Palang merah remaja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Artikel ini tidak memiliki referensi sumber tepercaya sehingga isinya tidak bisa diverifikasi.
Bantulah memperbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang layak. Artikel yang tidak dapat diverifikasikan dapat dihapus sewaktu-waktu oleh Pengurus.

Logo Palang Merah Indonesia Palang Merah Remaja atau PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. Terdapat di PMI Cabang seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 1 juta orang[1]. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Daftar isi
[sembunyikan] • • • • • • • • 1 Sejarah 2 Pendidikan dan pelatihan PMR 3 Jumbara 4 Tribakti PMR 5 Tingkatan PMR 6 Prinsip Dasar kepalang-merahan 7 Lihat pula 8 Pranala luar

[sunting] Sejarah

Terbentuknya Palang Merah Remaja dilatar belakangi oleh terjadinya Perang Dunia II (1859) pada waktu itu Austria dan Francis sedang mengalami peperangan. Karena kekurangan tenaga untuk memberikan bantuan, akhirnya mengerahkan anak-anak sekolah supaya turut membantu sesuai dengan kemampuannya. Mereka diberikan tugas – tugas ringan seperti mengumpulkan pakaian-pakaian bekas dan majalah-majalah serta Koran bekas. Anak-anak tersebut terhimpun dalam suatu badan yang disebut Palang Merah Pemuda (PMP) kemudian menjadi Palang Merah Remaja (PMR). Pada tahun 1919 di dalam sidang Liga Perhimpunan Palang Merah Internasional diputuskan bahwa gerakan Palang Merah Remaja menjadi satu bagian dari perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Kemudian usaha tersebut diikuti oleh negara-negara lain. Dan pada tahun 1960, dari 145 Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sebagian besar sudah memiliki Palang Merah Remaja. Di Indonesia pada Kongres PMI ke-IV tepatnya bulan Januari 1950 di Jakarta, PMI membentuk Palang Merah Remaja yang dipimpin oleh Ny. Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman. Pada tanggal 1 Maret 1950 berdirilah Palang Merah Remaja secara resmi di Indonesia.

[sunting] Pendidikan dan pelatihan PMR
Palang Merah Remaja atau PMR adalah organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah dan bertujuan memberitahukan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kesehatan umum dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Untuk mendirikan atau menjadi anggota palang merah remaja disekolah, harus diadakan Pendidikan dan Pelatihan Diklat untuk lebih mengenal apa itu sebenarnya PMR dan sejarahnya mengapa sampai ada di Indonesia, dan pada diklat ini para peserta juga mendapatkan sertifikat dari PMI. Dan baru dianggap resmi menjadi anggota palang merah apabila sudah mengikuti seluruh kegiatan yang diadakan oleh palang merah remaja disekolah. PMI mengeluarkan kebijakan pembinaan PMR: 1. Remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan kepalangmerahan. 2. Remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan. 3. Remaja berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI. 4. Remaja adalah kader relawan. 5. Remaja calon pemimpin PMI masa depan. Tujuan pembinaan dan pengembangan PMI masa depan: 1. Penguatan kualitas remaja dan pembentukan karakter. 2. Anggota PMR sebagai contoh dalam berperilaku hidup sehat bagi teman sebaya. 3. Anggota PMR dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat. 4. Anggota PMR sebagai pendidik remaja sebaya. 5. Anggota PMR adalah calon relawan masa depan.

[sunting] Jumbara
Jumbara atau Jumpa Bhakti Gembira adalah kegiatan besar organisasi PMR seperti halnya jambore pada organisasi Pramuka.Jumbara diadakan dalam setiap tingkatan. Ada jumbara tingkat kabupaten, daerah dan Jumbara Nasional. dimana pelaksanaanya disesuaikan dengan kemampuan PMI daerah yang bersangkutan.

[sunting] Tribakti PMR
dalam PMR ada tugas yang harus dilaksanakan, dalam PMR dikenal tri bakti yang harus diketahui, dipahami dan dilaksanakan oleh semua anggota. TRIBAKTI PMR (2009) tersebut adalah: 1. Meningkatkan keterampilan hidup sehat 2. Berkarya dan berbakti kepada masyarakat 3. Mempererat persahabatan nasional dan internasional.

[sunting] Tingkatan PMR
Di Indonesia dikenal ada 3 tingkatan PMR sesuai dengan jenjang pendidikan atau usianya 1. PMR Mula adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Dasar (10-12 tahun). Warna emblem Hijau 2. PMR Madya adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Pertama (12-15 tahun). Warna emblem Biru Langit 3. PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas (15-17 tahun). Warna emblem Kuning

[sunting] Prinsip Dasar kepalang-merahan
Dalam PMR dikenalkan 7 Prinsip Dasar yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh setiap anggotanya. Prinsip-prinsip ini dikenal dengan nama"7 Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional" (Seven Fundamental Principle of Red cross and Red Crescent). • Kemanusiaan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah lahir dari keinginan untuk memberikan pertolongan kepada korban yang terluka dalam pertempuran tanpa membeda-bedakan mereka dan untuk mencegah serta mengatasi penderitaan sesama. Tujuannya ialah melindungi jiwa dan kesehatan serta menjamin penghormatan terhadap umat manusia. Gerakan menumbuhkan saling pengertian, kerja sama dan perdamaian abadi antar sesama manusia. • Kesamaan Gerakan memberi bantuan kepada orang yang menderita tanpa membeda-bedakan mereka berdasarkan kebangsaan, ras, agama, tingkat sosial atau pandangan politik. tujuannya sematamata ialah mengurangi penderitaan orang lain sesuai dengan kebutuhannya dengan mendahulukan keadaan yang paling parah. • Kenetralan Gerakan tidak memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, ras, agama, atau ideologi. • Kemandirian

00 WIB 179 Orang Siswa . 14. Pelatih : Sutoyo Djoko Prajitno Waktu Latihan Jumlah Peserta Hari Jum’at Jam.00 – 16. Gerakan bersifat terbuka dan melaksanakan tugas kemanusiaan diseluruh wilayah negara bersangkutan. setiap perhimpunan Nasional sekalipun merupakan pendukung bagi pemerintah dibidang kemanusiaan dan harus mentaati peraturan hukum yang berlaku dinegara masing-masing. • Kesemestaan Gerakan bersifat semesta. namun gerakan bersifat otonom dan harus menjaga tindakannya agar sejalan dengan prinsip dasar gerakan. gerakan hadir diseluruh dunia. • Kesatuan Didalam satu Negara hanya boleh ada satu perhimpunan Nasional dan hanya boleh memilih salah satu lembaga yang digunakan Palang merah Bulan Sabit Merah. serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI. mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana. Artinya.Gerakan bersifat mandiri. serta memiliki hak dan tanggung jawab yang sama dalam membantu sama lain. PALANG MERAH REMAJA PALANG MERAH REMAJA Semasajaya Teenage RedCross Organization Pembina Drs. Terdapat di PMI Cabang seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 1 juta orang[1]. [sunting] Lihat pula [sunting] Lihat pula • • Palang Merah (Indonesia) Situs resmi Palang Merah Indonesia [sunting] Pranala luar alang Merah Remaja atau PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. Drajat SH. • Kesukarelaan Gerakan memberi bantuan atas dasar sukarela tanpa unsur keinginan untuk mencari keuntungan apapun. Setiap perhimpunan Nasional mempunyai status yang sederajat.

Mengadakan latihan persahabatan dengan sekolah lain setiap 3 bulan sekali 5. Mendatangkan pelatih yang lebih profesional saat kegiatan 6. Selaku petugas kesehatan disekolah mereka disebut Dokter kecil Atau Kader Kesehatan Remaja yang selalu berlatih dalam wadah Ekstra PMR. Mengadakan kegiatan di alam terbuka menggunakan peralatan medis standart misal Ambulans. Mengikuti beberapa event lomba yang ada 8. Siswa mampu mengenal berbagai macam obat-obatan dan peralatan medis lainya 2. Merekrut anggota baru setiap tahunnya yaitu saat ajaran baru 2. dll 7. Drakbar Khusus. Tujuan Tujuan bagi siswa – siswi yang mengikuti kegiatan Ekstra PMR ini sangat banyak yaitu meliputi : 1. . Siswa dapat memberikan Pertolongan Pertama bagi orang lain yang memerlukan penanganan Medis Dasar 3. Menambah peralatan untuk melengkapi alat yang sudah ada. Siswa dapat meningkatkan Ketrampilan dan kedisiplinanya melalui ekstra PMR ini. Melalui ekstra PMR ini Siswa-siswi yang mempunyai hobi dan cita – cita sebagai petugas kesehatan dapat menyalurkan bakatnya tersebut. karena selain menerima materi para siswa-siswi juga langsung bisa praktek disekolah dan langsung mendapat pengawasan dari Dinas kesehatan setempat yang dalam hal ini adalah PUSKESMAS. Mengadakan latihan rutin seminggu sekali 3. Siswa dapat membantu meringankan tugas Bpk/Ibu Guru karena penanganan siswa yang sakit disekolah bisa dilakukan oleh anggota PMR dari siswa sendiri 5.Rasional / Latar Belakang Ekstra PMR merupakan salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMPN 1 Sutojayan. Dimana ekstra ini lebih memfokuskan diri pada materi – materi kesehatan dan bidang sosial. Sasaran Sasaran kegiatan Ekstrakurikuler PMR di SMPN 1 Sutojayan ini adalah seluruh Siswa – Siswi mulai dari kelas VII sampai kelas IX karena target untuk menjadi petugas kesehatan di setiap sekolah dari Siswa adalah 10 % dari seluruh siswa Upaya Selama ini ekstra PMR telah berupaya untuk memajukan Kwalitas maupun kwantitasnya dengan cara sebagai berikut : 1. Mengadakan ujian bagi anggota yang akan mengikuti kenaikan tingkat maupun ketika akan mengambil atribut / tanda jenjang 4. Siswa mampu berorganisasi secara baik 4.

Lomba Uji Terampil Palang Merah Indonesia F. Peringatan HUT Menanamkan kedisiplinan Anggota PMR Kemerdekaan anggota dengan kegiatan PBB terpilih Negara Republik & Kar nafal Indonesia D. Pendidikan & Latihan Penerimaan Anggota Baru .Menguji ketrampilan Anggota PMR terpilih Seluruh anggota PMR September 2007 September – Oktober 2007 G. Membiasakan menabung saat latihan dengan cara Arisan yang sekaligus berfungsi meningkatkan keaktifan anggota saat latihan Program Latihan Pragram tahunan sebagai berikut NO URAIAN KEGIATAN TUJUAN SASARAN PELAKSANAAN 01. Pendaftaran Calon Anggota Baru B.Menguji ketrampilan Pengambilan KTA anggota selama latihan & Kaos Almamater .9. Latihan Rutin Tiap Melatih Anggota agar Terampil dalam segala Hal Anggota PMR Baru Desember – Januari yang Belum ikut 2008 Ujian Semua Anggota Tiap Hari Jum’at .Mengganti Pengurus . Kegiatan Peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan YME .Menguji ketrampilan .Menambah Pengetahuan . DIKLAT .Ujian pengambilan Atribut H.Memenuhi target Tim kesehatan dari Siswa Memperkenalkan program Kegiatan Organisasi PMR Seluruh Siswa– Juli – Agustus 2007 Siswi Kelas VII & VIII Calon Anggota Agustus 2007 PMR yang terdaftar C. Reorganisasi Pengurus Harian & Pelantikan Pengurus Baru E.Meningkatkan iman & Taqwa.Pengembangan Prestasi . BIDANG ORGANISASI PENGKADERAN A. .Melatih berorganisasi Seluruh anggota PMR Agustus 2007 Agustus – September 2007 .Merekrut anggota Baru .

Study Banding Mengevaluasi kegiatan Organisasi PMR & Menambah Pengetahuan Anggota 03.Mengantisipasi Siswa Sakit Semua Siswa SMP Setiap 3 Bulan Sekali Obatan UKS Disekolah 01 Sutojayan . Latihan Gabungan dengan Sekolah lain .Pembagian Piket . BARATA .Menguji ketrampilan MADYA DI .Memupuk Jiwa Sosial C. BIDANG PERSAHABATAN A.Meningkatkan ketrampilan Anggota dalam Berlatih .Penyediaan Obat yang Siap pakai D.Mempererat persahabatan anggota dengan Sekolah lain Seluruh anggota Menyesuaikan tiap 3 PMR SMP Negeri Bulan sekali 01 Sutojayan B. Penyediaan Obat . Pengecekan Golongan darah Massal Mengetahui jenis Golongan Semua Siswa yang Menyesuaikan Darah masing – masing Siswa belum tau Jenis golongan Darahnya 04. BIDANG USAHA KESEHATAN SEKOLAH A. BIDANG SARANA PRASARANA Pengadaan Peralatan Praktek untuk latihan Mengganti & Meningkatkan Ketrampilan Anggota PMR Memaksimalkan pelayanan Semua Anggota PMR Semua Siswa – Oktober 2007 April 2008 .Belajar untuk menjadi tim UKS &Pelaksanaan Kesehatan sekolah .Pengembangan Prestasi SMAN 01 BLITAR 02. Screning kesehatan dari Puskesmas Perwakilan Anggota Menyesuaikan PMR Meningkatkan budaya hidup Semua Anggota bersih dan sehat PMR Semua Anggota PMR yang telah lulus sertifikasi Menyesuaikan 6 Bulan Sekali Setiap Hari Aktif Sekolah B.Minggu Sekali terutama dalam Bidang Kesehatan PMR Anggota PMR terpilih Februari 2008 I.

cara mendirikan serta membongkarnya ) PELAKSANAAN Juli Minggu ke 3 Juli Minggu ke 4 Agustus Minggu ke 1 Agustus Minggu ke 2 –4 September Minggu ke 1 September Minggu ke 2 September Minggu ke 3 September Minggu ke 4 Oktober Minggu ke 1 Oktober Minggu ke 2 Oktober Minggu ke 3 Oktober Minggu ke 4 Nopember Minggu ke 1 10. Anatomi dan Faal dasar manusia ( Merujuk Buku pelajaran Biolagi SMP klas 2 ) 11.Memperbaiki fasilitas UKS sosial bagi Siswa – Siswi Siswi Program Latihan Setiap Minggu pada semester Pertama NO MATERI KEGIATAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Persiapan penerimaan calon anggota baru Pendataan & melengkapi administrasi calon anggota baru Pelaksanaan Pendidikan & Latihan calon Anggota dengan memberikan materi dasar ke Palang Merahan Latihan Lomba HUT Kemerdekaan RI dan pelaksanaanya ( PBB. Alat yang harus ada ) Materi Dasar – Dasar kesehatan dalam keluarga ( pengertian. Karnafal. Materi Norma sosial dan perilaku berisiko serta pergaulan bebas bagi Nopember Minggu ke remaja 2 15. tujuan dan cara melakukan ) Pengembangan potensi diri ( tumbuh kembang remaja dan cara mengambil keputusan yang baik ) Teori Pasang Bongkar Tenda ( Macam & jenisnya. Re – Organisasi dan pelantikan pengurus baru PMR periode 2006 – 2007 14. Melakukan bantuan hidup dasar dan RJP pada manusia ( Airway dan Nopember Minggu ke cara mengatasi pasien yang tersedak dasar ) 3 . Tujuan. Praktek tali temali & cara cepat membuat tandu darurat dengan menggunakan bahan bambu 13. Syarat & kewajiban Pelaku. Pengetahuan pemeriksaan fisik & respon ( cara mengetahui tanda – tanda fital pada manusia ) 12. Palang Merah Indonesia & PMR Materi awal Pertolongan Pertama ( Pengertian. kelemahan serta kelebihanya. DLL ) Materi sejarah Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

Penanganan cidera jaringan lunak ( luka lecet. keseleo.16. Praktek mengevakuasi pasien tidak sadar dengan menggunakan tandu Desember Minggu ke darurat ataupun dengan tidak menggunakan tandu 3 20. Pelaksanaan Pendidikan dan latihan pengambilan atribut bagi kelas VII dan pengambilan Skraf bagi kelas VIII Program Latihan Setiap Minggu pada Semester Kedua NO MATERI KEGIATAN 1 2 3 4 5 6 7 Januari Minggu ke 2 Januari Minggu ke 3 PELAKSANAAN Penanganan Cidera alat gerak ( Patah tulang tertutup pada lengan bawah Februari Minggu ke dan kaki bawah ) 1 Perilaku berisiko dengan mengkonsumsi obat – obat berbahaya. Praktek mendirikan dan membongkar tenda terpal serta praktek membuat tandu darurat Nopember Minggu ke 4 Desember Minggu ke 1 Desember Minggu ke 2 19. terkilir. Februari Minggu ke Alkohol dan Lain – lain 2 Praktek evakuasi dalam medan berbahaya dengan membawa pasien tidak sadar Materi tentang Kepemudan dan Organisasi baik dalam lingkup masyarakat maupun lembaga Februari Minggu ke 3 Februari Minggu ke 4 Komunikasi dan kepemimpinan ( dasar – dasar kepemimpinan dan dasar Maret Minggu ke 1 – dasar komunikasi ) Cara memberikan pertolongan kepada beberapa pasien yang menderita Maret Minggu ke 2 penyakit tertentu Cara memberikan makanan dan obat – obatan kepada orang sakit dalam Maret Minggu ke 3 keluarga . memar . serta permasalahan kesehatan lain termasuk Januari Minggu ke 1 Hepatitis & TBC 22. luka iris. memakai celemek & menata tempat tidur yang baik bagi seorang petugas kesehatan ) 17. Mengadakan latihan gabungan / Persahabatan dengan anggota PMR sekolah lain 23. Praktek cara mengatasi perdarahan dan Syok ( Perdarahan luar dan dalam serta pingsan ) 18. Praktek mencuci tangan. Pengetahuan HIV / AIDS. DLL ) Desember Minggu ke 4 21. Rokok.

2005 • • • • • • • • • • • • • Juara 1 PBB Putra dan Juara 1 PBB Putri Juara 2 Perawatan Keluarga Juara 1 Pasang Bongkar Tenda Juara 2 Cerdas cermat Palang Merah Remaja Juara 1 Lagu Mars PMI Juara 2 Pertolongan PertamaLomba SATGANA CUP PMI Bulan September Thn. 2006 Juara 2 Perawatan Keluarga Juara 1 Pasang Bongkar Tenda Juara 1 Pertolongan Pertama . Cara melakukan pembalutan dan pembidaian pada pasien yang mengalami luka terbuka maupun tertutup Mei Minggu ke 3 Prestasi Yang Pernah Diraih Prestasi yang telah diraih ekstra PMR SMPN 1 Sutojayan ini sudah cukup membanggakan karena setiap event lomba yang ada dan kita ikuti. tebing Maret Minggu ke 4 Pengenalan tentang obat – obatan ringan dan obat – obat yang berisiko April Minggu ke 1 bagi kesehatan April Minggu ke 2 10. Demam. Luka bakar ( pengertiannya. cara melakukan perawatan pada luka bakar Mei Minggu ke 2 tingkat 1 ) 15. 2005 Juara 1 PBB Putra dan Juara 1 PBB Putri Juara 2 Perawatan Keluarga Juara 1 Pasang Bongkar Tenda Juara 1 Pertolongan PertamaLomba PMR se Kab / Kota Blitar di SMAN 1 Talun Bulan Februari Thn. PMR SMPN 1 Sutojayan selalu membawa pulang piala : Lomba Uji Terampil PMI Bulan Januari Thn. Kejang. Radang Otak DLL ) 13. Beberapa gejala penyakit dan tindakannya ( Diare. sungai. Praktek Evakusi pasien saat diambulans dan di Rumah sakit darurat 11. Preaktek pendidikan remaja sebaya dengan April Minggu ke 4 Mei Minggu ke 1 14.8 9 Praktek Evakuasi dengan pasien melalui rintangan Pagar tembok. Latihan gabungan/ Persahabatan dengan anggota PMR dari sekolah lain April Minggu ke 3 12.

putra-putra/putri-putri.kecepatan. c. b. 2007 Juara UMUM Pertolongan Pertama Juara 1 PP Putri Juara Harapan 1 Lomba Lukis Juara Harapan 2 PP Putri Juara 2 PP Putra Juara 3 PP PutraLomba HUT RI Kecamatan Sutojayan. Agustus 2007 Juara 2 Baris Berbaris Putra tingkat SMP PERLOMBAAN PEMBUATAN TANDU DARURAT PERAGAAN PERLOMBAAN PEMBUATAN TANDU DARURAT BENTUK PERLOMBAAN Praktek membuat Tandu Darurat dengan memperhatikan kekuatan. Berpakaian PDL/PSL (Pakaian Dinas Lapangan/Pakaian Seragam Lapangan) PMR Sekolah asal/berpakaian rapi dan sopan.• • • • • • • • • • • Juara 1 Tenda Sehat Juara 2 Pembuatan Tandu daruratLomba HUT RI Kecamatan Sutojayan Agustus 2006 Juara 1 Baris Berbaris Putri tingkat SMP Lomba Pertolongan Pertama Se-Kab/Kota di SMAN 1 Blitar Bln Maret Th. Setiap Regu berjumlah 2 orang. TATA CARA PELAKSANAAN Ketentuan Umum a. kebenaran. Setiap regu membawa perlengkapan yang telah ditentukan. Perlengkapan . dan kerapihan.

60 meter / 60 cm.. Peserta hanya satu kali melakukan peragaan..mulai.diberi waktu 3 menit untuk mencari gantinya. i. 2 (dua) buah Bambu penyangga. Perlombaan dimulai pada posisi berdiri dan memegang peralatan tandu darurat. e. c. ukuran @ 2.. . d.siap. diameter 5 mm. c.” maka waktu perlombaan dimulai. setelah abaaba dari Juri. ukuran @13 meter. d. f. Pengukuran panjang bambu boleh lebih. 2 (dua) gulung tali tandu. Tempat perlombaan ditentukan oleh Juri. 3 (tiga) buah Mitela/Pembalut segitiga. tetapi tidak boleh kurang. ukuran @ 0. Sistem penjurian terbuka (peserta melihat dan menandatangani blangko nilai).a. Peralatan tandu darurat dibawa setiap Regu ke lokasi lomba. b. g. e. Juri memeriksa peralatan lomba peserta. Waktu pelaksanaan tandu darurat dihentikan ketika semua peserta dalam kondisi berdiri dan menyatakan “Tandu Siap”. b. “Bersedia. jika tetap tidak ada. 2 (dua) buah Bambu panjang. peserta tetap boleh melakukan peragaan dengan konsekuensi pengurangan nilai 10%. h. Jika alat tidak sesuai yang diminta.25 meter / 225 cm. Peragaan Lomba a. Pembalut Gulung 2 (dua) buah.

Subtansi yang dinilai : .PENILAIAN 1.

b. TATA CARA PELAKSANAAN Ketentuan Umum a. Berpakaian PDL/PSL (Pakaian Dinas Lapangan/ Pakaian Seragam Lapangan) PMR sekolah asal. Setiap Regu PP (Wira&Madya) berjumlah 6 orang terdiri dari 5 (lima) orang penolong dan 1 (satu) orang sebagai korban.PERTOLONGAN PERTAMA PERAGAAN PERLOMBAAN PERTOLONGAN PERTAMA (PP) PENGETAHUAN TEKNIS Pengetahuan peserta lomba mengacu pada buku Pedoman Pertolongan Pertama yang diterbitkan oleh Mabes PMI tahun 2003. Perlengkapan a.Tiap regu membawa perlengkapan sebagai berikut : . dan simulasi penatalaksanaan pertolongan pertama dalam tim yang dihadapkan dalam beberapa studi kasus. BENTUK PERLOMBAAN Berupa tes tertulis.

Peserta yang tidak memakai perlengkapan sesuai dengan yang diatas.b. . tidak dibenarkan melakukan improvisasi.

3. 2. Peserta menuju Pos Isolasi. 6. Peserta berkumpul di lokasi perlombaan menunggu giliran/panggilan melaksanakan perlombaan. lalu Juri akan mengkondisikan peserta. 5. 4. Peserta menuju Pos Peragaan. 3.) Pos Peragaan (Pertolongan dan Rumah Sakit Darurat) 1. 2. 2. Peserta memilih soal yang ada pada Juri .Tata Cara/Urutan Perlombaan: a. c. Peserta memasuki Pos Isolasi. Peserta menyiapkan regu dan melapor kepada Juri. apabila lebih akan disita sementara oleh panitia). Ketua Regu menyiapkan regu dan melapor pada Juri. b. 3. Juri memberikan nilai. Penentuan nomor urut tampil berdasarkan undian pada saat daftar ulang. Ketua Regu melapor kepada Juri bahwa timnya telah selesai melakukan pengecekan dan siap berangkat. Peserta menerima soal tes dari Juri. 5. . Soal dikerjakan oleh semua anggota tim. d.) Pos Isolasi 1. Peserta mengisi soal yang diberikan.) Pos Teori 1. Ketua Regu melihat dan memparaf blanko nilai. Peserta berangkat menuju Pos Teori. jawaban dikumpul dan peserta melapor pada juri. 4. Juri melakukan pengecekan perlengkapan yang dibawa (sesuai dengan perlengkapan di poin a. 2. bukan perwakilan.) Karantina Peserta 1. Ketua Regu melapor pada Juri bahwa timnya telah siap. 6. Setelah selesai.

5. Peserta diberi waktu 1 menit untuk memahami soal. Catatan: • Skema RJP tetap dilakukan. Selesai melakukan pertolongan. waktu mulai dihitung jika penolong siap dan masuk kedalam lingkaran/kotak daerah pertolongan. 9. Waktu dihentikan. Juri akan mengkondisikan peserta untuk Evaluasi (Rumah Sakit Darurat). Dalam hal ini tandu beserta pasien sudah berada dipundak. Peserta menjelaskan kronologis kejadian dan memberi laporan. dan Ketua Regu sudah memberi aba-aba “maju-jalan”.3. • . Juri memeriksa dan menilai tindakan pertolongan yang dilakukan oleh Regu. Komandan Regu wajib melapor kepada Juri lalu menyiapkan Regunya. Juri dapat mengajukan pertanyaan. Keterangan gambar: + Posisi regu penolong saat melaksanakan pertolongan di pos pertolongan.. Waktu peragaan dimulai saat Juri memberi aba-aba “mulai”. Juri memperlihatkan nilai yang didapat oleh peserta dan Ketua Regu memparaf blanko penilaian tersebut. 4. Kemudian peserta melakukan pertolongan. 8. + Posisi regu penolong saat siap memindahkan korban ke atas tandu. saat korban akan diberangkatkan. 6. APD boleh dilepas tetapi dipakai kembali apabila akan kontak dengan korban. Setelah selesai. 7. kecuali teknis penekanan jantung dan nafas buatan cukup dijelaskan oleh peserta./li> Ketika membuat tandu.

Pos Teori selama 15 Menit. Pemeriksaan Fisik. •  Waktu maksimal melakukan pertolongan selama 20 menit. Pembalutan. 3. jika dalam waktu 20 menit pelaksanaan pertolongan belum selesai. b. Subtansi yang dinilai: a. Nadi. kerapihan dan kedisiplinan (personil. Alokasi waktu untuk setiap pos adalah : 1. Perkenalan Diri/izin. Pembagian Tugas dan Kebersihan/Sterilisasi. Pembidaian. Pos Isolasi Perlengkapan. Pemeriksaan Berkala dan Pelaporan. Pos Isolasi selama 10 Menit. Tandu untuk PP tidak sama persis dengan peraturan dalam lomba pembuatan tandu darurat. 2. Umum Kerjasama Regu/kekompakan.• • Untuk evaluasi. PENILAIAN 1. maka peragaan akan dihentikan dan dinilai apa adanya. pelaksanaan. c. riwayat penderita wajib diisi. Meminta Bantuan. Penatalaksanaan Pertolongan Penilaian Keadaan. pembagian tugas dalam Regu. waktu pertolongan dan pelaporan korban. kartu riwayat penderita dan tanya jawab. . seragam) Pos Teori Kebenaran menjawab soal yang diberikan. Pemeriksaan Respon. RJP (hanya Wira). Pemeriksaan Tanda Vital (hanya dilakukan penilaian teknik/cara/langkah melakukan pemeriksaan). Jalan Nafas. Pos Pertolongan dan Rumah Sakit Darurat. d. Pos Peragaan selama 30 menit (20 menit pertolongan + 10 menit laporan dan tanya jawab). Riwayat Penderita. Penggunaan APD. Tindakan umum.

Evaluasi (Rumah Sakit) Penjelasan Kronologis Kejadian. Waktu Nilai untuk waktu pertolongan menggunakan tabel yang telah dibuat. Bobot penilaian berdasarkan ketentuan berikut : . 2. Penatalaksanaan Pertolongan.e. Tanya Jawab dan Penguasaan Materi. f. Evakuasi Cara membuat tandu. menaikkan pasien ke tandu dan mengangkat tandu. Tabel waktu peragaan pertolongan : – Nilai untuk waktu pertolongan tingkat wira: – Nilai untuk waktu pertolongan tingkat madya: h.

2) Berpakaian PDL/PSL (Pakaian Dinas Lapangan/ Pakaian Seragam Lapangan) PMR sekolah asal/ berpakaian rapi dan sopan. » Perlengkapan/Alat peraga Perlengkapan/Alat peraga yang digunakan adalah tenda peleton TNI (3 blandar). 4.√ Nilai di Pos Peragaan : kelipatan 2 √ Nilai di Pos Teori : kelipatan 1. kebenaran. TATA CARA PELAKSANAAN » Ketentuan Umum 1) Setiap regu campuran (Putra/Putri) berjumlah 10 orang untuk wira dan 12 orang untuk madya. » Tata Cara/Urutan Perlombaan: . termasuk jawaban atas pertanyaan Juri di Pos Peragaan. Sistem penjurian terbuka (peserta dapat melihat dan menandatangani blanko nilai). Penilaian diberikan atas dasar hasil yang dicapai dalam peragaan/ perlombaan. kerapihan. kekompakan dan waktu.5 √ Nilai di Pos Isolasi : kelipatan 1 3. PERLOMBAAN TENDANISASI (PASANG BONGKAR TENDA) PERLOMBAAN TENDANISASI (PASANG BONGKAR TENDA) BENTUK PERLOMBAAN Berupa praktek peragaan Pasang Bongkar Tenda secara beregu dengan memperhatikan tehnik pemasangan. 3) Peralatan lomba disediakan oleh panitia.

baik pada saat memulai pemasangan maupun memulai pembongkaran tenda. Karantina Peserta 1. Perhitungan Waktu dihentikan saat peserta berbaris kembali diluar tenda yang didirikan dan melapor pada juri bahwa “Tenda Siap”. waktu maksimal 30 menit.. Pos Peragaan 1. PENILAIAN 1.) 2. sedangkan membongkar tenda diakhiri sampai cara melipat tenda. maka lomba akan dihentikan dan dinilai apa adanya. 2. dan mengemasi seluruh peralatan tenda dalam satu tempat.siap. b. Saat Jeda (Sesaat setelah tenda berdiri. 7.. 4. 5. Penentuan nomor urut tampil berdasarkan undian pada saat daftar ulang. (dalam hal ini waktu dihentikan/tidak dihitung) 6. Peserta berkumpul di lokasi perlombaan menunggu giliran melakukan peragaan. Ketua regu menyiapkan regu dan melapor kepada Juri (saat akan mendirikan maupun setelah selesai membongkar tenda. Subtansi yang dinilai: . jika dalam waktu 30 menit pelaksanaan pasang bongkar tenda belum selesai.a. Waktu pelaksanaan secara keseluruhan adalah waktu mendirikan dijumlahkan dengan waktu membongkar tenda. Perhitungan Waktu dimulai saat juri memberi aba-aba “Bersedia. baik saat pemasangan maupun pembongkaran tenda selesai. peserta berbaris diluar tenda yang didirikan dan juri memeriksa tenda.mulai”. 3. Pemasangan Tenda dimulai dari cara membuka tenda.

e) Kecepatan : Nilai untuk waktu tendanisasi sesuai dengan tabel berikut : .

Yaitu sebagai alat untuk mengevakuasi korban dari tempat kejadian ketempat yang lebih aman atau rujukan. ataupun tempat yang dimana korban layak untuk dirawat/ tempat yang lebih aman. Tandu sorong ini adalah tandu yang sangat megah. tujuannya agar tulang balakang yang patah tetap pada posisi yang benar. namun tujuan dari tandu itu sama yaitu sebagai alat untuk mengevakuasi korban. misalnya rumah sakit. C. tandu sorong ini jarang kita jumpai pada saat di lapangan dikarnakan adanya roda yang memerlukan jalan atau lintasan yang bagus maka tandu ini jarang kita jumpai pada saad di lapangan. Dikarnakan tulang yang patah tersebut adalah bagian belakang maka tandu harus berbentuk rata. dikatakan megah karena tandu ini terbuat dari bahan busa yang beralaskan kain yang membuat pasien merasa lebih nyaman 3. 4. MACAM-MACAM TANDU Macam-macam tandu itu sangatlah banyak dan beraneka ragam bentuknya.TANDU DARURAT A. tandu ini dibuat dengan memakai alat atau bahan dari besi dan kain. 2. maupun di dalam ambulance. MANFAAT TANDU Memudahkan penolong untuk mengevakuasi korban. meskipun begitu banyak macam-macam tandu namun tujuan dari tandu itu semua sama. Adapun rujukan dapat di artikan sebagai tempat dimana korban harus dirawat.dll D. Tandu Lipat Dikatakan tandu lipat yaitu: karena tandu ini memiliki sifat yang sangat praktis. kepraktisannya ini terdapat pada kemudahan tandu untuk dapat dilipat sehingga tandu tidak memebesar dan mudah dibawa. Tandu Sorong adapun tandu ini sering kita jumpai di rumah sakit . TUJUAN TANDU Ada begitu banyak macam-macam tandu. puskesmas. puskesmas. memberi rasanyaman pada korban pada saat evakuasi berlangsung. Tandu Sepinal Yaitu: tandu yang digunakan untuk mengevakuasi korban patah tulang belakang. mencegah terjadinya kematian dan dapat memberi rasa nyaman terhadap pasien. Tandu ini memiliki bentuk seperti daun pintu yang rata. B. Tandu ini sering digunakan untuk mengevakuasi korban pada saat permainan bola.rumah sakit.maka tandu ini dapat dugunakan dimana saja. Dikarnakan tandu ini memiliki sifat yang sangat praktis. Adapun macam-macam tandu yang sering kita kenal antara lain : 1. namun penulis akan uraikan sebagian dibawah ini. PENGERTIAN TANDU Tandu ialah sebuah alat yang dibuat untuk mengevakuasi korban dari tempat kejadian ketempat yang lebih aman atau rujukan. Tandu Darurat .

2(dua) buah tali tandu yang memiliki panjang 13 m dan memiliki ukuran diameter 3. Dari pengikatan simpul jangkar yang benar. 2 buah bambu pendek yang memiliki ukuran panjang 60 cm atau yang disebut anak tandu. agar korban tetap dalam posisi dan tidak jatuh dari tandu ketika melewati lintasan yang sulit. mitella 4. pembalut gulung Adapun uraiannya adalah sebagai berikut: a. Liat pada gambar 0. b. 2(dua) buah pembalut gulung yang memiliki ukuran panjang 2m adapun kegunaan dari pembalut gulung ini adalah untuk pengikat korban.5.8 ml c. tali 3. bambu atau kayu 2. SIMPUL Selain dari pada apa yang telah penulis uraikan di atas pembuatan tandu juga memiliki cara pengikatan yang khusus yaitu dengan memakai simpul. maka akan ditemukan 7(tuju) buah belah ketupat.Tandu darurat yaitu : tandu yang sering sekali di gunakan ketika dalam keadaan darurat atau mendesak yang diluar dari perkiraan atau kemampuan manusia misalnya lupa atau lintasan yang tidak memungkinkan untuk membawa tandu yang sudah ada.2 2. Hal-hal yang diperlukan dalam pembuatan tandu darurat adalah sebagai berikut: 1. E. misalnya didaerah tebing dan lintasanlintasan yang dikhawartirkan korban dapat terjatuh. Tandu darurat ini sering di gunakan ketika dalam keadaan darurat misalnya ketika di hutan ataupun lembah yang mana dalam keadaan itu tidak mungkin untuk membawa tandu yang sudah ada atau sudah jadi. 2 (dua) buah bambu panjang yang memiliki ukuran panjang 225 cm atau yang disebut ibu tandu. maka dalam keadaan itulah tandu darurat ini dipakai. 3 (tiga) buah mitella yang memiliki ukuran segitiga sama kaki yang panjang kakinya 60 dan lebar 125 d. Liat gambar 0. simpul pangkal yaitu simpul yang digunakan pada awal pembuatan tandu darurat. Adapun pengertian tandu darurat itu sendiri adalah: sebagai alat transportasi darurat yang dibuat dengan menggunakan alat atau bahan yang seadanya.4 . simpul jangkar yaitu simpul yang digunakan dalam proses pengenaman jaring tandu.1 dan 0. Simpul yang digunakan dalam pembuatan tandu darurat ada dua macam yaitu: 1.

F.8 Teknik selanjutnya dalam proses pembuatan tandu darurat ialah membuat simpul jangkar yang langsung di kaitan pada ibu tandu. Pada saat memasuki pelilitan dua ke tiga ibu jari dimasukkan pada daerah peliitan. sebagai penentu letak kepala 2. setelah selesai maka hasilnya akan menjadi seperti tampak pada gambar 0. jarak pegangan tandu adalah 25-30 cm b. PEMASANGAN MITELLA Adapun tujuan dari pemasangan mitella ini adalah sebagai berikut 1. JARAK DAN SISA TALI Dalam pembuatan tandu darurat harus juga diperhatikan akan adanya jarak. kemudian tali dililitkan keatas memutar sebanyak 3(tiga) kali. PEMASANGAN PEMBLUT GULUNG (PG) Seperti yang telah penulis jelaskan di atas bahwa fungsi dari pembalut gulung ini adalah sebagai pengikat korban agar tidak jatuh dari tandu pada saad melintasi lintasan yang sulit yang di khwatirkan korban akan jatuh dari tandu.mitella tengah menunjukkan atau menentukan letak posisi kepala korban. dan kesamping juga sebanyak 3(tiga) kali.mitella harus dipastikan pada posisi bagian atas tandu . Keterangan .3 Setelah selesai maka akan di temukan hasil yang seperti tampak pada gambar 0. begitu juga yang di lakukan pada pelilitan berikutnya. Untuk lebih jelasnya pemasangan pembalut gulung (PG) ini dapat dilihat pada gambar 11 dan 12 KESIMPULAN . sisa tali tandu 10-12 cm G.9 H. tujuannya adalah untuk memberi senggang atau kemudahan pada saat memasukkan tali yang untuk mengikat agar tandu kuat. CARA PEMBUATAN TANDU DARURAT Terlebih dahulu kita siapkan alat-alat yang akan digunakan. a. I.10 di bawah ini. kemudian kita membuat simpul pangkal yang kemudian simpul tersebut di kaitkan pada anak tandu. jarak anak tandu 3-5 cm c. pemberi rasa nyaman terhadap pasien untuk lebih jelasnya untuk posisi pemasangan mitella dapat kita lihat pada gambar 0. adapun tujuan dari jarak ini adalah agar penolong mendapatkan kemudahan dan kenyamanan baik dalam hal pengangkatan tandu saat evakuasi ataupun yang lainnya.perhatikan seperti pada gambar 0.

tandu lipat / standar 4. just chillin' in my snuggie Click to MTV. so they can teach me how to dougie 'Cause in my castle I'm the freaking man . tandu sorong 3.kecelakaan. dan lain-lain penulis menulis materi tandu ini adalah bertujuan agar pada saat terjadi bencana alam ataupun hal-hal yang membutuhkan evakuasi.maupun hal-hal yang diluar kemampuan manusia yang membutuh kan evakuasi missal kecelakaan.THE LAZY SONG The Lazy Song oleh: Bruno Mars Top of Form Bruno Mars Bottom of Form « Previous Song Next Song » Today I don't feel like doing anything I just wanna lay in my bed Don't feel like picking up my phone So leave a message at the tone 'Cause today I swear I'm not doing anyhing I'm gonna kick my feet up Then stare at the fan Turn the TV on. Diposkan oleh gusri wahyudi di 07:14 HOME » LIRIK LAGU » INTERNASIONAL » B » BRUNO MARS » LIRIK BRUNO MARS . tidak terjadi kepanikan atau kesalahan dalam menangani korban dan mencegah terjadinya kematian dan cacat seumur hidup. tandu spinal 2.Tandu adalah alat untuk mengevakuasi korban dari tempat kejadian ketempat yang lebih aman atau rujukan. tandu darurat tandu ini peranannya sangat penting pada saat terjadi bencana alam. macam-macam tandu antara lain 1. throw my hand down my pants Nobody's gonna tell me I can't I'll be lying on the couch.

Oh Oh Yes I said it I said it I said it 'cause I can Today I don’t feel like doing anything I just wanna lay in my bed Don’t feel like picking up my phone So leave a message at the tone 'Cause today I swear I'm not doing anything Nothing at all Tomorrow I'll wake up do some P90X Meet a really nice girl. have some really nice sex She's gonna scream out: 'This is Great' [Hear me out: this is great] Yeah I might mess around. get my college degree I bet my old man will be so proud of me But sorry paps. you'll just have to wait Oh Oh Yes I said it I said it I said it 'cause I can Today I don’t feel like doing anything I just wanna lay in my bed Don’t feel like picking up my phone So leave a message at the tone 'Cause today I swear I'm not doing anything No I ain't gonna comb my hair 'Cause I ain't going anywhere No no no no no no no no no-oh I'll just strike in my birthday suite And let everything hang loose Yeah yeah yeah yeah yeah yeah yeah yeah yeah-eah Oh .

her hair falls perfectly without her trying She's so beautiful And I tell her everyday (yeahh) I know. it's so Sad to think that she don't see what I see But everytime she asks me "Do I look okay?" I say [Chorus] When I see your face .JUST THE WAY YOU ARE Just The Way You Are oleh: Bruno Mars Top of Form Bruno Mars Bottom of Form « Previous Song Next Song » [Verse 1] Her eyes. her eyes make the stars look like they're not shining Her hair.Today I don’t feel like doing anything I just wanna lay in my bed Don’t feel like picking up my phone So leave a message at the tone 'Cause today I swear I'm not doing anything Nothing at all Nothing at all Nothing at all HOME » LIRIK LAGU » INTERNASIONAL » B » BRUNO MARS » LIRIK BRUNO MARS . I know When I compliment her she won't believe me And it's so.

There's not a thing that I would change 'Cause you're amazing Just the way you are And when you smile The whole world stops and stares for a while 'Cause girl you're amazing Just the way you are [Verse 2] Her lips. her lips I could kiss them all day if she let me Her laugh. her laugh she hates but I think it's so sexy She's so beautiful And I tell her everyday Oh you know. you know I'd never ask you to change If perfects what you're searching for Then just stay the same So don't even bother asking if you look okay 'Cause you know I'll say [Chorus] When I see your face There's not a thing that I would change 'Cause you're amazing Just the way you are And when you smile The whole world stops and stares for a while 'Cause girl you're amazing Just the way you are The way you are The way you are Girl you're amazing Just the way you are . you know.

HOME » LIRIK LAGU » INTERNASIONAL » B » BRUNO MARS » LIRIK BRUNO MARS . I wanna be on the cover of Forbes magazine Smiling next to Oprah and the Queen [Chorus] Oh every time I close my eyes I see my name in shining lights yeahh A different city every night oh I swear the world better prepare For when I'm a billionaire [Travis "Travie" McCoy] Yeah I would have a show like Oprah I would be the host of. everyday Christmas Give Travie a wish list I'd probably pull an Angelina and Brad Pitt Give away a few like here lady have this And last but not least grant somebody their last wish It's been a couple months since I've been single so You can call me Travie Claus minus the Ho Ho Get it. hehe. I'd probably visit where Katrina hit And yea sure do a lot more than me did Yeah can't forget about me stupid Everywhere I go Imma have my own theme music [Chorus] Oh every time I close my eyes I see my name in shining lights yeahh .BILLIONAIRE Billionaire oleh: Bruno Mars Top of Form Bruno Mars Bottom of Form « Previous Song Next Song » [Bruno Mars] I wanna be a billionaire so frickin bad Buy all of the things I never had Uh.

tens. . I wanna be on the cover of Forbes magazine Smiling next to Oprah and the Queen [Chorus] Oh every time I close my eyes I see my name in shining lights yeahh A different city every night oh I swear the world better prepare For when I'm a billionaire Oh oooh oh oooh for when I'm a Billionaire Oh oooh oh oooh for when I'm a Billionaire I wanna be a billionaire so freaking bad. and Bens completely seperate And yeah I'll be in a whole new tax bracket We in recession but let me take a crack at it I'll probably take whatever's left and just split it up So everybody that I love can have a couple bucks And not a single tummy around me would know what hungry was Eating good sleeping soundly I know we all have a similar dream Go in your pocket pull out your wallet And put it in the air and sing [Bruno Mars] I wanna be a billionaire so freaking bad Buy all of the things I never had Uh. twenties.A different city every night oh I swear the world better prepare For when I'm a billionaire Oh oooh oh oooh for when I'm a Billionaire Oh oooh oh oooh when I'm a Billionaire [Travis "Travie" McCoy] I'll be playing basketball with the President Dunking on his delegates Then I'll compliment him on his political etiquette Toss a couple milli in the air just for the heck of it But keep the fives.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful