Manfaat Olahraga Bagi Otak

SMP N 1 PATI

Disusun oleh : Kirana Velindita Miftahul Rahmah Surya Putri Muhammad Nasih Ulwan Mutiara Tsani Rosyida

(13) (14) (15) (16)

KELAS VII-B TAHUN PELAJARAN 2011/2012

bahwa olah raga banyak manfaatnya terutama bagi otak. Kami mengucapkan terima kasih kepada: 1. Di samping itu. Teman-teman yang telah membantu dalam menyesaikan tugas ini. Diharapkan dengan adanya makalah ini dapat menambah wawasan tentang manfaat olahraga bagi otak. Kami mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. makalah ini juga untuk memenuhi tugas Olahraga. sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ³Manfaat Olahraga Bagi Otak´. 3. Hugo Yudhistira selaku guru olah raga kami 2.Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. Dan semua pihak yang bersangkutan Kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Makalah ini kami susun untuk menginformasikan. . Bpk. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas partisipasinya.

Cara terbaik mengurangi stress yaitu melakukan aktifitas seperti jalan kaki. Dengan adanya ini. manfaat dari berolahraga bagi otak. bahkan bisa mengendalikan amarah. Dengan berolahraga kurang lebih 10 menit setiap hari akan membuat mental sehat. peningkatan rasa percaya diri. Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu untuk menginformasikan kepada masyarakat luas. bersepeda. Olahraga juga bermanfaat untuk anak-anak yang cidera otak/ hiperaktif . Olahraga mempengaruhi bagian dalam sistem syaraf dan memicu dilepaskannya hormon-hormon yang menimbulkan perasaan senang. dan memici timbulnya perasaan yang bahagia. cenderung memilki sikap yang lebih baik dan mudah berkonsentrasi. Dengan olahraga kelainan perilaku anak bisa dikurangi dan fokus mereka ditingkatkan. Banyak berolahraga juga baik untuk jantung dan berat badan. berkurangnya stres.BAB I PENDAHULUAN A. dan lari. diharapkan informasi tersebut dapat diketahui oleh semua lapisan masyarakat. . Anak yang melakukan olah raga sebelum masuk kelas. Latar Belakang Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dan tenang. Hormonhormon tersebut diantaranya hormon serotonim dan dopamin. mengurangi kegelisahan. pikiran jernih. B. Lebih besarnya lagi bermanfaat bagi otak. namun belum banyak yang mengetahuinya. gembira. Latihan aerobik juga bisa meningkatkan kemampuan jantung dan lebih cepat mengatasi stres. Ternyata manfaat olahraga bagi otak sangatlah banyak. berenang.

BAB II PEMBAHASAN  Manfaat Olahraga untuk Otak Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk menyehatkan tubuh. berenang. dan kesehatan mental. Dengan berolahraga sedikitnya 10 menit setiap hari. 2. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. dan lari. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. dapat meningkatkan konsentrasi. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik. . akan membuat mental kita lebih sehat. Bahkan lebih jauh lagi. bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. berkurangnya stress dan akhirnya memicu timbulnya perasaan yang bahagia. kreativitas. Dapat meningkatkan kemampuan otak Latihan fisik atau olahraga secara rutin. cara terbaik mengurangi stres yaitu melakukan aktivitas seperti jalan kaki. pikiran jernih. Semakin sering dan lama mereka melakukannya maka penurunan mental kian lambat. Manfaat olahraga untuk otak kita: 1. bersepeda. manfaat aktivitas tersebut setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. 3. Dapat mengurangi stress Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. Dapat membantu menunda proses penuaan Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah.

Dapat menaikkan daya tahan tubuh Jika senang melakukan olahraga dengan santai pada saat melakukannya. yang biasa disebut dengan ³Silent Stroke´. Penelitian ini melibatkan 1. Sebuah studi baru bahkan menunjukkan bahwa orang tua yang secara teratur melakukan aktivitas olahraga pada tingkat sedang hingga kuat lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan lesi otak kecil. Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan aktifitas olahraga. bisa membantu mengendalikan amarah. Sebanyak 43 % dari peserta melaporkan mereka tidak melakukan olahraga teratur. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. tapi juga menyehatkan otak. dan endorfin. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang memiliki ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan. Kemudian mereka harus menjalankan scan MRI otak enam tahun kemudian. ketika mereka berusia rata-rata 70 tahun. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan lebih cepat mengatasi stres.238 orang yang belum pernah menderita stroke. hiasilah hidup kita dengan aktifitas olahraga. Peserta menyelesaikan kuesioner tentang seberapa sering dan seberapa intens mereka olahraga pada awal penelitian. bersepeda. Olahraga tak hanya menyehatkan tubuh. dan lari. maka secara otomatis kepercayaan diri pun akan meningkat. dan 21 persen terlibat dalam latihan rutin secara . Dengan keadaan tersebut maka. serotonin. dopamin. Dapat memperbaiki kepercayaan diri Semakin mahir seseorang dalam suatu jenis aktivitas.4. Cara terbaik mengurangi stres yaitu melakukan aktivitas seperti jalan kaki. 5. maka aktivitas itu bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin. Bahkan lebih jauh lagi. Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. dengan olahraga kita akan mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuh serta olahraga bermanfaat untuk otak kita yang menghasilkan penurunan tingkat stress dan peningkatan rasa percaya diri. berenang. 36 persen terlibat dalam latihan ringan teratur.

atau infark yang dikenal dengan nama ³Silent Stroke´. atau 16 persen. Orang-orang yang terlibat dalam olahraga intens. tidak ada perbedaan antara mereka yang terlibat dalam latihan ringan dan mereka yang tidak berolahraga. .moderat. Hasil scan otak menunjukkan bahwa 197 peserta. Namun. Hasil ini juga tetap sama setelah peneliti memperhitungkan faktor risiko lain seperti masalah vaskular seperti tekanan darah tinggi. kolesterol tinggi dan merokok. memiliki lesi otak kecil. 40 % lebih kecil kemungkinannya untuk menderita silent stroke daripada orang yang tidak melakukan olahraga teratur.

B. Olahraga sangat bermanfaat bagi otak 2. Olahraga juga dapat memberi makan otak Untuk mendapatkan semua itu harus diimbangi dengan olahraga setiap hari sekitar 10 menit. Dengan begitu kita sudah mulai merasakan manfaat dari olahraga bagi otak kita.BAB III PENUTUP A. KESIMPULAN Dari makalah ini kami menyimpulkan bahwa : 1. Saran Saran yang kami punya adalah :  Setiap hari kita harus bisa meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga  Sebaiknya olahraga dilakukan sedikitnya 10 menit setiap hari .