1. Letak geografis Asia Tenggara Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu: a. b. c.

Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat; Laut Cina Selatan di utara; Samudra Pasifik di timur

2. Letak astronomis Asia Tenggara adalah 28 LU – 11 LS dan 92 BT – 141 BT. 3. Batas-batas kawasan Asia Tenggara a. Utara Pasifik . b. Selatan : berbatasan dengan Hindia dan Benua Australia . c. Barat Hindia . d. Timur : berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Papua Nugini . : berbatasan dengan Kawasan Asia Selatan dan Samudra : berbatasan dengan Kawasan Asia Timur dan Samudra

4. Bentang alam Asia Tenggara Bentang adalah keadaan umum tentang suatu wilayah.

Dari gambar peta di samping dapat kita lihat bahwa wilayah Asia Tenggara terbagi atas dua bagian utama, yaitu berikut ini. a. Daratan Berbentuk Semenanjung Semenanjung adalah tanjung yang besar. Wilayah yang berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kampuchea, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat. b. Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan

Keadaan iklim yang ditinjau dari keadaan fisik muka bumi dan wilayah perairan disebut iklim fisis. yaitu iklim yang dipengaruhi oleh adanya gunung-gunung tinggi. Ciri-cirinya adalah: – curah hujan tinggi. 5. Keadaan iklim Asia Tenggara • • Asia Tenggara berada di daerah beriklim tropis. dan Timor Leste. – suhu udara panas. • Beberapa iklim fisis di kawasan Asia Tenggara adalah sebagai berikut. keadaan iklim dapat ditinjau dari keadaan fisik muka – bumi dan wilayah perairan. – Selain iklim matahari. yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin laut. Hanya sebagian kecil kawasan Asia Tenggara yang beriklim subtropis yaitu Myanmar bagian utara. karena berada di dekat garis ekuator. Hal ini terjadi karena wilayah Asia Tenggara dikelilingi laut yang luas. Hasil Tambang No Negara Hasil Tambang . yaitu iklim yang dipengaruhi oleh adanya dataran rendah yang tersebar di kawasan Asia Tenggara. – Iklim dataran rendah. 6. – Iklim laut. – Iklim gunung. Indonesia. Singapura. karena pengaruh adanya angin muson barat. Sumber daya alam kawasan asia tenggara a. wilayah Malaysia bagian timur.Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina.

bijih besi. Hutan menghasilkan kayu dan rotan yang berguna untuk membuat beraneka macam barang dan bahan bangunan b. gas alam. mangaan. timah putih. timbal. bijih besi. besi. mangaan. Hasil Laut • Kecuali Laos. danminyak bum a. tembaga. timah hitam. gibs. chrom. bijih Kamboja Laos Malaysia Myanmar besi Bijih besi. minyak bumi dan gas alam. wolfram. mangaan Emas. tembaga Timah putih. mangaan. marmer. timbale. emas. minyak bumi Emas.1 Brunei Darussalam Minyak bumi dan gas alam 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Filipina Indonesia Bijih besi. timah Timah putih. Hasil Hutan • • • Kawasan Asia Tenggara sebagian besar beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. bouksit Minyak bumi. emas. perak Minyak bumi. fosfat. gamping fosfat. perak. semua negara di kawasan Asia Tenggara memiliki wilayah laut. emas Batu bara. belerang. . timbal. emas. bijih besi. seng. emas. tembaga. timah. Keadaan ini menumbuhkan hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Thailand Timor Leste Vietnam emas. emas.

3% 2.8% 2.• Laut merupakan sumber daya alam yang penting. sebagian besar (85 %) penduduk Singapura Di Malaysia.1 49.4% 0. 57 % penduduknya tinggal di perkotaan. Penduduk di Kawasan Asia Tenggara a. 5.6% 1.5 220. Dari laut dapat diperoleh manfaat.3% 1.8 80.4 63 Kepadatan (jiwa/km) Pertumbuhan Penduduk (%) 1. – Dari dasar laut sering ditemukan bahan tambang seperti minyak dan gas bumi 7.6 5.768 123 53 244 2.3% Tenggara 0.1% 1. Jumlah Penduduk di Kawasan Asia Tenggara No Negara Jumlah penduduk negara Asia 1. karena Karena padatnya penduduk. 9.9% b. 3. 7. Singapura merupakan sebuah negara kota. pedesaan. 11 Brunei Darussalam Filipina Indonesia Kamboja Laos Malaysia Myanmar Singapura Thailand Timor Leste Vietnam 81.1 0.2 4.7% 1. 2.5 12.7% 0. 4.8 272 116 69 24 76 73 6. tinggal di rumah susun (apartemen).2 63. . – Sebagai jalur transportasi air. 8.2% 1. – Sebagai sumber bahan pangan berupa ikan dan hasil laut lainnya. Persebaran Penduduk di Kawasan Asia Tenggara • • • • Sebagian besar (63 %) penduduk di kawasan Asia Tenggara tinggal di Sebagian besar (95 %) penduduk Singapura tinggal di perkotaan.berikut ini. – Sebagai objek wisata. 6. 10. kecuali Singapura.6 25.

– Suku bangsa Lao Yao dan Thai di Laos dan Thailand. c.ilmu pengetahuan. pisang. Sunda.Pertukaran acara televisi pernah dilakukan antara kedua negara. budaya. Selain itu kedua negara juga sepakat untuk memberantas gerombolan komunis di bagian utara Kalimantan. dan bidang lainnya. ekspor dan impor 9. pakaian. pedagang. Sementara di Timor Leste. Indonesia dan Malaysia bekerjasama dalam bidang pertanian dengan membahas tentang pangan.dan mengembangkan kerjasama bilateral antara dua negara berbasis saling menguntungkan di bidang makanan. kerajinan dan furniture. yaitu untuk memperkuat. Tujuan kerjasama tersebut. komponen listrik kendaraan bermotor. garmen. Kerja sama yang menonjol adalah di bidang kebudayaan. dan keamanan. dan lain-lain. dibidang perkebunan. Suku bangsa Adapun suku-suku yang jumlahnya besar di Asia Tenggara antara lain sebagai berikut. – Suku bangsa Cina. India. Melayu. tekstil. – Suku bangsa Jawa. – Suku bangsa Khmer di Kamboja. minyak. suku cadang kendaraan Elektronik. Pada tahun 2009. hortikultura. – Suku bangsa Man.sosial. . baja.• • Di Brunei Darussalam 67 % penduduknya tinggal di perkotaan. Kerjasama indonesia dengan negar-negara asia tenggara 1. Mesin industri. berlian. Batak. Kerja Sama dengan Negara Malaysia Indonesia dengan Malaysia menjalin kerja sama dalam bidang ekonomi. dan Pakistan di Singapura 8. pertenakan. komputer dan komponennya. mempromosikan . integrated circuit. Muong . Bali. dan Dayak di Indonesia. alat-alat listrik.dan Vietnam di Vietnam. Mata Pencaharian Sebagian besar penduduk di kawasan asia tenggara bermata pencaharian sebagai petani. Contoh barang perdagangan antar Negara Tekstil. agrobisnis. – Suku bangsa Semang dan Sakai di Malaysia. misalnya Titian Muhibah dan Senada Seirama. 10. Tho. 92 % penduduknya tinggal di pedesaan.

Kerjasama dengan Negara Singapura Indonesia dan Singapura menjalin kerja sama di berbagai bidang.Adapun kerja sama ini akan tetap diperluas seiring berjalannya pemerintahan. Indonesia dan Filipina juga memiliki kesepakatan dalam bidang energi yang diwakili oleh Departemen Luar Negeri kedua negara.dan.masalah hoetherma.Sementara itu Indonesia juga bekerja sama dalam bidang pertahanan dan kemanan. 4.2. seperti jika ada bencana alam di salah satu negara yang bekerja sama ini.gas alan. Selain bekerjasama dalam perdagangan. Malaysia dan Singapura saling menjaga Selat Malaka. perjanjian tersebut di bicarakan pada tahun 2006 dimana Presiden SBY berkunjung ke singapura dan membahas perjanjian tersebut. kedua negara ini juga bekerjasama dalam bidang sosial. Dalam perdagangan.Sementara Filipina mengekspor gla dan kopra ke Indonesia.sayur-sayuran. Kerjasama dengan Negara Thailand Indonesia dan Thailand menjalin kerja sama di bidang politik.Johor. Karena Selat Malaka merupakan lalu-lintas laut Internasional.kehutanan.pendidikan.timah. Indonesia mengekspor minyak mentah. dan Singapura membentuk kawasan Segitiga Emas yang terkenal dengan nama Sijori (Singapura. maka negara-negara ini akan membantu satu sama lainnya. baja. hubungan Indonesia. Dalam pertahanan dan keamanan Indonesia. Kerjasama yang dibentuk oleh Indonesia pada pemerintahan Presiden SBY dengan Singapura bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateralnya. 3.dan perjanjian kontrak terorisme. Malaysia. serta sosial dan budaya.Indonesia mengimpor beras dan gula.Indonesia mengekspor minyak bumi. besi. Dalam pertemuan terakhir antara Indonesia dan Thailand akan membahas lebih jauh kerja sama bilateral di bidang perikanan. kerjasama yang lain dalam hal perikanan.daging.pertanian. . dan alumunium ke Filipina.sebaliknya Indonesia mengeskspor kayu lapis dan pesawat terbang ke Thailand. Kerjasama dengan Negara Fillipina Hubungan antara Indonesia dengan Fillipina berpusat pada kerja sama di bidang perdagangan ekspor-impor.dan kayu lapis ke singapura. kebudayaan dalam rencana jangka panjang.ekonomi.pemerintah mengadakan kerjasama dalam bidang pertahanan perjanjian ekstradisi.sosial.dan budaya. Selain bergabung bersama-sama dalam organisasi kesehatan dunia (WHO).dan Riau).

dan kendaraan ke Brunei Darussalam. . Oleh karena itu. Pada kunjungan balasan pihak Indonesia menawarkan pelatihan migas di Pusdiklat Migas Cepu. 7.yang bertujuan untuk membahas masalah di Kamboja.Adapun ketika itu Indonesia memprakarsai penyelenggaraan Jakarta Informal Meeting. Kamboja selama ini dianggap sebagai penghasil beras berkualitas baik dan sebagian besar di ekspor dalam bentuk gabah. Pada bulan Juli 2006. permasalah ini pun dibahas.sosial. 6. ESDM (energi dan sumber daya mineral).Alasan perikanan menjadi pembahasan kedua negara karena Indonesia memiliki kekayaan laut dan perikanan yang berlimpah. 5. buah-buahan. Diharapkan dapat menjaga hubungan baik dan menyatukan antara Indonesia dan Thailand. pakaian jadi. Kerja Sama dengan Laos dan Vietnam Kerja sama Indonesia dengan Laos dan Vietnam lebih mengutamakan dalam bidang ekonomi. Di sisi lain Thailand merupakan salah satu negara dengan kapal penangkapan terbanyak dan memiliki Fishery Prolessing terbesar di dunia. Kerja Sama dengan Brunei Darussalam Indonesia mengekspor sayur-sayuran. Kerja Sama dengan Kamboja Kerja sama antara Indonesia dengan Kamboja terlihat dengan nyata ketika Indonesia membantu menyelesaikan konflik di Kamboja. Oleh sebab itu pemerintah Indonesia berharap dengan kerja sama ini bisa meningkatkan kualitas pangan yang semakin baik.politik. Penawaran itu ditujukan untuk negara Brunei Darussalam agar memanfaatkan pelatihan tersebut dengan 19 program pelatihan. Indonesia dengan Brunei Darussalam juga membahas kerjasama dalam bidang.dan budaya. Pemerintah Indonesia dengan Laos sepakat bekerja sama untuk meningkatkan: Kerjasama pengembangan kapasitas diplomat. Perdana menteri Brunei Darussalam juga membahas kemungkinan kerjasama di bidang industri migas. Pada saat ini Indonesia mencoba merealisasikan gagasan untuk membentuk Joint Agricultural Working Group. Selain itu Indonesia juga mengirimkan tenaga pengajar dan tenaga ahli lainnya ke Brunei Darussalam.

Pembahasan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang pertahanan. Pemerintah Indonesia dengan Vietnam sepakat bekerja sama dalam pertemuannya di Hanoi pada tahun 2007. Kerja Sama dengan Myanmar Myanmar adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang berideologi komunis. hubungan antara Indonesia dengan Myanmar semakin erat. Adapun Indonesia dan Myanmar mengutamakan kerja sama di bidang ekonomi. Di sisi lain Indonesia dengan Myanmar akan membahas kerja sama dalam bidang transportasi demi memperkuat sektor ekonomi dan bisnis.Negara ini sebelumnya bernama Burma.dan budaya.sosial. .meskipun terdapat perbedaan ideologi yang mencolok antara Indonesia dan Myanmar. Setelah Myanmar masuk menjadi anggota Asean. Indonesia membantu di Laos dalam membangun pertaniannya. namun tidak menyurutkan tekad kedua negara ini untuk tetap menggalang kerja sama yang harmonis. dan pariwisata. Indonesia dan Vietnam juga merundingkan pembahasan zona ekonomi khusus dan koordinasi bersama masalah kawasan laut demi keuntungan kerja sama. terutama bidang perkereta apian sebagai contoh kerja sama yang direncanakan Indonesia.- Kerjasama di bidang kehutanan dalam hal teknis dan tenaga ahli.migas. 8.