TINGKATAN TAKSON DALAM KLASIFIKASI

SPESIES ATAU JENIS Merupakan tingkatan takson yang terendah Makhluk hidup digolongkan dalam satu spesies jika secara alami dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil

Zea  b.Cyprinus .Cyprinus carpio (ikan mas) b.Zea mays (jagung ) a. Keturunan yang fertil artinya dapat melakukan perkawinan antar sesamanya dan menghasilkan keturunan kembali  Contoh spesies adalah:  a.

Singa (Panthera leo) dan macan tutul (Panthera tigris).  Misal :anjing (Canis familiaris ) dan srigala (Canis nubilis). GENUS ATAU MARGA  adalah tingkatan takson yang anggotanya terdiri dari beberapa spesies yang memiliki beberapa persamaan ciri .Lada (Piper ningrum) dan sirih (Piper betle) .keduanya termasuk genus Canis.

 FAMILI ATAU SUKU  adalah tingkatan takson yang anggotanya terdiri atas beberapa genus  Misal :genus Panthera(marga singa dan macan tutul) bersama dengan genus Felis(marga kucing rumah) dimasukkan dalam famili Felidae .

yaitu gigi taring kuat dan tajam.Ursidae(kelompok beruang). Anggota Carnivora memiliki ciri yang sama.gerahamnya memiliki ujung ujung mahkota yang runcing .Canidae(kelompok anjing).Viverridae (kelompok musang) membentuk ordo Carnivora(hewan pemakan daging).ORDO ATAU BANGSA adalah tingkatan takson yang terdiri dari beberapa famili. Contohnya :famili Felidae(kelompok kucing).

chiroptera(bangsa kelelawar).perissodactyla(hewan bertelapak ganjil) dimasukkan dalam satu kelas yaitu kelas Mammalia . KELAS  adalah tingkatan takson yang terdiri atas beberapa ordo  Contoh : ordo carnivora.rodentia(binatang mengerat).primata(bangsa kera). insectivora.

 Anggota kelas Mammalia memiliki ciri yang sama.menyusui anaknya.yaitu memiliki kelenjar susu (glandula mamae).dan mempunyai rambut .

.Tumbuhan yang memiliki bunga sebagai alat perkembangbiakan dimasukkan dalam divisi Anthophyta. FILUM ATAU DIVISIO  adalah tingkatan takson yang terdiri atas beberapa kelas yang memiliki persamaan ciri  Contohnya :hewan yang tubuh dan kakinya bersegmen dimasukkan ke dalam filum Arthropoda.

dan semua tumbuhan dimasukkan ke dalam kingdom Plantae . KINGDOM ATAU DUNIA  adalah tingkat takson yang tertinggi  Contohnya : semua hewan dimasukkan ke dalam kingdom Animalia.

Klasifikasi orang utan (Pongo pygmaeus)          Kingdom :hewan (animalia) Filum :chordata Sub filum:vertebrata Kelas :mammalia Ordo :primata Subordo :anthropoidea Famili :pongidae Genus :pongo Spesies :Pongo pygmaeus. .

.Klasifikasi padi (Oryza sativa) Kingdom Divisio Sub divisi Kelas Ordo Famili Genus Spesies :tumbuhan(plantae) :spermatophyta :angiospermae :monocotyledonae :graminales :graminae :oryza :Oryza sativa.