P. 1
Mengapresiasikan Motif Batik Tradisional

Mengapresiasikan Motif Batik Tradisional

|Views: 1,219|Likes:

More info:

Published by: Mochammad Zulfikri Arifin on Jan 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

02/07/2013

$4.99

USD

pdf

text

original

MENGAPRESIASIKAN MOTIF BATIK TRADISIONAL A.

Pengertian Motif Batik Motif batik adalah kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan .Motif batik disebut juga corak batik atau pola batik.. Motif batik tersebut dibuat pada bidang-bidang, misalnya: segi tiga, segi empat, dan lingkaran. Motif-motif batik itu antara lain motif hewan, manusia, geometris, dan motif lain. Motif batik secara garis besar dapat dibedakan menjadi: 1. Motif batik tradisional Motif batik tradisional adalah motif batik yang merupakan warisan turun temurun dan memiliki kekhasan tradisi daerah masing-masing. Susunan motif, unsur batik dan warnanya tidak berubah sejak zaman dahulu. 2. Motif batik Modern Motif batik modern adalah motif batik yang tidak terikat pada satu obyek dan aturan tertentu, lebih kreatif dan berdasarkan cita rasa penciptanya untuk mengajak ke suatu pemikiran yang baru. Susunan motif, unsur batik dan warnanya beraneka macam sesuai dengan cita rasa penmbuatnya. Motif batik modern dapat dibuat berdasarkan apa saja yang ada disekitar Ada bermacam-macam motif batik atau motif hias, seperti motif tumbuhan, hewan, manusia, dan motif lain. Motif-motif hias tersebut terdapat pada kain songket, tenun, celup ikat, dan batik. Dan berikut contoh-contoh motif tumbuhan, hewan, manusia dan motif lain. 1. Motif tumbuhan Motif tumbuhan banyak terdapat pada kain batik, wujudnya berupa hiasan yang diperoleh dari obyek yang distilir/digayakan, motif tersebut dapat menentukan suatu kain batik pada corak-corak tertentu seperti : corak ceplok, corak parang, corak semen,. Gambar 1. Motif Tumbuhan 2. Motif hewan Motif tersebut berupa bentuk-bentuk hewan yang di stilir atau disederhanakan. Contohnya adalah motif kerbau dan motif burung. Gambar 2. Motif Hewan 3. Motif manusia Motif manusia dapat terdapat pada kain tenun dan songket, motif hias tersebut juga berbentuk manusia yang distilir atau disederhanakan, contohnya adalah kain tenun songket yang menggambarkan peristiwa penjajahan indonesia seperti dibawah ini Gambar 3. Motif Manusia 4. Motif geometris Motif hias geometris berupa bentuk-bentuk garis yang tidak selalu lurus. Contohnya adalah motif hias tumpal pada kain sarung batik dari Jawa Tengah dan kain tenun dari Palembang. Bentuk-bentuk persegi pada kain sarung dari berbagai daerah, bentuk lingkaran dan belah ketupat pada kain batik dari madura, bentuk persegi dan dan setengah lingkaran pada kain batik dari Cirebon. Gambar 4. Motif Geometris Banji

Sebutkan 2 penggolongan motif batik? 2. Sedangkan motif hewan dianggap sebagai hewan keramat. Motif Mega mendung B.. Gambar 5. Sebagai alternative kumpulkan dari daerah terdekat dengan Sekolah. Motif burung tersebut dianggap sebagai benua atau langit. setiap daerah di Nusantara memiliki motif batik. . Latihan 1. Motif batik tersusun atas beberapa ornamen. Motif lain Yang dimaksud motif hias lain adalah motif hias yang tidak dapat dikelompokkan pada jenisjenis motif hias diatas. Motif batik yang mengutamakan kekhasan daerah masing-masing sering disebut motif tradisional dengan susunan motif. Rangkuman Nusantara dikenal memiliki beraneka ragam motif batik. Misalnya motif batik yang berbentuk wayang.5. C. D. melambangkan tokoh yang dikagumi. Contohnya adalah motif-motif hias berbentuk gunung dan motif awan atau pinggir awan pada kain batik dari Cirebon. Motif batik pada karya seni rupa Nusantara menggunakan motif-motif tertentu. motif pilin berganda pada kain batik parang rusak. Makna Motif Batik Jenis jenis motif batik yang telah dibicarakan diatas sebagian besar memiliki makna. dan berbagai motif jumputan pada kain celup ikat. Selain motif tradisional setiap daerah juga memiliki motif-motif batik modern tidak terikat oleh tradisi. Carilah motif tradisional yang dimiliki daerah setempat? Buatlah kliping kumpulan gambar atau foto motif-motif tersebut. Sedangkan Motif batik manusia kebanyakan dianggap sebagai lambang roh nenek moyang atau lambang kesaktian. unsur batik dan warnanya tidak berubah sejak zaman dahulu. Sebutkan 4 macam motif batik dan jelaskan? 3. Motif tumbuhan kebanyakan dianggap sebagai lambang kehidupan dan kesuburan. sesuai kekhasan tradisi daerah masing-masing.

Stilasi daun pada motif ukiran tradisional Jawa Penekanan gambar untuk stilasi daun motif tradisional Jawa .

Stilasi bunga motif tradisional Jawa Contoh lain untuk stilasi daun .

Contoh lain untuk stilasi bunga Stilasi Binatang .

Gambar mempunyai . Dalam gambar teknik lebih diutamakan dibandingkan kebebasan berekspresi seperti halnya seni lukis.Stilasi Buah Stilasi Buah Gambar merupakan karya seni rupa dua dimensional yang lebih menekankan pada penguasaan teknik yang sangat matang.

Perkembangan berikutnya gambar dapat digolongkan menjadi beberapa bagian. Penerapan hasil stilasi menjadi motif ukiran pada suatu benda banyak dipengaruhi oleh bentuk-bentuk ikal atau spiral. stilasi buah. Gambar motif ukiran yang didapat dari hasil stilasi bentuk alami tersebut dimaksudkan sebagai hiasan dengan gaya dan irama tersendiri. diantaranya adalah gambar bentuk. gambar model.kecenderungan untuk meniru objek secara apa adanya. Gambar stilasi contohnya seperti gambar motif ukiran. seperti yang dikatakan oleh Plato. Gambar stilasi dibuat dengan cara mengubah yaitu dengan langkah menyederhanakan bentuk aslinya menjadi bentuk gambar lain yang dikehendaki. bentuk yang berpilin-pilin dan saling jalin menjalin disamping garis-garis yang berfungsi sebagai pecahan yang serasi. gambar ilustrasi atau gambar-gambar lain yang bersifat kedaerahan maupun yang berdasarkan penggolongan era tertentu. Stilasi di atas menunjukkan beberapa jenis stilasi misalnya seperti stilasi daun. Unsur di atas hanyalah bagian stilasi motif ukiran tradisional Jawa. . stilasi binatang dan lain-lainnya. Gambar Stilasi merupakan salah satu jenis yang masuk dalam kategori penggolongan gambar tersebut. stilasi bunga. Mimikri mempunyai arti meniru dan mencontoh sesuai objek yang sebenarnya. Gambar motif stilasi dapat dilihat contohnya di atas penulisan artikel ini. Gambar adalah proses mimikri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->