P. 1
Pengertian DNA

Pengertian DNA

|Views: 424|Likes:
Published by iri_gaptek

More info:

Published by: iri_gaptek on Feb 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2013

pdf

text

original

Pengertian DNA

Bentuk DNA adalah rantai doble heliks berpilin ke-kenan. Dalam DNA terdapat struktur-struktur di atas. Namun jika di ambil 1 lempeng yang mengandung ikatan Fosfat, gula dan basa nitrogen, maka lempeng tersebut di sebut nikleutida tetapi jika plat itu hanya basa nitrogen dan gula saja maka di sebut nukleusida. Ada 2 kelompok basa nitrogen yang berikatan pada DNA yaitu: ³ purin Yang terdiri dari basa nitrogen, adenin dan guanin. ³ pirimidin Terdiri dari basa nitrogen sitosin dan timin. Basa purin selalu berpasangan dengan basa pirimidin melalui ikatan hidrogen. Sedangkan adenin selalu berpasangan dengan hymine melalui 2 ikatan hidrogen sedangkan Chytosine berpasangan dengan guanine melalui 3 ikatan hidrogen. Ada 3 cara model replikasi DNA yaitu ³ model konservatif Model ini menyatakan bahwa dua rantai DNA hereplikasi tanpa memisahkan rantai-rantainya ³ model semi konservatif Model ini menyatakan bahwa 2 rantai DNA berpisah kemudian bereplikasi Model dispersi ³ model ini menyatakan bahwa DNA terpecah menjadi potongan-potongan yang kemudian bereplikasi Proses replikasi terbagi atas 3 tahap ³ insiasi Replikasi tidak berlangsung pada titik acak pada DNA namun berlangsung pada awal yang disebut tempat awal replikasi ³ elogasi DNA polimerasi bertugas untuk memasangkan basa nitrogen baru dengan rantai DNA lama sehingga terbentuklah rantai DNA yang baru ³ teriminasi Replikasi berahir saat DNA polimerare mengenali daerah basa nitrogen yang diulang-ulang. Daerah ini di sebut telomer maka terbentuklah rantai DNA yang baru pada sintesis protein II. RNA RNA yang di singkat mikroRNA atau miRNa adalah segolongan asam ribonukleat yang merupakan rantai panjang lurus yang berfungsi dalam sintesis protein Ada 3 jenis RNA yaitu I. ³ mRNA (messenger RNA atau RNA duta / RNAd) bertugas untuk mengkodekan kode genetik dari DNA untuk sintesis protein. Terdapat di anak inti sel, Triplet kode genetik pada mRNA di sebut kodon. II. ³ tRNA (transfer RNA atau RNAt bertugas untuk mencocokan triple yang ada pada mRNA dengan protein yang sesui. Terdapat di sitoplasma, kode genetik pada tRNA di sebut anti kodon ³rRNA (ribosomal RNA atau RNAr) bertugas untuk memasangkan kodon mRNA dengan anti kodon tRNA dan menggeser rantai-rantai supaya terbentuk polipeptida (protein) terdapat terdapat di ribosom

Struktur RNA (ribosenucleicacid) yaitu ³Gula, 5 karbon ribosa ³Gugus fosfat ³Basa Nitrogen yang persis sama dengan basa nitrogen DNA namun pada mRNA thymine di ganti dengan urasil III. Sintesis Protein Sintesis protein adalah proses pembentukan protein dari monomer peptida yang di atur susunannya oleh kode genetik. Sintesis protein di mulai dari anak inti sel, sitoplasma dan riborom. Sintesis protein terdiri dari dua tahapan besar yaitu: ³DNA membuka menjadi 2 rantai terpisah karena mRNA berantai tunggal. Maka salah satu rantai DNA di transkripsi (dikopy). Rantai yang di transkripsi dinamakan DNA sense atau template dan kode genetik yang di kode di sebut kodogen. Sedangkan yang tidak di trankripsi di sebut DNA.³Translasi mRNA/RNAd yang sudah terbentuk keluar dari anak inti sel menuju rRNA. Di sana mRNA masuk ke rRNA/RNAt. Ketika anti kodon pada tRNA cocok dengan kodon mRNA kemudian rantai bergesar tengah. Kodon mRNA berikutnya dicocokan dengan tRNA kemudian asam amino yang pertama berikatan dengan asam amino ke dua. Proses ini berlangsung hingga kodon stop, ribosom sub unit besar dan kecil terpisah.

Fungsi DNA Sebenarnya
Fungsi DNA sebenarnya fungsi biologis adalah fungsi DNA sebenarnya Replikasi merupakan proses pelipatgandaan DNA. Proses replikasi ini diperlukan ketika sel akan membelah diri. Pada setiap sel, kecuali sel gamet, pembelahan diri harus disertai dengan replikasi DNA supaya semua sel turunan memiliki informasi genetik yang sama.

Pada dasarnya, proses replikasi memanfaatkan fakta bahwa DNA terdiri dari dua rantai dan rantai yang satu merupakan ³konjugat´ dari rantai pasangannya. Dengan kata lain, dengan mengetahui susunan satu rantai, maka susunan rantai pasangan dapat dengan mudah dibentuk. Ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan bagaimana proses replikasi DNA ini terjadi. Salah satu teori yang paling populer menyatakan bahwa pada masing-masing DNA baru yang diperoleh pada akhir proses replikasi; satu rantai tunggal merupakan rantai DNA dari rantai DNA sebelumnya, sedangkan rantai pasangannya merupakan rantai yang baru disintesis. Rantai tunggal yang diperoleh dari DNA sebelumnya tersebut bertindak sebagai ³cetakan´ untuk membuat rantai pasangannya. Proses replikasi memerlukan protein atau enzim pembantu; salah satu yang terpenting dikenal dengan nama DNA polimerase, yang merupakan enzim pembantu pembentukan rantai DNA baru yang merupakan suatu polimer. Proses replikasi diawali dengan pembukaan untaian ganda DNA pada titik-titik tertentu di sepanjang rantai DNA. Proses pembukaan rantai DNA ini dibantu oleh beberapa jenis protein yang dapat mengenali titik-titik tersebut, dan juga protein yang mampu membuka pilinan rantai DNA. Setelah cukup ruang terbentuk akibat pembukaan untaian ganda ini, DNA polimerase masuk dan mengikat diri pada kedua rantai DNA yang sudah terbuka secara lokal tersebut. Proses pembukaan rantai ganda tersebut berlangsung disertai dengan pergeseran DNA polimerase mengikuti arah membukanya rantai ganda. Monomer DNA ditambahkan di kedua sisi rantai yang membuka setiap kali DNA polimerase bergeser. Hal ini berlanjut sampai seluruh rantai telah benar-benar terpisah.

Proses replikasi DNA ini merupakan proses yang rumit namun teliti. Proses sintesis rantai DNA baru memiliki suatu mekanisme yang mencegah terjadinya kesalahan pemasukan monomer yang dapat berakibat fatal. Karena mekanisme inilah kemungkinan terjadinya kesalahan sintesis amatlah kecil.

Macam-macam Virus 1.CABIR Cabir merupakan merupakan virus Symbian pertama dan terpopuler hingga saat ini. Cabir termasuk jenis worm yang menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk ke ponsel melalui inbox pesan Anda dengan nama-nama yang menarik perhatian. Jika Anda mengklik file.sis tersebut dan menginstalnya, Cabir akan mulai mencari mangsa baru ponsel dengan akses Bluetooth terbuka, untuk menginfeksinya. Cabir dikenal juga dengan nama SymOS/Cabir.A, EPOC/Cabir.A, Worm.Symbian.Cabir.a, dan virus Caribe. Variannya kini telah berkembang hingga embel-embel abjad terakhir Cabir.Z. Cabir.Z sebenarnya merupakan varian dari Cabir B, hanya penyebarannya menggunakan nama velasco.sis. Cabir akan mengaktifkan Bluetooth Anda secara periodic, sekitar 15-20 menit sekali untuk mencari mangsa. Tak ada kerusakan file yang berarti, hanya saja jika ponsel Anda terinfeksi, baterainya akan cepat habis karena digunakan untuk mencari perangkat Bluetooth lainnya. Untuk mencegahnya, matikan (disable) fitur Bluetooth Anda. Aktifkan hanya saat akan digunakan. Dan yang perlu diingat adalah jangan menginstal aplikasi Symbian dengan nama caribe.sis atau nama-nama yang aneh.

2. COMMWARRIOR Commwarrior masuk dalam keluarga virus ponsel jenis worm. Virus ini menyebar melalui MMS, koneksi Bluetooth, dan pertukaran kartu memori dengan nama yang beracak (random) xxx.sis. Tipe serangan Commwarrior bermacam-macam. Yang paling umum, Commwarrior menyebar lewat Bluetooth. Beberapa varian juga dapat mengirim MMS acak ke kontak yang terdapat di phonebook Anda. Commwarrior tak hanya punya satu nama. Layaknya penjahat, dia juga memiliki nama samaran atau alias seperti Commwarrior [dikenal oleh anvir F-Secure], SymbOS/Commwarrior [McAfee], SYMBOS_COMWAR [Trend Micro]. Saat ini varian Commwarrior terakhir adalah Commwarrior T. Commwarrior T dan Q hanya menginfeksi Symbian versi 8.1 atau yang lebih tua. Selain menyebar secara sporadis, virus ini juga akan membuka halaman html di ponsel Anda dengan pesan: Introduction Surprise! Your phone infected by CommWarrior worm v3.0. Matrix has you, Commwarrior inside. No panic please, is it very interesting to have mobile virus at own phone. This worm does not bring any harm to your phone and your significant data. About CommWarrior wor for Nokia Series 60 provides automatic real-time protection against harmful Anti-Virus content. CommWarrior is free software and is distributed in the hope that it wil be useful, without anya warranty. Thank you for using CommWarrior.CommWarrior 2005-2006 by

e10d0r.

3. SKULLS Virus selanjutnya adalah virus bernama Skulls atau nama lengkapnya SymbOS.skulls. Skulls yang tergolong Trojan ini yang mengganti sistem di dalam ponsel dan menyebabkan ikon-ikon menu utama berubah menjadi gambar tengkorak. Awalnya, Trojan ini bernama Extended theme.sis, akan tetapi sekarang banyak ditemui dengan nama skull.sis. Beberapa varian jenis virus ini telah tersebar. Pada varian skulls.A entah mengapa dia tidak memberikan efek apa-apa. Namun skulls.C dan H dan S, hampir semua ikonnya berubah menjadi tengkorak«hiiii serem«. Saat instalasi varian Skull H, memunculkan kalimat notifikasi ³Install µbeta¶_092_free-smsRM8´ sedangkan Skull S menampilkan kalimat ³Install BlueNum Stealer´. Tak hanya merubah ikon, skulls juga mampu melumpuhkan aplikasi-aplikasi yang ikonnya dirubah tadi. Umumnya saat kita memencet ikon suatu aplikasi maka yang muncul adalah pesan system eror.

4. DOOMBOOT Meski penyebarannya tak seganas virus computer, namun kerusakan yang ditimbulkan oleh Doomboot tergolong cukup serius. Nama lengkapnya SymbOS.Doombot. Virus ini juga memiliki nama samaran antara lain Doomboot [F-Secure], SYMBOS_DOOMED [Trend Micro]. Saat ini varian doombot bermacam-macam. Ada Doomboot A, C, L, M, G dan P. Doomboot termasuk virus kategori Trojan. Varian Doomboot.A menaruh dan membuat file-file korup dan bahayanya, setelah ponsel menginfeksi, ia akan menempatkan virus lainnya semisal Commwarrior.B ke dalam ponsel Anda. Sistem file yang korup tadi menyebabkan ponsel tidak dapat melakukan booting. SymbOS.Doomboot.A misalnya, menyusup ke ponsel Anda dengan menyerupai file instalasi permainan Doom2 yang telah dicrack. Biasanya bernama Doom_2_wad_cracked_by_DFT_S60_v1.0.sis. Sedangkan Doomboot C menyusup dengan nama samaran ³exoVirusStopv 2.13.19´, mirip dengan nama anti virus ponsel. Jika menerima file tersebut dan menginstalnya, Anda tidak akan menerima pesan teknis apapun setelah itu. Anda juga tak akan mengira bahwa ponsel telah terinfeksi karena tak ada ikon atau tanda apapun setelah proses instalasi. Commwarrior.B yang diisikan oleh Doombot ke dalam ponsel akan berjalan secara otomatis dan

menyebar melalui koneksi Bluetooth. Hal ini akan mengakibatkan ponsel mengkonsumsi baterai secara berlebihan, sehingga baterai cepat habis. Parahnya, Doomboot akan membuat ponsel tidak dapat melakukan booting saat Anda mematikan ponsel dan menyalakan kembali. Jika Anda terlanjur melakukan reboot, maka satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah melakukan hard reset. Alhasil, sebagian besar data yang telah Anda simpan seperti foto, suara maupun data lainnya menjadi hilang tak berbekas.

5. APPDISBLER Kinerja AppDisabler sebenarnya mirip dengan Doomboot. Dia akan menaruh file-file virus lain seperti Locknut B dan Cabir Y ke dalam sistem ponsel Anda. AppDisabler juga menggandeng Skulls J dan akan menyulap ikon-ikon sistem Anda menjadi gambar tengkorak. Yang lebih mengerikan, virus ini akan menghentikan kinerja sistem operasi dan juga beberapa aplikasi pihak ketiga.

6. CARDTRAP CardTrap merupakan virus ponsel pertama yang mencoba menginfeksi computer berbasis Windows dengan menaruh 2 file virus ke dalam kartu memori ponsel. Jika terkoneksi kartu tersebut sewaktu-waktu menginfeksi computer. Varian CardTrap lumayan banyak. Dari varian berhuruf tunggal seperti CardTrap P, Q, R, S hingga varian beraksara ganda sepert CardTrap AA, AG, AJ dan seterusnya. Biasanya CardTrap menyaru dengan memakai nama-nama game atau aplikasi terkenal seperti Kingkong, Half Life, Battefield 2 dan lain-lain. CardTrap Z misalnya, menyaru dengan nama SeleQ 1.7 ± CrackedTNT.sis. CardTrap merusak sistem dengan cara mematikan beberapa aplikasi built in Symbian. Virus ini juga cukup canggih sehingga mampu melumpuhkan beberapa jenis anti virus. Selanjutnya, jikalau ada kesempatan untuk terkoneksi ke computer, CardTrap akan berupaya menanam virus ke dalam PC berbasis Windows. Beberapa varian seperti CardTrap Z juga dapat mematikan fungsi keypad, mengacaukan aplikasi-aplikasi pihak ketiga, dan menyebarkan file-file rusak ke dalam kartu memori hingga mengakibatkan kekacauan sistem.

7. LOCKNUT Locknut atau nama lengkapnya SymbOS.Locknut merupakan virus Trojan yang beroperasi dengan memanfaatkan kelemahan sistem Symbian S60. virus ini tergolong gawat karena dapat mengganti file biner pada sistem ROM. Alhasil Locknut dapat menyebabkan sistem operasi ponsel terhenti dan mengalami crash. Virus ini memilik banyak nama samaran antara lain Locknut [F-Secure], SYMBOS_LOCKNUT [Trend Micro]. Ponsel Symbian yang terkena virus ini memiliki ciri-ciri akan menampilkan message atau pesan sebagai berikut : App. closed AppArServerTh Read Selain itu, virus ini juga memiliki boncengan alias virus tambahan berupa virus Cabir yang akan ikut terinstal jika virus Locknut menangkiti ponsel Anda. Beberapa varian virus Caribe juga terangkai bersama-sama virus Locknut ini. Locknut E, salah satu varian locknut akan merusak file-file penting pada sistem Symbian dan menyebabkan aplikasi-aplikasi yang terinstall tidak dapat dibuka. Hal ini secara efektif akan membuat ponsel Anda terkunci.

8. PBStealer Kabarnya, PBStealer merupakan salah satu virus ponsel yang dibuat oleh orang Indonesia (made in Indonesia euy,,perlu dihargai dan dikasih penghargaan nih pembuatnya hahahaha). PBStealer memiliki alias SymbOS/Pbstealer (Symantec), merupakan Trojan yang menyerupai aplikasi untuk mengumpulkan kontak yang terdapat dalam phonebook Anda dan selanjutnya akan menyimpannya dalam bentuk file teks (*.txt). Sekilas hal tersebut tak berbahaya. Namun langkah yang dilakukan PBStealer selanjutnyalah yang membuat Anda harus waspada. PBStealer selanjutnya akan mengirimkan file txt tersebut ke ponsel lain lewat koneksi Bluetooth. Dapat dibayangkan bukan??? Jika di dalam kontak Anda terdapat nomor-nomor penting dan dimanfaatkan untuk kejahatan?? PBStealer D, salah satu varian PBStealer juga dapat mengkompile dan mengirimkan file berisi kontak, to do lis, database dan notepad sekaligus.

PBStealer D menyebarkan diri dengan cara mengirimkan 2 file aplikasi berekstensi SIS yaitu ChattingYuk.SIS dan PBCompressor.SIS melalui koneksi Bluetooth.

9. RommWar SymbOS/Rommwar (menurut Symantec) termasuk kategori Trojan. Virus tipe ini akan meletakkan semacam program kecil ke ponsel sasaran. Program tersebut kemudian akan dapat membuat ponsel sasaran mengalami malfungsi. Gejala-gejala kelainan fungsi tergantung dari versi software ROM pada ponsel Anda. Efek yang ditimbulkan oleh RommWar pun beragam. Mulai dari hang, ponsel restart sendiri, hingga membuat tombol power tak berfungsi. Namun pada beberapa kasus, gejala-gejala tersebut tak tampak dan ponsel dapat berjalan seperti biasa. Virus RommWar ini layakanya sebuah aplikasi Symbian berekstensi .sis. Namanya bisa berubah macam-macam. Bisa jadi nama aplikasinya sangat menggoda dan membuat Anda teratarik untuk menginstalnya. Misalnya theme.sis, bunga_citra.sis, xxx.sis dan lain sebagainya. Saat menjalani proses instalasi, biasanya RommWar akan menampilkan pesan aneh. Hingga saat ini SymbOS/Rommwar telah berkembang memilik 4 varian yaitu : a. RommWar.A RommWar.A akan memberikan efek bervariasi, tergantung versi software ROM yang ada di ponsel Anda. Varian pertama ini menyebabkan ponsel mengalami hang dan harus di restart kembali. Sesaat setelah proses restart, ponsel akan mengalami hang kembali. Untuk melakukan hal tersebut, RommWar ini memanfaatkan fungsi MIME recognizer. b. RommWar.B Secara ajaib, varian RommWar kedua ini akan merestart ponsel dengan sendirinya dan akan menghalangi ponsel Anda untuk melakukan booting. Parah bukan???? Bukan parah???? c. RommWar.C Sama seperti versi B. Virus ini akan menghalangi ponsel Anda untuk menyala! d. RommWar.D\ RommWar varian terbaru ini menimbulkan efek beragam, mulai ponsel tak dapat nyala hingga tombol power yang tak berfungsi. Yang menarik, instalasi SymbOS/RommWar, kadang juga ditumpangi oleh instalasi Kaspersky Anti-Virus mobile yang tidak sempurna.

Manfaat Virus BAgi Manusia

Setelah mengetahui bahaya virus bagi kehidupan, kita harus dapat mengetahui penangkal dari bahaya virus ini. Para ahli sekarang telah menemukan beberapa vaksin yang dapat mencegah virus menginfeksi kita. Vaksin merupakan varian atau derivat yang tidak merusak dari mikroba (virus) patogenik yang menstimulasi sistem imun untuk membangun sistem pertahanan tubuh yang kuat agar tubuh dapat melawan patogen yang sesungguhnya. Jadi untuk melawan virus maka para ahli memanfaatkan virus tersebut untuk membuat penangkalnya. Manfaat virus antara lain adalah sebagai berikut. 1. Anti bakterial Dapat menghancurkan bakteri-bakteri yang mengganggu,misalnya bakteri pengganggu pada produk makanan yang diawetkan. 2. Pembuatan insulin Virus penyebab kanker dapat dicangkokkan bersama gen-gen penghasil insulin atau zat lain ke bakteri sehingga bakteri tersebut berbiak dengan cepat dan sekaligus memproduksi insulin atau zat lain.

3. Pembuatan vaksin Contoh kasus pada akhir tahun 1700,Edward Jenner seorang dokter asal Inggris mengetahui dari pasien-pasien di pedesaan bahwa para pemerah susu yang telah terkena cacar sapi (penyakit ringan yang menginfeksi sapi) ternyata resisten terhadap infeksi cacar sesudahnya. Dalam percobaannya, Jenner menggoreskan jarum yang mengandung cairan dari luka seorang pemerah sapi yang telah terkena cacar sapi ke seorang anak laki-laki.Anak tersebut ternyata resisten terhadap wabah cacar. Virus cacar sapi dengan virus cacar sangat mirip sehingga sistem imun tidak dapat membedakan adanya partikel asing. Selain vaksin cacar juga sudah ditemukan vaksin lainnya, misalnya vaksin polio, vaksin rubela, vaksin campak dan vaksin gondongan.

Fungsi Virus As we know, hampir sebagian besar virus itu merugikan manusia karena merupakan parasit. Eiiits« tapi ada juga loh beberapa virus yang menguntungkan bagi kehidupan. Nah berikut ini adalah contoh-contoh virus yang menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan. a. Virus yang Menguntungkan Nah ingat ngga dulu pada saat kamu masih balita pernah menerima suntikan vaksin? Ada macam-macam vaksin kan yang pernah disuntikkan ke tubuh kamu, dan itu sangat berguna loh. Virus dapat dimanfaatkan dalam bidang rekayasa genetika maupun penelitian di bidang kedokteran. Dan beberapa contoh di antaranya sebagai berikut. 1) Virus yang digunakan untuk memproduksi interferon. Interferon merupakan protein kecil yang dihasilakn oleh sel normal sebagai respon terhadap infeksi virus. Interferon berfungsi untuk mencegah replikasi virus di dalam sel hospes. 2) Profage dapat digunakan untuk mengubah fenotip bakteri sehingga bermanfaat dalam bidang kedokteran. Caranya, asam nukleat virus digabungkan dengan gen manusia yang bersifat menguntungkan. Kemudian secara lisogenik gen tadi digabungkan dengan sama nukleat bakteri. Apabila bakteri membelah diri, berarti setiap anakan bakteri mengandung gen manusia yang dapat memproduksi zat-zat yang menguntungkan. 3) Virus digunakan untuk pembuatan vaksin. Vaksin adalah mikroorganisme patogen yang telah dilemahkan sehingga sifat patogenitas (penyebab penyakit)-nya hilang, tetapi antigenitas (penimbul antibody)-nya tetap. Berikut contoh beberapa vaksin: a) b) c) Vaksin Sabin dan Salk ynag mencegah poliomyelitis yang ditemukan oleh Jonas Salk. Vaksin Pasteur untuk mencegah penyakit rabies. Vaksin Jenner umtuk mencegah penyakit cacar yang ditemukan oleh Edward Jenner.

b. Virus yang Merugikan Sebagian besar virus menyebabkan penyakit, baik pad tumnuh0tumbuhan, hewan, atau manusia karena sifatnya yang parasit obligat. Beberapa penyakit pada tumbuhan yang disebabkan virus:

1) Mosaik (bercak-bercak kuning) pada daun tembakau. Bercak-bercak ini kemudian menggembung berwarna hijau sehingga menghambat pertumbuhan tembakau. Virus penyebabnya disebut Tobacco Mozaik Virus (TMV). 2) Daun menggulung, terjadi pada tanaman kapas dan lobak. Penyebabnya dalah virus TYMV.

Beberapa penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus: 1) new Castle Disease (NCD), penyakit ini menyerang saraf ternak unggas, misalnya ayam, itik. Penyakit ini sering disebut tetelo atau cekak. 2) Foot and Mouth Disease (FMD), penyakit ini menyerang kuku dan mulut hewan ternak seperti kerbau, sapi, domba, dan kuda. 3) Cacar (Vacinia) pada sapi.

4) Flu burung (H5N1), gejala mirip seperti flu biasa, namun bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini menyerang ternak unggas. 5) Flu babi (H5N5)

Beberapa penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus: 1) Influenza (flu), penyakit ini menyerang saluran pernapasan. Gejala penyakit ini antara lain pilek, batuk, pening, dan suhu tubuh meningkat. Flu burung dan flu babi juga bisa ditularkan pada manusia melalui kontak langsung atau memakan daging hewan yang telah terjangkit penyakit tersebut. 2) Cacar, penyakit ini dapat meninggalkan bekas luka pada kulit penderita. Pencegah penyakit ini yaitu vaksin cacar yang ditemukan oleh Edward Jenner pada tahun 1786. 3) Polio, penyakit ini disebabkan oleh Enterovirus. Penyakit dapat dicegah dengan vaksin Salk yang diberikan pada saat balita. Penemu vaksin Salk adalah Jonas Salk. 4) Hepatitis, penyakit ini banyak jenisnya tergantung dari jenis virus yang menginfeksi. Ada tujuh macam virus hepatitis, yaiut A, B, ,C, D, E, F, dan G. Dari ketujuh ini hanya B dan C yang berbahaya Karena dapat menjadi kronis dalam waktu 20-30 tahun hepatitis tersebut menyebabkan sirosis dan akhirnya kanker hati. 5) Rabies, penyakit ini disebut juga penyakit anjing gila. Penyakit ini sebenarnya penyakit pada hewan, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit pada manusia yang ditularkan oleh hewan rabies melalui gigitan.

6) Demam berdarah, penyakit ini disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan penurunan kadar trombosit dalam darah. 7) AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), penyakit ini merupakan kelainan system tubuh akibat dari melemahnya system kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah serangan virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) terhadap sel darah putih sehingga tubuh tidak dapat melawan bibit penyakit yang masuk ke tubuh. HIV dapat ditularkan kepada orang yang sehat melalui berbagia cara seperti berhubungan seks (secara bebas), transfuse darah, jarum suntik (dalam penggunaan narkoba), dan dari ibu penderita AIDS kepada anaknya dalam kandungan. 8) Ebola, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada manusia. Gejala penyakit ini sebagai berikut: 1) Tubuh demam tinggi, sakit kepala dan nyeri otot. 2) Timbul bercak-bercak merah pada muka dan seluruh badan. 3) Penderita mengalami pendarahan hebat pada usus besar dan paru-paru, sehingga sering muntah darah. 4) Setelah seminggu, penderita mengalami peradangan hati dan ginjal rusak. Selanjutnya akan terjadi penggumpalan darah sehingga nyawa tidak tertolong lagi. Senarai: Patogen Bakteri Hospes Replikasi Parasit obligat Sirosis : dapat menyebabkan penyakit. : salah satu jenis mikroorganisme yang sebagian besar bersel tunggal. : sel induk atau inang. : penggandaan. : bersifat mutlak sebagai parasit. : pengerutan.

Lisogenik : salah satu cara daur hidup virus dalam menginfeksi bakteri tetapi tidak menghancurkan sel bakteri tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->