P. 1
3M DAN PLUS

3M DAN PLUS

|Views: 143|Likes:
Published by Adika Perdana

More info:

Published by: Adika Perdana on Feb 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2012

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN Nyamuk penular demam berdarah dengue (aedes aegepty) hingga saat ini masih tersebar luas

hampir keseluruh pelosok Indonesia, sehingga cara yang efektif dalam memberantas penyakit ini adalah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN DBD) oleh seluruh lapisan masyarakat di rumah rumah dan tempat tempat umum (TTU) serta lingkungannya yang masing masing secara terus menerus. Untuk membina peran serta masyarakat perlu dilakukan penyuluhan dan motivasi yang intensif melalui berbagai jalur komunikasi san informasi kepada masyarakat , seperti melalui televisi, radio, dan media massa lainnya, kerja bakti dan lomba PSN DBD di kelurahan/desa, sekolah atau tempat umum lainnya. Apabila kegiatan PSN DBD ini dapat dilaksanakan dengan intensif, maka populasi nyamuk aedes aegepty dapat dikendalikan sehingga penularan demam berdarah dengue dapat dicegah dan dikurangi.

BAB II PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE

DAN PEMERIKSAAN JENTIK BERKALA ‡ PENGERTIAN ‡ Pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue (PSN DBD) adalah kegiatan memberantas telur, jentik dan kepompong nyamuk penular DBD (aedes aegepty) di tempat tempat perkembangbiakannya ‡ Pemeriksaan jentik berkala adalah pemeriksaan tempat tempat perkembangbiakan nyamuk aedes aegepty yang dilakukan secar teratur oleh petugas kesehatan atau kader atau petugas pemantau jentik (jumantik) ‡ Rumah adalah semua bangunan tempat tingal termasuk bangunan yang digunakan usaha kecil seperti warung , toko , ruko, industri rumahan ‡ Tempat tempat umum (TTU) adalah semua bangunan untuk pelayanan umum seperti rumah sakit , puskesamas , klinik , kantor, sekolah , masjid , musshala , industri/pabrik , terminal , stasiun . stasiun pompa bensin dan lain lain

‡

PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH DENGUE (PSN DBD) ‡ Tujuan

seperti bak mandi/wc .tempat minum burung. misalnya ditempat tempat yang sulit dikuras atau didaerah yang sulit air ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Memelihara ikan pemakan jentik di kolam / bak bak penampungan air Memasang kawat kasa Menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam kamar Mengupayakan pencahayaan dan ventilasi ruang yang memadai Menggunakan kelambu Memakai obat yang dapat mencegah gigitan nyamuk Keseluruhan cara tersebut dikenal dengan sebutan 3 M plus ‡ PELAKSANA . dan lain lain (M2) ‡ Mengubur atau menyingkirkan barang barang bekas yang dapat menampung air hujan (M3) Selain itu dengan cara lainnya seperti : ‡ Mengganti air vas bunga. dan lain lain seminggu sekali (MI) ‡ Menutup rapat rapat tempat penampungan air . atau tempat tempat lainnya sejenis seminggu sekali ‡ ‡ Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar/rusak Menutup lubang lubang pada potongan bambu / pohon dan lain lain (dengan tana san lain lain) ‡ Menaburkan bubuk larvasida . seperti gentong air/ tempayan .Mengendalikan populasi nyamuk aedes aegepty sehingga penularan DBD dapat dicegah atau dikurangi ‡ Sasaran Semua tempat perkembangan nyamuk penular DBD : ‡ ‡ ‡ ‡ Tempat penampunan air (TPA) untuk keperluan sehari hari¶ Tempat penampungan air bukan untuk keperluan sehari hari (non TPA) Tempat penampungan air alamiah Ukuran keberhasilan Keberhasilan kegiatan PSN DBD antara lain dapat diukur dengan angka bebas jentik (ABJ) apabila aBJ lebih atau sama denan 95% diharapakan penularan DBD dapat dicegah atau dikurangi ‡ PSN DBD dilakukan dengan 3M yaitu : ‡ Menguras dan menyikat tempat tempat penampungan air . drum.

dan tempat penampungan air alamiah . seperti : ‡ ‡ ‡ ‡ Kantor oleh petugas kebersihan kantor Sekolah oleh petugas kebersihan sekolah Pasar oleh petugaskebersihan pasar Dan lain lain ‡ PEMERIKSAAN JENTIK BERKALA OLEH KADER . didalam dan diluar rumah/bangunan serta memberikan penyuluhan tentang PSN DBD kepada keluarga/masyarakat ‡ Jika ditemukan jentik . PKK . JUMANTIK ATAU TENAGA PEMERIKSA JENTIK LAINNYA ‡ TUJUAN Melakukan pemeriksaan jentik nyamuk penular demam berdarah dengue termasuk memotivasi keluarga / masyarakat dalam melaksanakan PSN DBD . jumantik (juru pemantau jentik) atau tenaga pemeriksa jentik lainnya ‡ CARA PJB ‡ Dilakukan dengan mengunjungi rumah dan tempat tempat umum untuk memeriksa tempat penampungan air (TPA) . dengan kunjungan yang berulang ulang disertai penyuluhan diharapkan masyarakat dapat melaksanakan PSN DBD secara teratur dan terus menerus ‡ PELAKSANAAN Dilakukan oleh kader. PKK . kemudian lanjutkan dengan PSN DBD (3M atau 3M plus) ‡ Memberikan penjelasan dan anjuran PSN DBD kepada keluarga dan pengelola/petugas kebesihan tempat tempat umum . anggota keluarga atau pengelola tempat umum diminta untuk melihat/menyaksikan . non-TPA.‡ Dirumah Dilaksanakan oleh anggota keluarga ‡ Tempat tempat umum Dilaksanakan oleh petugas yang ditunjuk oleh pimpinan atau pengelola tempat tempat umum.

‡ Mencatat hasil pemeriksaan jentik pada KARTU JENTIK RUMAH/BANGUNAN yang ditinggalkan di rumah/bangunan dan pada FORMULIR JPJ 1 untuk pelaporan kepuskesmas dan yang terkait lainnya .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->