KATA PENGANTAR

Puji dan syukur, penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini, dimana makalah ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana. Tujuan penulisan makalah ini dibuat sebagai salah satu syarat tugas mata kuliah LINUX. Dalam penulisan makalah ini penulis sudah berusaha semaksimal mungkin. Namun, keterbatasan merupakan salah satu kendala yang ada pada diri manusia dan penulis sangat menyadari hal tersebut, sehingga kritik dan saran penulis harapkan guna penyempurnaan makalah ini. Pada kesempatan kali ini, izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada : 1. Tuhan yang maha esa yang telah memberikan kemudahan dalam penyusunan laporan ini.
2. Ibu Titik Misriati selaku instruktur Lab. 3. Kakak Rizki AulianitaAss instruktur.

4. Teman teman semuanya. Penulis sadar betul bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna karena itu penulis berharap saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan. Akhir kata semoga makalah ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.

Bekasi, 22 Oktober 2011

melaporkan bug. Pada awalnya.Linux ini disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNUGeneral Publi License (GPL). Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakansebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution). Linux mendukung banyak perangkat keras komputer.Abiword.org.basisdata. KOffice. tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME danKDE). Kini Linux telahmendapat dukungan dari perusahaan besar seperti IBM dan Hewlett-Packard. Para pengembang Linux memanfaatkan jaringanInternet untuk melakukan tukar-menukar kode. danmembenahi segala masalah yang ada. serta faktor keamanan dan kestabilannyadibandingkan dengan Microsoft Windows.dikembangkan. Linux dibuat.superkomputer dan sistem benam (embedded system). Pengembangan Linux pertamakali dilakukan oleh Linux Benedict Torvalds pada . yang berarti source code Linux juga tersediabagi publik. seperti teleponseluler (Ponsel) dan perekam video pribadi. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan inidikarenakan Linux tidak bergantung dan kepada vendor yang (vendor tinggi independence).dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi. bahasa pemrograman.Penulis Linux Dan Sejarahnya Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangatpopuler untuk computer. Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesatdari segi popularitas.biaya operasional yang rendah. kompatibilitas dibandingkanversi UNIX proprietari. Setiap orang yang tertarik biasanyabergabung dalam pengembangan Linux ini. sehingga lebih populer dari versi UNIX yangmenggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIXbebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windowsdalam beberapa sisi. Gnumeric.Contoh program tersebut adalah server web. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti ataskeunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka(opensource software). yang didalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice. dan digunakan oleh peminatnya saja. Linux dikembangkan oleh perorangan maupun kelompok yangbekerja secara sukarela.

Adapun Minix inimerupakan sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew S. Nah. MS 9x sampai Vista).multiprosesor. Finlandia. Dengan kata lain. bekerja sama dengan MITdan General Electric membuat sistem operasi bernama Multics (sudah pernahdengar belum?). Adapun Minix ini digunakan untuk keperluanpengajaran dan pendidikanNamun Linus merasa bahwa Minix masih memiliki banyak kelemahan. Adapun UNIX merupakan salah satu sistem operasi populer selainkeluarga raksasa Microsoft (mulai dari DOS. 1988 Linus diterima di Univerity of Helsinki dan pada tahun 1990. sebuah laboratorium milik AT&T.Saat itu ia sering mengutakatik komputer kakeknya.OS/2.tahun 1991 di UniversitasHelsinki. Sejarah linux UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnyaLinux ke dunia ini. seorang professor yang menggeluti penelitian masalah OS dariVrije Universiteit. Akhirnya ia menggantisistem operasi openSource Minix yang berbasiskan UNIX. Finlandia padatanggal 28 Desember 1969. sudah mengenal bahasa pemrograman pada umurnya yang ke 10. proyek inimengalami hambatan karena dalam kenyataannya Multics banyak terdapat bugs dan sulit sekali dioperasikanKenal Linus Torvalds kan? Linus dilahirkan di Helsinki. dan multilevel filesystem. OSbuatan Microsoft.Karena hobinya dalam dunia komputing. Commodore VIC-20. Linus memulai kelas pemrograman Cpertamanya.Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIXseperti yang dipakai komputer milik universitasnya. Orang yang disebut sebagai Bapak Linux(LINusUniX) ini. AT&Takhirnya menghentikan proyek pembuatan Multics karena sistem operasi Multics ini sudah tidak memenuhi tujuan semula. Belanda. seperti multiuser. Dan ia mulai . Linus tidak puas terhadap sistem operasiyang ada pada PC pertamanya (MS-DOS atau Disk Operation System). Pada tahun 1991.Dan mulai saat itu. Linus mulai mengutak-atik kernelMinix.Tanenbaum. di usianya yang ke-23. MacOS dan lainnya. UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang ada saatini. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan daribanyak programmer dan pakar UNIX di Internet. sistem operasi Multics ini awalnya didesain denganharapan akan menciptakan beberapa keunggulan. Namun pada tahun 1969. BeOS.Sejarah kemunculan UNIX dimulai pada tahun 1965 ketika para ahlidari Bell Labs. Novell.

dan biasanya dengan banyaknya distro Linux yang beredar akanmembuat orang awam bingung untuk memilih distro. lahirlah Linux 0. secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.01 hasil oprekan Linus. Mulaidari yang berbayar sampai yang gratis. Linux dibangun oleh berbagai macam komunitas dan jangan heran apabila banyak sekali distro-distro Linux yang beredar. InsyaAllah bila tidak ada halangan.02yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler. yang ternyata disambut dengan sangat antusias oleh paraprogrammer dan developer di seluruh dunia agar dapat di develop bersama-samaSampai saat ini. sayaakan memberikan tips-tips memilih distro Linux. besar kemungkinan Linux akan menjadi alternatif (atau bahkansistem operasi utama di dunia). Selain itu.mengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBMPC. Bayangkan. Pada bulan Agustus 1991. Namun perlahantapi pasti. danpada tanggal 5 Oktober 1991. . diantara distro-distro Linux ini ada yang menyamai (atau bahkan)melebihi kemampuan dari Sistem Operasi keluarga raksasa (Microsoft) dandengan semakin mudahnya dan semakin lengkapnya dukungan Linux padahardware. Linus juga mempublikasikan sistem operasi buatannya tersebut lengkap dengan source codenya. adaberatus-ratus distro yang tercipta atau bahkan beribu-ribu. dari untuk pemula sampai tingkatlanjut.

telah terdapatalternatifnya di Linux. 3. juga mewarisi kestabilan ini. Linux mudah digunakan dan dapatdikatakan hampir semudah menggunakan Windows. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan datamaupun perangkat keras-pun akan lebih efisien. Perangkat keras (hardware) yang telahberusia lama. yangmerupakan varian dari UNIX. 5.tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar.com). komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Linux relatif stabil. Jarang ditemui. Dari hasil riset IDC. Linux mudah digunakan. pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25. masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baikdi atas Linux. dsb. Linux dan Virus. Sehingga dapatdikatakan. Sehingga. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Linux dikatakan merupakan sistemoperasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker.spyware. 4. pandangan ini salah besar. hal ini tidaklahterjadi. tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli ataumenggunakan Linux. Dapat dikatakan.Kelebihan linux 1. Pada Windows. Linux. akan sangat sangat sangat sulit menjangkitidan menyebar ke user yang lain.Di mana. Kita dapat mengakses situs web Open Sourceas Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dancukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux. 2. Artikel yangmenunjang argumen ini: 1. trojan. hampir tidak terjadi pada Linux. Melindungi Windows dari serangan virus dengan menggunakanLinux. Hal ini. adware. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuangdan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu . Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). yang mana bila virusmenjangkiti user tertentu.hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus.kini. 2. Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows.6. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasiUNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Namun.7% (dapat dibaca di eweek. Linux sejak awal didesain multi-user. Dulu.

Pada Windows. . bisa jadiada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapatdibuka lagi di Windows Vista.Selain itu.denganmenggunakan Linux (sebagai penunjang informasi dapat membacaartikel “Don’t Throw That Old PC Away–Give It New Life with Linux“). telah dirilis WindowsVista. kita harusberalih ke Windows Vista. Atau. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidakdapat dibuka dalam Windows XP. beberapa bulan lalu.com). Sehingga.kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkatkeras. dan itu berarti meng-upgrade atau membeliperangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus (perangkat kerasminimum Windows Vista dapat dilihat Microsoft. tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih barutidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. mau tidak mau. Sebagai contoh. karena sudah tidak didukung lagi olehMicrosoft.

maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like(seperti Linux). 4.maka kita harus men-download satu per satu package yangdibutuhkan beserta dependencies-nya. Untuk mencari daftar perangkat keras yangdidukung pada Linux.org atauLinuxHardware. 2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidakterlalu baik pada Linux. 3. Bila tidak. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihanatau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.org. akan menjadi lebih mudah bila terkoneksike internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya.Kekurangan Linux 1.Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yangsuka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar. . kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.Instalasi software di Linux. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows.

S. bahkan G5. Distro ini juga dapat bekerja dengan baik di berbagai spesifikasi sistem tanpa perlu ngoprek di command line. Fedora Core jelas merupakan hasil evolusi dari Red Hat Linux yang berhenti di versi 9.u. Inc. Fedora Core memiliki penampilan. dan tidak banyak berubah dari rilis sebelumnya. Suse SUSE Linux adl salah satu distro Linux utama yg dibuat di Jerman. termasuk GNOME 2. G4. tetapi ada informasi . Fedora Core 4 dapat dibakar ke empat keping CD atau sebuah DVD.MACAM – MACAM LINUX 1. sebuah proyek komunitas yang mengkhususkan diri membuat berbagai paket aplikasi untuk dijalankan di Red Hat Linux. sehingga dapat dijalankan di prosesor Apple G3.S. kini pengguna Apple memiliki alternatif sistem operasi yang stabil selain Mac OS X.10 dan KDE 3. Kabar baik untuk para pengguna komputer Apple. dirilis tanggal 13 Juni 2005. Fedora menggunakan installer Anaconda yang berbasis grafik sehingga mudah diikuti. Dengan begitu. Fedora Core 4 memuat semua update software terbaru. Instalasi Fedora Core 4 mudah. Distro ini tidak menggunakan live CD dan harus diinstall ke harddisk.und System-Entwicklung” (“Perangkat lunak &amp. dan fungsionalitas khas Red Hat Linux. Melihat sejarahnya. Fedora Core 4 kini mendukung penuh arsitektur CPU PowerPC. adalah rilis terbaru dari Fedora Project yang menawarkan banyak perbaikan dan feature baru dibanding versi pendahulunya. pengembangan sistem”).E adl singkatan dr kalimat dlm bhs Jerman “Software. SUSE Linux aslinya merupakan terjemahan dlm bhs Jerman dr Slackware. 2. Perusahaannya sekarang ini dimiliki oleh Novel. Karena hasil evolusi.4 yang semakin cantik dan menunjang kinerja. Fedora Core 4. “rasa”. Fedora Core 4 Fedora Core adalah distro besutan Red Hat Project setelah bergabung dengan Fedora Project.

Tidak perlu takut untuk mencobanya mengingat lengkapnya dokumentasi yang tersedia untuk distro ini. Distro ini memiliki semua aplikasi Linux yang kemungkinan besar dibutuhkan oleh semua orang. SUSE Linux Professional (SLP) 9. Distro ini juga mendukung aneka prosesor yang ada di pasaran seperti Intel x86. Pada tahun 2003. berkualitas. Berbagai aplikasi itu kemudian disajikan dengan pilihan antarmuka KDE Atau GNOME yang terbaru. Tentu saja yang disarankan adalah prosesor minimum Pentium 1GHz. SLP 9. Inc. Distro asal Jerman ini memiliki tim developer terbesar di dunia yang telah banyak berjasa mengangkat nama SUSE sebagai solusi Linux paling lengkap saat ini.04 Ubuntu mengambil namanya dari bahasa Afrika Kuno.tdk resmi yg mengatakan bahwa S. AMD64. Ubuntu dapat dipakai baik untuk mesin yang berfungsi sebagai server maupun sebagai komputer desktop. SUSE LINUX termasuk distro yang paling dihormati sebagai penyedia solusi dan teknologi unggul di dunia sistem operasi open source. memory 256MB.3 dapat dijalankan di Pentium berkecepatan rendah dengan memory minimal 128MB dan ruang harddisk 500MB. . seorang power user. hanya saja distro ini mungkin lebih tepat untuk developer. Jadi.ubuntulinux. atau seseorang yang tertarik untuk mencoba sampai sejauh mana desktop Linux dapat digunakan.E dihubungkan dgn ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse. Sebagai distro Linux high-end. handal.S. 3.5GB. dan gratis. Yang perlu diingat adalah sejak awal adalah SUSE LINUX punya reputasi sebagai distro yang bukan diperuntukkan buat pengguna awam. dan harddisk 2.u. Menurut situs Ubuntu (www.org). nama Ubuntu bermakna “kemanusiaan bagi sesama”. Ubuntu 5. dan PowerPC. Distro ini lahir dari keinginan para pengembang Linux untuk menyajikan sebuah distro Linux yang mudah dipakai. jangan mengharapkan distro ini akan semudah Xandros atau Linspire.3 adalah sebuah distro sistem operasi desktop yang mengundang decak kagum saat dicoba. SUSE LINUX resmi diakuisisi oleh Novell.

Jika pengguna lebih suka dengan modus teks. atau sebagai perkakas untuk perbaikan (recovery). Knoppix 3. Pentium.iso) dengan cara mengunjungi alamat www. versi install CD merupakan distro Ubuntu yang dikhususkan untuk dipasang dalam harddisk. III. AMD.Proyek Ubuntu (Ubuntu Project) disponsori oleh Canonical Ltd. pastikan Anda mendapatkan atau men-download file image yang sesuai dengan keperluan.com/. untuk kepentingan edukasi dan demo produk di sekolah atau perguruan tinggi. PC 64-bita (AMD64) 4. spesifikasi komputer yang diperlukan bisa lebih rendah lagi daripada spesifikasi tersebut. berarti “aku adl aku krn keberadaan kita semua”. kartu grafis VGA dengan kedalaman 256 warna atau lebih tinggi. Pentium II. Dengan menggunakan metode dekompresi secara on the fly.04 Hoary Hedgehog merupakan versi terbaru sistem operasi ini. yakni sistem operasi yang bisa langsung dijalankan dan dipakai tanpa instalasi. para peminat Ubuntu juga bisa melakukan download file image Ubuntu (dalam bentuk file . Sebagai informasi. Ubuntu 5.org/download/. dan 4). Spesifikasi ini merupakan kebutuhan dasar untuk menjalankan modus grafis dalam Ubuntu. . Menurut situs resminya di http://knoppix. Berhubung Ubuntu didistribusikan dalam dua CD. dan ruang harddisk sekitar 1 gigabyte atau lebih tinggi (jika akan dipasang dalam harddisk). RAM 128MB atau lebih tinggi. Sistem operasi ini membutuhkan komputer dengan spesifikasi prosesor dari keluarga x86 (Intel 486. atau VIA (dahulu Cyrix).ubuntulinux. Knoppix bisa dipakai sebagai sistem siap pakai untuk keperluan sehari-hari.8 Knoppix boleh dikatakan sebagai pelopor Live CD. Tujuan dr distribusi Linux Ubuntu adl membawa semangat yg terkandung di dlm Ubuntu ke dlm dunia perangkat lunak. Sementara versi Live CD merupakan distro Ubuntu yang dikhususkan untuk dijalankan secara langsung via CD-ROM tanpa perlu di-install lagi ke dalam harddisk. Para peminat Ubuntu bisa memesan CD Ubuntu dalam jumlah yang mereka inginkan secara gratis dengan cara mengunjungi situs Ubuntu. sebuah CD-ROM drive. Sistem operasi ini dirintis oleh sekumpulan programer dan pengguna Linux dari Jerman. Namun. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer spt PC (Intel x86).

4.6.32 sebagai antarmuka grafis default-nya. Sementara untuk bahasa Inggris. Knoppix dapat dipasang dalam komputer dengan spesifikasi prosesor berbasis Intel atau kompatibelnya (486 atau lebih tinggi). versi terbaru Knoppix adalah 4. telah berevolusi menjadi sebuah distro yang sama sekali baru sebagaimana Mandriva berkembang meninggalkan akar RedHatnya. Sayangnya. atau USB. versi ini baru tersedia untuk bahasa Jerman dan dikemas dalam sekeping DVD. dan XFree86. mouse dengan konektor PS/2. PC Linux OS PCLinuxOS adalah distro Linux yang lahir pada musim panas 2003 dan awalnya dikembangkan dari Mandrake (sekarang Mandriva) 9. cdrom. RAM berkapasitas sekitar 128MB untuk menjalankan modus grafis dengan KDE dan aneka aplikasi perkantoran. Jika pengguna ingin memasang Knoppix ke dalam harddisk-nya. Saat ini. sebuah CD-ROM drive tipe IDE/ATAPI/USB/SCSI/Firewire). devfs. PCLinuxOS disebarkan dalam bentuk live CD. serial.0. Jika pengguna hanya ingin menjalankan Knoppix dalam modus teks. Dalam dua tahun ini. . kamera. yakni versi Live CD. mereka bisa memanfaatkan perkakas yang telah disediakan dalam versi tersebut. distro ini hanya memiliki satu file image untuk di-download. dan scanner. Saat itu Mandrake masih menggunakan kernel versi 2. Ini berarti Anda tidak perlu menginstall PCLinuxOS ke dalam harddisk. Knoppix menggunakan KDE versi 3. versi terbaru Knoppix adalah 3. dan harddisk berkapasitas 1GB atau lebih tinggi (jika akan dipasang dalam harddisk). KDE 3.sebuah CD berkapasitas sekitar 700MB bisa dipakai untuk menjalankan sistem Linux lengkap berkapasitas 2 gigabyte.1 sendiri memanfaatkan backend hal/dbus untuk memudahkan automounting perangkat seperti usb key.4.4. kebutuhan RAM dan harddisk tentu saja akan lebih rendah daripada spesifikasi tersebut. Dalam hal versi. 5. PCLinuxOS Preview 9 yang terbaru telah menggunakan Kernel 2.2.9. Cukup masukkan CDnya dan boot dari CDROM.1. sebuah kartu grafis standar VGA. Berbeda dengan Ubuntu yang mengandakan Gnome sebagai antarmuka grafisnya.11-oci11 yang bekerja sempurna dengan desktop KDE 3. pada saat artikel ini ditulis.

7. Juli lalu.Dalam waktu sekitar lima menit . menyimpan ke harddisk.1 dan Knoppix 3. Linux Xnuxer Masih ingat Dani Firmansyah? Pria bernama alias Xnuxer ini sempat membuat heboh karena mengubah tampilan situs resmi KPU saat Pemilu.0 Mandrake merupakan salah satu ditribusi Linux bahkan yang pertama menerapkan konsep sistem operasi dengan antarmuka grafis yang sangat “bersahabat” dengan penggunanya. Mandrake 10. membakar CD. Mereka yang sudah terbiasa dengan Windows kemungkinan besar tetap “merasa di rumah” saat mencoba Linux Xnuxer. Harapan Dani sepertinya tercapai.Anda sudah dapat menggunakannya. Xnuxer Linux dibangun di atas fondasi distro Debian Sarge 3. PCLinuxOS akan berjalan di memori dan memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh komputer. Mandrake telah mengubah . Dengan konsentrasi pengembangan Linux yang lebih mudah. 6. “Konsep yang diaplikasikan di Xnuxer Linux adalah membuat Linux bisa digunakan dengan mudah oleh end-user dengan mempercantik tampilan KDE tanpa mengurangi kinerja” begitu dipaparkan oleh Dani. menikmati hiburan digital atau berselancar di web. Dani mengumumkan peluncuran distro Linux hasil oprekannya. Distro ini disebarkan dalam bentuk live CD yang dapat dijalankan tanpa instalasi. Live CD berarti portabilitas alias membawa lingkungan sistem yang sudah Anda kenal dengan baik kemanapun anda pergi. PCLinuxOS akan meng-uncompress data dari CD sambil jalan sehingga Anda dapat menikmati berbagai program yang berukuran sekitar 2 gigabyte.9. Proyek distribusi Linux ini sebenarnya sudah dimulai Mandrake sejak tahun 1998. Lebih sederhana dan membuat Linux terlihat mudah. Anda dapat menikmati sendiri KDE dengan penampilan yang berbeda dari biasanya. Distro yang menurut Dani dikerjakan sendirian selama 7 hari 7 malam itu diberi nama Xnuxer Linux versi 1.

6. pengguna yang akan menginstall Linux diharuskan mengerti setidaknya cara mengkompilasi kernel Linux dan modul yang terkait dengan kernel tadi. Bahkan untuk menandainya. Hingga kini nama Mandriva digunakan sebagai kelanjutan pengembangan distribusi Linux Mandrake. Masih bercirikhas kemudahan antarmuka pengguna yang dimiliki distribusi Mandrake terdahulu. Sebelum Mandrake dikembangkan. Hal ini disadari oleh beberapa pengembang distibusi Linux lain seperti RedHat dan Suse. Mandriva 10 juga dibekali dengan Linux kernel 2.momok “menyeramkan” Linux yang awalnya penuh dengan konfigurasi rumit menggunakan perintah baris menjadi distribusi Linux yang menawarkan lebih banyak kemudahan. Mereka mulai mengembangkan sebuah antarmuka instalasi linux. .3. Terkadang proses ini memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Versi distribusi Linux terakhir yang dirilis oleh Mandriva adalah 10. Mandrake mengubah keseluruhan nama distribusi menjadi Mandriva. Instalasi distribusi Linux yang satu ini terbilang sangat mudah. Perubahan serta penambahan beberapa feature baru terus dilakukan Mandrake dari waktu ke waktu.

Finlandia. Debian. 2. Filesystem jenis inilah yang menjadi file system. Aplikasi –aplikasinya dapat diperoleh dengan mudah dan gratis. c) Linux memiliki banyak kelebihan dibanding system operasi windowsdiantaranya : mudah didapat dan gratis. BeberapaDistro kecil menggunakan ini sampai sekarang.mudah digunakan . Caldera.Kesimpulan a) Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangatpopuler untuk computer yang disebarkan secara luas dengan gratis dibawah lisensi GNU General Publi License (GPL). TurboLinux dan lain-lain. dan beralih dari system operasi windows ke system operasi linux . Linux ini bisa diperoleh dari beberapadistribusi yang umum digunakan. Saran Cobalah untuk menggunakan system operasi linux. yang berarti sourcecode Linux juga tersedia bagi public. d) File System Yang Stabil. Selain itu .Minix dst. ada yangnamanya Ext3. tidakmudah dijangkiti virus atau bisa dikatakan bebas dari virus. standar linux.Slackware. Hampir semuaaplikasi di windows sudah tersedia di linux. Linux Mempunyai file system Ext2. Stampede Linux. KemudianLinux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan pakar UNIX di Internet. misalnya RedHat. ReiserFS. b) Pengembangan Linux pertama kali dilakukan oleh Linux BenedictTorvalds pada tahun 1991 di Universitas Helsinki. sistem operasi linux relatif stabil atau bisa dikatakan tidak mengenal istilah “hang”.

DAFTAR PUSTAKA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful