P. 1
gaya gesek

gaya gesek

|Views: 589|Likes:
Published by Arthur Lembong

More info:

Published by: Arthur Lembong on Feb 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA GAYA GESEK

Disusun sebagai tugas kelompok pembelajaran PraktikFisika (ags)

Oleh Arthur TimotiusLembong, XIB / 8 Matthew Deovanni Tanny, XIB / 24 Raynaldi Harvyan, XIB / 28 Tommy Suharjo, XIB / 33

SMA KOLESE KANISIUS JAKARTA 2011

Menentukan koefisien gerak statis Menentukan koefisien gerak kinetis September 22. TUJUAN 1.Untuk benda yang dapat menggelinding terdapat pula jenis gaya gesek lain yang disebut gaya gesek menggelinding(rolling friction).Setiap gaya yang lebih kecil dari gaya gesek maksimum yang berusaha untuk menggerakkan salah satu benda akan dilawan oleh gaya gesekan yang setara dengan besar gaya tersebut.Setiap gaya yang lebih besar dari gaya gesek maksimum akan menyebabkangerakan terjadi.Gaya gesek statis dihasilkan dari sebuah gaya yangdiaplikasikan tepat sebelum benda tersebut bergerak.Konstruk mikro(nano tepatnya)pada permukaan benda padat menyebabkan gesekan menjadi minimum bahkan cairan tidak lagi dapat membasahinya(efek lotus). 2.[LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA GAYA GESEK] A.Koefisien gesek statis umumnya dinotasikn dengan µs.terdpatpula gaya gesek spin(spin friction).masing permukaan.dan pada umumnya lebih besar darikoefisien gesek kinetis.Gaya gesek antara benda padat dan fluida disebut sebagai gaya Coriolis-stokes atau gaya viskos(viskos force).akan tetapi dewasa ini tidak lagi demikian. TEORI Gaya gesek statis dan gaya gesek kinetis Gaya gesek merupakan akumulasi interaksi mikro antar kedua peremukaan yang saling bersentuhan.Ketika tidak ada gesekan yang terjadi.setelah gerakan terjadi.Gaya gesek statis adalah gesekan antara dua benda padat yang tidak bergerak relatif satu sama lainnya.sehingga digunakan gaya gesek kinetis.gaya-gaya yang bekerja antara lain adalah gaya elektrostatik pada masing.Dulu diyakini bahwa permukaan yang halus akan menyebabkan gaya gesek (tepatnya koefisien gaya gesek) menjadi lebih kecil nilainya dibandingkan dengan permukaan yang kasar.gaya gesek dapat memiliki nilai darinol hingga gaya gesek maksimum. 2011 B. 2 .namun berlawanan arah.seperti contoh gerakan statis dapatmencegah benda meluncur ke bawah pada bidang miring.gaya gesekanmaksimum antara dua permukaan sebelum gerakan terjadi adalah hasil darikoefisien gesek statif dikalilan dengan gaya normalf= µs F n.Untuk benda yang berputar tegak lurus pada permukaan atau berspin. gaya gesekan statif tidak lagi dapatdigunakan untuk menggambarkan kinetika benda.

4. 2011 6. 2. Busur Derajat 5. Mencatat sudut kemiringan papan luncur dengan meja menggunakan busur derajat Mengulangi kembali langkah 1 sampai dengan 3 dengan menggunakan benda yang berbeda Membuat laporan. Meletakan benda pada salah satu ujung papan luncur Mengangkat salah satu ujung papan luncur dimana benda ditempatkan hingga sudut elevasi tertentu dimana benda tersebut akan meluncur turun 3. Sepatu 7. Beban September 22. Folder 2. Buku D.[LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA GAYA GESEK] C. Telepon Genggam 3. 3 . 5. Papan Lintas 4. CARA KERJA 1. ALAT DAN BAHAN 1.

DATA Benda Balok Besar Telepon Genggam Sepatu Folder Buku September 22. sin N = Wy = W . oleh karena itu koefisien dari gaya gerak kinetis lebih kecil daripada koefisien gerak statis.305731 tg kinetis 0.230868 0. Dikarenakan gaya gerak statis adalah gaya yang dibutuhkan mula mula untuk mendorong suatu benda dari posisi diam. Koefisien gerak kinetis dapat ditentukan dengan cara mengukur berapa koefisien minimal yang dibutuhkan untuk menggerakan benda saat benda sudah begerak.36397 0.Wy = 0 fs = wx = w .286745 G. sin Wx   s= W   = tan s=   W Nama Benda Balok Kasar Balok Licin Sepatu Folder statis 15° 20° 25° 17° kinetis 13° 16° 23° 16° tg statis 0. 4 .286745 0. ANALISA DATA Data akan diolah berdasarkan rumus yang telah dibuktikan.466308 0.267949 0.424475 0. yaitu: Fx = 0 Fy = 0 N f wx ² f s = 0 N . KESIMPULAN Koefisien gerak statis dapat ditentukan dengan cara mengukur berapa koefisien yang dibutuhkan untuk menggerakkan benda pada saat posisi diam. cos s N = w .[LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA GAYA GESEK] E. Sedang gaya gerak kinetis adalah gaya yang dikeluarkan untuk meneruskan gerak benda yang sudah bergerak. 2011 Statis 150 200 250 170 200 Konstan 130 160 230 160 170 F. Gaya gerak statis memiliki koefisien yang lebih besar dibandingkan dengan gaya gerak kinetis.

LAMPIRAN September 22.[LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA GAYA GESEK] H. 2011 5 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->