P. 1
skl un sma2012

skl un sma2012

|Views: 80|Likes:

More info:

Published by: NurKartika EkaCandra Dewi on Feb 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2012

pdf

text

original

27. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA) NO KOMPETENSI 1.

Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah. 2. Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. INDIKATOR Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.

3.

4.

5.

Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur. Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/ Eubacteria bagi kehidupan manusia. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup. Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati tertentu. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciricirinya. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan invertebrata. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan. Menganalisis hubungan Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem. antara komponen ekosistem, Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia. perubahan materi dan energi serta Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan peran manusia dalam keseimbangan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran ekosistem. lingkungan . Menjelaskan struktur dan fungsi Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel serta mengaitkannya dengan sel/ proses yang terjadi pada sel. struktur dan fungsi jaringan. Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan. Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya. Menjelaskan struktur dan Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ fungsi sistem organ manusia serta sendi pada manusia. kelainan/penyakit yang mungkin Menjelaskan sistem peredaran darah terjadi pada organ tersebut. pada manusia/gangguannya. Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya. Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya. Menjelaskan sistem regulasi pada manusia. Menjelaskan sistem indera pada manusia. Menjelaskan sistem reproduksi manusia.

10. Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel. peristiwa mutasi. menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. pembuktiannya. reproduksi sel. Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.6. RNA. Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada mekanisme evolusi. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan/ pengamatan. 22. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA) NO KOMPETENSI 1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya. Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan. Menginterpretasikan persilangan dengan hukum Mendel. Menjelaskan prinsip-prinsip Menjelaskan peran bioteknologi. 8. serta menggunakan prinsip logika matematika dalam INDIKATOR Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa premis. Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor. dan peranan bioteknologi pada saling Menjelaskan contoh bioteknologi temas. Mengidentifikasi peristiwa mutasi. Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob). penerapan atau kromosom. Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh. hereditas.prinsip hereditas dan Menjabarkan proses sintesis protein. Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat. Memahami konsep dasar Menentukan susunan nukleotida DNA. 7. Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan. . Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis. Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis. prinsip. Menjelaskan teori evolusi dan Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan implikasi pada perkembangan sains. konvensional/modern. 9. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.

kosinus dan tangen serta jumlah dan selisih dua sudut. jarak dan sudut. Menyelesaikan masalah Menggunakan aturan pangkat. fungsi aljabar akar persamaan kuadrat. dan deret. Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akarakar dan logaritma. singgungnya. Memahami konsep Menyelesaikan masalah geometri perbandingan fungsi. 3. fungsi Menyelesaikan masalah persamaan atau eksponen dan grafiknya. . program dengan teorema sisa atau teorema faktor. dan dengan menggunakan aturan sinus atau kosinus. suku banyak. Menyelesaikan masalah deret aritmetika. yang berkaitan dengan aturan pangkat. vektor dengan syarat tertentu. dan bidang. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan panjang proyeksi atau vektor proyeksi. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma. linear. vektor. garis. Memahami sifat atau geometri Menghitung jarak dan sudut antara dua objek dalam menentukan kedudukan titik.2. Menyelesaikan masalah program linear. Menentukan bayangan titik atau kurva karena dua transformasi atau lebih. persamaan. barisan dengan komposisi dua fungsi atau fungsi invers. melakukan Menyelesaikan persamaan trigonometri. sistem Menyelesaikan masalah sehari-hari yang persamaan linear. fungsi kuadrat. sederhana. manipulasi aljabar untuk menyusun Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bukti serta mampu menggunakannya nilai perbandingan trigonometri yang menggunakan dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponen atau fungsi logaritma. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan besar sudut atau nilai perbandingan trigonometri sudut antara dua vektor. komposisi dan fungsi invers. Menyelesaikan operasi aljabar beberapa masalah. turunan Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri. persamaan Menentukan persamaan lingkaran atau garis lingkaran dan persamaan garis singgung lingkaran. akar dan logaritma. transformasi geometri dan komposisinya. fungsi fungsi kuadrat dengan menggunakan diskriminan. rumus jumlah dan selisih sinus. pemecahan masalah. pertidaksamaan kuadrat. 4. 5. persamaan dan berkaitan dengan sistem persamaan linear. Menyelesaikan masalah deret geometri. fungsi trigonometri. serta mampu menggunakannya dalam pemecahan Menyelesaikan operasi matriks. (titik. algoritma Menyelesaikan masalah yang berkaitan sisa dan teorema pembagian. Memahami konsep limit. matriks dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan determinan. identitas trigonometri. serta mampu Menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi. garis dan bidang) di ruang.

memahami kaidah pencacahan. menyajikan Menghitung ukuran pemusatan dari data dan menafsirkan data. Menentukan hubungan usaha dengan perubahanenergi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait. kombinasi dan peluang dengan menggunakan kaidah pencacahan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian. atau gerak parabola Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newtondan penerapannya dalam kehidupan seharihari. gerakmelingkar beraturan. 25. 6. Memahami gejala alam danketeraturannya dalam cakupan mekanika benda titik. Memahami prinsipprinsipmengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat. dalam pemecahan masalah. Menentukan besar dan arah vektor sertamenjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara. teliti dan objektif. kekekalan energi. benda tegar.menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menentukan integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri. momentum sudut. impuls atau hukum kekekalanmomentum. momen inersia. permutasi kajadian serta mampu menerapkannya atau kombinasi. INDIKATOR Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur danmenentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting. Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitasbahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas. atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA) NO KOMPETENSI 1. usaha. Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi(torsi. Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus. elastisitas. Menyelesaikan masalah sehari-hari permutasi. . Menjelaskan hukum-hukum yang 2. Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral. mampu dalam bentuk tabel. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkaitdengan hukum kekekalan energi mekanik. impuls. momentum dan masalah Fluida. diagram atau grafik. Mengolah.

5. Memahami konsep dan Menentukan besaran-besaran fisis prinsipkelistrikan dan kemagnetan yangmempengaruhi medan listrik dan hukum dan penerapannya dalam berbagai Coulomb. Menentukan besaran-besaran listrik pada suaturangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff. gelombangelektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari. menyangkut hukum termodinamika Menjelaskan persamaan umum gas ideal dalam penerapannya mesin kalor. berhubungandengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Memahami konsep kalor dan Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu prinsipkonservasi kalor. atauenergi potensial listrik. Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaianarus bolak-balik yang mengandung resistor. serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar. relativitas. Memahami konsep dan Menjelaskan berbagai teori atom. prinsipkuantum. dan perubahannya yang pemecahan masalah. 6. Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyipada berbagai kondisi yang berbeda. Menganalisis konsep dan Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis prinsipgelombang. penyelesaian masalah. padaberbagai proses termodinamika dan penerapannya. potensial listrik. serta sifat zat. Menentukan besaran fisis yang berkaitan denganproses termodinamika pada mesin kalor. Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitandengan peristiwa efek Doppler. fisika inti Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait . Menentukan besaran-besaran fisis yang terkaitdengan pengamatan pada mikroskop atau teropong. Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwainterferensi dan difraksi. optik dan bunyi padagelombang. Menentukan besaran fisis fluks.perpindahan kalor. Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) padakawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen. dalam berbagai penyelesaian masalah Menjelaskan berbagai jenis dan produk teknologi. Menentukan induksi magnetik di sekitar kawatberarus listrik. 4. dan kapasitor.3. induktor. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGLinduksi atau prinsip kerja transformator. atau asas Black dalam gas ideal.

Menentukan besaran-besaran fisis terkait denganteori relativitas. . denganperistiwa efek foto listrik/efek Compton. Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalamberbagai aspek kehidupan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->