RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/semester Standar kompetensi Kompetensi Dasar Alokasi waktu : : : : : : ......................................... Pendidikan Kewarganegaraan VII/2 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) 3.4. Menghargai upaya penegakan HAM 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat : 1. menyebutkan minimal 5 kasus pelanggaran HAM di Indonesia; 2. menyebutkan jenisjenis kasus pelanggaran HAM dalam masyarakat; 3. menyebutkan upaya-upaya penegakan dan perlindungan HAM oleh lembaga perlindungan HAM dan pemerintah; 4. menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakan dan perlindungan HAM di wilayahnya.  Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tanggung jawab ( responsibility ) Peduli ( caring ) Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran

1. 2. 3. 4. 5.

Kasus pelanggaran HAM di Indonesia Jenis-jenis kasus pelanggaran HAM di masyarakat Bentuk-bentuk partisipasi msyarakat dalam ikut penegakan HAM Upaya-upaya penegakan dan perlindungan HAM oleh lembaga perlindungan HAM Sikap positif terhadap upaya penegakan dan perlindungan HAM di wilayahnya

C. Metode

Diskusi kelompok dengan menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)/kepala bernomor,Ceramah bervariasi, diskusi, dan simulasi.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)

Pertemuan 1 No 1. Pendahuluan Apresiasi Kegiatan Belajar Waktu 10 menit Ket

a. Guru mengucapkan salam kemudian berdoa. b. Guru mengkondisikan kelas, mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan kesiapan belajar). c. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.

2) Guru memberikan tugas masing-masing sebagai berikut: Guru memberikan ssetiap kelumpok satu artikel kasus HAM Setiap siswa mengemukakan pendapat dan menulisnya di buku tugas kelompok 3) Guru memanggil kedepan dan siswa menyampaikan hasil kerja kelompoknya 4) Guru memanggil nomor siswa pada kelompok lainya untuk menanggapi 5) Kemudian siswa lainya juga menanggapi 6) Kesimpulan dan pengarahan guru.2. Guru menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)/kepala bernomor dengan permainan perahu penyelamat. Guru membuka termin tanya jawab antara guru dengan siswa. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap siswa dalam setiap kelompok memilik satu nomor. Penutup a. Konfirmasi c. Siswa menyimak materi yang disampaikan guru mengenai: 1) Kasus pelanggaran HAM di Indonesia 2) Jenis-jenis kasus pelanggaran HAM di masyarakat 3) Bentuk-bentuk penegakan HAM Elaborasi partisipasi masyarakat dalam ikut b. Siswa menyimpulakan materi bersama guru untuk 10 menit menetapkan pemahaman siswa. Siswa menulis tugas rumah berupa telaah materi yang akan . 3. c. dan siswa dengan siswa. b. Siswa diminta untuk melakukan refleksi tentang materi yang telah dibahas bersama. Kegiatan Inti Eksplorasi 50 menit a.

kemudian memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas. Siswa diminta menanggapi tentang jalanya simulasi tersebut d. Siswa memberikan hasil laporan simulasi tersebut 10 menit . c. Asepsi (mengkaitkan materi yang akan diberikan dengan materi minggu lalu) d. buku sumber dan motivasi belajar). Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. 50 menit Kegiatan Belajar Waktu 10 menit Ket Kegiatan Inti 2. serta upaya untuk menghentikan pelanggaran tersebut c.dipelajari pada minggu berikutnya. Pertemuan 2 No 1. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam. Guru melakukan pelurusan tentang jalannya simulasi tersebut e. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok o Kelompok pertama mensimulasikan pelanggaran HAM tentang kekerasan dalam keluarga serta upaya untuk menghentikan pelanggaran tersebut o Kelompok kedua mensimulasikan pelanggaran Ham tentang orang tua yang melarang anaknya untuk bersekolah. Pendahuluan a. b. Seting ruang dan kesiapan belajar siswa (persiapkan alat tulis. Guru menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan dengan materi pelanggaran HAM beserta upaya penegakan HAM Elaborasi b. Eksplorasi a.

2006. UU No. Orang tua 7. Pendidikan kewarganegaraan untuk SMP kelas VII. Hand Out Materi 6. Siswa bersama guru menyimpulkan materi b. LKS PKn semester genap kelas VII 3. E. Saronji. Erlangga: Jakarta. dkk. Tokoh masyarakat setempat 8. UUD 1945 4. 2. Dahlan. Reflexsi 3. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator Bentuk Teknik Instrumen pencapaian penilaian Instrumen Penilaian Quesioner Petunjuk! y Menunjukkan diri Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai sikap positif dengan pendapat kalian! terhadap upaya penegakkan HAM di NO PERNYATAAN wilayahnya SS y Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya 1 Orang tua yang melalukan pel anggaran HAM harus diadili se suai dengan tingkat kesalahannya STS S TS N . Sumber Belajar 1.Konfirmasi Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti mengenai pelanggaran HAM beserta upaya penegakan HAM Penutup a. Artikel kasus HAM F. 39 Tahun 1999 5.

Pernyataan SS S N TS STS Setiap orang yang melanggar HAM harus diadili sesuai kesalahannya. 1.Upaya penega kan HAM ha rus dimulai dari keluarga Guru adalah salah 3 satu aparat pene gak HAM di sekolah Kewajiban me 4 negakkan HAM terletak ditangan apara tur kepolisian dan LSM peme r hati HAM Guru yang me 5 nempeleng sis wanya karena tidak menger jakan PR ada lah bentuk upa ya penega kan HAM di kelas Keterangan: SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif ) S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) N=Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 ) TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif ) STS = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) 2 Penialain sikap dan perilaku melalui pengamatan ( Instrumen terlampir ). 4. Komnas HAM adalah lembaga aparat penegak HAM di sekolah. Upaya penegakan HAM harus dimulai dari keluarga. Setiap pelanggaran HAM harus dihukum sesuai aturan yang berlaku. 2. Penilaian Sikap No 1. 3. .

.. (_______________________) NIP/NIK : .««««««« 20 ««........ 4 bila bersifat negatif STS: skor 1 bila pernyataan bersifat positif.............. 3 4 5 Nama Siswa Kesesuaian dengan Tema Penjiwaan Pemeran Tanggapan Kelompok Lain Mengetahui........ .... .. 2.... 5 bila bersifat negatif Nilai: Jumlah skor yang diperoleh x 100 Skor maksimal 2.... 1 bila bersifat negatif S: skor 4 bila pernyataan bersifat positif............ Lembar Penilaian Simulasi No 1... Guru Mapel PKN (__________________________) NIP/NIK : .... Kepala SMP/MTs ««««« «... 2 bila bersifat negatif N: skor 3 TS: skor 2 bila pernyataan bersifat positif.5... Keterangan: SS: skor 5 bila pernyataan bersifat positif.. Guru memukul siswa karena tidak mengerjakan PR merupakan bentuk upaya penegakan HAM di sekolah.

4.. ..  Karakter siswa yang diharapkan : Rasa hormat ( respect ) Tanggung jawab ( responsibility ) Peduli ( caring ) Kewarganegaraan ( citizenship ) B.... 2.... menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakan dan perlindungan HAM di wilayahnya. menyebutkan jenisjenis kasus pelanggaran HAM dalam masyarakat. tetapi lebih-lebih pada kesadaran setiap manusia akan pentingnya HAM. yang kuat menguasai yang lemah tanpa memperdulikan hak-hak kemanusiaan. 5.. penegakan dan pemajuan HAM. Materi Pembelajaran Upaya penegakan HAM bukan saja tergantung pada instrumen HAM. Menyampaikan laporan atas terjadinya pelanggaran HAM kepada Komnas HAM atau lembaga lainnya yang berwenang dalam rangka rangka perlindungan. Menghargai upaya penegakan HAM 4 x 40 menit (2 x pertemuan) A.... Pendidikan Kewarganegaraan VII/2 3. 4........ 4. Akan dikucilkan dan dimusuhi oleh dunia international. menyebutkan upaya-upaya penegakan dan perlindungan HAM oleh lembaga perlindungan HAM dan pemerintah... Tujuan Pembelajaran Setelah selesai proses pembelajaran. 3..... Tidak akan ada stabilitas nasional dalam negara. Setiap negara yang tidak menegakkan HAM. siswa diharapkan dapat : 1. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) 3. 3. menyebutkan minimal 5 kasus pelanggaran HAM di Indonesia.. Tidak ada tertib sosial dan tertib hukum. Memajukkan usulan mengenai perumusan dan kebijakkan yang berkaitan dengan HAM kepada Komnas HAM atau lembaga lainnya.RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/semester Standar kompetensi Kompetensi Dasar Alokasi waktu : : : : : : ...... Setiap warga negara akan lebih mementingkan diri sendiri tanpa mau memedulikan kepentingan bersama... Sikap positif yang harus kita tunjukkan sebagai perwujudan partisipasi kita dalam upaya penegakkan HAM adalah: 1.... 2. mempunyai konsekuensi sebagai berikut: 1. 2.... Akan berlaku hukum rimba..

Kasus terbunuhnya Faud Muhammad Syafiuddin wartawan harian umum Bernas 1996 f.3. Penyelidikan Komnas HAM dapat membentuk tim ad hoc untuk melakukan penyelidikan. Kasus-kasus Pelanggaran HAM di Masa Orde Baru a. Jaminan perlindungan hukum Langkah-langkah penyelesaian perkara terhadap pelanggaran HAM yang berat: 1. hasilnya disampaikan ke penyidik. Kasus Ambon di Maluku e. Peristiwa penculikan para aktivis 1998 g. Kasus Trisakti b. Peristiwa Kemerdekaan Timor-Timur d. penyebarluasan informasi mengenai HAM. 2. Operasi Militer kdi Aceh 1989 ± 1998 d. Baik secara sendiri-sendiri atau kerjasama dengan Komnas HAM dapat melakukan penelitian. Kasus Semanggi I dan II c. Pemeriksaan di sidang pengadilan diputus oleh pengadilan HAM Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia 1. Kasus Sampit di Kalimantan tengah g. Pemantauan dan pengungkapan dan penegakan HAM banyak dilakukan oleh berbagai lembaga perlindungan HAM. namun hasilnya belum seperti yang diharapkan. Kasus Poso di Sulawesi tenggara f. 2. penyidik tidak berwenang menerima pengaduan 3. Jaminan penegakan hukum 3. Agar masyarakat dapat berpartisipasi terhadap upaya penegakan HAM maka harus di ciptakan suasana yang mendukung antara lain: 1. pendidikan. Kasus terbunuhnya Marsinah 1994 e. Penyidikan dilakukan oleh Jaksa Agung. Kasus-kasus Pelanggaran HAM di masa Reformasi a. . Kasus TKI di Malaysia. Kasus Timika di Papua 1994. Kasus Tanjung Priok di Jakarta 1984 b. Kasus Talang Sari di Lampung 1989 c. Penuntutan dilakukan oleh Jaksa Agung 4. 2. Penyebarluasan instrumen HAM kepada masyarakat luas.

3. Mendukung kehidupan yang demokratis di sekolah. Menghargai dan mendukung kehidupan yang demokratis. b. Mendukung upaya lembaga perlindungan HAM untuk menindak secara tegas terhadap pelaku pelanggaran HAM 3. d. Bentuk dukungan ini dapat berupa sikap dan perilaku secara nyata. Berpartisipasi dalam upaya yang dilakukan pemerintah untuk memberi bantuan kemanusiaan 4. 2. Menghargai dan menghormati waktu belajar. b. c. Turut serta dalam upaya membina kehidupan yang harmonis. sekolah. dan sebagainya. e. . Menghormati tindakan orang tua dalam mendidik anak-anak. d. Sikap positif terhadap upaya penegakan HAM dapat dimulai dari lingkungan. Menghargai dan menghormati sikap dan tindakan orang tua dalam membina kehidupan keluarga yang sehat. b. Di lingkungan masyarakat: a. Mematuhi dan menghargai tata tertib yang dibuat oleh sekolah. dan saling menghargai. Menghargai sikap yang berciri kekeluargaan dan persatuan. Mendukung upaya terwujudnya jaminan restitusi. 1. Membiasakan diri hidup rukun dengan anggota keluarga. kita harus memiliki kesadaran untuk mendukung adanya upaya penegakan hak asasi manusia yang dilakukan oleh pemerintah dan lembaga-lembaga perlindungan HAM. rehabilitasi bagi korban pelanggaran HAM. Menghargai upaya bapak-ibu guru dalam membina dan mendidik siswa di sekolah. rukun. Sikap Positif Terhadap Upaya Pemerintah dan Lembaga-Lembaga Perlindungan HAM dalam Penegakan HAM di Indonesia Sebagai warga negara yang baik. Bentuk-bentuk penghargaan terhadap upaya penegakan HAM dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti di lingkungan keluarga. dan sebagainya. Menghormati tindakan orang tua melindungi anak-anak. dan masyarakat.Dari beberapa peristiwa HAM kita dapat memberikan berbagai tanggapan positif dalam bentuk: 1. Mendukung kebiasaan hidup bersahabat. Masyarakat diharapkan memiliki pemikiran bahwa setiap tersangka harus dihukum. Di lingkungan sekolah: a. Mengutuk pelaku pelanggaran HAM 2. Kita mengerti asas praduga tak bersalah. kompensasi. c. c. Di lingkungan keluarga: a.

dan sebagainya. Metode Value Clarification tehniqu (VCT) tipe Perahu Penyelamat. f. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 No 1. f. g. Turut serta menjaga kehidupan yang tertib. Hayati dengan cermat keadaan masing . Turut serta membantu tegaknya keadilan dan kebenaran. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Guru menggunakan model pembelajaran VCT dengan permainan perahu penyelamat. Kegiatan Inti Eksplorasi d. 50 menit 2. mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi. tanya jawab dan tugas individu. yaitu sebagai Sbb: y y Setiap siswa menyimak/mengkaji isi ceritera. dan kesiapan belajar).masing partisipasi masyarakat dalam ikut Kegiatan Belajar Waktu 10 menit Ket . Guru mengkondisikan kelas. Bersikap jujur dalam pergaulan hidup bermasyarakat. Siswa menyimak materi yang disampaikan guru mengenai: 4) Kasus pelanggaran HAM di Indonesia 5) Jenis-jenis kasus pelanggaran HAM di masyarakat 6) Bentuk-bentuk penegakan HAM Elaborasi e. e. diskusi.d. kebersihan kelas. dan damai. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: 7) Siswa menyimak aturan main game ini. Guru mengucapkan salam kemudian berdoa. aman. C. Pendahuluan Apresiasi e. berbangsa dan bernegara. D.

y Tuliskan dengan singkat alasan mengapa mereka (satu per satu) harus diselamatkan. Dan bagaimana kiranya yang lain menurut kalian 8) Lontarkan Cerita game ini (bacakan dengan nada emosioaal atau bagikan stensilan kalau ada). Guru membuka termin tanya jawab antara guru dengan siswa. Siswa menyimpulakan materi bersama guru untuk 10 menit menetapkan pemahaman siswa. Siswa diminta untuk melakukan refleksi tentang materi yang telah dibahas bersama. yang dalam beberapa hal dikomentari guru melalui pertanyaan inkuiri atau direktif.pelaku dalam cerita. Pertemuan 2 No Kegiatan Belajar Waktu Ket . (waktu secukupnya agar. anak dapat merenung atau dialog kecil dengan temannya) 9) Kegiatan individual siswa mengisi tugas (menentukan pilihan). e. sebab kalau lebih perahu akan karam). f. Konfirmasi f. y Tuliskan dalam secarik kertas keputusan masingmasing tentang siapa yang harus diselamatkan dalam perahu tersebut (maksimal 3 orang. 10) Laporan klasikal dan diskusi singkat. dan siswa dengan siswa. 3. 11) Kesimpulan dan pengarahan guru. Penutup d. Siswa menulis tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya.

buku sumber dan motivasi belajar).1. Guru menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan dengan materi pelanggaran HAM beserta upaya penegakan HAM Elaborasi b. serta upaya untuk menghentikan pelanggaran tersebut c. Siswa memberikan hasil laporan simulasi tersebut 10 menit Konfirmasi Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai . Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam. 10 menit 50 menit Kegiatan Inti 2. Siswa diminta menanggapi tentang jalanya simulasi tersebut d. Eksplorasi a. kemudian memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan kelas. Pendahuluan Apresiasi a. c. b. Asepsi (mengkaitkan materi yang akan diberikan dengan materi minggu lalu) h. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok o Kelompok pertama mensimulasikan pelanggaran HAM tentang kekerasan dalam keluarga serta upaya untuk menghentikan pelanggaran tersebut o Kelompok kedua mensimulasikan pelanggaran Ham tentang orang tua yang melarang anaknya untuk bersekolah. Guru melakukan pelurusan tentang jalannya simulasi tersebut e. Seting ruang dan kesiapan belajar siswa (persiapkan alat tulis.

UU No. E. Tokoh masyarakat setempat 16. UUD 1945 12. Erlangga: Jakarta. Siswa bersama guru menyimpulkan materi b. LKS PKn semester genap kelas VII 11. Dahlan. Pendidikan kewarganegaraan untuk SMP kelas VII. Artikel kasus HAM F. 2006. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator Teknik Bentuk Instrumen pencapaian penilaian Instrumen Penilaian Quesioner Petunjuk! y Menunjukkan diri Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai sikap positif dengan pendapat kalian! terhadap upaya penegakkan HAM di NO PERNYATAAN wilayahnya SS y Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya 1 2 Orang tua yang melalukan pel anggaran HAM harus diadili se suai dengan tingkat kesalahannya Upaya penega kan HAM ha rus dimulai dari STS S TS N . Saronji. Reflexsi 3. Orang tua 15.konsep-konsep inti mengenai pelanggaran HAM beserta upaya penegakan HAM Penutup a. 10. 39 Tahun 1999 13. dkk. Sumber Belajar 9. Hand Out Materi 14.

keluarga Guru adalah salah satu aparat pene gak HAM di sekolah Kewajiban me 4 negakkan HAM terletak ditangan apara tur kepolisian dan LSM peme r hati HAM Guru yang me 5 nempeleng sis wanya karena tidak menger jakan PR ada lah bentuk upa ya penega kan HAM di kelas Keterangan: SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif ) S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) N=Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 ) TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif ) STS = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) 3 Penialain sikap dan perilaku melalui pengamatan ( Instrumen terlampir ). Upaya penegakan HAM harus dimulai dari keluarga. SS S N TS STS . Penilaian Sikap No Pernyataan 1. Setiap pelanggaran HAM harus dihukum sesuai aturan yang berlaku. Komnas HAM adalah lembaga aparat penegak HAM di sekolah. 4. 1. 5. Setiap orang yang melanggar HAM harus diadili sesuai kesalahannya. 3. 2. Guru memukul siswa karena tidak mengerjakan PR merupakan bentuk upaya penegakan HAM di sekolah.

Lembar Penilaian Simulasi No 1. (_______________________) NIP/NIK : . 3 4 5 Nama Siswa Kesesuaian dengan Tema Penjiwaan Pemeran Tanggapan Kelompok Lain x 100 Mengetahui............. 2 bila bersifat negatif N: skor 3 TS: skor 2 bila pernyataan bersifat positif....... ... 5 bila bersifat negatif Nilai: Jumlah skor yang diperoleh Skor maksimal 2..Keterangan: SS: skor 5 bila pernyataan bersifat positif..... 1 bila bersifat negatif S: skor 4 bila pernyataan bersifat positif............... 2....... Guru Mapel PKN (__________________________) NIP/NIK : . Kepala SMP/MTs ««««« «.....««««««« 20 ««.......... 4 bila bersifat negatif STS: skor 1 bila pernyataan bersifat positif...

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful