Hasil Percobaanku

]

Tutorial from : http://www.ilmugrafis.com/3dmax-studio.php?page=membuat-pensil-3dimensi

Cara membuatnya:
y

Pertama kita akan mengatur ukuran terlebih dahulu. Kita akan menggunakan standar ukuran dalam centimeter. Caranya : klik menu Customize>Units Setup.

y Pilih Centimeters dan klik tombol OK. y Selanjutnya kita akan mulai membuat objek dasar pensilnya.y Klik pilihan Metric dan ubah kotak kombo menjadi pilihan Centimeters. Kita akan menggunakan objek dasar berupa objek Cylinder. Klik tab Create>Geometry>Standard . y Klik tombol System Unit Setup.

.Primitives>Cylinder. y Buka tab Modify. y Buat objek di viewport Left (seperti tampak pada gambar).

y Hasilnya akan tampak pada gambar berikut. lalu klik opsi Edged Faces. . y Dekatkan mouse Anda ke tulisan Perspective di viewport Perspective dan klik kanan.y Atur parameter seperti gambar dibawah.

Buka tanda plus disebelah tulisan Editable Poly. y Klik kanan tulisan Cylinder seperti petunjuk gambar dibawah dan klik pilihan Editable Poly. Klik pilihan Vertex.y Anda akan mendapati objek tampak memiliki garis-garis pembentuk yang akan memudahkan kita dalam melakukan pengeditan selanjutnya. y Maka tulisan Cylinder akan berubah menjadi tulisan Editable Poly. .

Fitur ini berfungsi untuk menyatukan vertex-vertex yang kita pilih. y Lalu klik pilihan Edge seperti gambar dibawah.y Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar dibawah. y Klik tombol Collapse. .

seperti tampak pada gambar dibawah. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan (connect) garis baru yang ingin kita tambahkan pada objek 3D kita.y Pilih edge seperti gambar dibawah. . y Klik tombol Connect. y Hasilnya kita akan punya penambahan sebuah garis baru.

y Tekan tombol M dikeyboard untuk membuka Material Editor. seperti gambar dibawah. .y Selanjutnya klik pilihan Polygon. y Lalu kita pilih bagian sisi depan.

y Pilih warna hitam pada kotak bertuliskan Diffuse disampingnya. y Hasilnya tampak seperti pada gambar. y Lalu tekan tombol Assign Material to Selection seperti pada gambar. Kita dapat memberikan warna untuk bagian-bagian lain dari objek pensilnya. Hasil final utak-atik pensilnya kira-kira seperti gambar dibawah ini .