P. 1
Materi Surat Dagang

Materi Surat Dagang

|Views: 131|Likes:
Published by Nenny Yulitasari

More info:

Published by: Nenny Yulitasari on Feb 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2012

pdf

text

original

A. Menulis Surat Dagang dan Surat Kuasa Surat merupakan salh satu saranakomunikasi antarmanusia.

Sebagai sarana komunikasi, bahasa surat harus dapat menyampaikan isi dengan benar dan jelas. Bahasa surat terutama surat resmi, haruslah jelas, lugas, singkat, dan baku. Jelas berarti bahasa yang digunakan bermakna denotative. Lugas dan singkat berarti bahasa yang digunakan langsung pada pokok persoalan dan tidak berbelit. Santun berarti bahasa yang digunakan mununjukkan rasa hormat yang wajar dari pengirim kepada penerima surat. Baku berarti bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. 1. Mengenal Jenis Surat Berdasarkan kepentingan dan pengirimnya, surat dapat dikelompokkan menjadi empat golongan, yakni surat pribadi, surat dinas pemerintah, surat niaga, dan surat social. a. Surat pribadi dikirim oleh perorangan kepada orang lain atau kepada organisasi/instansi. Surat pribadi yang dikirimkan kepada orang lain (kawan, keluarga) menggunakan bentuk dan bahasa yang relatife bebas. Adapun surat pribadi yang ditujukan kepada organisasi/instansi (misalnya lamaran pekerjaan, pengaduan) menggunakan bentuk dan bahasa baku. b. Surat dinas pemerintah merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah. c. Surat niaga merupakan surat resmi yang digunakan oleh suatu perusahaan atau badan usaha. d. Adapun surat social merupakan surat yang digunakan oleh organisasi kemasyarakatan. Surat dinas pemerintah, surat niaga, dan surat social menggunakan bentuk resmi. Surat resmi terdiri atas: kepala surat, nomor, tanggal, lampiran, perihal, alamat tujuan, salam pembuka, isi surat, salam penutup, nama organisasi pengirim surat, tanda tangan dan nama terang, dan tembusan.

kami ucapkan terimakasih. Hormat kami. Untuk itu. Pemilik Toko Buku Sinar Ilmu Jalan Mangkubumi No. Semoga saudara berkeinginan meningkatkan kualitas pendidikan. Kabid Pemasaran Teguh Suwarno . Kami juga memberikan diskon menarik dengan persentase tinggi kepada took pengecer dengan ketentuan sebagai berikut. Jakarta Timur 8 September 2007 Nomor : 32/PB/GW/IX-07 Lampiran : 3 (tiga) lembar Hal : Penawaran Buku Yth. Buku-buku kami telah mendapat pengesahan dari Dirjen Dikdasmen Depdiknas sebagai buku pelengkap di samping buku teks wajib yang telah diterbitkan oleh pemerintah. Menyongsong peringatan Hari Buku 2007 dan diberlakukannya Standar Isi 2006 (Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan). penerbit buku-buku pelajaran untuk SD sampai dengan perguruan tinggi.3 Yogyakarta Dengan Hormat. y Pembayaran tunai diskon 30% y Pembayaran maksimal 2 bulan diskon 25% y Pembayaran maksimal 4 bulan diskon 20% Pesanan saudara sangat kami tunggu. kami. kami lampirkan daftar buku dan sebuah blangko surat pemesanan. mengajak Saudara bekerja sama memasarkan buku-buku terbitan kami. Atas perhatian Saudara. Baping Raya 100 Ciracas.Contoh surat dagang: PT Penerbit Erlangga Jalan H.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->