P. 1
Penjelasan Bangunan Renovasi

Penjelasan Bangunan Renovasi

|Views: 21|Likes:
Published by Rugun Siagian

More info:

Published by: Rugun Siagian on Jan 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/31/2012

pdf

text

original

Penjelasan Bangunan

 Renovasi Dari awal sejak bangunan ini masih merupakan rumah tinggal hingga saat ini berfungsi sebagai asrama putri, tidak terlalu banyak perubahan yang terjadi pada bangunan ini. Tidak pernah terjadi perombakan secara besar ± besaran, hanya berupa perbaikan dan penambahan elemen bangunan tanpa mengubah bentuk bangunan secara signifikan.

1. Perbaikan yang Terjadi Pada Bangunan

Perbaikan hanya sebatas pada penggantian beberapa elemen bangunan. Misalnya, saat perbaikan genteng pada bagian atap yang bocor. Perbaikan lainnya adalah perbaikan dari segi kualitas visual pada ruang dalam, yaitu pengecatan ulang pada dinding yang dilakukan secara berkala. Pengecatan dilakukan dalam periode tiga tahun sekali.

2. Penambahan Elemen Bangunan

Penambahan elemen bangunan terdapat pada bagian depan bangunan, yaitu teras. Awalnya tidak terdapat teras depan atau beranda. Sebelumnya, entrance hanya berupa beberapa anak tangga yang menghubungkan ruang luar dengan ruang dalam. Namun 12 tahun yang lalu, sang pemilik bangunan

menambahkan beranda yang merupakan ruang transisi antara ruang luar dengan ruang dalam dengan lebar sekitar dua meter.

karena saat ini berbagai elemen bangunan yang terdapat di dalamnya sudah jarang ada di pasaran saat ini. dan elemen ± elemen bangunan tersebut seperti plafond yang berukir serta pintu dan jendela yang sudah ada sejak jaman kolonial tersebut mempunyai keunikan tersendiri dan kualitas yang sangat baik. . Selebihnya tidak terdapat perubahan yang berarti pada bangunan ini. Karena itu. Atapnya merupakan atap datar dengan penutup plafond gypsum board dan ditopang oleh pilar ± pilar dengan pahatan dan ukiran.Beranda di bangunan ini merupakan ruang terbuka beratap dan disekelilingnya terdapat railing ± railing yang di cat putih. Sang pemilik bangunan mengemukakan keinginannya untuk tetap mempertahankan keotentikan bangunan tersebut. pemilik bangunan ingin tetap terus merawat bangunan tersebut tanpa merombaknya secara habis ± habisan seperti yang banyak dilakukan oleh pemilik ± pemilik bangunan lama yang berada di sepanjang Jl. Riau ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->