P. 1
Teknologi Ekonomi Global Dan Kekuatan Sosial Chap 13

Teknologi Ekonomi Global Dan Kekuatan Sosial Chap 13

|Views: 39|Likes:
Published by Uchi Biola Hiola

More info:

Published by: Uchi Biola Hiola on Feb 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2012

pdf

text

original

Teknologi: Ekonomi Global Dan KekuatanSosial Chapter 13

Teknologi merupakankekuatandari ekonomidan sosialyang jelasdi dunia kita.Komunikasi global, pertukaran bisnis, dantugas-tugas sederhanamembentuk hidupkita sehari-harisecara signifikandandipengaruhioleh teknologi.Apakah kita berada di rumah, di sekolah, atau di tempat kerja, munculnya inovasi teknologi telah secara dramatis mengubah cara hidupkita, bermain, belajar, bekerja, dan berinteraksi dengan orang lain. Yang menyertai perubahan-perubahan dramatis dalam komunitas global kita adalah efek mendalam pada individu, bisnis, dan masyarakat, sehinggamemunculkanpertanyaan-pertanyaan sosial dan etika yang penting.

KekuatanLedakan Dari Teknologi Sepanjang sejarah, teknologi telah menjadi kekuatan ledakan.Telah berulang kali meletus, mengerahkan pengaruh yang besar pada umat manusia, bisnis, dan dunia.Membendung kemajuan teknologi hampir tidak mungkinmuncul, seperti yang terlihatdenganmunculnya nanoteknologi.Kegembiraan atas nanoteknologi, kemampuan untuk menciptakan struktur buatan manusia hanya beberapa miliar meter dalam ukuran, tersebar di seluruh masyarakat ilmiah dan bisnis seperti api di awal 2000-an. Pemerintah dan swasta kapitalis ventura menginvestasikan miliaran dolar untuk mendukung penelitian nanoteknologi di AS, Asia, dan Eropa. Beberapa percaya bahwa nanoteknologi bisa merevolusi bidang elektronik dan manufaktur, dengan analis memprediksi pasar 40 miliar-75 miliardolarpada tahun 2010.  DefinisiTeknologi Teknologiadalahistilah yang luas yang mengacu pada pengetahuan dan penggunaan alatalat kemanusiaan dan kerajinan.Fiturdominan teknologi adalah perubahandankemudianperubahanlagi.Misalnya, nanoteknologi telah membawa perubahan sehingga beberapa berbicara tentang hal itu dalam pengertian merekamengalamimasa shock, di mana perubahan terjadi begitu cepat yang mendekati batas toleransi manusia dan orang-orang kehilangan kemampuan mereka untuk mengatasinya dengan sukses.Meskipun teknologi ini bukansatu-satunyapenyebabperubahan dalam masyarakat, tetapimerupakan penyebab utama.Baik secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam perubahan yang palingseringterjadi di masyarakat. Fitur lain dari teknologi ini adalah bahwa efek yang meluas, mencapai jauh melampaui titiklangsungdampak teknologi. Riak teknologimelalui masyarakat sampai setiap komunitas terpengaruh olehnya.Misalnya, telekomunikasi, transmisi informasi melalui jarak yang besar, telah memainkan peran historis yang signifikan dan positif dalam pembangunan masyarakat kita.

 MendorongPertumbuhanTeknologi Dinamikaledakan pertumbuhan teknologi didokumentasikan dalam bagaimana bisnis beroperasi dan orang-orang hidup. seperti yang ditunjukkan pada Gambar 13. pertukaran bisnis elektronik antara bisnis muncul sebagai kekuatan ekonomi dan sosial yang sangat kuat di global. MunculnyaBisnisBerteknologiTinggi Teknologi dan bisnis telah terjalin sejak Revolusi Industri. sementara tantangan etika dan sosial yang serius juga muncul. melalui internet. "teknologimemberikan padadirinya sendiri. dimanateknologi membuatteknologilainnyalebihmungkin". umumnya disebut sebagai e-commerce. yaitu.  Teknologi Dan E-Commerce Selama fase era informasi perkembangan teknologi.  FaseTeknologiDalamMasyarakat Lima fase yang luas dari teknologi memiliki perkembangan.Hubungan antara kedua menjadi lebih kuat di era informasi.Fiturmemperkuatdiriiniberartibahwa teknologibertindak sebagaipenggandauntuk mendorong pembangunansendirilebih cepat. Penelitian dan Pengembangan Investasi. kemitraan yang mempengaruhi.Bertindakdenganbagian lain darimasyarakat sehinggapenemuandi satu tempatmenyebabkanberurutanpada penemuan-penemuandi tempat lain.Banyak dari inovasi ini telah membaiknya pertukaran bisnis. 2.Fitur tambahandari teknologiadalah bahwadapatmemperkuat diri.Seperti yang dinyatakanoleh AlvinToffler.Mendasari perkembangan ledakanterdapat dua faktor penting. Pertukaran ini bisnis elektronik.Teknologi mempengaruhi setiap aspek dari inovasi pasar-mengemudi global. yang terdiri dari membeli dan menjual barang dan jasa secara elektronik. Pertumbuhan Ekonomi dan Produktivitas Pekerja. . sehingga sekitar lima fase mewakili kemajuan peradaban sepanjang sejarah.1. dimulai dengan teknologi terendah dan bergerak lebih tinggi dengan setiap langkah. yaitu: 1. terutama dengan munculnya pertukaran bisnis elektronik.Negara-negara cenderung untuk bergerak secara berurutan melalui setiap tahap. dan mengubah hubungan bisnis pemangku kepentingan.

 PeraturanPemerintahTentang Internet . memungkinkan orang dan bisnis di seluruh dunia untuk berkomunikasi dan melakukan bisnis dengan setiap sistem. dan telepon seluler. dan peralatan komunikasi. voice mail. perangkat hiburan. Eropa.Individu dan bisnis di negara-negara maju di Amerika Utara. Teknologi “Adidaya” Inti dari industri teknolog itinggi adalah pembangun sistem teknologi informasi. Teknologi perangkat ini telah menjadi alat yang umum. Teknologi tinggi telah membangun infrastruktur untuk masyarakat informasi.Memungkinkan pengguna untuk mengirim menerima e-mail dan mengakses informasi dari hampir semua perpustakaan atau komputer pribadi. industri teknologi tinggi didasarkan pada kerja yang dilakukan oleh perusahaan yang menggali parit dan meletakkan pipa yang mengandung serat-optik kabel dan yang membangun server yang menghubungkan jaringan. Sedangkan desainer halaman Web mungkin menerima banyak pers. mesin penjawab. hampir setiap manajer Amerika menggunakan komputer desktop. • • Spam.  Munculnya Internet Salah satu inovasi teknologi yang paling terlihat dan luas penggunaan beberapa tahun terakhir telah internet. • Blog Dan Vlog.Dalam lingkungan di tempat kerja saat ini. lainnya pemijahan e-commerce. Phishing. dan bagian dari Asia lebih dari sebelumnya tergantung pada perangkat komunikasi elektronik untuk mengakses informasi dan melakukan transaksi bisnis. atau world wide web.  MunculnyaPartisipasi Global Internet Lebih banyak orang lebih memiliki akses ke teknologi daripada sebelumnya. mesin fax.Penduduk negara-negara berkembang semakin menikmati energi bertenaga alat.Internet adalah jaringan komunikasi elektronik global yang menghubungkan individu dan organisasi.

sebagian besar setuju bahwa itu ada. dan sensor dari teknologi internet. jelas dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup kita. IsuSpesial: Kesenjangan Digital Beberapa orang khawatir bahwa fenomenal perkembangan dan penggunaan teknologi yang lebih besar di negara maju dibandingkan negara-negara berkembang atau antara beberapa segmen populasi yang lain di negara maju. belajar hal baru. inisiatif kolaboratif oleh bisnis. Sementara beberapa memperdebatkan keparahan dari fenomena tersebut. dan atau kebangsaan tampaknya terkait dengan kesenjangan digital.KeuntunganSosialDalamMenggunakanTeknologi Meskipun semua teknologi didokumentasikan kepada pelanggaran atas penyalahgunaan blog dan vlogs.Bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain. dan organisasi nirlaba menangani akses internet di seluruh dunia dan tampaknya telah membuat agak menyempitnya kesenjangan digital ini. dan informasi medis meningkatkan kehidupan orang di seluruhdunia. melakukan bisnis. Kesenjangan antara mereka yang memiliki teknologi dan mereka yang tidak telah disebut sebagai kesenjangan digital.Inovasi teknologi dalamm-commerce. Baru-baru ini. gangguan spam dan phishing. Perbedaan dalam usia. pemerintah. . dan memperoleh informasi yang ditingkatkan oleh teknologi. pendidikan. pendapatan. etnis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->