KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkian kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia -Nya sehingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya. Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kapada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan bimbingan dan semangatnya dalam penyelesaian makalah ini. Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang memba ngun dari teman-teman. Semoga makalah selanjutnya dapat lebih baik. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman -teman.

Penyusun

Mutasi, Promosi dan Demosi Karyawan | 1

...................4 Promosi.................................................................................................................8 Bab III Penutup Kesimpulan....................................................................................................................................Daftar Isi Kata pengantar.............................................................................................................................................................................. Promosi dan Demosi Karyawan | 2 ............................ 5 Demosi................................................................... 6 Mutasi............... dan Demosi dalam kaitannya dengan Motivasi dan Peningkatan Kerja ....................2 Bab I Pendahuluan Latar belakang............ .............10 Daftar Pustaka... ......................................................................................................................................................... Promosi....................................................3 Bab II Pembahasan Mutasi....................................................................1 Daftar isi..........................11 Mutasi.. ....... 7 Contoh kasus................

Pengelolaan sumberdaya manusia di dalam organisasi kemudian dikenal dengan manajemen Personalia dan kemudian berkembang menjadi Manajemen Sumberdaya Manusia. Dengan pengelolaan sumber daya manusia yang baik maka diharapkan terciptanya motivasi dan peningkatan k erja dari para pekerja atau pegawai ataupun karyawan yang bekerja disuatu organisasi ataupun instansi. Promosi dan Demosi Karyawan | 3 . Seringkali effisiensi pelaksanaan orga nisasi tergantung pada pengelolaan dan pendayagunaan manusia. itulah sebabnya maka setiap manajer harus mampu bekerja secara efektif dengan manusia. dan harus mampu memecahkan bermacam macam persoalan sehubungan dengan pengelolaan sumberdaya manusia.BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Organisasi terdiri dari berbagai elemen yang salah satunya adalah sumber daya manusia. Sebagaimana elemen organisasi yang lain sumberdaya manusia harus dikelola dengan baik. Bahkan bisa dikatakan babwa pengelolaan organisasi pada dasarnya adalah proses pengelolaan manusia. Proses manajemen yang baik harus bisa memanfaatkan keterbatasan tersebut demi tercapainya tujuan organisasi. Ada keterbatasan yang mengakibatkan pemanfaatannya harus dilakukan secara cermat. Mutasi.

Promosi dan Demosi Karyawan | 4 . Tujuan dari mutasi menurut Malayu S. Untuk memberikan perangsang agar karyawan mau berupaya karier yang lebih tinggi 6. Untuk pelaksanaan sanksi atas pelanggaran -pelanggaran yang dilakukan 7. Hasibuan (2002:102) diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Dengan penilaian prestasi karyawan akan diketahui keckapan karyawan dalam menyelesaikan uraian pekerjaan kepadanya. 4. sehingga tidak menimbulkan kejemukan dalam pekerjaan maka diperlukan adanya suatu pengembangan karir yang meliputi : mutasi. Untuk tindakan pengamanan yang lebih baik 10. mutasi adalah satu perubahan (job description) yang dibebankan posisi/jabatan/tempat/pekerjaan yang dilakukan baik secara horizontal maupun vertikal (promosi/demosi) dalam suatu organisasi . Untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kondisi fisik karyawan 11. Untuk memperluas atau menambah pengetahuan karyawan Untuk menghilangkan rasa bosan atau jenuh terhadap pekerjaannya meningkatkan 5. dan demosi. Untuk mengatasi perselisihan antar sesama karyawan Mutasi. Untuk alat pendorong agar spirit kerja meningkat melalui persaingan terbuka 9. P. MUTASI Mutasi adalah salah satu tindak lanjut yang dilakukan dari hasil penilaian prestasi karyawan.BAB II PEMBAHASAN Agar sumber daya manusia di dalam organisasi dapat bekerja dengan efisien dan efektif. Untuk memberikan pengakuan dan imbalan terhadap prestasi kerjanya 8. promosi. Untuk meningkatkan produktivitas pegawai Untuk menciptakan keseimbangan antara tenaga kerja dengan komposisi pekerjaan atau jabatan 3. Menurut Hasibuan (2000: 101). 2.

PROMOSI Perubahan posisi/jabatan pekerjaan dari tingkat yang lebih rendah ke yang lebih tinggi. lingkungan pekerjaan. atau alasan lainnya. Bentuk promosi ini biasanya digunakan apabila organisasi harus mengisi suatu jabatan yang kosong untuk sementara waktu karena pejabat yang bersangkutan sedang sakit. suatu promosi harus didasarkan atas syarat-syarat tertentu yang bagi setiap organisasi dapat ber beda sesuai dengan kebutuhan organisasi itu sendiri. Mutasi. 2. serta status sosial seseorang. hak. merupakan suatu bentuk promosi yang dilaksanakan dalam waktu sementara. Promosi Sementara (Temporary Promotion). yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja dalam perusahaan. Promosi dan Demosi Karyawan | 5 . Perubahan ini biasanya akan diikuti dengan meningkatnya tanggung jsawab. cuti. maka terdapat beberapa bentuk promosi. Promosi Tetap (Permanent Promotion). suatu bentuk promosi yang berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama. yaitu: 1. sifat. Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam promosi: o Kejujuran o Loyalitas o Tingkat Pendidikan o Pengalaman Kerja o Rasa Tanggung Jawab o Kepemimpinan o Kerjasama Dengan memperhatikan masalah-masalah diatas.Prinsip mutasi adalah menempatkan karyawan pada posisi yang tepat dan pekerjaan yang sesuai. pekerjaan. Dengan adanya mutasi diharapkan dapat memberikan uraian pekerjaan. dan alat ± alat kerja yang cocok bagi karyawan bersangkutan sehingga dapat bekerja secara efisien dan efektif pada jabatan itu . agar semangat dan produktivitas kerjanya meningkat . Dalam pelaksanaannya.

pendapatan serta statusnya semakin rendah. wewenang. Demosi adalah perpindahan karyawan dari suatu jabatan ke jabatan yang lebih rendah di dalam suatu organisasi.3. Tujuan demosi adalah untuk menghindari kerugian perusahaan. gaji dan status yang tepat sesuai dengan kemampuan kecakapan karyawan yang bersangkutan. Dalam bentuk ini. memberikan jabatan/posisi. suatu bentuk promosi yang dilaksanakan untuk meningkatkan kecakapan tenaga kerja yang bersangkutan. b. Mutasi. Demosi ini merupakan hukuman terhadap karyawan yang tidak mampu mengerjakan tugas-tugasnya padaa jabatan yang dipangkunya hingga jabatannya diturunkan . Suatu demosi biasanya dilakukan karena seorang tenaga kerja telah melakukan pelanggaran disiplin organisasi yang berat. Demosi adalah penurunan pangkat/jabatan seorang karyawan yang dilakukan dalam suatu org anisasi (Hasibuan. Karyawan yang kurang mampu akan frustasi bahkan mengundurkan diri dari perusahaan itu. wewenang dan pendapatan tenaga kerja tidak mengalami perubahan. Promosi dan Demosi Karyawan | 6 . tanggung jawab. Kelemahan promosi karyawan adalah: a. DEMOSI Demosi merupakan suatu bentuk mutasi vertikal yang berupa penurunan pangkat/posisi/jabatan/pekerjaan yang secara otomatis dengan penurunan pendapatan. 2001: 114). Biaya perusahaan akan semakin besar karena adanya ujian kenaikan golongan. Promosi Kecil (Small Scale Promotion).

kedua hal inilah yang juga memotivasi karyawan disuatu instansi untuk terus beruasaha dan meningkatkan kinerjanya. Dimana promosi berarti peningkatan. Sedangkan promosi dan demosi sendiri adalah dua hal yang barkaitan yang saling berkebalikan satu sama lain. Mutasi. dan Demosi dalam kaitannya dengan Peningkatan Kerja Motivasi dan Mutasi bukanlah suatu hukuman melainkan bentuk perhatian pimpinan terhadap bawahan. Mereka berlomba lomba untuk jadi yang terbaik dan memperoleh tempat atau jabatan yang lebih baik. Promosi dan Demosi Karyawan | 7 . Disamping perhatian internal.Mutasi. dan demosi adalah tiga hal yang berkaitan dalam memotivasi diri dari karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat adalah bagian terpenting dalam seluruh pergerakan yang terjadi dalam lingkup kerja pemerintahan. dengan tidak saling menjatuhkan satu sama lain. hal inipun harus dibarengi dengan kerja sama antar karyawan. Namun. Promosi. sedangkan demosi adalah penurunan. Mutasi. promosi. Meskipun demikian.

Namun di sinilah saya dapat melihat dua sifat perbedaan ora ng-orang yang mendapat promosi. dan demosi. dan lain -lainnya. Pro dan kontra pun menghinggapi karyawan lainnya. Sedangkan demosi adalah kebalikan dari promosi. wakil kepala regu menjadi kepala regu dan lain-lainnya. yang notabene bekas rekan kerjanya. mutasi. Mutasi ini dapat berupa promosi. senyum ramah mengembang. Beberapa orang operator mesin t iba-tiba diangkat menjadi staff. Dia menjadi asing bagi kawan -kawannya yang dahulu Mutasi. Merasa menjadi staff. Melawan artinya PHK. Dan banyak lagi komentar ya ng mungkin muncul dari beberapa karyawan. atau hanya pindah tempat kerjaan saja. Ketika terjadi kesalahan dalam bekerja. Mengapa harus A jadi kepala bagian bukannya B? Wajar dong kalau A naik jabatan karena« Pantas saja B turun jabatan karena dia«. Karena sudah keputusan manager tidak ada satupun karyawan yang melakukan protes. Masalah perubahan status jabatan ini sering menjadi bahan perbincangan hangat bagi karyawan. kepala regu jadi wakil kepala regu. Promosi tentu saja menaikan upah. dan wewenang karyawan tersebut. Orang pertama tiba-tiba berubah drastis.CONTOH KASUS Operator Menjadi Staff Dalam dunia kerja. Mutasi adalah perpindahan karyawan dari suatu depatemen//bagian ke departemen/bagian lainya. Dengan wewenang yang dimilikinya dia bebas melakukan apapun sesuai dengan keinginannya. jarang bertegur sapa. dan demosi adalah urusan dari manager sebagai atasan seluruh karyawan. Tapi ketika bertemu manager. artinya seorang karyawan mengalami penurunan jabatan misalnya staff jadi operator. Promosi. Promosi dan Demosi Karyawan | 8 . kepala pun sedikit dibungkukan. Promosi dapat diartikan sebagai kenaikan jabatan misalnya dari operator menjadi staff. Satu contoh kasus di tempat saya bekerja. seorang karyawan dapat mengalami perubahan status jabatan melalui promosi. Yang menjadi masalah karyawan adalah ketika orang yang promosi atau demosi ternyata tidak sesuai dengan harapan karyawan. fasilitas. Berbagai komentar pun muncul ke permukaan. melempar kesalahann ya kepada anak buahnya. mutasi. apalagi sang manager sekaligus merangkap sebagai pemilik perusahaan. demosi. Bertemu di jalan. karena seluruh karyawan mengetahui latar belakang karyawan yang pr omosi atau demosi tersebut. prilaku pun berubah. pandangan lurus ke depan seakan tidak ada orang di depannya. senyum pun tidak. Karyawan tidak bisa berbuat apa -apa kalau itu keputusan manager.

dan demosi adalah salah satu bagian dari siklus kehidupan manusia. Senyum pun mengembang ke setiap orang. mutasi. Bahkan tidak jarang menjelek-jelekkan karyawan tersebut. lebih perhatian kepada teman -temannya. tapi dengan ilmu yang kita miliki dari tempat kita bekerja akan mengantarkan kita kepada kehidupan yang lebih baik.´ QS 110 : 1. Mutasi. Mana senyum yang dahulu selalu mereka berikan. Ini lah hasil jerih payah saya. Promosi dan Demosi Karyawan | 9 . walapun mungk in beresiko di demosi atau PHK. Promosi sebagaimana disebutkan di atas sering membuat sebagian karyawan lain merasa iri. lebih bertanggung jawab. Lebih disiplin. Sebagai seorang muslim kita harus menerimanya. Bekerja ke ras dengan ilmu yang kita miliki adalah lebih baik daripada memikirkan masalah promosi. berusaha. dan berdoa pasti akan mengantarkan kita kepada kehidupan yang lebih baik.mendukungnya. Kita menjadi lupa kepada teman-teman kita dan kepada pemberi kesuksesan itu. Ketika terjadi kesalahan dialah yang bertanggung jawab. Padahal kesuksesan atau kemenangan yang kita peroleh datanya dari Allah. Apakah mereka telah melupakan saya dan mungkin seluruh rakyat yang memilih mereka? Kesuksesan atau kemenangan sering dianggap sebagai hasil kerja keras kita. Kita merasa paling hebat dan menepuk dada. Jadi teringat kepada orang -orang yang dahulu saya pilih untuk menjadi wakil rakyat. Orang kedua juga berubah drastis. ³Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Ayat ini mengingatkan kita agar tidak tidak takabur dalam meraih kuseksesan atau kemenangan. dan demosi. Promosi mutasi. Mungkin upah yang kita terima kurang untuk memenuhi kebutuhan kita. Terlepas dari kita suka atau tidak suka terhadap karyawan yang promosi. Man a janjijanji yang mereka obral pada saat kampanye. Bekerja dengan sangat baik. kita harus tetap menampilkan pekerjaan yang terbaik yang kita miliki. Biarlah Allah yang akan memberikan penghargaan kepada kita.

contohnya adalah keteledoran dalam bekerja. Promosi adalah penghargaan dengan kenaikan jabatan dalam suatu organisasi ataupun instansi baik dalam pemerintahan maupun non pemerintah (swasta). Promosi dan Demosi Karyawan | 10 . Demosi adalah penurunan jab atan dalam suatu instansi yang biasa dikarenakan oleh berbagai hal. Mutasi.BAB III PENUTUP Kesimpulan Mutasi adalah pemindahan tugas dengan jabatan yang masih setara dengan yang dijabatnya dahulu.

com/2009/05/mutasi -promosi-dan-demosi-dalam.com/2009/12/26/operator -menjadi-staff/ http://www.kompasiana.scribd.id/bitstream/handle/10364/991/bab2a.managementfile.id/bitstream/handle/10364/1026/bab1 -2.widyatama.bahtera.Daftar Pustaka http://www.ac.com/doc/16873761/Manajemen -SDM-Pengembangan-Karyawan http://phicumbritz.com/journal.pdf?sequence=3 Mutasi.php?id=167&sub=journal&page=strategic&a wal=0 http://dspace. Promosi dan Demosi Karyawan | 11 .ac.html http://edukasi.widyatama.org/kat eglo/?mod=dictionary&action=view&phrase=suksesi http://www.pdf?sequence=9 http://dspace.blogspot.