aliran Buddha Ada beberapa aliran dalam agama Buddha: 1. Buddha Mahayana: Zen RATNA SARI DACHI Page 21 . Selama suatu makhluk berkehendak.dewi yang dapat membantu. Saat ini. Kelima nilai-nilai kemoralan untuk umat awam adalah: • • • • • • • • • • Panatipata Veramani Sikkhapadam Samadiyami Adinnadana Veramani Sikkhapadam Samadiyami Kamesu Micchacara Veramani Sikhapadam Musavada Veramani Sikkhapadam Samadiyami Surameraya Majjapamadatthana Veramani Sikkhapadam Samadiyami Aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup. istilah karma sudah terasa umum digunakan. ucapan atau pikiran. kehidupan manusia di alam semesta. Islam. hanya dengan usaha sendirilah kebuddhaan dapat dicapai. Konsep-konsep agama Buddha yang berlainan dengan konsep-konsep dari agama lain antara lain adalah konsep-konsep tentang alam semesta. mencapai pencerahan rohani. Aku bertekad akan melatih diri menghindari pencurian/mengambil barang yang tidak diberikan. melakukan kamma (perbuatan) sebagai sebab maka akan menimbulkan akibat atau hasil. Kamma atau sering disebut sebagai Hukum Kamma merupakan salah satu hukum alam yang berkerja berdasarkan prinsip sebab akibat. Anguttara Nikaya 6. Di dalam agama Buddha tujuan akhir hidup manusia adalah mencapai kebuddhaan (anuttara samyak sambodhi) atau pencerahan sejati dimana satu makhluk tidak perlu lagi mengalami proses tumimbal lahir. Kamma (bahasa Pali) atau Karma (bahasa Sanskerta) berarti perbuatan atau aksi. Guru Buddha dalam Nibbedhika Sutta. juru pandu. maka bukan hanya konsep Ketuhanan yang berbeda dengan konsep Ketuhanan dalam agama lain. tetapi banyak konsep lain yang tidak sama pula. terbentuknya Bumi dan manusia. Buddha hanya merupakan contoh. perkataan (vaci) dan pikiran (mano). Bila kita mempelajari ajaran agama Buddha seperti yang terdapat dalam kitab suci Tripitaka. dan Hindu ajaran Buddha juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemoralan. Tidak ada dewa . Buddha Theravada 2. yang baik (kusala) maupun yang jahat (akusala). dan guru bagi makhluk yang perlu melalui jalan mereka sendiri. agama Buddha juga amat menjunjung tinggi karma sebagai sesuatu yang berpegang pada prinsip sebab akibat. Aku bertekad akan melatih diri menghindari melakukan perbuatan asusila Aku bertekad akan melatih diri menghidari melakukan perkataan dusta Aku bertekad akan melatih diri menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran Yang artinya: Selain nilai-nilai moral di atas.63 menjelaskan secara jelas arti dari kamma: ”Para bhikkhu. namun cenderung diartikan secara keliru sebagai hukuman turunan/hukuman berat dan lain sebagainya. kamma berarti semua jenis kehendak (cetana). dan melihat kebenaran & realitas sebenar-benarnya. orang melakukan suatu tindakan lewat tubuh. kiamat dan Keselamatan atau Kebebasan. perbuatan yang baik maupun buruk/jahat.sehingga banyak umat Buddha yang menganggap bahwa konsep Ketuhanan dalam agama Buddha adalah sama dengan konsep Ketuhanan dalam agama-agama lain. Moral dalam Buddhisme Sebagai mana agama Kristen.” Jadi.

Laos. Diadakan pada tahun 543 SM (3 bulan setelah bulan Mei).3. Penyembahan kepada Amitabha Buddha (Amitayus) merupakan salah satu aliran utama Buddha Mahayana. kenikmatan Kesadaran Nirwana yang dicapainya di bawah pohon Bodhi. Seorang Buddha bukannya dewa atau makhluk suci yang memberikan kesejahteraan. Jadi Theravada berarti Ajaran Para Sesepuh. Dia diberikan sifat-sifat keibuan seperti penyayang dan lemah lembut. Thera berarti sesepuh khususnya sesepuh terdahulu . Maha Kassapa dan dihadiri oleh 500 orang Bhikkhu yang semuanya Arahat. sebuah aliran agama Buddha awal yang terbentuk pada Sidang Agung Sangha ke-2 (443 SM). Buddha Theravada Aliran Theravada adalah aliran yang memiliki sekolah Buddha tertua yang tinggal sampai saat ini. Hasil amalan ajaran Buddha inilah yang akan membawa kesejahteraan kepada pengamalnya. termasuk Buddha yang akan datang. Tokoh Kwan Im yang bermaksud "maha mendengar" atau nama Sansekertanya "Avalokiteśvara" merupakan tokoh Mahayana dan dipercayai telah menitis beberapa kali dalam alam manusia untuk memimpin umat manusia ke jalan kebenaran. Dan juga merupakan wujud dari aliran Vibhajjavada yang berarti Ajaran Analisis (Doctrine of Analysis) atau Agama Akal Budi (Religion of Reason). sebuah catatan sejarah penting yang berasal dari abad ke-5 Di yakini Theravada merupakan wujud lain dari salah satu aliran agama Buddha terdahulu yaitu Sthaviravada (Bahasa Sanskerta: Ajaran Para Sesepuh) . Sorga Barat merupakan tempat tujuan umat Buddha aliran Sukhavati selepas mereka meninggal dunia dengan berkat kebaktian mereka terhadap Buddha Amitabha dimana mereka tidak perlu lagi mengalami proses reinkarnasi dan dari sana menolong semua makhluk hidup yang masih menderita di bumi. Gramatika Theravada berasal dari bahasa Pali yang terdiri dari dua kata yaitu thera dan vada. aliran Buddha Mahayana khususnya merujuk kepada banyak Buddha dan juga bodhisattva (makhluk yang tekad "committed" pada Kesadaran tetapi menangguhkan Nirvana mereka agar dapat membantu orang lain pada jalan itu). Myanmar. Indonesia dan Thailand) dan juga sebagian Vietnam. Sponsor sidang agung ini adalah Raja Ajatasatu.intipati teks suci Buddha .A. Ia merupakan pemahaman Buddha yang paling disukai oleh orang Tionghoa. tersedia kepada semua makhluk apabila mereka dilahirkan sebagai manusia. Buddha Vajrayana Buddha Mahayana Sutra Teratai merupakan rujukan sampingan penganut Buddha aliran Mahayana. Menurut Buddha Gautama . Buddha Maitreya . Sejarah Sejarah Theravada tidak lepas dari sejarah Buddha Gautama sebagai pendiri agama Buddha. Dalam Tipitaka suci . di tempat yang berlainan dan dalam waktu yang RATNA SARI DACHI Page 22 . Sidang diadakan di Goa Satapani di kota Rajagaha. berlangsung selama 2 bulan Dipimpin oleh Y. Menurut sejarahnya Avalokitesvara adalah seorang lelaki murid Buddha. Istilah Theravada muncul sebagai salah satu aliran agama Buddha dalam Dipavamsa. Mereka mempercayai mereka akan lahir semula di Sorga Barat untuk menunggu saat Buddha Amitabha memberikan khotbah Dhamma dan Buddha Amitabha akan memimpin mereka ke tahap mencapai 'Buddhi' (tahap kesempurnaan dimana kejahilan. dan vada berarti perkataan atau ajaran. Malaysia. Kamboja. catatan awal sejarah Sri Lanka pada abad ke-4 Masehi. Istilah ini juga tercatat dalam Mahavamsa. Setelah Sang Buddha parinibbana (543 SM). akan tetapi setelah pengaruh Buddha masuk ke Tiongkok. Tujuan Sidang adalah menghimpun Ajaran Sang Buddha yang diajarkan kepada orang yang berlainan. tiga bulan kemudian diadakan Sidang Agung Sangha (Sangha Samaya).tidak terbilang Buddha yang lalu dan hidup mereka telah disebut "spoken of". kebencian dan ketamakan tidak ada lagi). profil ini perlahan-lahan berubah menjadi sosok feminin dan dihubungkan dengan legenda yang ada di Tiongkok sebagai seorang dewi. Semua Buddha adalah pemimpin segala kehidupan ke arah mencapai kebebasan daripada kesengsaraan. dan untuk berapa abad mendominasi Sri Langka dan wilayah Asia Tenggara (sebagian dari Tiongkok bagian barat daya. Selain itu populer pula di Singapura dan Australia. Menekankan konsep ini.

dan Moggaliputta Tissa sebagai pimpinan sidang menyelesaikan buku Kathavatthu yang berisi penyimpangan-penyimpangan dari aliran lain. dipisahkan dari yang dikasihi dan lain-lain. dimana awal Buddhisme mulai terbagi menjadi 2. Saat itu pula Abhidhamma dimasukkan. Dukha menjelaskan bahwa ada lima pelekatan kepada dunia yang merupakan penderitaan. di sisi lain kelompok yang mempertahankan Vinaya apa adanya. padahal sumber kesenangan tadi berada di luar diri manusia. Jika di dunia ini tidak ada penderitaan. sakit.M. umur tua. dianggap sebagai sumber penderitaan karena tidak ada kesenangan yang kekal di dunia ini. Kemudian Y. Upali mengulang Vinaya dan Y. Sutta Piṭaka. Jalan Utama Berunsur Delapan RATNA SARI DACHI Page 23 . contohnya: yang menyebabkan orang dilahirkan kembali adalah adanya keinginan kepada hidup. sakit. Saat hidup. artinya pokok permulaan yang bergantungan. Sidang ini hanya diikuti oleh kelompok Sthaviravada. yang meliputi: • Dukkha Ariya Sacca (Kebenaran Arya tentang Dukkha). Untuk menerangkan hal ini diajarkanlah yang disebut pratitya samutpada. • Dukkha Nirodha Ariya Sacca (Kebenaran Ariya tentang Terhentinya Dukkha). Semua hal yang terjadi pada manusia merupakan wujud dari penderitaan itu sendiri. Marga ialah jalan kelepasan. Karena terdiri dari tiga kelompok tersebut. Kesenangan atau kegirangan bergantung kepada ikatannya dengan sumber kesenangannya itu. yang diketahui hingga sekarang. Inti ajaran Buddha menjelaskan bahwa hidup adalah untuk menderita. Bahkan kesenangan yang dialami manusia. Sedangkan yang mempertahankan Vinaya disebut Sthaviravada. Di satu sisi kelompok yang ingin perubahan beberapa peraturan minor dalam Vinaya. • Dukkha Samudaya Ariya Sacca (Kebenaran Ariya tentang Asal Mula Dukkha). • Dukkha Nirodha Ariya Sacca (Kebenaran Ariya tentang Jalan yang Menuju Terhentinya Dukkha). Ajaran Buddhisme Empat Kebenaran Mulia Ajaran dasar Buddhisme dikenal sebagai Empat Kebenaran Mulia. tertulis dalam Bahasa Pali/Magadhi Kuno. mati. Kelima hal itu adalah kelahiran. Mengulang Dhamma dan Vinaya agar Ajaran Sang Buddha tetap murni. Ada 12 pokok permulaan yang menjadi fokus pratitya samutpada.berlainan. pada tahun 443 SM . Samudaya ialah sebab. disatukan dengan yang tidak dikasihi. Di sana ajaran ini dikenal sebagai Theravada. Setelah itu ajaran-ajaran ini di tulis dan disahkan oleh sidang.A. Mahinda (putra Raja Asoka) membawa Tipitaka ini ke Sri Lanka tanpa ada yang hilang sampai sekarang dan menyebarkan Buddha Dhamma di sana. maka Buddha pun tidak akan menjelma di dunia. Setiap penderitaan pasti memiliki sebab. Setiap kejadian pasti memiliki keterkaitan dengan pokok permulaan yang sebelumnya. Nirodha ialah pemadaman. Kitab suci Buddhisme Kitab Suci yang dipergunakan dalam agama Buddha Theravada adalah Kitab Suci Tripitaka yang dikenal sebagai Kanon Pali (Pali Canon). dan tidak mencapai yang diinginkan. Delapan jalan kebenaran akan dibahas lebih mendalam pada pokok pembahasan yang selanjutnya.A. Sidang Agung Sangha ke-3 (313 SM). karena tidak ada sesuatu yang tetap berada. kuat. Dukha ialah penderitaan. yang terbagi dalam tiga kelompok besar (yang disebut sebagai "pitaka" atau "keranjang") yaitu: Vinaya Pitaka. merupakan wujud penderitaan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kelompok yang ingin perubahan Vinaya memisahkan diri dan dikenal dengan Mahasanghika yang merupakan cikal bakal Mahayana. Y. Jalan kelepasan merupakan cara-cara yang harus ditempuh kalau kita ingin lepas dari kesengsaraan. melebihi ajaran-ajaran lainnya. Pemadaman kesengsaraan dapat dilakukan dengan menghapus keinginan secara sempurna sehingga tidak ada lagi tempat untuk keinginan tersebut. Sumber itu tidak mungkin dipengang atau diraba oleh manusia. Sidang Agung Sangha ke-2. Kitab suci Agama Buddha yang paling tua. Sidang ini memutuskan untuk tidak mengubah Vinaya. Ananda mengulang Dhamma. Semua penderitaan disebabkan karena kehausan. dan Abhidhamma Pitaka. maka Kitab Suci Agama Buddha dinamakan Tipitaka (Pali).

rencana atau emosi yang merusak kesehatan moral 8. Agama Buddha Theravada hanya mengakui Buddha Gautama sebagai Buddha sejarah yang hidup pada masa sekarang. yaitu: 1. Perbuatan yang benar (Samma kammanta). Ini menyebabkan banyak pemeluk kepercayaan tradisional Tionghoa menjadi tidak berstatus sebagai pemeluk salah satu dari 5 agama yang diakui. KONGHUCHU Sejarah Konfusianisme sebagai agama dan filsafat Konfusianisme muncul dalam bentuk agama di beberapa negara seperti Korea. Maksud yang benar (Samma sankappa). Percaya yang benar (Samma ditthi). agama Khonghucu seringkali disebut sebagai Kongjiao (孔教) atau Rujiao (儒教). Theravada mengajarkan mengenai pembebasan akan dukkha (penderitaan) yang ditempuh dengan menjalankan sila (kemoralan). Dengan demikianlah orang sampai pada kelepasan dari penderitaan. dan percaya setelah menyerahkan diri kepada jemaat sebagai jalan yang dilaluinya. maksudnya secara lahir dan batin orang harus murni atau bebas dari penipuan diri 6. pemerintahan Soeharto melarang segala bentuk aktivitas berbau kebudayaaan dan tradisi Tionghoa di Indonesia. maksudnya pengawasan akal. Dalam bahasa Tionghoa. maksudnya seperti pengawasan hawa nafsu agar jangan sampai terjadi tabiat-tabiat yang jahat. Agama Khonghucu di zaman Orde Baru Di zaman Orde Baru. 5. dan upakkha (tidak tergerak oleh apa saja yang menguntungkan diri sendiri. 7. teman.yaitu: metta (persahabatan yang universal). karuna (belas kasih yang universal).Agar terlepas dari penderitaan mereka mereka harus melalui Jalan Utama Berunsur Delapan Sradha atau iman. merupakan hasil “percaya yang benar” yakin bahwa jalan petunjuka budha adalah jalan yang benar 3. Untuk menghindari permasalahan politis RATNA SARI DACHI Page 24 . Taiwan. 4. serta melakukan percakapan yang tidak senonoh. Hong Kong dan RRC. mengucapkan kata-kata yang kasar. mendapatkan damai batiniahnya. Kata-kata yang benar (Samma vaca). menghilangkan kegirangannya sehingga menjadi orang yang tenang. musuh dan sebagainya. Sila yaitu usaha untuk mencapai moral yang tinggi. sampai akhirnya sukha dan dukha lenyap dari semuanya. Dalam Theravada terdapat 2 jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai Pencerahan Sempurna yaitu Jalan Arahat (Arahatship) dan Jalan Kebuddhaan (Buddhahood). percaya menyerahkan diri kepada dharma atau ajaran buddha. Secara umum sama dengan aliran agama Buddha lainnya. maksudnya orang harus menjauhkan diri dari kebohongan dan membicarakan kejahatan orang lain. dan rasa hatinya disudikan. Jepang. mudita (kesenangan dalam keuntungan dan akan segala sesuatu). samadhi (konsentrasi) dan panna (kebijaksanaan). Ingatan yang benar (Samma sati). 2. Persiapan atau upacara semadi ini maksudnya kita harus merenungi kehidupan dalam agamannya seperti 7 jalan kebenaran yang dibahas tadi dengan empat bhawana. Sraddha atau iman yang terdiri dari “percaya yang benar” ini memberikan pendahuluan yang terdiri dari: Percaya dan menyerahkan diri kepada Buddha sebagai guru yang berwenang mengajarkan kebenaran. Semadi yang benar (Samma samadhi) Semadi itu sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu persiapan atau upcara semadi dan semadinya sendiri. Sesudah merenungkan hal-hal tersebut barulah masuk kedalam semadi yang sebenarnya dalam 4 tingkatan yaitu: mengerti lahir dan batinnya. maksudnya bahwa dalam segala perbuatan orang tak boleh mencari keuntungan sendiri. Usaha yang benar (Samma vayama). Hidup yang benar (Samma ajiva). Meskipun demikian Theravada mengakui pernah ada dan akan muncul Buddha-Buddha lainnya. sebagai yang membawanya kepada kelepasan.

Seorang yang bijak sejak masih kecil dan terkenal dengan penyebaran ilmu-ilmu baru ketika berumur 32 tahun. mayoritas menjadi pemeluk agama Kristen atau Buddha. Chingming (5 April). pemeluk kepercayaan tadi kemudian diharuskan untuk memeluk salah satu agama yang diakui. Menetapkan Sishu Wujing (四書五經) sebagai kitab suci resmi Menetapkan tahun baru Imlek. Hari Wafat Khonghucu (18-2-Imlek). ○ ○ ○ ○ ○ Tahun Zaman Nabi Khongcu Tahun Baru jatuh 22 Desember. kesusasteraan dan falsafah yang banyak diikuti oleh penganut ajaran ini. Hindu. Khonghucu memang bukanlah pencipta agama ini melainkan beliau hanya menyempurnakan agama yang sudah ada jauh sebelum kelahirannya seperti apa yang beliau sabdakan: "Aku bukanlah pencipta melainkan Aku suka akan ajaran-ajaran kuno tersebut". istilah aslinya adalah Rujiao ( 儒 教 ) yang berarti agama dari orang-orang yang lembut hati. Ajaran Konfusius Ajaran Konfusianisme atau Kong Hu Cu (juga: Kong Fu Tze atau Konfusius) dalam bahasa Tionghoa. Kalender Imlek terbukti di buat oleh Nabi Khongcu (Konfusius). masyarakat umumnya menganggap klenteng sebagai tempat ibadah umat Khonghucu. Imlek. Meskipun orang kadang mengira bahwa Khonghucu adalah merupakan suatu pengajaran filsafat untuk meningkatkan moral dan menjaga etika manusia. Wenshi (Guru Agama). Konfusianisme mementingkan akhlak yang mulia dengan menjaga hubungan antara manusia di langit dengan manusia di bumi dengan baik.[1] Rohaniawan. Kong Hu Cu banyak menulis buku-buku moral. Katholik. Hari lahir Khonghucu (27-8 Imlek).Ps/1965 yang menyatakan bahwa agama-agama yang banyak pemeluknya di Indonesia antara lain Islam. Xueshi (Pendeta). Penganutnya diajar supaya tetap mengingat nenek moyang seolah-olah roh mereka hadir di dunia ini. Kristen.(dituduh sebagai atheis dan komunis).Tiap 4 atau 5 tahun sekali ada bulan ke 13. Ia meninggal dunia pada tahun 479 SM. Sebenarnya kalau orang mau memahami secara benar dan utuh tentang Ru Jiao atau Agama Khonghucu. terpelajar dan berbudi luhur. Perkiraan tanggal 1 imlek. untuk menggenapi agar perhitungan tersebut tidak berubah. Jiao Sheng (Penyebar Agama). rentang waktunya 15 hari kedepan dan 15 hari kebelakang dari 4 Pebruary tersebut. Buddha dan Khonghucu. Agama Khonghucu juga mengajarkan tentang bagaimana hubungan antar sesama manusia atau disebut "Ren Dao" dan bagaimana kita melakukan hubungan dengan Sang Khalik/Pencipta alam semesta (Tian Dao) yang disebut dengan istilah "Tian" atau "Shang Di". Klenteng yang merupakan tempat ibadah kepercayaan tradisional Tionghoa juga terpaksa mengubah nama dan menaungkan diri menjadi vihara yang merupakan tempat ibadah agama Buddha. Ajaran falsafah ini diasaskan oleh Kong Hu Cu yang dilahirkan pada tahun 551 SM Chiang Tsai yang saat itu berusia 17 tahun. Zhang Lao (Tokoh/Sesepuh). Hari Genta Rohani (Tangce) 22 Desember. Qing Di Gong (8/9-1 Imlek) dsb. maka orang akan tahu bahwa dalam agama Khonghucu (Ru Jiao) juga terdapat Ritual yang harus dilakukan oleh para penganutnya. RATNA SARI DACHI Page 25 . Jadi imlek bukan perayaan musim semi. sejarah. Ajaran ini merupakan susunan falsafah dan etika yang mengajar bagaimana manusia bertingkah laku. Hal-hal yang perlu diketahui dalam agama Khonghucu • ○ ○ Mengangkat Konfusius sebagai salah satu nabi (先知) Menetapkan Litang (Gerbang Kebajikan) sebagai tempat ibadah resmi. 4 February pergantian musim dingin ke musim semi. Nabi Khongcu mengambil sumbernya dari penangalan dinasti Xia (2200 SM) yang sudah di tata kembali oleh Nabi Khongcu. namun dikarenakan tidak banyak akses ke litang. sebagai hari raya keagamaan resmi Hari-hari raya keagamaan lainnya. pemeluk kepercayaan tradisional Tionghoa mulai mendapatkan kembali pengakuan atas identitas mereka sejak UU No 1/Pn. Agama Khonghucu di zaman Orde Reformasi Seusai Orde Baru.

meskipun dia sebenarnya adalah manusia biasa.Laku Bakti Ti . Sepenuh Iman mengikuti Genta Rohani Nabi Kongzi (Cheng Shun Mu Duo) 7.Kesusilaan.Rendah Hati Zhong .Suci Hati Chi . Intisari ajaran Khong Hu Cu • Delapan Pengakuan Iman (Ba Cheng Chen Gui) dalam agama Khonghucu: ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ • ○ ○ ○ ○ ○ • ○ ○ ○ ○ ○ • ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ • 1. Ajaran ini dikembangkan oleh muridnya Mensius ke seluruh Tiongkok dengan beberapa perubahan. Kong Hu Cu disembah sebagai seorang dewa dan falsafahnya menjadi agama baru.Bijaksana Lian . Sepenuh Iman memuliakan Kitab Si Shu dan Wu Jing (Cheng Qin Jing Shu) 8. Kepantasan Zhi . Sepenuh Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa (Cheng Xin Huang Tian) 2.Konfusius tidak menghalangi orang Tionghoa menyembah keramat dan penunggu tapi hanya yang patut disembah. Sepenuh Iman Percaya adanya Nyawa dan Roh (Cheng Zhi Gui Shen) 5.Dapat dipercaya Hubungan antara Pimpinan dan Bawahan Hubungan antara Suami dan Isteri Hubungan antara Orang tua dan anak Hubungan antara Kakak dan Adik Hubungan antara Kawan dan Sahabat Xiao . Sepenuh Iman Menegakkan Firman Gemilang (Cheng Li Ming Ming) 4.Tahu Malu Lima Sifat Kekekalan (Wu Chang): Lima Hubungan Sosial (Wu Lun): Delapan Kebajikan (Ba De): Zhong Shu = Satya dan Tepa selira/Tahu Menimbang: "Apa yang diri sendiri tiada inginkan.Susila Yi .Kebenaran/Keadilan/Kewajiban Li . yang dipentingkan dalam ajarannya adalah bahwa setiap manusia perlu berusaha memperbaiki moral. Sepenuh Iman menempuh Jalan Suci (Cheng Xing Da Dao) Ren .Cintakasih Yi . jangan dilakukan terhadap orang lain" (Lunyu) Kitab suci Kitab sucinya ada 2 kelompok.Bijaksana Xin . Sepenuh Iman memupuk Cita Berbakti (Cheng Yang Xiao Shi) 6. Pengagungan yang luar biasa akan Kong Hu Cu telah mengubah falsafahnya menjadi sebuah agama dengan diadakannya perayaan-perayaan tertentu untuk mengenang Kong Hu Cu.Dapat Dipercaya Li . Sepenuh Iman menjunjung Kebajikan (Cheng Juen Jie De) 3.Satya Xin . bukan menyembah barang-barang keramat atau penunggu yang tidak patut disermbah. yakni: RATNA SARI DACHI Page 26 .

berbagai agama RATNA SARI DACHI Page 27 . Kitab Ajaran Besar . Kitab Wahyu Perubahan 易經 Yi Jing 4. pakaian Hian Ik (pakaian harian) dan Hong Siang (pakaian upacara). hakikat kemanusiaan". Kitab Suci Kesusilaan 禮經 Li Jing 5. Definisi agama menurut agama Khonghucu Berdasarkan kitab Zhong Yong agama adalah bimbingan hidup karunia Tian/Tuhan Yang Maha Esa (Tian Shi) agar manusia mampu membina diri hidup di dalam Dao atau Jalan Suci. banyak umat manusia yang telah merasa menemukan agama/ jalan hidupnya sesuai dengan keyakinannya sendiri sendiri. Latar Belakang Agama adalah merupakan jawaban terhadap kebutuhan rasa aman terutama pada hati manusia. Hidup beragama berarti hidup beriman kepada Tian dan lurus satya menegakkan firmanNya. Hokian) yang menciptakan Hukum Perkawinan Nabi Purba (神農) Shen Nong 2838 – 2698 SM Nabi Purba (黃帝) Huang Di 2698 – 2596 SM ○ Istrinya. Kitab Mengzi . Setiap agama juga mempunyai hal hal mitos yang dipercaya oleh umatnya yang kemudian membuat mereka percaya dan memuja apa yang telah mereka anggap sebagai suatu kekuatan yang luar biasa.中庸 Zhong Yong 3. Wu 文.• Wu Jing (五 經) (Kitab Suci yang Lima) yang terdiri atas: 1. Nabi Lei Zu adalah penemu sutra yang ditenunnya dari kepompong ulat sutra dan bersama Huang Di menciptakan alat tenun. Kitab Sabda Suci . 武 (周公) Zhou-gong* 1122 – 255 SM Nabi Besar (孔 子) Kong Zi* 551 – 479 SM Nabi Ferdi Zhi 480-499 SM HARI HARI BESAR AGAMA A. Kitab Tengah Sempurna .大學 Da Xue 2. yakni "hidup menegakkan Firman Tian yang mewujud sebagai Watak Sejati.孟子 Meng Zi Selain itu masih ada satu kitab lagi: Xiao Jing (Kitab Bhakti). Nabi Para nabi (儒教聖人) Ru Jiao di antaranya: • Nabi Purba (扶羲) Fu Xi * 2952 – 2836 SM ○ • • Fu Xi beristrikan Nabi Nu Wa (Lie Kwa. Kitab Chun-qiu 春秋經 Chunqiu Jing • Si Shu (Kitab Yang Empat) yang terdiri atas: 1. Kitab Sanjak Suci 詩經 Shi Jing 2. Kitab Dokumen Sejarah 書經 Shu Jing 3. • • • • • • • Nabi Purba (堯) Yao 2357 – 2255 SM Nabi Purba (舜) Shun 2255 – 2205 SM Nabi Purba (大 禹) Da Yu * 2205 – 2197 SM Nabi Purba (商 湯) Shang Tang* 1766 – 1122 SM Nabi Wen.論語 Lun Yu 4.

memberikan nama yang berbeda pada apa yang disebut sebagai kekuatan luar biasa tersebut . Hari besar dalam Agama Hindu: Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. diperingati 2 (dua) bulan setelah Hari Raya Waisak. dan Vesak di Sri Lanka. Hari raya galungan: yaitu upacara hari raya kebangkitan melawan penderitaan. Sebelumnya. Kebaktian untuk memperingati Hari besar Asadha disebut Asadha Puja / Asalha Puja. hari pencapaian Penerangan Sempurna Pertapa Gautama. Inti Agama Buddha dan Etika Pokok para Bhikkhu. seperti Bandar Udara Internasional pun tutup. guna memperingati peristiwa dimana Buddha membabarkan Dharma untuk pertama kalinya kepada 5 orang pertapa (Panca Vagiya) di Taman Rusa Isipatana. Hari raya Saraswati: Yaitu Hari raya turunnya kitab kitab suci. Yaitu. Hari Raya Haji.. Kelima pertapa tersebut adalah Kondanna. selain memberikan persembahan jubah Kathina. bersama dengan Panca Vagghiya Bhikkhu tersebut. Semua kegiatan ditiadakan. d. senyap). Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Oleh karena itu dalam makalah ini nanti kita akan membahas tentang macam macam hari raya besar dalam agama agama yang ada di dunia. namun tidak untuk rumah sakit. Lima orang pertapa. Vesak di Malaysia dan Singapura. b. Agama Hundu Di Bali juga banyak mengenal hari hari raya. untuk menyucikan Buwana Alit (alam manusia / microcosmos) dan Buwana Agung/macrocosmos (alam semesta). Jadi setelah masa Vassa berakhir. dan sesudah mendengarkan khotbah Dharma. Pada hari ini diperingati RATNA SARI DACHI Page 28 . Hari raya Kuningan: upacara ini dilaksanakan sebagai hari kemenangan dan kepahlawanan yang dimenangkan sejak hari raya galungan oleh durga sampai akhirnya perang 10 hari lamanya. Sabda Sang Buddha di hadapan 1. karena mereka mempunyai kesempatan mendengarkan Dhamma untuk pertama kalinya. Tempat ibadah agama Buddha disebut Vihara . Visakha Bucha di Thailand. dan berdana untuk perkembangan dan kemajuan agama Buddha. Bhadiya. Nama ini diambil dari bahasa Pali "Wesakha". Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka. pada tahun 588 Sebelum Masehi. Tidak ada aktifitas seperti biasa. c. dan hari Sang Buddha wafat atau mencapai Nibbana/Nirwana. Dengan terbentuknya Sangha. Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi. perlengkapan vihara. d. Misalnya: a. Selanjutnya. c. Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. inti hari raya ini adalah pemujaan terhadap dewa durga yang menyelamatkan manusia. termasuk pelayanan umum. selain pemujaan terhadap kekuatan luar biasa tersebut para umat beragama juga melaksanakan dan merayakan upacara yang dilaksanakan tiap tahun untuk menghormati hari hari bersejarah dalam sejarah keagamaan mereka. C. Hari Hari Besar Dalam Agama Islam: Idul Adha (di Republik Indonesia. Dalam kesempatan tersebut. adalah sebuah hari raya Islam. Hari raya Asadha. Mahanama dan Asajji. bekas teman berjuang Buddha dalam bertapa menyiksa diri di hutan Uruvela merupakan orang-orang yang paling berbahagia. Rajagaha. Hari Besar Magha Puja memperingati disabdakannya Ovadha Patimokha. yang pada gilirannya juga terkait dengan "Waishakha" dari bahasa Sansekerta. Penganut Buddha merayakan Hari Waisak yang merupakan peringatan 3 peristiwa. khususnya di daerah Bali. maka Tiratana (Triratna) menjadi lengkap. Hari raya Kathina merupakan upacara persembahan jubah kepada Sangha setelah menjalani Vassa. yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan / kalender Saka. Buddha membentuk Arya Sangha Bhikkhu(Persaudaraan Para Bhikkhu Suci) yang pertama (tahun 588 Sebelum Masehi ). baru ada Buddha dan Dhamma (yang ditemukan oleh Buddha).250 Arahat yang kesemuanya arahat tersebut ditasbihkan sendiri oleh Sang Buddha (Ehi Bhikkhu). umat Buddha memasuki masa Kathina atau bulan Kathina. D. umat Buddha juga berdana kebutuhan pokok para Bhikkhu. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India. B. b. Hari Hari besar dalam agama Budha: a. terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu. yang kehadirannya itu tanpa diundang dan tanpa ada perjanjian satu dengan yang lain terlebih dahulu. mereka mencapai arahat. Sabda Sang Buddha bertempat di Vihara Veluvana. Dalam melaksanakan pemujaan ada yang dilaksanakan setiap hari dan ada juga yang seminggu sekali atau setiap tahun sekali. hari lahirnya weda se-dunia. Sebelum Hari Raya Nyepi. Vappa. Hari raya Nyepi . Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa. hari kelahiran Pangeran Siddharta (nama sebelum menjadi Buddha).

kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba. Sebagian besar tradisi Natal berasal dari tradisi pra-Kristen barat yang diadopsi ke dalam tradisi Kristiani. Kemungkinan besar Yesus sebenarnya tidak lahir pada tanggal 25 Desember.Hari Wafat Nabi Kongzi (Zhi Sheng Ji Zhen) 5 April . Hari Hari besar dalam agama Konghucu: 1 bulan I (Zheng Yue) . hal ini dibuktikan dengan cerita tentang para gembala yang sedang menggembalakan hewan peliharaan mereka.Shang Yuan/Yuan Xiao atau Cap Go Me 18 bulan II (Erl Yue) . F. hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. yaitu ketika nabi Ibrahim (Abraham). Selain itu. peringatan Natal juga mengandung aspek non-agamawi. Pada hari raya ini. Dalam tradisi barat. 24 bulan XII (Shi Erl Yue) . sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda. umat Islam berkumpul pada pagi hari dan menyelenggarakan Salat Ied bersama-sama di masjid-masjid. dekat Mekkah. sehingga sangat tidak masuk akal untuk menggembalakan hewan pada waktu-waktu tersebut. 8/9 bulan I . E. G.Xia Yuan.Tahun Baru Kongzili/Yinli/Xin Zheng 4 bulan I .Sembahyang Arwah Umum. Natal selalu dirayakan dengan pesta pora oleh para penyembah Dewa Matahari beserta teman-teman mereka yang beragama Kristen. Natal merupakan hari raya baru yang diadopsi dari tradisi Romawi. Pada tanggal 1 Syawal.peristiwa kurban. Kesimpulan Setiap agama mempuyai peringatan terhadap sejarah orang orang atau kejadian kejadian keagamaan yang mereka percayai.. Setelah salat. umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang. Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. sebagai perayaan dies natalis solis invictus (hari kelahiran dewa matahari yang tak terkalahkan). akan mengorbankan putranya Ismail.Hari Persaudaraan & Naiknya malaikat dapur (Chao Chun) .Namun sebenarnya kelahiran Yesus Kristus bukan jatuh pada tanggal 25 Desember.Dong Zhi (Hari Genta Rohani). 29 bulan VII . Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji. 15 bulan VII (Ji Yue) . Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim dan juga dengan melaksanakan penyembelihan hewan qurban bagi seluruh umat muslim di dunia. pelaksanaannya dilaksanakan tiap satu tahun sekali yang mana dalam perayaan hari besar tersebut mempunyai tujuan dan mitos sejarah yang sangat kental. di tanah lapang. Setiap tahunnya umat Kristiani merayakan Natal pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya. RATNA SARI DACHI Page 29 . Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina. Hari Raya Dalam Agama Kristen: Hari Raya Natal (dari bahasa Portugis yang berarti "kelahiran") adalah hari raya bagi umat Kristen. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi.Hari Sadranan (Qing Ming) 5 bulan V (Wu Yue) . Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam. Pada bulan Desember hingga Januari. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut.Menyambut turunya malaikat dapur (Chao Chun).Zhi Sheng Dan (Hari Lahir Nabi Kongzi) 15 bulan X . seperti ketika merayakan Idul Fitri. 22 Desember . daerah Timur Tengah justru mengalami musim dingin. yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah. dilakukan penyembelihan hewan kurban. peringatan Natal dalam tradisi barat (yang kian mendunia) ditandai dengan bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta datangnya Santa Claus atau Sinterklas .Duan Yang/Duan Wu/Bai Chun.Jing He Ping/Jing Hao Peng 15 bulan VIII (Ba Yue) .. atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar) apabila area ibadahnya tidak cukup menampung jamaah . sehingga dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh element dalam suatu agama.Jing Tian Gong (Sembahyang Besar kepada Tuhan YME) 15 bulan I .Zhong Qiu (Sembahyang Purnama Raya) 27 bulan VIII (Ba Yue) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful