DEFINISI PENYAKIT DALAM SISTEM RESPIRASI BESERTA GEJALA KLINISNYA

Tuberculosis (TBC) Definisi : Penyakit TBC adalah merupakan suatu penyakit yang tergolong dalam infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa. Penyakit TBC dapat menyerang pada siapa saja tak terkecuali pria, wanita, tua, muda, kaya dan miskin serta dimana saja. lama, biasanya Kadang-kadang hilang timbul. disertai dengan

Gejala Klinis :1.Gejala umum (Sistemik) - Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung dirasakan malam hari disertai keringat malam. serangan demam seperti influenza dan bersifat - Penurunan nafsu makan dan berat badan. - Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat darah). - Perasaan tidak enak (malaise), lemah.

2. Gejala khusus (Khas) - Tergantung dari organ tubuh mana yang terkena, bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara "mengi", suara nafas melemah yang disertai sesak. - Kalau ada cairan dirongga pleura (pembungkus paru-paru), dapat disertai dengan keluhan sakit dada. - Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah. - Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak), gejalanya adalah demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang.

Bronchitis Definisi : Bronkitis (Bronchitis; Inflammation - bronchi) adalah suatu peradangan pada bronkus (saluran udara ke paru-paru). Bronchitis adalah suatu penyakit yang ditandai adanya dilatasi (ektasis) bronkus lokal yang bersifat patologis dan berjalan kronik. Perubahan bronkus tersebut disebabkan oleh perubahanperubahan dalam dinding bronkus berupa destruksi elemenelemen elastis dan otot-otot polos bronkus. Bronkus yang terkena umumnya bronkus kecil (medium size ), sedangkan bronkus besar jarang terjadi.

pembengkakan pergelangan kaki dan tungkai kiri dan kanan .sakit kepala .Mudah lelah .wajah. Asma bronkial Definisi : (dalam bahasa inggris asthma bronchiale) adalah nama untuk suatu kondisi dimana paru-paru (rongga bronkhial)terjadi peradangan dan menjelaskan sebuah keadaan kronis pada saluran pernafasan. Gejala Klinis : Beberapa gejala umum asma bronkial termasuk sesak nafas.batuk berdahak.Ketika bernafas. Dahak seringkali berbau busuk karena bakteri dari mulut atau tenggorokan cenderung menghasilkan bau busuk. mengi (suara berderak-derak ketika menghembuskan napas).Dahaknya bisa mengandung darah. .gangguan penglihatan.batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan) .Gejala Klinis : .berkeringat uuu . . Estimasi populasi dunia yang menderita asma bronkial sekitar 7% . telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan . Gejala Klinis : Gejala awalnya menyerupai pneumonia: . Serangan asma adalah suatu perburukan akut dari gejala tersebut dan pada kasus berat.hilang nafsu makan .demam . Abses Paru Definisi : Abses Paru diartikan sebagai kematian jaringan paru-paru dan pembentukan rongga yang berisi sel-sel mati atau cairan akibat infeksi bakteri.sering menderita infeksi pernafasan (misalnya flu) . batuk kering dan perasaan ketat pada dada.kelelahan .berat badan menurun . terutama jika telah terjadi peradangan pada pleura. Gejala ini sering memburuk selama tidur.sesak nafas ketika melakukan olah raga atau aktivitas ringan .pipi juga tampak kemerahan . serangan bisa mengancam jiwa sebab onset sering tiba-tiba dan tanpa peringatan. penderita juga bisa merasakan nyeri dada.

hal 434.435) .dan Mudah memburuk oleh iritan. Tanda dan gejala bronkhitis kronis antara lain adalah sebagai berikut : . (Doenges.2000.iritan inhalan. 2000.Bronkhitis kronis adalah inflamasi luas jalan napas dengan penyempitan atau hambatan jalan napas dan peningkatan produksi sputum mukoid.Bronchitis Kronis Definisi :.Bronkhitis kronis adalah gangguan sebagai suatu gangguan peru yang obtruktif yang ditandai oleh produksi mokus berlabihan saluran napas bawah selama panjang kurang 3 bulan berturut-turut dalam setahun untuk 2 tahun berlarut-larut.2001. .Bronkhitis kronis merupakan suatu gangguan klinis yang ditandai oleh pembentukan-pembentukan mucus yang berlebihan dalam bronkus dan bermanifestasi sebagai batuk kronik dan pembentukan sputum selama sedikitnya 3 bulan dalam setahun. sekurang-kurangnya dalam 2 tahun berturut-turut.689) .600) .237) Gejala Klinis : Menurut Corwin. menyebabkan ketidakcocokan ventilasi perfusi dan memyebabkan sianosis.Bronkhitis kronik didefinisikan sebagai adanya batuk produktif yan berlangsung 3 bulan dalam satu tahun selama dua tahun berturut-turut. Inflamasi merupakn Inflamasi bronkus.1994.Dyspnea .Batuk yang sangat produktif.(Corwin.2000. udara dingin atau .Bronkhitis kronis adalah batuk persisten dengan produksi sputum selama paling sedikit 3 bulan dalam 2 tahun berturut-turut (Robbins.infeksi . (Sylvia. (Bruuuner.Purulen .2000.152) .

: Atelektasis dapat terjadi secara perlahan dan hanya menyebabkan sesak nafas yang ringan. yang mengganggu sistem pertahanannya.batuk. Penderita sindroma lobus medialis mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Keadaan ini mungkin menyebar luas.Demam . Bronkiektasis bukan merupakan penyakit tunggal.Atelektasis (Atelectasis) Definisi : Atelektasis (Atelectasis) adalah pengkerutan sebagian atau seluruh paru-paru akibat penyumbatan saluran udara (bronkus maupun bronkiolus) atau akibat pernafasan yang sangat dangkal. Gejalanya bisa berupa: .Sakit kepala . Gejala Klinis : . . walaupun banyak yang menderita batuk-batuk pendek.Gangguan pada saluran cerna: yakni diare .Batuk . baik secara langsung maupun tidak.nyeri dada . Jika disertai infeksi.Malaise . atau mungkin muncul di satu atau dua tempat. kadang-kadang sampai terjadi syok (tekanan darah sangat rendah).Infeksi mata (conjungtivitis) .Nyeri pada otot . AVIAN INFLUENZA (H5N1) : Avian Influenza adalah penyakit unggas yang sangat menular dan mematikan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini juga bersifat zoonosis (dapat menular pada manusia). dapat terjadi melalui berbagai cara dan merupakan akibat dari beberapa keadaan yang mengenai dinding bronkial. bisa terjadi demam dan peningkatan denyut jantung.Dispnea .Kejang dan koma Definisi GEJALA Bronkientasis (Bronchiectasis) DEFINISI :Bronkiektasis (Bronchiectasis) adalah suatu perusakan dan pelebaran (dilatasi) abnormal dari saluran pernafasan yang besar.Sakit Tenggorokan .

Gejala Klinis: .wheezing (bunyi nafas mengi/bengek) .clubbing fingers (jari-jari tangan menyerupai tabuh genderang) . Brochiolitis Definisi : Bronkiolitis adalah Infeksi virus akut saluran pernapasan bawah yang menyebabkan obstruksi inflamasi bronkiolus.batuk menahun dengan banyak dahak .mudah lelah . Gangguan yang bersifat progresif ini disebabkan karena terjadinya inflamasi kronik akibat pajanan partikel atau gas beracun yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama dengan gejala utama sesak nafas.Ekspirasi memanjang .sesak nafas yang semakin memburuk jika penderita melakukan aktivitas .Pengurangan pemasukan udara (jika berat terjadi obstruksi udara) .batuk darah .pucat .bau mulut. batuk dan produksi sputum.Batuk yang semakin sering . terjadi terutama pada anak-anak dibawah umur 2 tahun.penurunan berat badan . Respiratory .Nafas yang dangkal dan cepat .batuk semakin memburuk jika penderita berbaring miring .Peningkatan denyut nadi (takikardi) .Peningkatan volume dan purulensi sputum .warna kulit kebiruan .Hiperinflasi dada .Episode pertama mengi pada anak umur < 2 tahun . Gejala klinis :1.Gangguan status mental pasien 2. Sistemik .Kurang / tidak respon terhadap bronchodilator PPOK (Penyakit Paru Obstruksi Kronik) Definisi :Penyakit Paru Obstruksi Kronik yang biasa disebut sebagai PPOK merupakan penyakit kronik yang ditandai dengan keterbatasan aliran udara didalam saluran napas yang tidak sepenuhnya reversibel.Dyspnea yang semakin berat .Peningkatan suhu tubuh .Gejala Klinis : .

muntah dan diare Cystic Fibrosis (CF) Definisi :Cystic fibrosis (CF) adalah penyakit yang diturunkan (diwariskan) dari kelenjar-kelenjar lendir dan keringat anda. Cystic fibrosis (CF) disebabkan oleh kerusakan pada gen yang disebut cystic fibrosis transmembrane conductance regulator (CFTR) gene. Diare atau feces-feces yang besar. sinus-sinus. Nyeri dan ketidaknyamanan lambung yang disebabkan oleh terlalu banyak gas didalam usus-usus. Gen ini membuat protein yang mengontrol pergerakan dari garam dan air yang masuk dan keluar dari sel-sel didalam tubuh anda.Gelisah. hati. usus-usus. . . gen yang abnormal menyebabkan lendir menjadi kental dan lengket. Dehidrasi. lendir adalah encer/berair. dan organ-organ seksual anda. . . Itu adalah akibat dari malnutrisi yang kronis karena anda tidak mendapatkan nutrisi-nutrisi yang cukup dari makanan anda. Mereka dapat menjurus pada peradangan dan kerusakan paru yang permanen. Namun pada CF.Keluhan Gastrointestinal seperti mual. pankreas.Malaise. Sebagian besar disebabkan oleh mikroorganisme (virus/bakteri) dan sebagian kecil disebabkan oleh factor lain. Pnumonia Definisi Gejala Klinis : - - - Batuk yang seringkali yang mengeluarkan sputum (dahak) yang kental. . Nafsu makan yang besar namun penambahan berat badan dan pertumbuhan yang buruk. Ia mempertahankan lapisan-lapisan dari organ-organ tertentu tetap lembab dan mencegah mereka mengering atau terinfeksi. . Kemandulan (kebanyakan pada pria-pria).Sakit Kepala. Ia mempengaruhi kebanyakan paru-paru.Penurunan Nafsu Makan. Ini disebut "kegagalan untuk tumbuh dengan subur".Demam. Serangan-serangan yang sering dari bronchitis dan pneumonia.: Pneumonia adalah inflamasi yang mengenai parenkim paru. Normalnya. Kulit yang rasanya asin. Gejala Klinis : . berbau busuk dan berminyak yang terus menerus.

Gejala Klinis : . Akibatnya.pembengkakan tungkai . Penderita mengalami batuk kronis dan sesak napas.denyut nadi lemah atau tak teraba .nyeri semakin memburuk jika penderita menarik nafas dalam. Suatu emboli bisa merupakan gumpalan darah (trombus).pusing .Emboli Paru Definisi : Emboli Paru (Pulmonary Embolism)adalah penyumbatan arteri pulmonalis (arteri paru-paru) oleh suatu embolus.pingsan .batuk (timbul secara mendadak.denyut jantung cepat (takikardia).nyeri dada (dirasakan dibawah tulang dada atau pada salah satu sisi dada.kulit berwarna kebiruan .Sesak napas .cemas Emfisema Definisi : Emfisema adalah jenis penyakit paru obstruktif kronik yang melibatkan kerusakan pada kantung udara (alveoli) di paru-paru. yang akan mengikuti aliran darah sampai akhirnya menyumbat pembuluh darah. bisa disertai dengan dahak berdarah) . batuk. cairan ketuban.kulit lembab .tekanan darah rendah .wheezing/bengek . Gejala Klinis: .berkeringat . sumsum tulang. yang terjadi secara tiba-tiba. Gejala lainnya yang mungkin ditemukan: . makan atau membungkuk . Penyebab paling umum adalah merokok.nyeri tungkai (salah satu atau keduanya) . tetapi bisa juga berupa lemak. pecahan tumor atau gelembung udara. tubuh tidak mendapatkan oksigen yang diperlukan.nyeri pinggul . Emfisema membuat penderita sulit bernafas. baik ketika istirahat maupun ketika sedang melakukan aktivitas .sesak nafas yang timbul secara mendadak. sifatnya tajam atau menusuk) .pernafasan cepat .

Pleurisy Definisi : adalah peradangan dari lapisan sekeliling paru-paru (pleura). Ada dua pleura: satu yang melindungi paru (diistilahkan visceral pleura) dan yang lain melindungi dinding bagian dalam dari dada (parietal pleura). nyeri biasanya dalam bentuk pleurisy yang kurang parah. stres. .Perasaan "ditikam" Gejala yang paling umum dari pleurisy adalah nyeri yang umumnya diperburuk oleh penghisapan (menarik napas). Rongga pleura adalah rongga yang terletak diantara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada. Gejala Klinis : .Sesak nafas .Kelelahan Kolaps Paru-Paru (Pneumothorax) Definisi : Kolaps paru-paru / pneumothoraks (Pneumothorax) adalah penimbunan udara atau gas di dalam rongga pleura.Cemas.Mengi . pleura mengandung berlimpah-limpah ujung-ujung syaraf. Dua lapisan-lapisan ini dilumasi oleh cairan pleural.Batuk kronis . Gejala lainnya yang mungkin ditemukan: . Ketika cairan ekstra berakumulasi dalam ruang antara lapisan-lapisan dari pleura.Mengurangi kapasitas untuk kegiatan fisik .Nyeri pada dada yang diperburuk oleh bernapas .Denyut jantung yang cepat .Tekanan darah rendah (hipotensi). Pleurisy seringkali dihubungkan dengan akumulasi dari cairan ekstra dalam ruang antara dua lapisan dari pleura. Meskipun paru-paru sendiri tidak mengandung syaraf-syaraf nyeri apa saja. tegang .Hidung tampak kemerahan .Kehilangan nafsu makan dan berat .. Gejala Klinis :.Sesak Napas . Gejala-gejala tersebut mungkin timbul pada saat istirahat atau tidur.Warna kulit menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen. Dengan jumlah-jumlah akumulasi cairan yang sangat besar.Mudah lelah . Pleurisy juga dirujuk sebagai pleuritis.Sesak dada .Dada terasa sempit . dan sesak napas dapat memburuk. Cairan ini dirujuk sebagai pleural effusion. ekspansi dari paruparu dapat dibatasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful