P. 1
SEJARAH TENIS LAPANGAN

SEJARAH TENIS LAPANGAN

5.0

|Views: 9,958|Likes:
Published by RolandPnjsorkes

More info:

Published by: RolandPnjsorkes on Feb 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2015

pdf

text

original

SEJARAH TENIS

Terdapat berbagai jenis permainan yang menggunakan raket yang dimainkan dewasa ini dan tenis merupakan salah satu permainan yang paling disukai. Menurut beberapa catatan sejarah, permainan menggunakan bola dan raket sudah dimainkan sejak sebelum Masehi, yaitu di Mesir dan Yunani. Pada abad ke-11 sejenis permainan yang disebut jeu de paume, yang menyerupai permainan tenis kini, telah dimainkan untuk pertama kali di sebuah kawasan di Perancis. Bola yang digunakan dibalut dengan benang berbulu sedangkan pemukulnya hanyalah tangan. Permainan ini kemudian diperkenalkan ke Italia dan Inggris pada abad ke-13 dan mendapat sambutan hangat dalam waktu yang singkat. Banyak peminatnya ternyata di antara rakyat setempat terhadap permainan ini. Sejak itu perkembangan tenis terus meningkat ke negara-negara Eropa yang lain. Raket bersenar diperkenalkan pertama kali pada abad ke-15 oleh Antonio da Scalo, seorang pastur berbangsa Italia. Ia menulis aturan umum bagi semua permainan yang menggunakan bola, termasuk tenis. Majalah Inggris ³Sporting Magazine´ menamakan permainan ini sebagai µtenis lapangan¶ (lawn tennis). Dalam buku ³Book of Games And Sports´, yang diterbitkan dalam tahun 1801, disebut sebagai ³tenis panjang´. Tenis pada mulanya merupakan permainan masyarakat kelas atas. Tenis lapangan rumput yang terkenal di zaman Ratu Victoria lalu ditiru oleh golongan menengah, yang menjadikannya sebagai permainan biasa. Klub tenis pertama yang didirikan adalah Leamington di Perancis oleh J.B. Perera, Harry Gem, Dr. Frederick Haynes, dan Dr. Arthur Tompkins pada tahun 1872. Pada masa itu, tenis disebut sebagai pelota atau lawn rackets. Dalam tahun 1874 permainan tenis telah pertama kali dimainkan di Amerika Serikat oleh Dr. James Dwight dan F.R. Sears. Sementara itu, All England Croquet Club pun telah didirikan pada tahun 1868. Dua tahun setelah itu dibukalah kantornya di Jalan Worple, Wimbledon. Pada tahun 1875, klub ini juga bersedia memperuntukkan sebagian dari lahannya untuk permainan tenis dan badminton. Sehubungan dengan itu, peraturan permainan tenis lapangan rumput ditulis. Amerika Serikat mendirikan klub tenis yang pertama di Staten Island. Bermula dari situlah, permainan tenis di Amerika Serikat berkembang dengan pesat sekali. Dari sana lahir banyak pemain tenis tangguh yang menguasai percaturan tenis tingkat dunia. Kejuaraan tenis pertama bermula tahun 1877. PENGERTIAN TENIS Tenis adalah sebuah permainan olahraga yang menggunakan raket dan bola dan dimainkan di sebuah lapangan yang dibagi menjadi dua oleh sebuah jaring.

UKURAN LAPANGAN STANDAR Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang 100-110 meter dan lebar 64-75 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.

ISTILAH À Forehand: sebuah pukulan di mana telapak tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan. À Backhand: sebuah pukulan di mana punggung tangan yang memegang raket dihadapkan ke depan. À Groundstroke: sebuah pukulan forehand atau backhand yang dilakukan setelah bola memantul sekali di lapanganmu. À Slice: pukulan forehand atau backhand dimana kepala reket dimiringkan sedikit dan dipukul dengan cara mengayunkan reket dari atas ke bawah. À Spin: pukulan forehand atau backhand dimana reket dimiringkan sedikit atau banyak dimana jika mengenai bola akan mengalami perubahan arah (berputar). À Dropshot: sebuah pukulan yang mengenai net lalu jatuh di daerah lawan. À Smash: sebuah pukulan keras yang menghantam sebuah bola tanpa menyentuh tanah di atas kepala dan diarahkan ke lapangan sang lawan. À Lob: sebuah pukulan dimana bola dipukul tinggi ke jurusan sebelah belakang lawan. À Passing shot: sebuah pukulan dimana bola melalui (bukan melintas di atas) musuh yang berada di dekat net À Volley: pukulan forehand atau backhand sebelum bola memantul di lapanganmu.

1.Posisi Siap
Bentuk-bentuk latihannya: a. Kepala tegak lurus, mata memandang ke depan b. Tangan kanan memegang grip raket dengan longgar dan berada di depan ikat pinggang, untuk pukulan foresi raket lurus ke muka. c. Tangan kiri menyangga leher raket dengan meletakan ibu jari di atas leher raket dan jari telunjuk serta jari tengah di bawahnya. d. Kedua lutut di tekukkan sedikit supaya dapat dimulai gerak lebih cepat. e. Kedua kaki berdiri renggang seenaknya, jarak kedua kaki kurang lebih selebar jarak antara kedua bahu f. Berdiri dengan badan condong ke muka, hingga beratnya berada pada jantung kaki. À Shake Hand (Jabat Tangan) Pegangan seperti ini mirip dengan berjabat tangan dengan gagang raket untuk mempelajari cara memegang raket model forehand Eastern. Cara melakukannya: y 10 kali memegang Shake Hand dengan benar y Posisi raket menyudut ke bawah y Berjabat tangan dengan raket y Posisi pergelangan tangan di kanan dari bagian atas pegangan (untuk yang tidak kidal)

y Lakukan pegangan Shake Hand dengan mata tertutup. Mintalah mitra latih atau instruktur anda untuk memeriksa kebenaran cara anda memegang. À Racket Dribble (Memantulkan Bola Dengan Raket) Bentuk-bentuk latinanya: a. Berdirilah dengan garis lapangan dan usahakan setiap pantulan mengenai garis b. Gunakan cara memegang forehand Eastern dan pantulkan bola ke lapangan, dengan menggunakan senar raket. Setelah raket menyentuh bola, biarkan raket bergerak mengikuti pantulan bola sebelum memukulnya lagi ke lapangan. c. Tingkatkanlah jumlah pantulan yang berhasil dari 10 sampe 100 d. Berlatihlah mendribble bola ke udara, bukan hanya ke lapangan e. Bergantian memukul bola ke udara dan kelapangan.

2.Latihan Gerakan Forehand Drive
Bentuk-bentuk latihannya: y Forehand-Backswing a. Pivot ke kanan, yakni putar bahu dan pinggul ke kanan, serta pindahkan berat badan pada kaki kanan yang memutar atau melangkah kekanan juga. b. Lalu lepaskan tangan kiri dari leher raket dan ayunkan raket jauh ke belakang, setinggi bahu dengan meluruskan lengan kanan seenaknya pada siku serta melekukan pergelangan tangan ke belakang. c. Kemudian gunakan tangan kiri, yang baru melepaskan leher raket untuk keseimbangan badan. y Forhand-Forword Swing a. Rendahkan raket setinggi pinggang dengan ayunan melingkar dan lanjutkan ayunan raket ke muka ke sebelah atas. b. Tapakan kaki kiri yang melangkah ke arah depan dengan lutut menekuk sperlunya. c. Gunakan lengan kiri untuk keseimbangan badan dan untuk menguatkan fordward swing d. Perhatikan daun raket harus tetap dalam posisi tegak lurus dan tangkai raket horizontal sepanjang ayunana raket ke muka

3.Latihan Gerakan Backhand Drive
Bentuk-bentuk latihannya: y Backhand-Backswing a. Vipot ke kiri, yakni putar bahu dan pinggul ke kiri, serta pindahkan berat badan anda pada kaki kiri yang memutar dan melangkah ke kiri juga. b. Masih dengan tuntunan tangan kiri, ayunkan raket terus ke belakang, di sertai dengan memutar bahu ke kiri semaksimal mungkin.

y

Backhand-Forword Swing a. Rendahkan raket, masih dengan tuntunan tangan kiri juga, sehingga setinggi pinggang b. Kemudian lepaskan tangan kiri dari leher dan ayunkan raket ke muka-ke atas, dengan tangkainya dalam posisi horizontal dan daunnya vertikal. c. Tapakan kaki kanan yang melangkah ke depan dengan lutut menekuk seperlunya. d. Gunakan tangan kiri untuk keseimbangan badan

4. LATIHAN SERVIS
y Lemparan Servis Cara melakukannya: a. Lakukan hampir seluruh gerakan dari sudut bahu b. Rentangkan jari-jari sambil melempar c. Ikuti lemparan bola dengan tangan dan pandangan mata. Bentuk-bentuk latihannya: a. Ambil posisi di belakang baseline dan berlatihlah untuk melakukan lemparan servis. Rentangkan jari-jari anda sambil menangkap bola, dan buatlah agar bola hanya sedikit berputar. b. Lemparkan bola dan tangkap dengan satu tangan c. Letakan bungkus raket beberapa inci dari baseline dan gunakan sebagai sasaran. d. Sejajarkan lengan yang melempar bola dengan tiang net. Lalu ikuti garis tiang tersebut ke arah vertikal sambil mengangkat tangan pada gerakan melemmpar. y Servis Di Garis Servis Cara melakukannya: a. Mulailah dengan raket berada di belakang kepala atau punggung b. Lemparkan bola lebih tinggi dari jangkauan tangan anda c. Jangkaukan tangan setinggi mungkin untuk memukul bola d. Tegakkan kepala dan pandangan anda sampai bola terpukul Bentuk-bentuk latihannya: a. Lakukan servis ke arah lapangan yang sesuai bukan ke arah baseline. b. Secara bergantian, lakukan servis ke sisi kiri dan kanan lapangan. Pukulah bola berlahan-lahan. c. Pindahlah ke posisi di tengah antara garis servis dan garis baseline d. Pindahlah ke posisi tepat di belakang titik tengah baseline. y Servis Dasar Cara melakukannya: a. Mulailah bergerak dengan menurunkan kedua tangan bersamaan. b. Tangan ditekuk ke belakang punggung c. Rentangkan tubuh untuk menjangkau setinggi mungkin d. Lanjutkan ayunan setelah memukul Bentuk-bentuk latihannya:

a. Mengayunkan raket ke arah bawah b. Mengayunkan raket ke arah bawah-belakang (belakang punggung) c. Mengayunkan raket ke arah bawah-belakang dan siku ditekuk d. Mengayunkan raket ke arah bawah-belakang dan siku ditekuk menjangkau setinggi mungkin dengan raket. e. Mengayunkan raket ke arah bawah-belakang dan siku ditekuk menjangkau setinggi mungkin dengan raket, dilanjutkan dengan gerakan menyilang ke bawah. y Servis Jarak Jauh Cara melakukannya: a. Jangan takut untuk memukul sekeras atau sejauh mungkin b. Jangkaukan tangan sejauh mungkin untuk memukul bola c. Lemparkan bola dan bungkukan badan Bentuk-bentuk latihannya: a. Melakukan servis ke arah lapangan yang tepat dari posisi 10 kaki di belakang baseline. b. Mengubah cara pegangan dari forehand Eastern ke Continental c. Pindah ke posisi 15 kaki dari baseline . d. Mendekat ke arah baseline

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->