PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

KEBERSIHAN, KEINDAHAN & KETERTIBAN SMA NEGERI 2 KUNINGAN

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup

Disusun oleh : Indah Aliyah Muthi XI IPA 5

SMA Negeri 2 Kuningan Jln. Aruji Kartawinata Kuningan Jawa Barat

Nurkafa Akbar selaku guru mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup 3. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup . Puji dan Syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Bapak Drs. Dalam menyusun makalah ini. Orang tua dan teman-teman yang telah memberikan saran dan bantuannya dalam menyusun makalah ini. Makalah ini merupakan inovasi pembelajaran untuk memahami penelitian secara mendalam. semoga makalah ini dapat berguna untuk siswa/siswi pada umumnya. Bapak Drs. serta bermanfaat sebagaimana mestinya.KATA PENGANTAR Allhamdulilaahi rabil alamin. 2 Penulis . saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Kebersihan Keindahan & Ketertiban SMA Negeri 2 Kuningan tepat pada waktunya. oleh karena itu saya sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang sifatnya membangun dan pada intinya untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan agar dimasa yang akan datang lebih baik lagi. saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. karena atas rahmat dan karunia-Nya. tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada : 1. Bambang Sri Sadono Mpd selaku kepala sekolah SMA Negeri Kuningan 2. Dalam menyusun makalah ini.

.2 Hasil Kegiatan . .2 Saran .1 Latar Belakang 1.12 . . 4 ...3 .. .1 Jenis Kegiatan 3. . .1 Kesimpulan 4.. PEMBAHASAN 3.12 DAFTAR PUSTAKA . PENUTUP 4.2 Pengertian Kebersihan..i . .DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar isi .3 Tujuan ..1 1 2 2 BAB 2. PENDAHULUAN 1.12 .5 2.1 Pengertian Lingkungan Hidup .. . ISI TEORI 2. . . BAB 4. . ...ii BAB 1. Keindahan dan Ketertiban BAB 3.2 Perumusan Masalah 1.13 . .. . .

dan udara. Selain itu. air. Sumber daya alam yang utama bagi manusia adalah tanah. Air sangat diperlukan oleh manusia sebagai komponen terbesar dari tubuh manusia. Salah satunya Kebersihan Keindahan & ketertiban seperti pada keadaan lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan. Tanah merupakan tempat manusia untuk melakukan berbagai kegiatan. Untuk itu penulis ingin menyusun makalah mengenai keadaan lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan. .1 Latar Belakang Pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya yaitu berupa sumber daya alam yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Keindahan & Ketertiban di sekolahnya.BAB I PENDAHULUAN 1. udara merupakan sumber oksigen yang alami bagi pernafasan manusia. dengan judul Kebersihan. Keindahan & Ketertiban SMA Negeri 2 Kuningan. Lingkungan yang sehat akan terwujud apabila manusia dan lingkungannya dalam kondisi yang baik. yang saat ini sedang melakukan perombakan bangunan untuk menunjang kegiatan belajar. tentunya akan mempengaruhi Kebersihan.

Untuk mengetahui uapaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan di SMA Negeri 2 Kuningan. maka dapat dibuat perumusan masalah sebagai berikut: Masalah apa saja yang terjadi pada lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan? Apa dampak yang ditimbulkan dari masalah lingkungan hidup tersebut? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan hidup? 1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan pada latar belakang yang telas dijelaskan. .1.3 Tujuan Adapun tujuan yang dari penulisan makalah ini yaitu : Untuk mengetahui masalah apa yang terjadi di lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari masalah di lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan.

air. Tanpa sikap mental yang tepat. Bagaimana memulai pendidikan lingkungan hidup? Pendidikan Lingkungan Hidup harus dimulai dari HATI.BAB 2 ISI TEORI 2. Lingkungan Hidup Bbiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah. semua pengetahuan dan keterampilan yang diberikan hanya akan menjadi sampah semata. manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri). Hubungan Kehidupan dari lingkungan hidup itu disebut Ekosistem Manusia terdiri atas pikiran dan rasa dimana keduanya harus digunakan. hewan. Rasa menjadi penting digerakkan terlebih dahulu. Pendidikan Lingkungan Hidup dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang lingkungan hidup yang berada di sekitar kita .1 Pengertian Lingkungan Hidup Lingkungan Hidup adalah suatu kesatuan hidup antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah. Lingkungan Hidup terdiri dari dua bagian. udara. dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. kelembaban. serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. cahaya. iklim. energi surya. Sedangkan Sedangkan Lingkungan Hidup biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan. air. bunyi. mineral. yakni: Lingkungan Hidup Abiotik dan Lingkungan Hidup Biotik. karena seringkali dilupakan.

Jika proses penyadaran telah terjadi dan perubahan sikap dan pola pikir terhadap lingkungan telah terjadi. serta peningkatan keterampilan dalam mengelola lingkungan hidup.2 Kebersihan Keindahan dan Ketertiban Kebersihan Keindahan dan Ketertiban merupakan suatu bentuk kesinambungan yang selalu ada dalam lingkungan. proses yang paling penting dan harus dilakukan adalah dengan menyentuh hati. bahkan masih kotor. Untuk membangkitkan kesadaran manusia terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. maka dapat dilakukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai lingkungan hidup. Kebersihan Keindahan dan Ketertiban merupakan komponen untuk menentukan apakah lingkungan sekitar kita sudah baik atau kurang. .2.

melalui wawancara. masih banyak ditemukan sampah di sembarang tempat. hal ini menunjukan bahwa kebersihan keindahan dan ketertiban di SMA Negeri 2 Kuningan masih bisa dibilang minim. Hal ini dikarenakan. Melalui pengamatan. Selain itu.2 Hasil Kegiatan a) Pengamatan Secara Langsung Menurut pengamatan saya lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan masih belum bisa dikatakan bersih indah dan tertib sepenuhnya. .BAB 3 PEMBAHASAN 3. penulis dapat memotret gambar-gambar keadaan lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan. Kegiatan ini dilakukan pada : Hari Tanggal Tempat : Rabu : 12 Oktober 2011 : SMA Negeri 2 Kuningan 3. dan air tercemar di dalam kolam. melanggar peraturan tata tertib sekolah dll.1 Jenis Kegiatan Jenis kegiatan yang dilakukan penulis yaitu dengan pengamatan secara langsung dan mewawancarai sejumlah warga SMA Negeri 2 Kuningan baik itu siswa/siswi. satpam dan lain sebagainya. penulis dapat mengetahui pendapat pendapat warga SMA Negeri 2 Kuningan sendiri mengenai lingkungannya. yang hasilnya akan ditampilkan pada lampiran hasil kegiatan. menurut pengamatan saya. selain itu masih ada pula siswa siswi yang kesiangan. masih ada genangan air kotor di selokan.

Sarana yang rusak. Tercemarnya air kolam. Banyak sarana yang rusak akibat tidak ada tempat untuk menyimpan barangbarang. seperti alat band. karena system point belum berjalan. masih banyak terdapat sampah berserakan dimana-mana. terlihat jelas bahwa air kolam di dekat mesjid dan di dekat kantor berwarna hijau. Belum berlakunya system point untuk siswa/siswi yang melanggar tata tertib. Seperti tempat cuci tangan.b) Hasil wawancara y Devi Tri Wahyuni X5 y Ayu Alfiyati XI IPS 1 y SATPAM SMANDA  Masalah lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan Masalah yang terjadi pada lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan yaitu : Membuang sampah sembarang. Coretan-coretan. Adanya jentik-jentik nyamuk pada genangan air. meja dan sejumlah dinding kelas. dan mengundang bau tak sedap. akibatnya alat-alat musik tersebut sudah mulai rusak. yang menyebabkan pencemaran udara. Tidak indah untuk dipandang jika RSMABI banyak terdapat coretan dimana-mana.  Dampak masalah lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan Dampak yang ditimbulkan dari masalah lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan yaitu : Banyak lalat yang mengerumuni sampah. Banyak siswa/siswi yang tidak jera untuk melanggar tata tertib. namun dibiarkan terbengkalai. . Karena tidak ada studio. seperti pada wc. Minimnya fasilitas untuk sarana ekskul.

Diadakannya JUMSIH (Jumat Bersih). Adanya denda dikelas bagi yang tidak piket. Terutama untuk lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan. dengan cara satu siswa menanam satu tanaman. dan denda untuk yang melanggar peraturan. Upaya mengatasi masalah lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan yaitu : Menetapkan system point. Menulis nama latin dan nama asli tumbuhan yang ada di SMA Negeri 2 Kuningan. agar terlihat rapid an indah. Dan minggu terakhir oleh semua warga SMA Negeri 2 Kuningan. Demikian saya membuat saran agar terciptanya kondisi lingkungan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Minggu ketiga oleh siswa siswi kelas XII. Minggu kedua oleh siswa siswi kelas XI. agar ketertiban dapat lebih ditingkatkan kembali. Menetapkan system point bagi siswa yang melanggar peraturan. Yang waktu pelaksanaannya dapat dibagi dalam satu bulan. . Diberikan sanksi yang tegas apabila membuang sampah sembarangan. serta sebagai saranan menambah wawasan. Diadakannya penanaman tanaman setiap minggunya. Minggu pertama dilakukan oleh siswa siswi kelas X.

jangan hanya pada bangunan-bangunan yang lain saja. padahal jumlah siswa/siswi yang yang biasanya sakit lebih dari 2 orang. Padahal ini merupakan wujud kita berprilaku bersih dengan mencuci tangan. Tempat cuci tangan. dan atap XI IPS Sarana yang kurang mendukung dan perlu diperhatikan. mulai dari uks. di selokan dekat tangga. kran air yang rusak dibiarkan saja. . WC putrid di daerah kelas X yang sangat memprihatin kan. hanya terdapat 2 tempat tidur. Seharusnya pihak sekolah merenovasinya.LAMPIRAN GAMBAR Sampah didepan kelas X5 .

Padahal masih ada guru yang merokok di lingkungan sekolah.Coretan coretan yang pertama ditemukan di dinding deretan kelas XI IPA. . Coretan yang kedua ditemukan di dinding dekat WC putri daerah kelas X Ketertiban yang dilaksanakan dengan baik pada gambar pertama yaitu merazia rambut pria yang sudah agak panjang Ketertiban kawasan bersih asap rokok.

menurut pengamatan. jelas bisa dikatakan bahwa lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan masih kurang baik.BAB 4 PENUTUP 4. 4. Untuk itu kita harus menyadarinya dari hati kita sendiri. jika alam rusak.1 Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil dari makalah ini yaitu bahwa kebersihan keindahan dan ketertiban merupakan komponen yang menjadi dasar pengukuran dari suatu lingkungan. Lingkungan dapat dikatakan baik apabila ke tiga komponen itu ada. apakah kita mampu untuk bertahan hidup? Jadikanlah kebersihan keindahan dan ketertiban sebagai komponen dasar dalam membentuk lingkungan yang baik. Namun lingkungan dikatakan kotor apabila ketiga komponen tersebut tidak ada. Seperti di lingkungan SMA Negeri 2 Kuningan. .2 Saran Saran yang dapat saya sampaikan yaitu kita sebagai manusia harus menyadari bahwa lingkungan sangat berperan penting dalam kelangsungan hidup kita. Karena kita hidup sangat bergantung kepada alam.

webnode.scribd.com/doc/25139330/makalah-lingkungan-hidup http://www.com/news/pengertian-lingkungan-hidup/ LKS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SMP KELAS VIII SEMESTER 1 & 2 .artikelk3.html http://devoav1997.com/topik/pengertian+kebersihan+keindahan+dan+keterti ban+lingkungan.DAFTAR PUSTAKA http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful