Administrasi dan Kebijakan Kesehatan A. Kompetensi Departemen 1.

Mampu menggunakan prinsip, metode administrasi dan kebijakan kesehatan untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakarat secara efektif dan efisien. 2. Mampu melakukan advokasi, pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. B. Mata Ajaran yang disediakan 1. KMA104 : Organisasi dan Manajemen (Management and Organization) Kompetensi Mampu menerapkan konsep administrasi, organisasi dan manajemen dalam organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan di Indonesia Deskripsi Membahas ruang lingkup sejarah perkembangan administrasi, organisasi dan manajemen, pengertian organisasi (prinsip organisasi, struktur dan perilaku organisasi), keefektifan organisasi, dimensi struktur organisasi, pengertian dan fungsi manajemen serta kepemimpinan dan motivasi, organisasi dan tata laksana pelayanan kesehatan di Indonesia, upaya pokok kesehatan, organisasi dan tatalaksana Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten, Dinas Kesehatan Propinsi dan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2. KMA314 : Hukum dan Perundang-Undangan Kesehatan (Health law) Kompetensi Mampu menerapkan konsep perundang-undangan kesehatan Republik Indonesia serta etika dan hukum kesehatan. Deskripsi Membahas sistematika hukum kesehatan di Indonesia dan Undang-Undang Kesehatan Republik Indonesia dan perkembangannya serta aplikasinya di bidang pelayanan kesehatan masyarakat serta etika hukum dan hukum kesehatan. 3. KMA315 : Perencanaan dan Evaluasi (Planning and Evaluation) Kompetensi Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep perencanaan dan evaluasi dalam merancang program-program kesehatan masyarakat Deskripsi Membahas prinsip, tahapan dan proses dari perencanaan dan evaluasi (siklus pemecahan masalah dan contoh) serta aplikasinya dalam program kesehatan yang dilakukan di Indonesia baik secara nasional maupun sektoral. 4. KMA342 : Kepemimpinan ( LEADERSHIP) Kompetensi Mampu menjelaskan berbagai konsep dalam kepemimpinan. Deskripsi Membahas berbagai konsep dalam kepemimpinan, meliputi teori kepemimpinan, kekuasaan, sumber-sumber kekuasaan, berbagai bentuk gaya kepemimpinan dan kepemimpinan yang efektif. 5. KMA344 : Isu Mutakhir Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (CURRENT ISSUES in HEaLTh AdminisTration And PolicIES) Kompetensi

tujuan organisasi. 8. KMA475 : Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management) Kompetensi Mampu menjelaskan konsep. 9. KMA471 : Kebijakan Kesehatan (Health PolicIES) Kompetensi Mampu menjelaskan berbagai kebijakan kesehatan yang ada. Kinerja (Produktivitas) dan beberapa Metode analisis SDM (Analisis Pekerjaan. Analisis Fungsi. 6. DUKM dan Askes. pembiayaan pembangunan kesehatan. model dan proses perumusan kebijakan demikian juga dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan kesehatan dan sistem nilai dalam kebijakan kesehatan serta implementasi kebijakan kesehatan yang pernah ada. perencanaan SDM. Pelatihan dan Pengembangan. Penilaian prestasi kerja. Pemeliharaan dan Penggunaan. dampak dari tujuan. KMA473 : Ekonomi Kesehatan (Health Economics) Kompetensi Mampu menjelaskan pemanfaatan konsep ekonomi di dalam bidang kesehatan. Deskripsi Membahas pelaksanaan fokus studi administrasi pada komunitas di wilayah dengan karakteristik tertentu. 7. sumber-sumber pembiayaan sektor kesehatan. ruang lingkup ilmu ekonomi dan permasalahannya dalam perekonomian. dan Analisis Tugas). mencakup pelaksanaan fungsi-fungsi administrasi. 10.Mampu menganalisis isu-isu terbaru yang terkait dengan administrasi dan kebijakan kesehatan Deskripsi Membahas isu-isu terbaru yang terkait dengan bidang kesehatan. Deskripsi Membahas tentang kebijakan-kebijakan negara dan secara khusus kebijakan kesehatan. Deskripsi Membahas pengertian dan ruang lingkup manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam organisasi. prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang kesehatan. teknik evaluasi ekonomi. struktur organisasi rumah sakit . Sosialisasi. Seleksi. Deskripsi Membahas mengenai pengertian ilmu ekonomi. Deskripsi Membahas konsep-konsep fungsi manajemen rumah sakit. Problema tenaga kerja kesehatan di Indonesia. KMA477 : Administrasi Rumah Sakit (Hospital Administration) Kompetensi Mampu menjelaskan konsep dan prinsip administrasi dalam rumah sakit. dan efek eksternal organisasi. hal-hal yang menyangkut masalah hingga timbulnya kebijakan tersebut. Rekrutmen. khususnya yang menyangkut administrasi dan kebijakan kesehatan. sumberdaya organisasi. KMA346 : Administrasi DAN Kebijakan Kesehatan Komunitas (COMMUNITY HEALTH PoLICIES AND ADMINISTRATION) Kompetensi Mampu menjelaskan berbagai konsep yang terkait dengan administrasi dan kebijakan kesehatan komunitas. Prinsip-prinsip kebijakan. alternatif pengambilan keputusan kebijakan.

permasalahan penelitian. meliputi pengertian dan definisi metode analisa kebijakan kesehatan. jenis penelitian. peralatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan mutu. berbagai bentuk pengorganisasian jajaran organisasi kesehatan.dan pelayanan rumah sakit. 11. ruang lingkup dan pendekatan penelitian AKM. dan pembahasan (kasus) naskah kebijakan kesehatan dalam persfektif analisis kebijakan. bentuk analisis kebijakan. metode analisis data dan pembuatan proposal penelitian. menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap kebijakan (seperti sistem politik). tujuan. yang meliputi penerapan manajemen di bidang kesehatan. aspek pengukuran. argumen kebijakan. KMA487 : Manajemen Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan (Quality Assurance) Kompetensi Mampu menjelaskan konsep dan prinsip mutu dalam manajemen pelayanan kesehatan. 15. identifikasi masalah di rumah sakit. pendekatan analisis kebijakan. KMA479 : Metode Analisa Kebijakan Kesehatan (Health PolicIES Analysis Method) Kompetensi Mampu memahami ragam metode analisis yang digunakan untuk menganalisis kebijakan negara. khususnya kebijakan dalam bidang pembangunan kesehatan masyarakat. aspek pengendalian dan penilaian pelaksanaan program. KMA481 : Pembiayaan Kesehatan (Health Financing) Kompetensi Mampu memahami berbagai aspek yang terkait dengan pembiayaan kesehatan. tarif pelayanan dan asuransi kesehatan. sumber-sumber dan macam-macam biaya kesehatan. perumusan masalah kebijakan. Pengertian metode penelitian. studi kepustakaan. KMA483 : Metode Penelitian Administrasi Kesehatan Masyarakat (Public Health Administration RESEARCH METHODE) Kompetensi Mampu menerapkan metode penelitian AKM untuk penyusunan karya tulis Deskripsi Membahas tentang beragam metode penelitian yang digunakan dalam bidang ilmu administrasi atau manajemen yang langsung digunakan dalam bidang administrasi kesehatan masyarakat. sistem manajemen mutu. KMA485 : Administrasi Pelayanan Kesehatan (Health Services Administration) Kompetensi Mampu menjelaskan konsep dan prinsip administrasi dalam pelayanan kesehatan. Deskripsi Membahas tentang konsep mutu. syarat dan masalah pokok pembiayaan serta upaya penyelesaian. Deskripsi Membahas perkembangan program pelayanan kesehatan masyarakat di Indonesia. 13. Last Updated (Monday. 14 February 2011 02:21) . populasi dan sampel penelitian. 14. Deskripsi Membahas beragam metode analisis yang digunakan untuk menganalisis kebijakan negara. 12. Deskripsi Membahas pengertian/batasan dan ruang lingkup pembiayaan kesehatan.

http://fkm.html .ac.usu.id/departemen-a-perminatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful