BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan . semesta alam di beri akal untuk kehidupan sosial masyarakatnya. Manusia mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi, berbagai macam situasi dan kondisi manusia selalu berfikir dan serba ingin tahu dalam segala hal. Manusia mengunakan akal, dan pikiranya untuk memenuhi kebutuhan hidup baik. Individu maupun sosialnya. Dengan segala aspek yang di berikan tuhan manusia menggunakan karunia untuk menciptakan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan tehnologi ( IPTEK ) untuk kehidupan sosial masyarakat. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dikenalkan sejak dini, karena IPTEK sangat berpengaruh dalam berbagai hal, mulai dari sendang, pangan, kesehatan, transportasi, pendidikan, dan sebagainya.

1.2

Tujuan Berbagai macam hal dapat diciptakan dari pemanfaatan ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Manusia menggunakan IPTEK dikehidupan sosialnya. Diantaranya sebagai berikut: a. IPTEK pada kebutuhan pokok b. IPTEK pada pengembangan transportasi c. IPTEK peda pengembangan bidang transportasi d. IPTEK pada pengembangan bidang komunikasi e. IPTEK pada pengembangan bidang kesehatan f. IPTEK pada pengembangan sumber daya alam

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

tidak dengan makna. jika melihat kategorisasi dari Mahmud Muhammad Thaha tentang peradaban (madaaniyyah) dan kebudayaan (hadlaarah). Menurut Holmes Rolston III.Tingkatan Kebutuhan Manusia menurut Abraham Harold Maslow (Teori Masyarakat) manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif IPTEK terhadap kehidupan Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi TerhadapCapra menyatakan. Agar peran ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lagi menjadi tujuan hidup manusia dan mengekploitasi kehidupan manusia. dan kacau. Proses sekularisasi ilmu juga didorong oleh pandangan ideologis bangsa Eropa yang cenderung rasional dan sekular serta tidak mempercayai hal-hal yang bersifat metafisis atau spiritual. jelaslah bahwa para ilmuwan barat telah terjebak pada alam pemikiran materialistik (menurut Auguste Comte alam positivistik). mereka sama sekali tidak mendasarkan pada nilai-nilai yang telah digariskan Tuhan. sebab formal dan final yang berkaitan dengan makna dilepas. Jika analisa Capra di atas dikorelasikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan segala dampaknya. kayaknya analisa tersebut sangat relevan. tetapi hanya sebagai sarana manusia dalam mencapai kebahagiaan hidupnya. maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan pun. Menurut Rolston. Penyebabnya adalah tidak tepatnya paradigma yang digunakan dalam penyusunan kebudayaan barat. dahulu. oleh para ilmuwan modern. yaitu menciptakan masyarakat berperadaban (masyarakat madani) tidak pernah disentuh. dan menolak pembicaraan tentang hal-hal yang bersifat metafisis dan spiritual. penjelasan ilmiah harus meliputi empat sebab Aristotelian. Lebih lanjut. dan final. Sementara kebudayaan hanyalah sarana atau alat untuk mencapai peradaban yang penuh dengan kebahagiaan dan ketentraman hidup. yaitu efisien. Dari gambaran di atas. penuh kontradiksi. peradaban adalah tujuan utama hidup manusia berupa kebahagiaan dan ketentraman hidup. Kemudian. Karena paradigma yang mereka gunakan hanya berdasar pada paradigma materialistik. yang selanjutnya menghasilkan teknologi. Peradaban barat yang didasarkan pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. karena kajian ilmiah menurut mereka hanya berkaitan dengan fakta. Dari penjelasan di atas. yaitu kemajuan iptek. Menurut Thaha. BAB III PEMBAHASAN . formal. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendudukkan kembali peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia. akan terlihat lebih jelas kesesatan manusia modern dengan perkembangan iptek-nya. material. seperti dijelaskan di atas. kerangka kerja ilmiah yang digunakan para ilmuwan modern telah mengalami proses sekularisasi. terlalu silau dengan sarana dan alat yang mereka ciptakan sendiri. bahwa budaya dunia (dalam hal ini adalah Barat. dengan segala aspek kemajuan yang mereka peroleh) telah terpuruk di lembah kehancuran. Sementara tujuan hidup yang sebenarnya.

pemakaian pesawat terbang besar dan cepat memudahkan orang mencapai tujuan. Namun. karena tujuan teknologi memang diadakan untuk kebutuhan manusia. Tujuan positifnya bagi manusia yang akan dicapai. yaitu keamanan. Landasannya lebar. makin hari makin maju. Setelah kebutuhan fisik terpenuhi. padi yang setelah ditumbuk menjadi beras merupakan makanan pokok. dan aktualisasi diri merupakan kebutuhan psikis. tetapi kejatuhannya menimbulkan risiko besar. sementara dampak sampingan yang negatif perlu diperkecil. pangan. Kemajuan IPTEK mendorong majunya teknologi yang makin dapat memakmurkan kehidupan manusia. Di Indonesia bagian barat yang banyak memperoleh hujan. 3. harga diri. tujuan dapat dicapai dengan hasil maksimal. Di Indonesia kebutuhan pangan yang tradisional dapat dipenuhi sesuai dengan lingkungan alamnya. Akhirnya manusia memerlukan aktualisasi diri sebagai tujuan tertinggi. Keempat tujuan terakhir. di samping tujuan dapat tercapai. mula-mula sederhana. dan papan ( tempat tinggal ). manusia perlu keamanan demi kelangsungan hidupnya.1 HUBUNGAN IPTEK DENGAN KEHIDUPAN SOSIAL Dalam abad XX IPTEK berkembang pesat berkat pemakaian alat-alat yang makin sempurna. makin ke atas makin kecil. Bila hal tersebut tercapai.2 1. secara kuantitatif maupun kualitatif. DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK PADA KEBUTUHAN POKOK Pangan Pangan merupakan kebutuhan pokok yang paling utama sebab tanpa pangan manusia akan mati. bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki berbagai kebutuhan yang digambarkan sebagai piramida. sementara dampaknya diperkecil. Kebutuhan pertama yang wajib dipenuhi manusia adalah kebutuhan fisik yang juga dapat disebut sebagai kebutuhan primer ( basic needs ) : sandang. sehingga mendapat sebutan IPTEK modern. Jadi. yang dapat juga disebut sebagai kebutuhan sekunder ataupun tersier.3. Kelestarian hidupnya terancam. Abraham Harold Maslow berbendapat. Alam menyediakan macam-macam kebutuhan pangan untuk diusahakan dengan teknologi. Untuk itu diupayakan peningkatan kegunaan teknologi dan memperkecil dampaknya. maka kegiatan mempergunakan teknologi mamperoleh nilai ekonomis yang berarti. Manusia yang dapat lebih cepat dan banyak memperoleh kebutuhan hidupnya merasa perlu memperoleh harga diri. Kemudian diperlukan bermasyarakat sebagai kehidupan sosial selaku homo socius. Dari hari ke hari kebutuhan manusia baik fisik maupun psikis terus meningkat. Sehingga kemampuan berteknologi ( technological capability ) merupakan usaha untuk menggunakan tenaga teknologi secara efektif yang dapat dicapai melalui upaya teknologis ( technological effort ). Pengetahuan teknologi ( technological knowledge ) merupakan pengetahuan mengenai proses-proses fisik yang secara operasional terwujud dalam teknologi. Misalnya. terjadi pula dampak sampingan ( sideeffect ) yang dapat mengganggu. dan manusia berusaha untuk menjauhkan diri dari kematian. . pengakuan sosial.

Sutra yang dihasilkan oleh ulat merupakan bahan yang lembut dan bagus yang dahulu pusatnya di Cina. pemeliharaan hasilnya dan pengolahan. Sementara itu bangsa-bangsa di Timur Tengah mempergunakan bulu domba yang menghasilkan wol sebagai . Dari data-data statistik berikut. melainkan sudah meningkat sebagai lambang status sosial.Sayuran dan buah-buahan merupakan pelengkap kebutuhan makan. tetapi populasi penduduk jauh lebih pesat daripada tanaman penghasilnya. produksi pabrik yang makin dinilai mempunyai dampak negatif terhadap kesehatan manusia. Jumlah penduduk terus meningkat. Bangsa asing di Jakarta lebih suka mengkonsumsi hasil pertanian yang memakai pupuk alami daripada pupuk pabrik. perlu ditunjang oleh teknologi penggarapan tanah. Hal itu merupakan kesempatan bagi pengusaha pertanian modern karena harga hasilnya jauh lebih tinggi daripada produksi pertanian biasa yang banyak memakai pupuk pabrik. maka untuk kesuburan tanaman diberi pupuk. Oleh karena itu. Agar produktivitasnya dapat lebih tinggi. 2. sementara itu tanaman bahan makanan mudah terganggu penyakit. Yang tradisional adalah pupuk kandang yang alami ( hayati ). tampak ada kemajuan yang diperoleh. Pemerintah RI melaksanakan Pembangunan Lima Tahun ( PELITA ) I-V ( 1969-1994 ) sebagai Pembangunan Jangka Panjang I. lebih-lebih sebagai barang dagangan. Selain benih unggul. Ini pun sekarang tidak dapat juga mencukupi kebutuhan manusia akan sandang. Caranya dengan mempergunakan teknologi pertanian. Sandang Sandang atau pakaian sekarang bukan lagi sekedar melindungi tubuh terhadap gangguan cuaca. kemudian rencananya diteruskan ke PELITA VI. lebih dari dua jumlahnya dan macammacam kegunaannya. sedangkan yang modern adalah pupuk buatan. Karena orang zaman sekarang tidak cukup memiliki dua stel pakaian. sehingga diperlukan usaha meningkatkan hasil pertanian sekaligus dapat menghindarkan tanaman dari penyakit. terutama dengan revolusi hijau ( green revolution ). dipergunakan kapas yang memerlukan cara tanam dan olah yang lebih tinggi tekologinya. Dahulu pernah orang memakai kulit kayu sebagai pakaian.

terlindung dari gangguan cuaca atau binatang. berakibat harganya mahal. pelepah. bamboo ( dopi ). sedang untuk rumah panggung. sekaligus diantisipasi segi negatifnya. Bahan bangunan rumah tradisional mudah dan cepat rusak ( sekitar 10 tahun ) karena cuaca atau dimakan rayap. dapat puluhan bahkan ratusan tahun. atau polietilin. bahkan diganti. lantai rumah dibuat dari bamboo atau kayu. sehingga pada batas waktu tertentu terkapsa diperbaiki. lalang dipergunakan orang untuk rumah bahan atap. Bahan sintesis yang bersifat plastik jangan sampai menimbulkan sampah plastik dengan jalan mengolahnya kembali atau mencari bakteri yang mampu memakan bahan plastik. ijuk. Temboh rumah dari bata yang diberi lapisan dengan bahan semen. maka orang berusaha menghasilkan batik dengan sitem cap ( bukan yang tulis ) yang pasarannya cukup baik. sehingga secara ekonomis merugikan. Tanah liat dijadikan genting. Hasil alam yang diolah disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itulah dibangun rumah yang bahan-bahannya lebih tahan lama. Biasanya cukup mahal. Tradisi menenun dan membatik yang banyak menghasilkan karya seni dilanjutkan sebagai barang kerajinan yang masih dilakukan dengan tangan. Rumah tradisional yang dihasilkan dibuat dari bahan alami yang terdapat di sekitar tempat tinggal. Sebagian produk batik di Indonesia menjadi barang ekspor. Karena pasarannya baik. Manusia berusaha memperoleh tempat tinggal yang aman dan nyaman. Karena dikerjakan dengan tangan makan waktu yang lama. Dinding rumsanya bamboo. kayu. tetapi tersaingi negala lain seperti Malaysia sebagai negara industri yang makin maju. bahkan tambang yang menghasilkan seng dijadikan atap. poliprolin. Manusia seni ( Homo aestheticus ) menginginkan juga keindahan dalam soal sandang.bahan sandang yang bagus. lantai yang bahannya dari semen dalam wujud tegel atau keramik . 3. Bahan bangunan seperti daun rumbia. kayu ( sirap ). Papan Papan yang berarti tempat tinggal pada mulanya hanya sebagai tempat untuk memperoleh rasa aman. Kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif tersebut. Itu pun tidak cukup. malahan mungkin dari manusia yang lain. sehingga orang dengan teknologi yang lebih maju mempergunakan serat sintesis baik yang berasal dari tanaman yang diproses secara kimiawi menjadi benang ( rayon ) maupun dari bahan tambang seperti batu bara atau minyak bumi yang diproses menjadi polyester.

kehidupan sosial. Mendesak agar pemerintah mendukung usahanya mencari atau merestui pasaran di negara lain. sehingga harus disalurkan ke pasar internasional. bila perlu dengan dukungan militer yang kers. Konsekuesinya. Kegiatan yang dilakukan manusia berkat makin banyak pengalaman dan kecerdasan cukup makan waktu sekitar dua abad saja.3 DAMPAK DARI PEMBANGUNAN INDUSTRI Menurut Alfin Toffler dalam bukunya Gelombang Ketiga (The Third Wave ).menghasilkan tempat tinggal yang kuat dan lebih tahan lama. para kapitalis modern mempengaruhi politik pemerintahannya. dari berbahasa daerah ke bahasa nasional Indonesia. Budaya-budaya daerah asing bertemu dan membentuk budaya nasional sebagai puncak-puncak. Kebutuhan yang terus meningkat secara kualitatif dan kuantitatif mendorong usaha mencukupi kebutuhan sekunder yang dicukupinya dalam gelombang kedua berupa kegiatan atau revolusi industri. harganya lebih mahal. Terjadilah perubahanperubahan pada para urbanisan : dari petani menjadi pekerja. Pemakaian mesin menghasilkan produksi yang melimpah. Produk banyak demikian tidak tertampung lagi dalam pasaran local atau nasional. juga dilakukan usaha yang murah. polusi. Cara demikian menyebabkan memperoleh bahan mentah . Timbullah imperialisme modern yang menitikberatkan kegiatannya dalam bidang ekonomi setelah terjadi revolusi industri. Di samping mencari daerah pemasaran.000 tahun. Dampaknya dalam kehidupan makin meluas. Perubahan yang mendasar terjadi : dari kehidupan agraris menjadi industrial. Urbanisasi dalam pengetahuan lama dan sempit ( mikro ) merupakan perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan. urbanisasi. dari pola hidup yang komunal menjadi individual. 3. Manusia berusaha secara evolutif dari food gathering menjadi food producing dan tercukupilah kebutuhan hidupnya dari hasil pertanian. dan lebih-lebih ekonomi. Demi kelancaran pemasaran. kegiatann manusia untuk mencukupi kebutuhannya akan pangan menimbulkan gelombang pertama yang memakan waktu sekitar 7. Dampak industri yang sangat terasa dalam bidang ekonomi.

manusia memperoleh beberapa keuntungan. Dengan kecerdasannya manusia menciptakan mesin yang dapat lebih diperbudaknya. Transportasi Darat Transportasi darat timbul berkat roda bulat yang dapat berputar secara mudah. sehingga timbul sebutan time is money. 1. sejumlah besar orang dapat diangkut sekaligus yang membuat . lebih-lebih bila harus dinilai jarak yang ditempuh. kemampuan mengangkat dan mengusung oleh manusia ataupun binatang yang biologis terbatas dalam ringkat yang rendah. Jalannya waktu yang perlu cepat diikuti mengakibatkan sekunder jam memperoleh pasaran yang luas sebagai Kedua. Selain untuk mengangkut barang. Contohnya paling terkenal adalah imperialis Inggris sebelum Perang Dunia I : dari India sebagai jajan dibeli kapas dan di negeri itu juga tekstil dengan harga yang cukup bersaing terhadap kerajinan tenun. Dengan bus dan kereta api. disel ) yang daya angkutnya lebih tinggi. manusia yang memiliki mobilitas yang tinggi perlu bepergian. Manusia yang lemah tubuhnya. Alat-alat pengangkut manusia yang dibuat bahan-bahan abiologis jauh lebih kuat. Bahan mentahnya murah dibeli. kereta api ( listrik.keuntungan kaum kapitalis yang didukung pemerintah yang imperialis memperoleh keuntungan yang sangat besar. 3. sehingga waktu yang diperlukan bergerak dari satu ke tempat lain lebih singkat. lalu diciptakan kendaraan yang selain cepat juga memberikan kenyamanan dalam perjalanan. kapal besi yang besar memiliki daya angkat jauh lebih besar dan berat daripada daya angkut manusia dan binatang. kendaraan yang diciptakan mampu bergerak lebih cepat daripada gerak si pencipta sendiri. kebutuhan bagi manusia modern. tetapi berakal menciptakan pedati yang ditarik oleh hewan peliharaannya. Namun. kedua kelebihan tersebut memiliki konsekuensi atau dampak sampingan yang negatif. Waktu dirasakan makin berharga. terciptalah mobil.4 DAMPAK DARI TRANSPORTASI Dengan tata transportasi yang diciptakan. Roda yang di atasnya diberi tempat barang dan dibuat dari besi. Pertama. hasil industrinya dijual mahal ( berkat teknologinya yang lebih baik ). Daya angkat baik berat maupun banyaknya jauh melebihi daripada kalau harus diangkat sendiri.

manusia. kapal tanker yang membawa ribuan ton bahan bakar. 3.ongkos angkutnya relatif murah. Yang aneh adalah bahwa kereta api yang memiliki jalur khusus dapat tabrakan. Pertama. kapal laut dapat menjelajah ke negara yang memiliki pelabuhan di seantero dunia. 2. manusia yang menjadi korban bukan saja mati. justru menjadi penghubung. Karena itu timbul sebutan laut bukan pemisah. Dibangun kapal peti kemas yang mampu membawa ratusan peti kemas. Dunia terasa makin sempit berkat transportasi laut : zaman Columbus orang masih memakai layar demi memperoleh energi angin. pohon. Pesawat terbang memiliki beberapa kelebihan daripada transpotasi darat dan laut. Angkutan Laut Angkutan laut memiliki beberapa kelebihan daripada angkutan darat. Transportasi Udara Manusia menciptakan pesawat terbang meniru keprigelan burung terbang. Kedua. zaman Revolusi Industri II orang memakai kapal motor ( KM ) yang ukuran dan dayanya lebih tinggi daripada kapal-kapal sebelumnya. Kedua. Sekarang sudah ada pesawat yang kecepatannya melebih suara ( super sonic ). jembatan . Resiko yang sering harus dialami dengan penggunaan kendaraan bermotor berupa tabrakan yang sering menimbulkan kefatalan manusia sendiri. daerah perairan yang dangkal. melainkan hancur luluh. Pertama. Kereta api Prancis dan Jepang memiliki daya laju lebih dari 300 km per jam. daerah jajahannya lebih bebas . kapal induk yang mampu membawa peralatan perang berupa pesawat terbang sehingga digelari pulau terapung. zaman Revolusi Industri I dipergunakan kapal api yang memanaskan air menimbulkan uang sebagai energi. kapal dapat dirancang lebih besar lagi karena ruang geraknya lebih bebas daripada di darat. dapat mengarungi perairan yang tidak mungkin dilakukan kendaraan darat. Bandingkan ongkos naik bendi dari satu desa ke desa lain dalam satu kecamatan yang relatif pendek dengan ongkos naik kereta api dari Jakarta ke Surabaya yang sudah berbeda propinsi. Ketiga. bila sampai terjadi kecelakaan. sedang tranportasi laut memperoleh halangan adangnya karang laut. daya gerak atau terbangnya lebih cepat. Korbannya sering jauh lebih besar daripada mobil yang disebabkan adanya kesalahan manusia ( human error ). dan zaman mendatang orang akan mempergunakan kapal atom berkat energi atom yang dimanfaatkannya. pada kendaraan darat terhalang oleh bendabenda. hewan. . tiang listrik. Kapal sungai ataupun laut dirancang agar dapat mengapung dengan mempergunakan Hukum Achimedes.

atau memakai bendera. Industri pesawat terbang tersebut diubah perpanjangannya menjadi PT. Hanya suara yang terdengar. polusi udara. Pesawat yang memiliki empat buah mesin Rolls Royce. Berat badan 11. Corcorde adalah nama pesawat terbang buatan Inggris dan Prancis yang daya terbangnya melebihi kecepatan suara. bobot lepas landas 176. 3. Manusia berhadapan muka ( face to face ) berbicara dalam keakraban untuk jarak lebih jauh dengan tanda-tanda seperti dengan kentongan. Mudah-mudahan pesawat telepon yang juga dilengkapi dengan gambar dapat kembali menempatkan komunikasi yang akrab. Di antaranya dihasilkan pesawat yang diberi nama Krincing Wesi yang memiliki 68 seat ( tempat duduk ). digarap dalam tempo 10 bulan.5 DAMPAK IPTEK DALAM BIDANG KOMUNIKASI Sebelum dipergunakan alat-alat komunikasi yang elektronik.pulau. Burung yang alami tidak mengganggu dan burung karya manusia belum banyak jumlahnya dibandingkan dengan kendaraan darat maupun laut. Jarak Paris-New York ditempuh dalam 3 jam 33 detik yang hanya setengah lamanya terbang bila orang memakai Boeing 747.000 kg. Setelah melalui proses sekitar 13 tahun diresmikan namanya mejadi PT. Concorde terbang di atas wilayahnya dengan alas an polusi suara. sekitar 2.6 meter. Industri Pesawat Terbang Nusantara. IPTN ) tahun 1966. manusia berkomunikasi secara alami. Industri Pesawat Terbang Nurtanio ( PT. dan merupakan saingan produk nasionalnya. tanda morse. Setelah manusia menemukan alat komunikasi elektronik yang diawali dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell ( 1847-1922 ) komunikasi secara tatap muka seperti hilang. Banyak negara termasuk Amerika Serikat melarang. panjangnya 62 meter.2 kali kecepatan bunyi. Biaya pembuatannya $ 50 juta. Sarana komunikasi dengan radio dan televisi dalam wujud bentuk berita menyebabkan manusia mengetahui juga . di bawah pimpinan B. tingginya 12 meter.J Habibie dilakukan kerja sama dengan luar negeri seperti Spanyol dan Prancis. Indonesia juga membangun pesawat terbang yang dipelopori oleh Nurtanio Pringgoadisuryo dan Wiweko Supono ( 1953 ). sayapnya yang berbentuk delta 25.100 kg.

jarum suntik yang tidak steril lagi setelah dipergunakan oleh penderita AIDS. 3. facsimile yang bekerjanya jauh lebih cepat. Penularannya terutama melalui hubungan kelamin. teleks. Komunikasi melalui telepon mengalami beberap kali kemajuan. Hanya biaya yang relatif lebih mahal yang harus ditanggung.berita tentango orang atau bangsa lain. Pemakaian telepon. Ada sejumlah penyakit yang menular. radio telah ada di Indonesia sejak zaman Belanda. Hal-hal yang negatif praktis tidak ada. merupakan makhluk ( hidup yang biologis ) bergantung pada sumber daya alam (SDA ) yang sifatnya abiologis. Kalau tidak ada. dan kelamin.7 DAMPAK IPTEK TERHADAP SUMBER DAYA ALAM Jumlah manusia yang terus meningkat. Yang modern telah mempergunakan telegram. Sejak tahun 1989 di Indonesia telah ada lima stasiun televisi swasta. 3. dunia akan penuh dengan makhluk hidup yang pada akhirnya Bumi tidak mampu lagi mendukung kehidupan manusia. cacar. Pada mulanya telepon mempergunakan kawat sebagai sarana penghubungnya dan diperlukan orang sebagai pengatur ( operator ). diperkirakan pada akhir abad XX mencapai 6 miliar. frambusia. Di antara makhluk hidup . Suatu sumbangan besar bagi kesejahteraan manusia.6 DAMPAK IPTEK TERHADAP KESEHATAN Penyakit berupa kuman secara ekologi memang harus ada di Bumi. Komunikasi secara tertulis yang tradisional dilakukan dengan surat. di antaranya malaria. Kemudian ada telepon otomat yang tidak memerlukan operator. Sekarang orang dengan muda dapat berhubungan dengan telepon melalui satelit. paru-paru. Indonesia memiliki Palapa yang dikendalikan melalui stasiun Bumi di Cibinong. tetapi televisi baru ada tahun 1962 dan hanya dimiliki oleh Pemerintah. yaitu penyakit akibat manusia kehilangan kekebalan tubuh dan sampai sekarang belum diperoleh obatnya yang mujarab. Komunikasi dengan cara-cara tersebut di atas praktis memberikan nilai positif bagi manusia. Sekarang yang menakutkan adalah AIDS ( Acquired Immmunodeficiency syndrome ). sehingga membahayakan masyarakat. kolera.

1. SDA yang diperlukan oleh manusia berupa tanah. tidak berlebihan. diperlukan air bersih dalam wujud warna jernih atau putih. 2. Bila tidak dalam keadaan terpaksa. Pada binatang makan seberap diperlukan. dan bahan tambang. Air bersih dalam pengertian ekologi adalah air yang memungkinkan makhluk hidup bertempat tinggal. Selain untuk kebutuhan primer. Bagi manusia yang tingkat peradabannya tinggi. kebutuhannya sudah meningkat pada yang sekunder atau tersier. . Pemakaian dengan produk teknologi modern demikian dapat menimbulkan efek samping. terutama zaman dahulu yang manusia hidupnya sebagai petani. apa yang akan dimakan sudah dipersiapkan atau ditimbun lama sebelumnya. Manusia berusaha agar kesuburan dapat terus dipelihara. tanah menjadi tandus. Air yang diperlukan cukup besar. Manusia kota makin banyak memerlukan air. mobil perlu dicuci. Lantai rumah perlu dipel. karena pertumbuhan penduduk terus bertambah secara cepat. walaupun wujudnya keruh. walaupun ada manusia yang hidup di perahu seperti suku Bajo. Di tanah jugalah manusia memperoleh tanaman yang akan dimakan. Tanah yang telah ribuan dimanfaatkan oleh manusia. air. Berdasarkan pengalaman dan pengetahuannya yang makin banyak dilakukan pemupukan secara alami yang secara psikologis memang benar. Air Air merupakan SDA penting bagi kehidupan manusia. tetapi jumlahnya amat sedikit. maka SDA cepat terkuras yang pada suatu saat alam tidak mampu lagi mendukung kehidupan manusia di Bumi. Tanah Tanah merupakan tempat manusia hidup. tanaman kesayangan di pekarangan disirami setiap hari. Akibat keserakahan manusia. Air yang tercemar dpat mengancam kehidupan manusia. sehingga mulailah orang berteriak akan kekurangan air ( krisis air ).yang namanya manusia memiliki sifat serakah. usaha memelihara kesuburan tanah dalam zaman modern dilakukan dengan pupuk pabrik. udara. Namun. manusia enggan minum air yang keruh warnanya. kesuburannya makin berkurang.

sisa bahan bakar kendaraan bermotor atau industri. sebagian dengan mengolah air sungai menjadi air bersih Pejompongan. Bahan Tambang Kebutuhan manusia yang kian banyak tidak tercukupi lagi oleh SDA di permukaan tanah. melainkan melipatgandakan. Demi kesejahtaraan hidupnya. SDA yang dapat dipertahankan dibedakan atas yang dapat diperbaharui ( renewable ) wujudnya flora dan fauna. curah hujan. atmosfer. tersebut merupakan bahan baku bagi melalui penjernihan seperti mendirikan instalasi di penyusun tubuh makhluk hidup. Di samping itu adanya suara bising ( noise pollution ) baik karena kendaraan darat bermotor. Kekotoran udaran di kota terutama disebabkan karena terlalu padatnya manusia yang tinggal. karbon dioksida ( CO2 ) 0. Sebagian dilaukan dengan mendatangkan air pegunungan melalui pipa. misalnya DKI memperoleh pemasok air pegunungan dari Bogor. diubah misalnya tenaga atom. manusia berusaha hanya sekedar memperbaharui. SDA yang akan habis fosil karena asalnya dari makhluk hihup yang sudah ribuan bahkan jutaan tahun. lebih-lebih oleh bunyi pesawat terbang ( terutama bagi penduduk yang tinggal dekat bandara ). namun tidak terlalu mudah dilakukan. sehingga dan perairan air. tenaga angin. kalau pun berubah melaui kegiatan manusia. Sedangkan yang tidak dapat diperbaharui ( .03& air ( H2O ) yang bergantung pada daerahnya. tenaga pasang surut. Yang dapat disalahgunakan manusia kualitasnya menurun misalnya matahari. Udara Udara merupakan kebutuhan lain untuk makhluk hidup terdapat di atmosfer. Komposisi gas dalam udara terutama terdiri dari oksigen ( O2 ) sekitar 20% . Siklusnya dalam biosfer terjadi melalui 4.Cara yang umum dilakukan oleh pemerintah kota di Indonesia adalah dengan mendirikan perusahaan air minum ( PAM ). 3. Komponen-komponen aktivitas kehidupan organisme. pemandangan alam.

nonrenewable ) wujudnya adalah satwa liar. Lingkup konsumsinya kecil. Sedangkan SDA yang tidak dapat dipertahankan dapat dilakukan pertama dengan menggunakannya lagi seperti logam dan permata. mendorong manusia mencarinya di laut. Pada akhir abad XX dunia berteriak akan habisnya sumber minyak bumi. karena lingkup konsumsinya besar. misalnya penamangan minyak lepas pantai ( off shore ) di pantai utara Jawa. sehingga diperlukan penghematan dan dicarai sumber energi lain sebagai alternatifnya. Konsekuensinya adalah bahwa wilayah laut yang sebelumnya tidak tercemar makin tercemar juga. penambangan timah di dasar laut di daerah Bangka. Karena tidak semudah memperolehnya di daratan. . maka diperlukan teknologi yang lebih canggih. Makin menipisnya persediaan SDA di daratan akibat pengurasan oleh manusia. Manusia agar pemakaiannya dihemat atau dicarai pengantinya ( tiruan ). ekosistem alami oleh manusia diusahakan agar tetap terpelihara karena itu dilindungi.

wordpress. IPTEK pada pengembangan industri c. diantaranya: a.M. melalui IPTEK. IPTEK pada kebutuhan pokok b. Untuk itu. IPTEK pada sumber daya alam 4.2 Saran Adanya Ilmu pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) adalah buah pikiran manusia.com Diposkan oleh WICASCOUT di 08:07 . 1999. Dengan cara meneliti. Jakarta: Ghalia Indonesia http://aathidayat. manusia mengelola untuk kemaslahatan hidupnya. Kita harus mencitakan alat-alat yang bermanfaat bagi kehidupan sosial.BAB IV PENUTUP 4. IPTEK pada pengembangan transportasi d. dkk. IPTEK pada bidang kesehatan f.1 Kesimpulan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) banyak memberikan manfaat bagi kehidupan sosial masyarakat. IPTEK pada bidang komunikasi e. DAFTAR PUSTAKA Widyasiswoyo M. dan mengkaji objek penelitian sesuai dengan keperluannya. Supartono. mengembangkan. Dan satu hal yang penting bagi dalam mengembangkan ITPEK kita harus mengembangkan ilmu pengetahuan yang ramah lingkungan untuk mengurangi negatif dari sebuah teknologi. Drs. Ilmu Alamiah Dasar cetakan revisi. kita semua harus mengenalkan IPTEK sebagai bekal kemajuan hidupnya. IPTEK sangat berpengaruh dalam berbagai bidang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful