P. 1
SUBSTANSI KONSTITUSI NEGARA

SUBSTANSI KONSTITUSI NEGARA

|Views: 327|Likes:
Published by Tata Nls

More info:

Published by: Tata Nls on Feb 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2012

pdf

text

original

SUBSTANSI KONSTITUSI NEGARA Pengertian konstitusi: Konstitusi berarti pembentukan atau menyasun dan menyatakan suatu negara.

Menurut para ahli, konstitusi ada yang mempersamakan dengan UndangUndang dasar dan ada yang berpendapat konstitusi lebih luas dari pada UndangUndang dasar. Dalam pengertian tersebut, hakekat terbentuknya konstitusi mempunyai dua fungsi, yaitu: a. Memberikan pembatasan dan pengawasan kepada kekuasaan politik. b.Untuk membebaskan kekuasaan dari control mutlak penguasa,serta menerapkan bagi penguasa batas-batas kekuasaan mereka. Konstitusi berisikan: Ketentuan-ketentuan pokok dari suatu negara. Misalnya, bagaimana bentuk negara, bentuk pemerintahan, ruang lingkup kewenangan, dan hubungan antar lembaga negara, garis-garis besar tugas warga negara, dan hal-hal pokok lainnya. Motivasi timubulnya UUD Cara pembentukan konstitusi: 1. Cara pemberian, raja memberikan warganya suatu UUD dan ia berjanji akan menggunaka kekuasaannya berdasaarkan asas-asas tertentu dan kekuasaaan itu akan dijalankan oleh suatu badan tertentu. 2. Cara sengaja, UUD dilskuksn setelah negara itu didirikan. 3. Cara revolusi, pemerintah baru terbentuk sebagai hasil dari revolusi ini, atau pemerintah dapat pula mengambil cara lain yaitu dengan mengambil suatu

4. Cara evolusi. 3. Organisasi negara. Sifat pokok Konstitusi negara adalah Flexible (luwes) artinya konstitusi itu memungkinkan adanya perubahan sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan masyarakat (Inggris. menjamin cara penyelenggaraan ketatanegaraan secara permanen. Menjamin dan melindungi hak warga negara. menjamin adanya kerjasama yang efektif antar lembaga negara. Hak-hak asasi manusia. Bersifat Rigid apabila konstitusi itu sulit diubah kapanpun (contoh: AS. Jerman. UUD yang lama tidak berlaku lagi. Adakalanya memuat larangan untuk mengubah sifat-sifat tertentu dari Undangundang dasar Motivasi timbulnya UUD Menurut Bryce. Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia Sifat dan Fungsi Konstitusi 1. 2. 2. pembagian kekuasaan antara badan legislative. menciptakan suatu bentuk sistem ketatanegaraan tertentu 3. Indonesia) . eksekutif dan yudikatif. secara otomatis. Kanada. Menurut Miriam Budiarjo. 4.permusyawaratan. Selandia Baru) 2. 4. Prtosedur mengubah Undang-undang dasar. setiap Undang-undang dasar / konstitusi memuat ketentuan-ketentuan sebagai berikut: 1. dibentuknya UUD di suatu negara adalah sbb: 1.

Fungsi Pokok Konstitusi 1. 2. . Membatasi kekuasaan pemerintah sedemikian rupa sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Akan terlindunginya hak-hak warga negara. Gagasan ini dinamakan Konstitusionalisme.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->