P. 1
Program Kerja Definitif Kkn Dawuhan 2012

Program Kerja Definitif Kkn Dawuhan 2012

|Views: 828|Likes:
Published by Siti Maslikha

More info:

Published by: Siti Maslikha on Feb 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2015

pdf

text

original

PROGRAM KERJA DEFINITIF KULIAH KERJA NYATA (KKN) POSDAYA Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes

Disusun Oleh: Eka Sugiarti Ratna Sari Dewi Alfian Pradana B. P. Nikmatul Arifah Ndaru Dwiaji Sofian Adi Gunawan Siti Maslikha Ahwal Yanuar E. Heru Purwanto Afriyansya Prayugo A1L008155 C1A008046 C1C009074 D1E008145 E1A007015 F1B008096 G1A008054 G1D008075 H1C008004 H1L008046

Dosen Pembimbing Lapangan : Drs. Kasprijo, M.Si

KULIAH KERJA NYATA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO 2012 1

HALAMAN PENGESAHAN PROGRAM KERJA DEFINITIF

KULIAH KERJA NYATA POS PEMBERDAYAAN KELUARGA Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes

Eka Sugiarti Ratna Sari Dewi

A1L008155 C1A008046

Sofian Adi Gunawan F1B008096 Siti Maslikha Ahwal Yanuar E. Heru Purwanto G1A008054 G1D008075 H1C008004

Alfian Pradana B. P. C1C009074 Nikmatul Arifah Ndaru Dwiaji D1E008145 E1A007015

Afriyansya Prayugo H1L008046

Diajukan Sebagai Program Kerja Definitif yang Dilaksanakan Pada saat Kuliah Kerja Nyata

Disetujui dan disahkan Pada tanggal 26 Januari 2012

Hormat kami, Dosen Pembimbing Lapangan Koordinator Masyarakat Desa

Drs. Kaspirjo, M.Si.

Afriyansya Prayugo H1L008046

Mengetahui, Kepala Desa Dawuhan

Abdul Kholik 2

I.

PENDAHULUAN

Pembangunan tentunya bukan hanya dilihat dari satu aspek saja. Banyak aspek yang harus diperhatikan, seperti aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta lingkungan. Untuk itulah program-program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mencakup ke empat aspek tersebut. Selain usaha dari program KKN, tentunya juga dibantu dengan kinerja perangkat desa dalam upaya memajukan kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat. Lepas dari itu semua, kepekaan mahasiswa dalam menilai lingkungan dalam rangka usaha pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya yang ada merupakan tugas awal yang harus diperhatikan. Demikian halnya pembangunan di Kabupaten Brebes Kecamatan Sirampog adalah untuk meningkatkan taraf hidup pemberdaaan keluarga. Misalnya saja dibidang pendidikan sumber daya yang ada adalah masyarakat Desa Dawuhan yang mengemban pendidikan di lembaga pendidikan pemerintah. Kebanyakan sumber daya dalam bidang ini adalah masyarakat usia anak-anak yang masih sekolah, maupun yang ada ditingkat pendidikan dini. Pemberdayaan dilakukan dengan memaksimalkan pertemuan untuk membahas mengenai pendidikan. Seperti dilakukan bimbel di sekolah, maupun di luar sekolah. Bidang kesehatan juga tidak luput dari perhatian kami. Banyak program yang dilakukan untuk merealisasikan kesejahteraan masyarakat di bidang ini. Seperti melakukan penyuluhan-penyuluhan dan bekerjasama dengan lembaga pemerintahan yang terkait guna memaksimalkan tujuan program tersebut. Serta 3

banyak lagi program-program diberbagai bidang yang dilakukan KKN Posdaya Desa Dawuhan. Dengan dibantu oleh tenaga mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto diharapkan mampu memberikan memotivasi dan membangkitkan semangat untuk lebih aktif, kreatif dan dinamis dalam menyelesaikan pembangunan dalam bidang peberdayaan keluarga di Kabupaten Brebes khususnya Jawa Tengah pada umumnya.

A. KEADAAN UMUM DAN LOKASI KKN POSDAYA 1. Kondisi Fisik Alam Keadaan Desa Dawuhan Sirampog merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terletak diujung tenggara wilayah Kabupaten Brebes, dan berbatasam langsung dengan Kabupaten Tegal. Bagian barat wilayah kecamatan ini merupakan dataran rendah (seperti Desa Benda, Kaliloka dan Manggis). Di bagian timur merupakan dataran tinggi dan pegunungan, seperti Desa Mendala, Sridadi, Kaligiri, Dawuhan, Batursari, Igir klanceng dan Sawangan. Desa Dawuhan secara umum merupakan desa yang terletak di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes dengan jarak 3 Km dari Kantor Kecamatan dan 21 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten, desa Dawuhan merupakan desa yang terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian ... km di atas permukaan laut. Jalan masuk ke desa sebagian sudah diaspal dan

4

Desa Dawuhan berbatasan dengan desa-desa sebagai berikut : Sebelah utara Sebelah timur Sebelah selatan Sebelah barat : Desa Grenggeng : Desa Grenggeng : Desa Panjangsari : Desa Wero 2. 4. yang lainnya adalah pedagang. dan lain-lain. Namun bidang penggerak ekonomi yang merupakan penggerak perekonomian adalah berasal dari sektor pertanian. Otonomi daerah sudah mulai berjalan dalam pembangunan desa tersebut. guru. berdasarkan penghimpunan data dari Posyandu RT dan RW dan kelembagaan RT dan RW. Kependudukan Sampai dengan data akhir Mei 2010.paving blok. jumlah penduduk RW 3 sebanyak 1162 dengan rincian jumlah laki-laki 594 dan perempuan sebanyak 568 jiwa. 3. Ekonomi Mata pencaharian warga Desa Dawuhan mayoritas bekerja sebagai petani sayuran di dataran tinggi. serta petani padi di dataran rendah. Kelembagaan Potensi Kelembagaan yang terdapat di kelurahan ini dapat dilihat sebagai berikut: 5 .

7. Daftar Lembaga Ekonomi Desa Dawuhan No 1 2 3 4 5 Tani Buruh tani Buruh/swasta PNS Pedagang/Pengrajin Mata pencaharian Jumlah 2296 orang 2460 orang 214 orang 54 orang 768 orang 6 . 2. Tabel 1. 6. 4. 5. RW RT PKK RW & RT POSYANDU DASAWISMA KARANGTARUNA MAJELIS TA¶LIM 3 17 17 3 34 1 2 1 pleton 8. HANSIP (31 org) Warga setempat Warga Warga Ibu-Ibu Ibu-Ibu Ibu-Ibu Remaja Warga Keanggotaan y Kelembagaan Ekonomi Kelembagaan ekonomi di wilayah Desa Dawuhan dapat dilihat dalam Tabel 2. Tabel 2.y Kelembagaan Kemasyarakatan Secara rinci kelembagaan kemasyarakatan yang terdapat di Desa Dawuhan dapat dilihat pada Tabel 1. 3. Daftar Lembaga Kemasyarakatan Desa Dawuhan Jumlah No Nama Lembaga Kemasyarakatan Lembaga 1.

Pengusaha 18 orang Perkembangan Desa Dawuhan y Kelembagaan Pendidikan Terdapat empat Sekolah Dasar. 2 dan 3 Dawuhan serta satu MI (Madrasah Ibtidaiyah). Peternak Pekerja jasa Polri/ABRI Pensiunan Perangkat Desa Pekerja angkutan 10 orang 4 orang 1 orang 11 orang 11 orang Sumber : 127 orang Daftar tingkat 12. yakni SD N 1. y Keagamaan Terdapsat 12 (dua belas) masjid. 25 (dua puluh lima) mushola. dan dua PAUD.6 7 8 9 10 11. 7 . satu TK.

menjadikan wilayah tersebut sangat cocok untuk pengembangan potensi agrobis.POTENSI DAN PERMASALAHAN KEPENDUDUKAN a. Terdapat beberapa kelompok penimbangan di tiap RW yang rutin melakukan aktifitas penimbangan balita yaitu setiap 4minggu 8 . Kesehatan Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu bagi anak dan balita tersedia di wilayah desa Dawuhan. Dibidang pertanian. Ekonomi Masyarakat Desa Dawuhan kebanyakan menggerakkan perekonomian keluarga dibidang pertanian dan perdagangan. masyarakat membuka toko-toko kelontong. Ini sangat penting untuk mewujudkan kreatifitas dan sosialisasi anak. Namun dengan digalakkan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) banyak orang tua yang mulai memasukkan anaknya di PAUD. wortel. Dibidang perdagangan. Pendidikan Latar belakang penduduk merupakan warga yang kurang sadar akan pentingnya pendidikan dasar dan lanjutan. masyarakat Dawuhan banyak menanam komoditas sayuran seperti kubis. Sebagian warga Desa Dawuhan berpendidikan hanya sampai SD. kentang. c. b. dan daun bawang karena desa Dawuhan berada di bawah kaki gunung slamet dengan tingkat kesuburan daerah pegunungan vulkanik. maupun SMA. SMP. Cuaca dan over produksi merupakan permasalahan yang sangat erat dirasakan para petani.

Tapi Kurangnya sarana dan prasarana kegiatan seperti ruangan atau peralatan masih menjadi permasalah klasik yang tidak bisa terelakkan. 9 . d. sehingga agak kekurangan kader dari posyandu. Selain itu ada juga kegiatan pembagian makanan bernutrisi dan senam lansia. Perilaku hidup bersih dan sehat masih kurang dalam penerapanya. kegiatan posyansu lansia meliputi kegiatan penimbangan dan pemeriksaan oleh bidan desa dan pihak puskesmas. di desa Dawuhan. Kesadaran warga desa Dawuhan untuk melaksanakan posyandu sudah cukup tinggi. Pemberdayaan Lingkungan Lingkungan rumah disekitar perumahan masyarakat biasanya ditanami tanaman sayuran untuk menambah pendapatan rumah tangga dari keluarga.sekali. Sehingga perlu diadakan penyuluhan dan membiasakan Perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini pada warga masyarakat desa Dawuhan. Yang disayangkan adalah belum mampu dilakukannya pengolahan sampah organik dan anorganik. Sehingga seyogyanya perlu diadakan sosialisasi pentingnya penanaman TOGA di pekarangan rumah warga desa Dawuhan dan manfaat dari TOGA. Terdapat kekurangan dimasalah kesehatan yaitu belum diadakannya Pos Pelayanan Terpadu Lansia. Pembinaan kader masih belum begitu aktif. Tapi yang masih sangat disayangkan adalah sumber daya manusia di desa Dawuhan masih kurang sadar akan pentingnya pemanfaatan pekarangan rumah untuk ditanami TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

merumusan. menanggulangi permasalahan pembangunan di dalam masyarakat secara pragmatis dan interdisipliner. Pembentukan POSDAYA melalui KKN POSDAYA diharapkan dapat dicapai hal-hal sebagai berikut: 1. Sasaran KKN untuk mahasiswa. Latar Belakang Kegiatan Posdaya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa dengan cara untuk terjun langsung ke dalam masyarakat dalam rangka mewujudkan Tri Dhama Perguruan Tinggi yang ketiga yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. Disegarkannya kembali modal sosial berupa kehidupan gotong royong dalam masyarakat untuk peduli dan saling membantu dalam proses 10 .II. KKN kali ini merupakan KKN Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) yang bertujuan untuk membentuk sebuah forum komunikasi yang dinamakan Pos Pemberdayaan Keluarga masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan keluarga baik secara kolektif atau individu secara mandiri. Tujuan KKN adalah agar mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung melalui keterlibatannyaa di dalam masyarakat secara langsung untuk menemukan. masyarakat dan pemerintah agar menjadi sebuah hubungan yang sinergis guna mewujudkan pembangunan fisik dan non-fisik yang merata dan mandiri serta sejahtera.

Pendataan dan pemetaan aspirasi anggota POSDAYA 3. 1. mahasiswa diharapkan memberikan arahan terhadap proses transformatif kebutuhan pemberdayaan untuk peningkatan kesejaheraan melalui proses Bottom Up. Pembangunan komitmen untuk membentuk POSDAYA 2. pendidikan. 11 . yaitu keluarga. yakni menggali aspirasi dan partisipasi masyarakat untuk diangkat menjadi permasalahan bersama dan diselesaikan dengan cara yang terbaik. dan lingkungan. 3. sehingga tercipta suatu kehidupan yang rukun dan dinamis untuk mencapai kesejahteraan bersama. Penyelenggaraan Lokakarya Mini di kelurahan/desa. Tumbuh dan berkembangnya lembaga dalam masyarakat dengan terorganisirnya infrastruktur sosial yang sudah ada.pemberdayaan atau bersama-sama memecahkan masalah kehidupan sehingga keluarga yang tertinggal dapat memenuhi kebutuhan dan membangun keluarga sejahtera secara mandiri. kesehatan. melalui KKN POSDAYA melalui beberapa tahap. Terbentuknya wadah organisasi atau wahana partisipasi sosial. di mana setiap keluarga dapat memberi dan menerima pembaharuan yang bisa membantu proses pemantapan fungsi-fungsi keluarga sehingga mampu membangun kehidupan keluarga dengan mulus dan sejuk Pembentukan POSDAYA di dalam masyarakat. 2. Permasalahan tersebut dapat berupa permasalahan dalam bidang ekonomi. Proses pembentukan POSDAYA. yakni. yang memiliki kegiatan atau usaha bersama yang akan menjadi perekat atau kohesi sosial.

Dan keterampilan warga mayarakat dalam pembuatan kerajinan tangan maupun makanan ringan belum dimanfaatkan dan dikembngkan secara maksimal. 2. 6. Pembinaan dan pengembangan pelayanan. Kesehatan dan kebersihan lingkungan Kurangnya pengetahuan masyarakat Desa Kedungpuji tentang masalah kesehatan yang perlu segera ditanggulangi terutama mengenai masalah pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan serta kebiasaan membuang sampah di sembarang tempat. AD dan ART) Posdaya di Desa Kedungpuji sendiri baru didirikan pada blan Januari 2011 lalu. Ekonomi Masalah ekonomi karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap potensi yang dimiliki dan cara memanajemen keuangan serta pemasaran dan pengolahan hasil industri rumah tangga. Potensi desa Kedungpuji yang belum dikelola secara maksimal adalah banyaknya lahan pekarangan yang belum dimanfaatkan dengan baik. Masalah ini memerlukan pembinaan dan perhatian dari pemerintah daerah. Penetapan bentuk kegiatanKesehatan. Pendidikan dan Lingkungan 5. Tindak lanjut (Pembuatan SK. Ekonomi. Dan yang menjadi permasalahan utama di desa Kedungpuji adalah : 1. serta belum banyak warga yang memiliki saluran pembuangan limbah rumah tangga yang mengakibatkan banyaksa sumur warga yang kurang sehat dan tercemar.4. Posdaya Desa Kedungpuji didirikan atas beberapa pertimbangan yakni adanya potensi dan beberapa permasalahan di Desa Kedungpuji sendiri. agar Desa Kedungpuji dapat sejahtera 12 .

Bidang Pendidikan dengan pengenalan bahasa inggris sejak dini. kesehatan. penyuluhan ASI Ekslusif . terbentuklah Posdaya yang diberi nama ³Posdaya Pujidaya´ sebagai sarana pembimbing dan pendampingan warga agar dapat meningkatkan taraf kehidupan dibidang pendidikan. Tim KKN Posdaya yang ditempatkan di Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen berusaha untuk merencanakan. PHBS. Bidang sarana dan prasarana kesehatan dengan penyuluhan tentang pentingnya ikut Posyandu secara teratur. sejahtera. memberikan bimbingan pembelajaran bagi PAUD. SD. mandiri dan berperan serta dalam pembangunan. Dari penjabaran permasalahan di atas. ekonomi. dan juga pada balita dan pembuatan tempat 13 . pengembangan tempat pembelajaran Al-Qur¶an (TPQ). serta mengadakan acara lomba-lomba bagi anak PAUD . upaya pemberian PMT pembuangan sampah bersama. ekonomi dan lingkungan agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidup sehingga tercipta masyarakat yang lebih sehat.bagi masyarakatnya. penyuluhan SPAL. Pemasaran produk yang akan di pasarkan cukup sulit sehingga usahanya tidak dapat berkembang dengan baik. mengelola. Berdasarkan permasalahan di atas dan mempertimbangkan potensi yang dimiliki. ekonomi dan lingkungan dalam usaha memberdayakan masyarakat guna mengembangkan potensi yang dimiliki desa terutama di bidang kesehatan. Evaluasi PAUD. dan lingkungan. mengevaluasi dan memecahkan permasalahan kesehatan. TK.

dan sayuran yang dapat dikonsumsi sendiri. dan pembuatan tempat sampah bersama sehingga dapat juga sebagai sarana menjaga kebersamaan antar warga masyarakat. Bidang Lingkungan dengan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan mengadakan kerja bakti rutin. rasa 14 . dan penyuluhan inovasi makanan yang terbuat dari ketela / singkong. serta pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman TOGA.Bidang perekonomian dan produksi dengan peningkatan produksi industri rumah tangga dengan penyuluhan tentang pentingnya perijinan agar dapat melakukan pemasaran lebih luas.

Pendidikan. Ekonomi. ada beberapa program fisik maupun non fisik yang direncanakan oleh warga masyarakat. Disamping itu ada beberapa program kerja yang merupakan masukan dari masyarakat dan hasil pemikiran Tim KKN POSDAYA sendiri dengan melihat berbagai potensi dan sumberdaya yang belum maksimal. Berikut ini dijelaskan pelaksanaan masing-masing program per bidang yang termasuk dalam program non fisik dan fisik tersebut. Program fisik maupun non fisik yang telah dilakukan didasari dari hasil observasi.BAB II PELAKSANAAN PROGRAM KERJA & PEMBAHASAN Pelaksanaan program kerja KKN POSDAYA di RW III Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen berlangsung mulai dari tanggal 19 Juli sampai dengan 22 Agustus 2011 meliputi berbagai bidang (Kesehatan. Pemberdayaan Lingkungan). Adapun pelaksanaan program kuliah KKN POSDAYA di di RW III Desa Kedungpuji dibagi menjadi dua yaitu program non fisik dan program fisik yang mencakup berbagai bidang. 15 .

B. 30 Juli 10 Agustus 8 Agustus Rp75. 2.00 Donatur 16 . 30 Juli Rp25.A. MATRIK KERJA KKN POSDAYA DESA KEDUNGPUJI KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN 2011 NO A. Pendampingan Posyandu Balita Pendampingan Posyandu Lansia Demo Cuci Tangan 1X 1x 1x 11 Agustus 26 Juli 29. 3. 3. 1. 30 Juli 10 Agustus 8 Agustus 29. PROGRAM BIDANG KELEMBAGAAN Rapat Koordinasi Pengurus Posdaya Sosialisisa Program Kerja Plangisasi BIDANG KESEHATAN NON FISIK Penyuluhan PHBS Penyuluhan Demam Berdarah Penyuluhan TOGA FISIK VOLUME SASARAN JADWAL RENCANA REALISASI ANGGARAN DANA SUMBER DANA PENANGGUNG JAWAB KETERANGAN 1x 1x 1x Pengurus Posdaya 22 Juli 22 Juli 23 Juli 22 Juli 22 Juli 24 Juli 50.00 Donatur Mahasiswa Irma.00 Rp15. 2.000. 3.00 Mahasiswa Tim KKN Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok 1. 2.000.000. 30 Juli 11 Agustus 26 Juli 29.000. 1x 1x 1x Siswa PAUD dan SD Anak SD Warga posyandu Balita RW 3 Lansia RW 3 Siswa PAUD dan 29. Sofi Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok 1.

C. 4. Pendampingan Bimbingan Belajar 6x Siswa SD - - 4. 11 Agustus 21 Juli 23 dan 30 Juli. 9. 28 Juli. 4. D. 2. Pembagian Pamflet PHBS Pembagian Pamflet TOGA BIDANG PENDIDIKAN NON FISIK Penyuluhan Motivasi Belajar FISIK 2x 1x SD Warga RW 3 29. 1. 11. 1. 2. 10. 28 Juli. 2. Johan 3. 11 Agustus 26 Juli. 9. 3. 14 Agustus - Siti.000. 30 Juli 8 Agustus 29.000. 30 Juli 8 Agustus Rp7. Tya Program Kelompok Program Kelompok 17 . 27. 4. 6 dan 13 Agustus 26. 2.00 Rp6. Pendampingan Karnaval PAUD Pendampingan PAUD 1x 4x Siswa PAUD 21 Juli 23 dan 30 Juli. 5.4. 5. 28 Juli.00 Mahasiswa Fitria.00 Mahasiswa Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok 1. 10. 4.000.000. 3. 6 dan 13 Agustus 27.00 Mahasiswa Donatur Program Kelompok Program Kelompok 1x Siswa SD 29 Juli 29 Juli Rp10. 11 Agustus 26. Pendampingan TPQ BIDANG EKONOMI NON FISIK Penyuluhan Program PIRT Penyuluhan Inovasi Kerajinan FISIK 6x Anak-anak RW - - 1x 1x Warga RW 3 1 Agustus 16 Agustus 1 Agustus 16 Agustus Rp150.

Aras Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Johan Fitria Johan Sofi Aras Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok 1. 3. Pendampingan Program PIRT 1x Warga RW 3 1 Agustus 1 Agustus - - Program Kelompok 1.000. 5. 2. BIDANG PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN NON FISIK Penyuluhan Pemisahan Sampah 1x Anorganik Penyuluhan Intensifikasi 1x Pekarangan Sosialisasi Budidaya Ikan di 1x Lahan Sempit FISIK Kerja bakti Pembagian Tanaman Cabai/Palawija Praktek Pemisahan Sampah Anorganik PROGRAM TAMBAHAN Pendampingan Gerak Jalan SD Pendampingan Pengajian Ibuibu Pendampingan Karnaval Taaruf Penyuluhan Kacang Hijau Penyuluhan Daging Asuh 1x 1x 1x PKK RW 3 Warga RW 3 Warga RW 3 Warga RW 3 Warga RW 3 Warga RW 3 Siswa SD Ibu-ibu RW Warga Desa Tim Penggerak PKK PKK RW 3 19 Agustus 15 Agustus 15 Agustus 19 Agustus 15 Agustus 15 Agustus Rp93. 2. 3.000.000. E.00 - Donatur Asep. 3.00 Mahasiswa Donatur 18 . 1. 30 Juli 15 Agustus 19 Agustus 30 Juli 15 Agustus 19 Agustus Rp70. F. 4. 2.000.1.00 - Donatur - 1x 1x 1x 1x 1x 28 Juli 29 Juli 31 Juli 5 Agustus 8 Agustus 28 Juli 29 Juli 31 Juli 5 Agustus 8 Agustus Rp10.00 Rp6.

00 Mahasiswa Mahasiswa Mahasiswa Asep Siti Tim KKN Program Kelompok Program Kelompok Program Kelompok 19 .00 Rp400. 8.057.000.00 Rp40.000. Lomba layang-layang English Contest Perpisahan KKN 1x 1x 1x Total Siswa SD Siswa SD Warga Desa 14 Agustus 17 Agustus 21 Agustus 14 Agustus 17 Agustus 21 Agustus Rp100.6.000.000. 7.00 Rp1.

dan pemberdayaan lingkungan. Program Nonfisik Program nonfisik merupakan program yang bertujuan untuk membuka dan mengubah pola pikir masyarakat kea arah yang lebih baik dengan pemberian materi yang bersangkutan dengan bidang pemberdayaan keluarga seperti meliputi bidang kesehatan. arisan tiap RT. ekonomi.A. kumpulan PKK dan kumpulan rutin lainnya. Pemberian materi dapat dilakukan dengan penyuluhan. URAIAN PELAKSANAAN PROGRAM 1. Pelaksanaa kegiatan KKN khisusnya program nonfisik berjalan dengan lancar dan terselesaikan dengan baik. Rapat Koordinasi Posdaya a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan : Tim KKN Posdaya Unsoed : Pengurus Posdaya : Koordinasi Posdaya yang sudah terbentuk dan melanjutkan serta mengembangkan rencana pelaksanaan program posdaya pada masing-masing bidang d) Waktu Pelaksanaan : tanggal 22 Juli 2011 20 . Penyuluhanpenyuluhan tersebut dilaksanakan dengan memanfaatkan kumpulan rutin Tim Penggerak PKK. Program penyuluhan tersebut antara lain : 1. pendidikan. Program nonfisik yang diwujudkan melalui berbagai penyuluhan tersebut mendapat sambutan dan antusiasme masyarakat. Bidang kelembagaan 1.1. warga RW III.

e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong harus direalisasikan g) Rekomendasi : Tidak semua pengurus posdaya hadir : Terdapat beberapa program lanjutan yang : Perlu adanya pendekatan antara Tim KKN dan pengurus posdaya sehingga pengurus datang dan antusias.2 Sosialisasi Program Kerja a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan : Tim KKN Posdaya Unsoed : Pengurus Posdaya : Memberikan informasi mengenai program kerja yang akan dilakukan oleh Tim KKN agar tercipta harmonisasi kerja antara Tim KKN dan pengurus posdaya d) Waktu Pelaksanaan e) f) Faktor Penghambat Faktor Pendorong kelancaran program g) Rekomendasi : Sosialisasi harus dilakukan dengan baik : 22 Juli 2011 : Tidak semua pengurus posdaya hadir : Pengurus Posdaya perlu sosialisasi demi agar tidak ada kendala saat melaksanakan program 2.1. Penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) a) Penanggungjawab : Irmawati Hidayah dan Sofiyah Kholid B 21 . 1. Bidang Kesehatan 2.

22 . kegiatan berjalan : Masih rendahnya kesadaran orang tua untuk memberikan pengertian pentingnya cuci tangan dengan sabun. g) Rekomendasi : Jika ingin melakukan kegiatan penyuluhan PHBS sebaiknya dilakukan di sekolah-sekolah agar mudah dalam mengumpulkan anak-anak sebagai sasaran kegiatan. 8 Agustus 2011 : Tidak ada kendala dalam kegiatan ini.2. f) Faktor Pendorong : Siswa kelas III dan IV SDN 2 Kedungpuji : Pengenalan pola hidup bersih dan sehat : 29 dan 30 Juli 2011 : Tidak ada kendala.b) Sasaran dan PAUD Jeruk c) Tujuan sejak usia dini. : Banyaknya warga yang memiliki Lahan Kosong di sekitar rumah dan belum dimanfaatkan dengan maksimal. Penyuluhan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan : Irmawati Hidayah dan Sofiyah Kholid B : Ibu-ibu warga RW 03 : memberikan informasi tentang Tanaman Obat Keluarga kepada warga RW 3 Desa Kedungpuji d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong : Senin. 2. d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat lancar.

4. Penyuluhan Demam Berdarah (DBD) a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan : Irmawati Hidayah dan Sofiyah Kholid B : warga desa kedungpuji :Untuk memberikan informasi kepada warga masyarakat Desa Kedungpuji tentang penyakit demam berdarah. 2. dan belum begitu banyak warga yang tau tentang pencegahan dan penanganan dini. 23 . g) Rekomendasi : jika ingin melakukan penyuluhan sejenis di bulan ramadhan sebaiknya sertakan dorprice yang menarik. Penyuluhan Demam Berdarah (DBD) a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan : Irmawati Hidayah dan Sofiyah Kholid B : warga desa kedungpuji :Untuk memberikan informasi kepada warga masyarakat Desa Kedungpuji tentang penyakit demam berdarah.g) Rekomendasi : Sebaiknya dalam pelaksanaan penyuluhan disertai denga contoh tanaman TOGA yang dipresentasikan agar mudah dipahami. Agar peserta menjadi bersemangat.3. 2. d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong : 10 Agustus 2011 : Tidak ada kendala dalam kegiatan ini. : Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang mematikan.

Agar peserta menjadi bersemangat. dan belum begitu banyak warga yang tau tentang pencegahan dan penanganan dini.1.d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong : 10 Agustus 2011 : Tidak ada kendala dalam kegiatan ini. Bidang Pendidikan 3. 24 . Penyuluhan Motivasi Belajar a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan : Johan Rahmat Fauzi dan Siti Marfu¶ah : Siswa kelas 6 SD 2 Kedungpuji. Manfaatnya dengan dilaksanakannya penyuluhan motivasi belajar adalah menambah minat belajar siswa kelas 6 agar lebih semangat lagi belajar. g) Rekomendasi : jika ingin melakukan penyuluhan sejenis di bulan ramadhan sebaiknya sertakan dorprice yang menarik. khususnya siswa kelas 6 yang akan melanjutkan ke jenjang SMP. : Untuk memotivasi kegiatan belajar siswa. dengan tujuan jangka pendeknya mempermudah siswa menempuh ujian akhir nasional dan jangka panjangnya untuk mencapai cita-cita masing-masing siswa. d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Pendorong : 29 Juli 2011 : Antusias siswa yang semangat mengikuti sosialisasi motivasi belajar siswa dan keinginan siswa yang besar untuk mewujudkan cita-cita tersebut. 3. : Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang mematikan.

cistik. sehingga masih perlu dipicu untuk termotivasi. Penyuluhan Program PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) a) Penanggungjawab : Indah Prasetiyani dan Fitria Chamdli : Masyarakat RW 03 Desa Kedungpuji yang b) Sasaran memiliki usaha pengan (manggleng. cistik. g) Rekomendasi : Diharapkan sosialisasi ini dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh pengurus posdaya pujidaya serta kerjasama dengan pihak sekolah dan masyarakat sehingga bisa menumbuhkan kesadaran semua pihak akan pentingnya memotivasi anak-anak untuk belajar sehingga anak-anak berupaya mewujudkan cita-cita mereka. Bidang Ekonomi / Kewirausahaan 4. 25 . d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat perijinan f) Faktor Pendorong : Masih rendahnya tingkat distribusi : 1 Agustus 2011 : Masyarakat belum memikirkan tentang manggleng. dan besono akibat tidak adanya nomor ijin pangan. 4. dan besono) c) Tujuan :Untuk memberikan informasi kepada warga masyarakat Desa Kedungpuji tentang penyakit demam berdarah.1.f) Faktor penghambat : Masih belum semua siswa memiliki cita- cita yang ingin dicapai.

tetapi belum maksimal g) Rekomendasi : lebih memperhatikan waktu pelaksanaan dengan kondisi masyarakat 5.2 Penyuluhan Inovasi Kerajinan Anyaman a) Penanggungjawab b) Sasaran : Indah Prasetiyani dan Fitria Chamdli : Ibu-ibu warga RW 03 yang memeiliki usaha kerajinan anyaman c) Tujuan : memberikan inovasi tentang kerajinan anyaman khususnya complong yang menjadi salah satu sumber penghasilan warga sehingga harganya akan meningkat d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat kacang hijau f) Faktor Pendorong : Banyaknya warga yang menjadikan : 16 Agustus 2011 : waktu bertepatan dengan musim panen kerajinan anyaman sebagai sumber penghasilannya. Penyuluhan Pemisahan Sampah a) Penanggungjawab : Aras Prasetyo dan Asep Hidayat 26 .g) Rekomendasi : memberikan pengertian kepada masyarakat akan pentingnya nomor perijinan bagi distribusi produk 1. Bidang Pemberdayaan Lingkungan 5.1.

2 Penyuluhan Intensifikasi Pekarangan a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong g) Rekomendasi : Aras Prasetyo dan Asep Hidayat : : : : : : 5.3 Sosialisasi Budidaya Ikan dilahan Sempit a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong g) Rekomendasi : Aras Prasetyo dan Asep Hidayat : : : : : : 27 .b) Sasaran c) Tujuan berdasarkan jenisnya d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong : Ibu-ibu warga RW 03 : Agar warga dapat memisahkan sampah : : : 5.

arisan-arisan tiap RT dan sebagainya mempermudah proses pelaksanaan program KKN POSDAYA sehingga dapat tepat pada sasarannya. Program fisik tersebut antara lain : 1. Terlebih lagi partisipasi aktif dari masyarakat. Program Fisik Program fisik dalam program KKN POSDAYA ini merupakan program yang secara nyata dapat dilihat wujudnya. Warga masyarakat berperan aktif membantu program fisik dari tim KKN POSDAYA UNSOED. Pelaksanaan program fisik KKN POSDAYA di Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen dapat dikatakan berjalan dengan lancar. Bidang kelembagaan 1.1 Plangisasi a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat : Tim KKN Posdaya Unsoed : Pengurus Posdaya : Informasi tentang Posko Posdaya Pujidaya : 23 Juli 2011 : Tidak semua pengurus posdaya hadir 28 .2. Adanya wadah kegiatan seperti PKK. menunjang keberhasilan program KKN POSDAYA dalam rangka membagi dan menularkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki mahasiswa untuk senantiasa mengabdi kepada masyarakat.

Pendampingan Posyandu Lansia a) Penanggungjawab : Irmawati Hidayah dan Sofiyah Kholid B : Warga lansia RW 03 : Memberikan pendampingan kepada warga b) Sasaran c) Tujuan lansia di RW 3 desa kedungpuji. 2. dan menanamkan sikap sadar posyandu lansia.f) Faktor Pendorong : Menginformasikan kepada masyarakat : Pelaksanaan plangisasi harus segera g) Rekomendasi dilaksanakan agar masyarakat mengetahui penempatan Posko Posdaya Pujidaya 2.1.2 Demo Cuci Tangan a) Penanggungjawab : Irmawati Hidayah dan Sofiyah Kholid B 29 . Bidang Kesehatan 2. d) Waktu pelaksanaan e) f) Faktor Penghambat Faktor Pendorong : 26 Juli 2011 : Kegiatan ini berjalan lancar : Banyaknya warga lansia yang belum sadar pentingnya posyandu lansia g) Rekomendasi : Dalam pendampingan posyandu lansi perlu ditambahkan materi tentang penyakit yang sering dialami pada lansia dan pemberian makanan bergizi.

3 Pembagian Pamflet PHBS a) Penanggungjawab b) Sasaran c) Tujuan kedungpuji d) Waktu pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong cuci tangan yang baik. kegiatan berjalan lancar : Belum banyak siswa yang tau tentang cara : Irmawati Hidayah dan Sofiyah Kholid B : Siswa kelas 3 dan 4 SDN 2 Kedungpuji : Agar PHBS bisa menyebar warga desa 30 . :29 Juli 2011 : Tidak ada kendala. untuk memperlancar kegiatan. kegiatan berjalan lancer : Masih rendahnya pengetahuan tentang cara g) Rekomendasi : dalam melakukan demo cuci tangan sebaiknya siapka air mengalir dengan baik.b) Sasaran dan anak PAUD Jeruk : Siswa kelas 3 dan 4 SDN 2 Kedungpuji c) Tujuan sejak usia dini : Pengenalan cara cuci tangan yang baik d) e) f) Waktu pelaksanaan Faktor Penghambat Faktor Pendorong cuci tangan yang baik. agar tidak terjadi kekurangan air. :29 dan 30 Juli 2011 : Tidak ada kendala. 2.

kegiatan berjalan lancer : Banyaknya warga yang belum tahu cara pemanfaatan tanaman obat keluaraga g) Rekomendasi : Alangkah lebih baiknya pamfet berisi tentang tanaman yang mudah diperoleh dan dibudidayakan serta banyak memberikan manfaat. Bidang pendidikan 3.4 Pembagian Pamflet TOGA a) Penanggungjawab Kholid B b) Sasaran : Ibu-ibu warga RW 03 : Memberikan informasi tentang Tanaman Keluarga dan bagaimana cara mengolahnya.g) Rekomendasi : Bahasa pamflet sebaiknya yang sesederhana mungkin sehingga mudah dipahami dan siswa tertarik untuk mempraktekannya 2. 3. serta : Irmawati Hidayah dan Sofiyah c) Tujuan Obat memberikan resepnya melalui pamflet kepada warga RW 3 desa kedungpuji d) Waktu pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong :8 Agustus 2011 : Tidak ada kendala.1 Pendampingan karnaval PAUD a) Penanggungjawab : Johan Rahmat Fauzi dan Siti Marfu¶ah 31 .

Mengajar PAUD dan Madrasah h) Pelaksanaan : Pendampingan karnaval PAUD dilaksanakan pada hari kamis tanggal 21 Juli 2011 yang startnya di lapangan kecamatan Gombong mengelilingi kota Gombong dan sekaligus promosi agar bagi anak-anak di bawah umur lima tahun untuk mulai dididik yaitu untuk masuk di PAUD.2 Pendampingan PAUD 32 .b) Sasaran c) Tujuan d) Waktu Pelaksanaan e) Faktor Penghambat : Siswa PAUD Jeruk. f) Faktor Pendorong: Antusias siswa PAUD Jeruk mengikuti karnaval PAUD. : 21 Juli 2011 : Tidak ada kendala yang berarti karena karnaval PAUD Jeruk sendiri menggunakan kendaraan sehingga siswa PAUD Jeruk tidak keletihan. g) Rekomendasi : Diharapkan untuk karnaval PAUD selanjutnya para pengajar dan siswa lebih antusias lagi. 3. : Mendampingi karnaval PAUD Jeruk. PAUD Jeruk sendiri berkarnaval menggunakan kendaraan 2 buah mobil mengelilingi kota Gombong dengan kostum siswa PAUD Jeruk beranekaragam menggunakan pakaian profesi dan pakaian budaya Indonesia sekaligus mengenalkan cita-cita pada anak usia dini dan mengenalkan pakaian budaya-budaya Indonesia.

6 dan 13Agustus 2011. d) Waktu Pelaksanaan 23 Juli 2011 30 Juli 2011 Agustus 2011 : Siswa PAUD Jeruk.a) Penanggungjawab Marfu¶ah : Johan Rahmat Fauzi dan Siti b) Sasaran c) Tujuan Jeruk. g) Rekomendasi : Diharapkan para pengajar PAUD Jeruk dan : Siswa PAUD Jeruk masih perlu dimotivasi TIM KKN selanjutnya lebih dapat memberikan inovasi-inovasi metode pembelajaran yang lebih menyemangatkan siswa PAUD agar tidak bosan dengan materi yang sudah ada. : Mendampingi dan mengajar siswa PAUD : y y y y 13Agustus 2011 : Tidak ada kendala yang berarti dalam e) Faktor Penghambat melakukan pengajaran PAUD karena adanya kerja sama dari para pengajar yang ada. h) Pelaksanaan : Pendampingan PAUD dilaksanakan 4 kali tiap hari sabtu pada tanggal 23 dan 30 Juli. pada tanggal 23 Juli 2011 Tim KKN UNSOED datang untuk memperkenalkan diri kepada pengajar dan anak-anak PAUD. f) Faktor Pendorong untuk giat belajar. Pertama. 33 .

mengajarkan etika yang baik ketika berbuat salah pada teman yaitu meminta maaf pada teman. Tim KKN mengajarkan memperkenalkan konsep kasar dan halus. mengenalkan etika bepergian yang baik pada orang tua yaitu mengucapkan salam kepada orang tua dan mencium tangan orang tua dan yang terakhir mengenalkan kegiatan-kegaiatan pada bulan suci Ramadhan yaitu mengenalkan puasa Ramadhan. Secara keselurahan Tim KKN membantu tenaga pengajar yang sudah ada dalam memberikan pengajaran kepada anak-anak.anak masih beradapatasi dengan lingkungan sekolah yang baru. 3. Pengajaran yang dilakukan masih dalam tingkatan awal dan dasar karena berkaitan dengan tahun ajaran baru sehingga anak. pada tanggal 30 Juli 2011 Tim KKN mengajarkan pada siswa PAUD untuk berlatih berani yaitu untuk menyanyi di depan teman-teman. Pada tanggal 13 Agustus 2011. Kedua.3 Pendampingan Bimbingan Belajar (Bimbel) 34 . dan sholat sunnah tarawih. Pada tanggal 6 Agustus 2011.Disamping itu juga dilakukan pembelajaran seputar kegiatan yang biasa dilakukan di PAUD dengan cara bertanya kepada pengajarnya serta pengamatan langsung untuk menyesuaikan materi mengajar yang akan disampaikan. Tim KKN mengajarkan menulis angka 1 berulangulang.

a) Penanggungjawab Marfu¶ah : Johan Rahmat Fauzi dan Siti b) Sasaran Kedungpuji. f) Faktor Pendorong : Perlunya dipicu siswa SD untuk belajar lebih giat dengan metode-metode yang mudah dipahami siswa SD g) Rekomendasi : Untuk membuat waktu belajar lebih efektif sebaiknya bimbingan belajar diadakan sebelum pelajaran dimulai. : Untuk membimbing d) Waktu Pelaksanaan 27 Juli 2011 28 Juli 2011 3 Agustus 2011 4 Agustus 2011 5 Agustus 2011 6 Agustus 2011 9 Agustus 2011 10 Agustus 2011 11 Agustus 2011 : Ada : y y y y y y y y y e) Faktor Penghambat peserta yang tidak mengikuti bimbingan belajar yaitu siswa dari SDN 1 Kedungpuji. sekitar setengah jam sebelum bel masuk sekolah. Dan juga untuk 35 . : Siswa kelas 5 dan 6 SD c) Tujuan kegiatan belajar siswa.

h) Pelaksanaan : Dalam pelaksanaannya Tim KKN Unsoed merencanakan bimbingan belajar hanya 6 kali pertemuan. perlu diberikan motivasi serta dorongan bagi siswa SDN 1 Kedungpuji agar mau mengikuti bimbingan belajar bergabung dengan siswa dari SDN 2 Kedungpuji. Selain itu. karena seringkali sewaktu bimbingan belajar dilaksanakan di sekolah para siswa yang mengikuti bimbingan belajar malu untuk bertanya. Hal tersebut karena tingginya antusias para siswa untuk belajar. 3. Tambahan bimbingan belajar ini bukan dilaksanakan di SD 2 Kedungpuji tetapi dilaksanakan di posko KKN Unsoed desa Kedungpuji.lebih leluasa bimbingan belajar dapat dilakukan di posko KKN Unsoed.4 Pendampingan TPQ a) Penanggungjawab Rahmat Fauzi dan Siti Marfu¶ah b) c) Tujuan anak TPQ mengaji. Namun dalam realisasinya menjadi 9 kali pertemuan. d) Waktu Pelaksanaan 26 Juli 2011 2 Agustus 2011 4 Agustus 2011 36 : Sasaran : Anak-anak TPQ : Johan : Untuk mendampingi dan mengajar anak- y y y .

kami mengganti di hari terakhir yaitu pada hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2011. 37 . h) Pelaksanaan : Realisasi dari perencanaan program pendampingan TPQ ini berjalan sesuai rencana dengan jumlah pertemuan 6 kali.y y y 9 Agustus 2011 11 Agustus 2011 14 Agustus 2011 : Pada hari Kamis minggu pertama yaitu e) Faktor Penghambat tanggal 28 Juli 2011 terbentur acara lain. Untuk pelaksanaan proses TPQ tidak ada kendala yang berarti. kegiatan di ganti menjadi hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2011. f) Faktor Pendorong mengaji lebih giat. Akan tetapi. g) Rekomendasi : Untuk kedepannya waktu pendampingan : Perlunya dipicu anak-anak untuk belajar TPQ bisa dilaksanakan lebih awal sehingga materi yang disampaikan bisa lebih beragam dengan pengetahuan yang dikhususkan bagi anak-anak TPQ dengan tujuan memberi pengetahuan agama Islam yang lebih banyak dan lebih inovatif bagi anak-anak. sehingga di waktu yang sudah direncanakan sebelumnya pada hari ini tidak terealisasi. Tetapi untuk pertemuan hari Kamis pekan pertama karena bentrokan dengan acara lain. sehingga realisasi mencapai 100%. Pendampingan dilakukan setiap hari selasa dan kamis setiap pekannya.

cistik. g) Rekomendasi surat perijinan : lebih memberikan pengertian pentingnya 4. Bidang Ekonomi 4.4. cistik.2 Pendampingan Program Inovasi Kerajinan Anyaman a) Penanggungjawab b) Sasaran : Indah Prasetiyani dan Fitria Chamdli : Ibu-ibu warga RW 03 yang memeiliki usaha kerajinan anyaman (complong) 38 .1 Pendampingan Program PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) a) Penanggungjawab b) Sasaran : Indah Prasetiyani dan Fitria Chamdli : Masyarakat RW 03 Desa Kedungpuji yang memiliki usaha pengan (manggleng. dan besono akibat tidak adanya nomor ijin pangan. dan besono untuk memperoleh perijinan pangan agar pemasaran lebih maksimal d) Waktu pelaksanaan e) Faktor Penghambat : 1 Agustus 2011 : Masyarakat belum memikirkan tentang perijinan dan proses perijinan yang dianggap rumit. dan besono) c) Tujuan : memberikan pendampingan kepada warga desa Kedungpuji yang memiliki usaha pangan manggleng. f) Faktor Pendorong : :Masih rendahnya tingkat distribusi manggleng. cistik.

f) Faktor Pendorong : : Banyaknya warga yang menjadikan kerajinan anyaman pandan sebagai sumber penghasilannya. 5.c) Tujuan : memberikan pelatihan inovasi tentang kerajinann anyaman khususnya complong yang menjadi salah satu sumber penghasilan warga Kedungpuji agar lebih berdaya saing. d) Waktu pelaksanaan e) Faktor Penghambat : 16 Agustus 2011 : undangan yang hadir tidak sesuai dengan yang diharapkan karena waktu kegiatan bertepatan dengan waktu panen kacang hijau. Pemberdayaan Lingkungan a) Penanggungjawab : b) Sasaran c) Tujuan d) Waktu pelaksanaan e) Faktor Penghambat f) Faktor Pendorong : g) Rekomendasi : : : : : : 39 . atau semacamnya). tetapi belum maksimal g) Rekomendasi : dalam merencanakan waktu program kerja lebih diperhatikan dan disesuaikan dengan kegiatan warga (waktu panen. yang merupakan penghasilan utama warga desa.

Program Tambahan 40 .6.

Saran 1. terbukti dari pelaksaanaan program yang terealisasi dengan baik. 41 . agar dapat lebih maksimal. Pihakpihak yang terkait membantu dalam bidang ekonomi (bantuan dana) sehingga realisasi program dapat berjalan dengan baik. 2. dengan program KKN. agar dapat berjalan jauh lebih baik lagi. Dibutuhkannya kerjasama dengan instansi terkait.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan 1. 3. Program yang akan di laksanakan sebaiknya disesuaikan dengan kegitan warga agar dapat berjalan lebih baik lagi. Adanya keterbukaan antara pelaksanaan KKN terkait unsur ± unsur yang terlibat didalamnya secara sinergi. Bnayak pihak yang telah membantu jalannya kegiatan KKN ini. 3. Program yang telah di rencanakan berjalan dengan baik dan lancar secara garis besar.. Masyarakat menyambut dan menerima dengan sangat baik dan antusias. 2.

FOTO-FOTO KEGIATAN D.BAB IV LAMPIRAN-LAMPIRAN A. DATABASIS POSDAYA C. KRITERIA PENENTUAN POSDAYA B. DAFTAR PRODUK UNGGULAN POSDAYA 42 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->