PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN

1. Pengertian Perangkat Lunak Pembelajaran

Seiring dengan perkembangan peradaban manysia dan kemajuan pesat dibidang teknologi, tanpa disadari komputer telah ikut berperan dalam dunia pendidikanterutama penggunaanya sebagai alat bantu pengajaran. Percobaan penggunaan komputer untuk proses belajar dimualai di Amerika Serikat pada akhir tahun 1950-an dan awal tahun 1960-an. Kemudian penelitian selanjutnya dilakukan oleh Harvard University berkerja sama dengan IBM pada tahun 1965. Setelah munculnya komputer mikro, sistem pengajaran dengan omputer mejadi semakain meluas pada pengembangan aplikasi perangkat lunak ajar yang dekenal dengan istilah perangkat lunak pembelajaran. Perangka lunak pembelajaran dengan komputer muncul dari sejumlah disiplin ilmu, erutama ilmu komputer dan psikologi. Dari ilmu komputer dan maematika muncul program-program yang membuat semua perhitungan dan fungsi lebih mudah dan bermanfaat. Sedabgkan dari ilmu psikologi muncul pengetahuan mengenai teori belajar, teknik belajar, serta motifasi yang baik. Banyak istilah yang dipakai untuk menyatakan perangkat lunak pembelajaran dengan komputer, seperti Computer Assited Instruction (CAI), Computer Based Instruction (CBI), Computer Based Education (CBE), Computer Assisted Learning (CAL), atau Computer Based Training (CBT). (Sodhi, Jag, Software Engenering Methods, Mamangent, and CASE Tools, 1991).

2.

Tujuan Pernagkat Lunak Pembelajaran

Tujuan Perangkat lunak pembelajaran anara lain : Peningkatan Pengawasan CBT melakukan peningkatan pengawasan dalam hal pemakaian dan penyelesaiaan suatu materi, peningkatan standarisasi suatu pelatihan, serta pengawasan kemampuan belajar. Dengan pemakaiaan komputer dalam

3.pelatihan. Jenis-jenis Perangkat lunak Pembelajaran Jenis pemakaiaan komputer unuk perangkat lunak pembelajaran digolongkan mejadi lima bagian yaitu : . diharapkan keseragaman materi bisa tercapai dan memiliki nilai standarisasi yang tinggi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful