P. 1
Keperawatan sebagai profesi

Keperawatan sebagai profesi

|Views: 86|Likes:
Published by Mohamad Judha

More info:

Published by: Mohamad Judha on Feb 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

Oleh : Mohamad Judha

KEPERAWATAN SEBAGAI PROFESI

Profesi ? 
Schein ( 1962 ) : sekumplan pekerjaan yang membangun suatu norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya dimasyarakat.  Huges ( 1963 ) : mengetahui sesuatu lebih baik tentang suatu hal dari orang lain dan mengetahui lebih baik dari kliennya tentang apa yang terjadi pada kliennya.

Lanjutan...... 
Greenwood (1957) : ciri pekerjaan sebagai profesi adalah adanya teori yang sistematik, otoritas, wibawa (martabat ), kode etik dan budaya profesional.  Hall (1968) : suatu pekerjaan yang harus melalui 4 tahapan :
Pengetahuan dari dari perguruan tinggi, menjadi pekerjaan utama, adanya organisasi profesi, adanya kode etik.

Profesi 
Landasan ilmu pengetahuan yang jelas  Memiliki kode etik  Memiliki lingkup dan wewenang berdasarkan standart tertentu  Organisasi profesi yang diakui

Landasan ilmu pengetahuan yang jelas 
Pendidikan yang berjenjang : tingkat perguruan tinggi .  D3 ?, S1 ( Sarjana ) S2 (Magister ) S3 ( Doktoral )  Secara Keilmuan mengalami spesifiksitas tinggi.  Jenjangnya memiliki pengakuan yang jelas oleh pemerintah.

Memiliki kode etik 
Kode etik berarti memiliki rentang nilai /aturan yang disepakati oleh profesi dan diterapkan pada tempat dimana profesi itu berada.  Perdebatan etik biasanya terkait oleh karena kompleksitas isue HAM, terkait dengan teknologi dan genetika, kode etik dan regulasi yang ada.

Memiliki lingkup dan wewenang berdasarkan standart tertentu 
Lingkup dan standart tertentu berarti :
Ilmu : profesi tertentu hanya memiliki beberapa atau satu ilmu dasar dengan ilmu lain sebagai penunjang .
‚ ‚ ‚ ‚ Bagaimana dengan perawat ? Bagaimana dengan dokter ? bagaimana dengan apoteker ? Bagaimana dengan pengacara ?

Lanjut...... 
Wewenang berdasarkan standart tertentu dengan berfokus kepada :
Autonomy Beneficiency Justice

Organisasi profesi yang diakui 
Adanya dasar hukum yang kuat sehingga perlu adanya suatu wadah menampung aspirasi anggota masyarakat .
Perlindungan konsumen Perlindungan profesi Iklim profesi yang jelas terarah 

Pengakuan organisasi secara sah oleh pemerintah.  Keikut-sertaan organisasi profesi di forum internasional 

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

CIRI PROFESI KEPERAWATAN
- Berbicara tentang keperawatan kita tidak bisa lepas dari hakekat keperawatan dan philosofy keperawatan
- Kedua hal tersebut menjadi dasar berfikir dan

bertindak seorang perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan

Apa itu keperawatan ? 
Henderson mendefinisikan keperawatan sebagai kegiatan membantu individu untuk mendapatkan kemandirian dalam beraktivitas yang berkontribusi terhadap kesehatan atau proses penyembuhannya saja. Henderson mengkategorikan aktivitas keperawatan kedalam 14 komponen kebutuhan dasar manusia, serta membagi peran perawat kedalam 3 peran yaitu :
subtitutif ( melakukan untuk orang lain ) suplementari ( membantu untuk orang lain ), komplementari ( bekerja untuk orang lain ), dengan tujuan untuk membantu orang menjadi mandiri.

Falsafah keperawatan 
adalah suatu konsep dasar yang membentuk kemampuan intelektual dan sikap seorang perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan dengan memahami hubungan antara manusia, keperawatan, kesehatan dan lingkungan. Praktek dari profesi keperawatan mengharapkan suatu iklim yang mendorong pengembangan dari perilaku-perilaku kesehatan, mempromosikan pemulihan yang optimal, dan membantu manusia sebagai klien dalam rentang sehat-sakit 

Falsafah keperawatan merupakan pandangan dasar tentang hakekat manusia serta esensinya terhadap keperawatan yang kemudian menjadi kerangka berfikir, bertindak dalam praktek keperawatan. Hakekat manusia sendiri sebenarnya merupakan makhluk yang kompleks yang terdiri dari biologis, psikologis, sosial dan spiritual. 

Pada falsafah keperawatan berisi tentang memandang manusia sebagai makhluk yang holistik yang harus terpenuhi kebutuhan dasarnya sebagai makhlik biologis, psikologis, sosial dan spiritual dengan memandang tanpa membedakan suku, agama, ras, status sosial dalam menerima asuhan keperawatan secara langsung dengan bersama-sama anggota tim kesehatan yang lain.

Apa yang ada di pikiran kita jika melihat seperti ini ? 

Chinn & Kramer (1999) karakteristik keperawatan merupakan gabungan dari disiplin keilmuan dan seni. Seni dalam pengertian keperawatan berarti memahami konsep sehat sakit secara holistik dan persepsi dari moral dan etik yang sesuai dalam merawat. Yang sebaiknya merupakan gabungan antara kemampuan teknikal dengan teori yang relevan. 

Sebagai sains keperawatan adalah aplikasi kesehatan dari inti teori keperawatan, ilmu perilaku dan alam, kemanusian dan seni. Dimana keseluruhannya berperan dalam pemberian asuhan keperawatan. Menggunakan semua pengetahuan, kompetensi dan kemampuan untuk menolong pasien mendapatkan kualitas hidup kesehatan, kesembuhan atau meninggal dengan tenang.

Profesi keperawatan 
Landasan ilmu pengetahuan yang jelas  Memiliki kode etik  Memiliki lingkup dan wewenang berdasarkan standart tertentu  Organisasi profesi yang diakui 

Landasan ilmu pengetahuan yang jelas 

Memiliki kode etik 

Memiliki lingkup dan wewenang berdasarkan standart tertentu 

Organisasi profesi yang diakui

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->