Peranan Penting Globalisasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Nama : - Puspita Mahardhika R. - Muhammad Al-Mukmin - Gusnadi M. Hapsal - Dwi Junita Rahman - Anggara Arfan M. - Al-fajarwani F.M

politik. uang dan gagasan melintasi batas-batas negara. jasa. ‡ Globalisasi adalah sebuah perubahan sosial. keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain. di mana berbagai peristiwa. lingkungan.A. B. ‡ Globalisasi merupakan gerakan menuju terciptanya pasar atau kebijakan yang melintasi batas nasional. ‡ Globalisasi adalah proses di mana perdagangan. informasi dan budaya semakin bergerak melintasi batas negara. ‡ Globalisasi adalah proses meningkatnya aliran barang. Pengertian Globalisasi : Globalisasi dapat diartikan sebagai : ‡ Globaliasi dapat diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia. ‡ Globalisasi adalah proses. berupa bertambahnya keterkaitan di antara dan elemenelemennya yang terjadi akibat dan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional. Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ‡ Globalisasi merupakan kenyataan yang sulit untuk dihindarkan sebagai akibat semakin membaiknya jaringan transfortasi dan komunikasi di dunia. Globalisasi tidak hanya terjadi dalam bentuk kebudayaan yang bersifat . ‡ Globalisasi adalah meningkatnya saling keterkaitan di antara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi. dan pertukaran kebudayaan.

kesenian. Globalisasi memang sering digambarkan sebagai sebuah gejala ekonomi.Pasar bebas.Peluang dan tantangan bisnis dalam bidang kepariwisataan semakin terbuka 5.Namun . ekonomi. Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia ‡ Sebagai anggota masyarakat dunia.material. Andaikata isolasi diri itu terjadi. banyak perusahaan multinasional. sedangkan tantangan berarti setiap orang diberi kesempatan untuk berkompetisi dan menunjukkan kemampuannya. yang ditandai dengan munculnya.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dengan mudah dan dapat diterima 3. Indonesia pasti tidak dapat dan tidak akan mengisolasi diri dari pergaulan internasional. perdagangan. yaitu pasar dimana suatu produk menjadi semakin luas dan pemasarannya semakin banyak 2.Lapangan kerja semakin terbuka dan banyak C. Peluang berarti setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk memanfaatkan situasi ini dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik. sudah dapat dipastikan Indonesia tidak akan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Ini artinya apa? Artinya tidak lain bahwa di dalam hubungan internasional terjadi apa yang dinamakan saling hubungan dan saling ketergantungan antara negara satu dengan negara lainnya. Respon bangsa Indonesia terhadap globalisasi adalah sebagai peluang dan tantangan. Hukum atau norma yang mengaturpun menjadi hukum Internasional. Peluang dan tanganan yang dapat kita peroleh dari globalisasi adalah sebagai berikut : ‡ 1. yang beroperasi melintasi batas-batas wilayah negara. pertahanan. dan bahasa. Hal ini mempengaruhi proses produksi dan penyebaran tenaga kerja internasional.Wawasan budaya semakin luas 4. tetapi juga bersifat politik.

sosial. Dalam Bidang Ekonomi Meningkatkan kemampuan bangsa dan negara untuk berkompetisi secara internasional Meningkatkan kualitas produksi dalam negeri agar dapat bersaing di pasar internasional Meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat . juga menyangkut bidang politik. budaya. Semua bidang itu digerakkan oleh perkembangan informasi dan teknologi komunikasi yang telahmampu meningkatkan kecepatan dan lingkup hubungan antar manusia di seluruh penjuru dunia. Indonesia seharusnya hanya akan mengambil kemajuan dari sisi positifnya saja. maupun teknologi. Sebab selain bidang ekonomi. Untuk itu nilainilai Pancasila harus kita gunakan sebagai penyaring dari nilai yang diambil. sosial dan budaya. Pancasila bersumber dari agama dan adat istiadat yang digali dari bumi Indonesia. Apa arti pentingnya globalisasi bagi Indonesia? ‡ Globalisasi memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia yang sedang membangun yaitu dengan mengambil manfaat dari kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa atau negara lain.Berbagai contoh posisi bangsa Indonesia dalam era globalisasi sebagai berikut : ‡ 1.sesungguhnya lebih luas dari itu. untuk diterapkan di Indonesia. politik. E. Sudah barang tentu tidak semua kemajuan yang dialami bangsa lain akan kita ambil atau kita tiru begitu saja. D. karena nilai-nilai Pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi dari bangsa Indonesia. baik itu kemajuan di bidang ekonomi.

misalnya lewat organisasi PBH dan Palang Merah Intenrasinal. narkoba. ‡ 5. Turut serta melestarikan lingkungan hidup serta ekologi darat. ‡ 3. Dalam Bidang Teknologi Mampu mengembangkan teknologi dan informasi yang bertaraf internasional Memanfaatkan teknologi untuk mempublikasikan potensi yang dimiliki oleh negara Indonesia Membuka akses informasi dari dunia interanasional sebagai studi banding dan sebagai sarana kerja sama dengan negara lain. ‡ 6. Dalam Bidang sosial Budaya Turut serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial internasional. laut. ‡ 4. Partisipasi aktif dalam percaturan politik untuk menuju perdamaian dunia. Mengadakan pertukaran pelajar antara Negara . dan lain sebagainya. Menjungjung tinggi pelaksanaan HAM . Menghormati peradilan internasional dan bekerja sama dengan Interpol. Menggalang kerja sama antar negara dalam menanggulangi pencemaran lingkungan . Dalam Bidang Politik Menegakkan nilai-nilai demokrasi. Memperluas dan meningkatkan hubungan dan kerja sama internasional. dan udara secara nasional dan internasional. Dalam Bidang Lingkungan Hidup Menentang pemakaian senjata nuklir. baik untuk perang maupun penelitian yang dapat merausak lingkungan hidup. . seperti masalah HAM.‡ 2. Dalam Hukum Mematuhi peraturan hukum dan perjanjian internasional Turut meratifikasi perjanjian hukum internasional dalam berbagai masalah.

terutama masyarakat negara maju yang berangsur-angsur mengubah pola gagasan budaya dan agama asli suatu bangsa. Mereka dapat memasuki wilayah negara yang . Aspek Tekhnologi ‡ Adanya perkembangan teknologi informasi yang pada akhirnya menyatukan dunia menjadi sebuah tempat tanpa batas. Dan hal ini kemungkinan besar bisa terjadi pada negara-negara yang sedang berkembang. Aspek-Aspek Globalisasi a. ‡ b. Aspek Kebudayaan dan Keagamaan ‡ Mengacu kepada gagasan-gagasan baru yang datang dari seluruh dunia. Aspek Ekonomi : ‡ Mengacu kepada makin menyatunya unit-unit ekonomi di dunia ke dalam satu unit ekonomi dunia.F. Pentingnya Globalisasi Secara Umum : ‡ Globalisasi saat ini bisa dikatakan sebagai bentuk penjajahan model baru yang bisa mengakibatkan keterpurukan ekonomi dan kemiskinan suatu bangsa yang tidak mampu mengimbangi pengaruh atau dampak globalisasi tesebut. G. Sedangkan pengaruh globalisasi bisa menjanjikan kemakmuran pada negara-negara maju yang menginginkan tercapainya misi negara-negara tersebut dalam mengusung gaya ideologi Kapitalis dan Liberalis. Aspek Demografi ‡ Merujuk kepada penghijrahan manusia yang berlaku sehingga merubah pola demografi sebuah negara. ‡ d. ‡ c.

‡ Karena terdapat unsur keberpihakan pada negara-negara maju. ‡ Tidak dapat disangsikan lagi bahwa pengaruh globalisasi di bidang ekonomi sangat menguntungkan negara-negara maju. ‡ Hal ini bagi negara berkembang seperti negara Indonesia akan berakibat hanya dijadikan negara koloni. Demikian juga tingkat ketergantungan kita yang secara tidak sadar telah mengikat secara politik dengan mengusung prinsip-prinsip kapitalis dan pemikiran liberal. jika ingin memberikan bantuan maka salah satu persyaratannya harus menerima prinsip pasar bebas. ekonomi dan sosial budaya. . Seperti Amerika Serikat yang berada di balik lembaga bantuan peminjaman seperti IMF dan Bank Dunia. maka pengaruh globalisasi bagi Indonesia menyebabkan keterpurukan ekonomi yang disebabkan ketidak-mampuan kita dalam bersaing secara cepat pada hasil-hasil produksi di tanah air. karena dalam upaya memperbaiki ekonomi negara-negara berkembang. terdapat unsur-unsur ideologi yang disusupkan ke dalam suatu negara.sedang berkembang dengan mengusung misi kebebasan di semua aspek yaitu politik. yaitu tidak lebih hanya sebagai pasar barang dan tempat pemasaran hasil industri oleh negara-negara maju.