AMERIKA SERIKAT

Letak Geografis dan Astronomi
letak geografis amerika adalah terletak diantara 2 samudera yaitu samudera atlantik dan samudera pasifik, terletak di benua amerika bagian utara. berbatasan dengan negara kanada di sebelah utara dan meksiko di sebelah selatan. letak astronomis adalah letak wilayah suatu tempat didasarkan pada letak lintang dan bujurnya. letak astronomis amerika adalah 44' 58" lintang utara dan 103'46" bujur barat.

Bentuk Pemerintahan
Amerika Serikat merupakan negara demokrasi konstitusional dengan sistem three-tier dan institusi kehakiman yang bebas. Terdapat tiga peringkat yaitu nasional, negara bagian dan pemerintahan lokal yang mempunyai badan legislatif serta eksekutif dengan bidang kuasa masing-masing. Negara ini menggunakan sistem persekutuan atau federalisme di mana di negara pusat dan negara bagian berbagi kuasa. Negara pusat berkuasa terhadap beberapa perkara seperti pencetakan mata uang Amerika serta kebijakan pertahanan. Namun, negara-negara bagian berkuasa menentukan hak dan undang-undang masing-masing seperti hak pengguguran bayi dan hukuman maksimal dalam hal undang-undang. Satu elemen yang kentara di Amerika ialah doktrin pembagian kuasa. Pasal 1 hingga 3 Konstitusi Amerika, telah menggariskan secara terperinci mengenai kuasa-kuasa Negara yang utama yaitu eksekutif, legislatif dan kehakiman. Checks and Balances atau pemeriksaan dan keseimbangan merupakan satu ciri yang utama dalam negara Amerika dan hal ini begitu komprehensif sehingga tidak ada satu cabang negara yang mempunyai kuasa mutlak untuk mengawal cabang yang lain. Di negara ini semua rakyat yang berusia 18 tahun ke atas berhak memilih. Pemilu untuk pemilihan presiden diadakan setiap empat tahun sekali. Di samping Pemilu untuk pemilihan presiden, ada pula Pemilu paruh waktu, yang diadakan pada pertengahan masa jabatan presiden. Dalam pemilu ini yang dipilih bukanlah presiden melainkan seluruh anggota Dewan Perwakilan dan sepertiga dari semua senator dari tiap negara bagian.

Agama
Jumlah pemeluk Kristen di AS terus menurun. 86,2% menyebut dirinya Kristen pada 1990 dan 76,5% menyebut dirinya Kristen pada 2001 (ARIS 2001). Anggota keagamaan pada 2001 ialah Protestan 52%, Katolik 24,5%, tidak ada 13,2%, Yudaisme 1,3% dan 0,5-0,3% Islam, Buddha, Agnostik, Ateis, Hindu dan Universalis Unitarian. Ada perbedaan besar di antara mereka yang memeluk suatu agama dan mereka yang merupakan anggota tempat ibadah agama itu. Angka Biro Sensus (file PDF) menunjukkan bahwa keanggotaan tempat ibadah pada 2004 ialah 33% Kristen Protestan, 19% Katolik Roma, 4% Yahudi dan 44% agama lainnya.

Iklim

ensiklopedia bebas Perkembangan Budaya Amerika Serikat sejarah. gandum. dan seni rupa banyak dipengaruhi oleh budaya eropa. hari-hari libur.Letak geografis AS di belahan bumi bagian Utara mengakibatkan empat rotasi cuaca: Fall atau musim gugur (23 September 20 Desember). pengangguran dan inflasi rendah. agama. namun budaya country dan koboi umumnya menjadi salah satu lambang dan ciri khas yang terkenal tentang Amerika. Budaya Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Mitra dagang AS adalah: y y y y Kanada Meksiko Negara Eropa Negara industri Asia seperti Jepang. Para imigran yang datang ke Amerika. musim semi (21 Maret 20 Juni) dan musim panas (21 Juni 22 September). seperti emas. khususnya inggris. Berbagai macam budaya dunia bercampur. Ekonomi AS ialah salah satu yang terpenting di dunia. Negara Amerika Serikat pada awal-awal berdirinya memberlakukan kebijakan buka pintu bagi para imigran yang datang dari seluruh dunia. dan defisit perdagangan yang rendah (berarti AS membeli lebih banyak barang dari negara lain daripada menjual). Winter atau musim dingin (21 Desember 20 Maret). Pertanian membuat negara ini berada di antara produsen utama. musik. India. artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar. . Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya. Sekitar 3/4 of penduduk AS bekerja di industri jasa. tari. oleh pemerintah diminta untuk tidak meninggalkan kebudayaannya dan tetap mempraktekannya selama tinggal di Amerika. Banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolok ukur mata uangnya. Korea Selatan dan RRC. kuliner. Taiwan. serta budaya indian sebagai masyarakat asli. dan kemudian memilih untuk menetap dan menjadi warga Amerika. AS memproduksi mobil. Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia. Pertumbuhan ekonomi negara ini kokoh di permukaannya. gula dan tembakau. Hal tersebut membuat budaya Amerika Serikat menjadi multikultural. olah raga. jagung. pesawat terbang dan benda elektronik. Ekonomi AS menjalankan sistem ekonomi kapitalis. batu bara dan endapan uranium. minyak. Negara ini memiliki banyak sumber daya mineral. di antara lainnya.

pusat penelitian dan museum. Kini sebagian besar kota di sana memiliki musik klasik dan rakyat.Masyarakat Amerika Serikat mengakui mereka tidak memiliki budaya khusus turun termurun. Negara tersebut memiliki lebih dari 1. Di negara tersebut banyak terdapat tempat-tempat berjudi seperti di kota Las Vegas yang dikenal sebagai Sin City (Kota Penuh Dosa). Musik di Amerika Serikat banyak didengarkan di seluruh dunia. beberapa di antaranya terkenal di seluruh dunia. Karena tidak ada faktor kasta. dan berbagai institusi pendidikan.500 universitas. khususnya dunia Barat. proyek seni terbuka dan arsitektur penting. kolese. Budaya Amerika Serikat telah berkembang ke seluruh dunia dalam berbagai bentuk adaptasi dan telah memengaruhi seluruh dunia. melainkan menganggap bahwa budaya mereka adalah budaya untuk "berusaha menjadi yang terbaik". masyarakat di negara tersebut mempercayai. agama. dan budaya yang menghalangi hal ini. akan dapat menjadi yang terbaik. pertunjukan tari. Amerika Serikat juga menjadi pusat pendidikan yang berkualitas tinggi. . musik dan drama. dan tayangan film beserta televisi Amerika Serikat dapat dilihat di manapun. seseorang yang berusaha untuk menjadi yang terbaik.