P. 1
Enquiry Discovery Learning PPT by. andriani

Enquiry Discovery Learning PPT by. andriani

1.0

|Views: 2,056|Likes:
Published by Andriani Yeppeun
pembelajaran inkuiri
pembelajaran inkuiri

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Andriani Yeppeun on Feb 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/08/2015

pdf

text

original

Metode Enquiry Discovery Learning

Disusun Oleh

Andriani Saragih 200841500035 Pendidikan Biologi

1.

PENGERTIAN

Enquiry Discovery Learning adalah belajar mencari dan menemukan sendiri. Dalam sistem belajar mengajar ini guru menyajikan bahan pelajaran tidak dalam bentuk yang final, tetapi anak didik diberi peluang untuk mencari dan menemukannya sendiri dengan mempergunakan teknik pendekatan pemecahan masalah.

2.

CIRI- CIRI STRATEGI PEMBELAJARAN IKNKUIRI

Strategi inkuiri menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan. Artinya strategi inkuiri menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap percaya diri (self belief) Tujuan dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri adalah mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis, kritis, atau mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental.

3. L ANGKAH- L ANGKAH
A. Orientasi yaitu langkah untuk membina suasana atau iklim pembelajaran yang kondusif. Hal yang dilakukan dalam tahap ini adalah : 
 

Menjelaskan topik, tujuan dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa. Menjelaskan pokok- pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan. Menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar.

B. Merumuskan masalah merupakan langkah membawa siswa pada suatu persoalan yang mengandung teka- teki. Persoalan yang disajikan adalah persoalan yang menantang siswa untuk berpikir memecahkan teka- teki itu. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan masalah : 
 

Masalah hendaknya dirumuskan sendiri oleh siswa Masalah yang dikaji adalah masalah yang mengandung teka- teki dan jawabannya pasti Konsep- konsep dalam masalah adalah konsepkonsep yang sudah diketahui terlebih dahulu oleh siswa.

C. Merumuskan Hipotesis adalah jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji. Sebagai jawaban sementara, hipotesis perlu diuji kebenarannya. D. Mengumpulkan Data adalah aktivitas menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang sedang diajukan . Dalam pembelajaran inkuiri, mengumpulkan data merupakan proses mental yang sangat penting dalam pengembangan intelektual.

E. Menguji Hipotesis menguji hipotesis adalah menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data. Menguji hipotesis juga berarti mengembangkan kemampuan berpikir rasional. Artinya, kebenaran jawaban yang diberikan bukan hanya berdasarkan argumentasi, akan tetapi harus didukung oleh data yang ditemukan dan dapat dipertanggungjawabkan.

F. Merumuskan Kesimpulan merumuskan kesimpulan adalah proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis. Untuk mencapai kesimpulan yang akurat sebaiknya guru mampu menunjukkan pada siswa data mana yang relevan.

4.

PENDEKATAN INKUIRI

Pendekatan inkuiri terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan besarnya intervensi guru terhadap siswa atau besarnya bimbingan yang diberikan oleh guru kepada siswanya. Ketiga jenis pendekatan inkuiri tersebut adalah : Inkuiri Terbimbing
Pendekatan inkuiri terbimbing yaitu pendekatan inkuiri dimana guru membimbing siswa melakukan kegiatan dengan memberi pertanyaan awal dan mengarahkan pada suatu diskusi.Pendekatan inkuiri terbimbing ini digunakan bagi siswa yang kurang berpengalaman belajar dengan pendekatan inkuiri.

Pada pendekatan ini siswa akan dihadapkan pada tugas- tugas relevan yang untuk diselesaika baik melalui diskusi kelompok maupun secara individual agar mampu menyelesaikan masalah dan menarik suatu kesimpulan secara mandiri. Pada tahap awal, guru banyak memberikan bimbingan, kemudian pada tahaptahap berikutnya, bimbingan tersebut dikurangi, sehingga siswa mampu melakukan proses inkuiri secara mandiri. 

Inkuiri Bebas Pada umumnya pendekatan ini digunakan bagi siswa yang telah berpengalaman belajar dengan pendekatan inkuiri, karena inkuiri bebas ini menempatkan siswa seolah- olah bekerja seperti seorang ilmuwan. Siswa diberi kebebasan menentukan permasalahan untuk diselidiki, menemukan dan menyelesaikan masalah secara mandiri, merancang prosedur atau langkahlangkah yang diperlukan.Bimbingan dari guru sangat sedikit atau bahkan tidak diberikan sama sekali. 

Inkuiri Bebas yang dimodifikasi Pendekatan ini merupakan kolaburasi atau modifikasi dari dua pendekatan inkuiri sebelumnya. Dalam pendekatan ini siswa tidak dapat memilih atau menentukan masalah untuk diselidiki secara sendiri, namun siswa yang belajar dengan pendekatan ini menerima masalah dari gurunya untuk dipecahkan dan tetap memperoleh bimbingan. Namun bimbingan yang diberikan lebih sedikit dari inkuiri terbimbing dan tidak terstruktur.

5. 

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN

Keunggulan
1.

2. 3.

4.

Strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih bermakna. Strategi ini dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka. Strategi ini merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman Strategi ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata- rata. 

Kelemahan
1.

2.

3.

4.

Jika strategi pembelajaran ini digunakan sebagai strategi pembelajaran, maka akan sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa. Strategi ini sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar. Kadang- kadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan. Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka startegi ini akan sulit diimplementasikan oleh setiap guru.

6.
1. ‡ ‡ ‡

SASARAN PEMBELAJARAN

Sasaran Kognitif
Memahami bidang khusus dari materi pelajaran Mengembangkan ketrampilan proses sains Mengembangkan kemampuan bertanya, memecahkan masalah dan melakukan percobaan Menerapkan pengetahuan dalam situasi baru yang berbeda. Mengevaluasi dan mensintesis informasi, ide dan masalah baru. Memperkuat keterampilan berpikir kritis

‡

‡

‡

2. ‡

Sasaran Afektif
Mengembangkan minat terhadap pelajaran dan bidang ilmu Memperoleh apresiasi untuk pertimbangan moral dan etika yang relevan dengan bidang ilmu tertentu Mendapatkan kemampuan untuk belajar dan menerapkan materi pengetahuan Sasaran Sosial
‡ ‡

‡

‡

3.

‡

Bekerja Secara kolaburatif Mempresentasikan hasil, prosedur dan interprestasi Mendengarkan dan belajar dari kelompoknya

4. ‡

Sasaran Interdisiplin
Mengasosiasikan pemahaman baru terhadap pemahaman awal Membuat kaitan antara pengetahuan baru dengan pengetahuan sehari- hari. Sasaran Pemecahan Masalah
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡

‡

5.

Mengidentifikasi dan mengelompokkan masalah Menyeleksi tindakan yang sesuai Mengajukan dan mendefenisikan pertanyaan yang khusus Menulis Hipotesis Menganalisis Data Membuat spekulasi dan ekstrapolasi atas dasar data, dan bukti empirik

6.

Sasaran Penerapan
‡

‡

‡

‡ ‡

Memperoleh pengetahuan dari berbagai sumber Mengembangkan kemampuan menyeleksi tindakan/ perangkat yang cocok Menggunakan laboratorium atau perangkat komputer Mengorganisasikan informasi Mengikuti instruksi

7. 

REFERENSI 

Djamarah, Drs.Syaiful Bahri dan Drs. Aswan Zain.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka cipta http://educationmantap.blogspot.com/2010/06/strategipembelajaran-inkuiri.html http://id.shvoong.com/socialsciences/education/2009906-strategipembelajaran-inkuiri-spi/ http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/modelpembelajaran-inkuiri/   

http://jujunwahyudin.blogspot.com/2011/03/modelpembelajaran-inkuiri.html http://organisasi.org/eksperimen-berbasis-inkuiridan-eksperimen-berbasis-verifikasi http://hadisuwono.blogspot.com/2011/01/inkuirimengajar.html http://nurulfikri.sch.id/index.php/isisitus/artikel/pendidikan/425-hakiki-pembelajaraninkuiri.html http://www.muniryusuf.com/strategi-inkuiri-dalampembelajaran.html (tanggal download : minggu 27 maret 2011; 12:30)    

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->