Hasil Percobaanku

]

Tutorial from : http://www.ilmugrafis.com/3dmax-studio.php?page=membuat-pensil-3dimensi

Cara membuatnya:
y

Pertama kita akan mengatur ukuran terlebih dahulu. Kita akan menggunakan standar ukuran dalam centimeter. Caranya : klik menu Customize>Units Setup.

y Klik pilihan Metric dan ubah kotak kombo menjadi pilihan Centimeters. Kita akan menggunakan objek dasar berupa objek Cylinder. y Klik tombol System Unit Setup. y Selanjutnya kita akan mulai membuat objek dasar pensilnya. y Pilih Centimeters dan klik tombol OK. Klik tab Create>Geometry>Standard .

Primitives>Cylinder. . y Buka tab Modify. y Buat objek di viewport Left (seperti tampak pada gambar).

y Atur parameter seperti gambar dibawah. . lalu klik opsi Edged Faces. y Hasilnya akan tampak pada gambar berikut. y Dekatkan mouse Anda ke tulisan Perspective di viewport Perspective dan klik kanan.

y Maka tulisan Cylinder akan berubah menjadi tulisan Editable Poly.y Anda akan mendapati objek tampak memiliki garis-garis pembentuk yang akan memudahkan kita dalam melakukan pengeditan selanjutnya. . Klik pilihan Vertex. y Klik kanan tulisan Cylinder seperti petunjuk gambar dibawah dan klik pilihan Editable Poly. Buka tanda plus disebelah tulisan Editable Poly.

y Klik tombol Collapse. Fitur ini berfungsi untuk menyatukan vertex-vertex yang kita pilih.y Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar dibawah. y Lalu klik pilihan Edge seperti gambar dibawah. .

.y Pilih edge seperti gambar dibawah. y Klik tombol Connect. seperti tampak pada gambar dibawah. y Hasilnya kita akan punya penambahan sebuah garis baru. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan (connect) garis baru yang ingin kita tambahkan pada objek 3D kita.

.y Selanjutnya klik pilihan Polygon. seperti gambar dibawah. y Lalu kita pilih bagian sisi depan. y Tekan tombol M dikeyboard untuk membuka Material Editor.

Hasil final utak-atik pensilnya kira-kira seperti gambar dibawah ini .y Pilih warna hitam pada kotak bertuliskan Diffuse disampingnya. Kita dapat memberikan warna untuk bagian-bagian lain dari objek pensilnya. y Hasilnya tampak seperti pada gambar. y Lalu tekan tombol Assign Material to Selection seperti pada gambar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful