P. 1
bawang

bawang

|Views: 73|Likes:
Published by junedi sitorus

More info:

Published by: junedi sitorus on Feb 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit A.

Sekilas Tentang Bawang Putih Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung. B. Klasifikasi Bawang Putih Klasifikasi bawang putih, yaitu : Divisio : Spermatophyta Sub divisio : Angiospermae Kelas : Monocotyledonae Bangsa : Liliales Suku : Liliaceae Marga : Allium Jenis : Allium sativum Nama umum : bawang putih Nama daerah : Sumatera : bawang putih (Melayu), lasun (Aceh), dasun (Minangkabau), lasuna (Batak), bacong landak (Lampung). Jawa : bawang bodas (Sunda), bawang (Jawa), babang pole (Madura). Kalimantan : bawang kasihong (Dayak). Sulawesi : lasuna kebo (Makasar), lasuna pote (Bugis), pia moputi (Gorontalo). Nusa Tenggara : Incuna. C. Kandungan Kimia dan Sifat Kimiawi Bawang Putih Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Umbi batang mengandung zat-zat: 1. Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi. 2. Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf. 3. Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing. 4. Belerang 5. Protein 6. Lemak

7. 8. 9. Vitamin A, B1 dan C. D. Manfaat Bawang Putih Bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan alternatif sebagai berikut :
a. Bawang putih Flu dan Batuk.

Fosfor Besi

Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Pada tahun 1992, peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa bawang tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umun flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya. Bagaimana cara memanfaatkannya? Makanlah bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah anda merasa sakit atau tambahkan bawang putih pada masakan. Anda juga dapat membuat obat batuk dengan resep ini : Hancurkan bawang dan masukan ke dalam susu dingin di dalam panci, lalu panaskan sekitar 1-2 menit, dan minum hangat-hangat.
b. Bawang Putih dan Kolesterol

Sekarang ada lebih dari 12 studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bawang ini dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Salah satu studi yang dipublikasikan di “The Journal of The Royal College of Physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih merupakan agen untuk mengurangi lemak. Penulis menyatakan bahwa suplemen bawang merupakan bagian terpenting dalam penyembuhan kolesterol tinggi. Menurutnya, secara keseluruhan, penurunan terjadi sebesar 12 % dari total kolesterol. Penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawatan.
c. Bawang Putih dan Kanker

Bawang juga mempunyai kandungan untuk memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar. Organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker beberapa penelitian epidemiologis menunjukan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih lebih rendah resikonya terkena kanker

perut dan usus besar. Untuk memastikan bahwa anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, peneliti dari Penn State Unipersity merekomendasikan untuk membiarkan dulu potongan atau tumbukan bawang selama paling sedikit 10 menit, memberi waktu bawang itu membentuk kandungan-kandungan yang membantu memerangi kanker.
d. Bawang Putih dan Kehamilan

Riset terbaru menunjukkan bahwa menkonsumsi bawang putih selama kehamilan mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah kandungan protein dalam urine). Studi–studi juga mengungkapkan bahwa bawang putih juga membantu menaikkan lambatnya berat badan bayi yang terlalu kecil. Riset dilakukan oleh Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan Dr. I Das di Academic Department of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK. Mereka menyimpulkan bahwa walaupun pre-eclampsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks, mengkonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan dapat mengurangi kemungkinan–kemungkinan komplikasi pada kelahiran. Mereka memfokuskan pada kelambatan pertumbuhan pada bayi dan pre-eclampsia, kondisi yang sangat berbahaya bagi ibu dan anak yang terjadi pada kira–kira satu diantara sepuluh kehamilan. Eksperimen menunjukkan bahwa menambahkan ekstrak bawang putih pada sel–sel plaasenta yang kemungkinan menderita kondisi–kondisi tersebut terbukti dapat menstimulasi pertumbuhan. Lebih jauh lagi, kegiatan enzim–enzim penting yang berkurang pada kehamilan tidak normal juga sangat meningkat dengan diberikannya bawang putih.
e. Sebagai Penyembuh Wasir

Pertama bersihkan dulu daerah anus dan sekitarnya dengan air hangat dan sabun, oleskan jus/beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan sebanyak 3-5 kali pada anus yang telah dibersihkan, tunggu beberapa menit lalu bersihkan.
f. Meningkatkan Stamina

Setelah dikaji secara mendalam, ternyata bawang putih dapat menjadi sumber stamina dan kekuatan fisik yang tinggi. Walaupun sebelumnya mereka jarang sekali sakit, tiba-tiba mereka mudah terserang flu, orang – orang seperti inilah yang terutama membutuhkan daya pembangun stamina yang terdapat di bawang putih. Orang-orang yang mudah lelah seharusnya menambah stamina mereka dengan makan sedikit bawang putih setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Caranya, bisa kita campurkan dalam olahan masakan kita dan menelannya.
g. Mengontrol Gejala Diabetes

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit bawaan yang ditandai oleh tak cukupnya insulin di dalam tubuh, sebagai akibat kelebihan gula di dalam darah dan urine, serta kelaparan yang hebat dan kehausan. Penderitanya selalu ingin makan yang manis-manis, dan walaupun ia suka makan yang manis-manis dan makanan lainnya, berat badan cenderung berkurang. Gejala utamanya, menurunnya daya tahan tubuh terhadap kuman dan bakteri gangguan kulit serta berkurangnya gairah seksual, penyakit usus dan pembuluh darah. Penggunaan bawang putih secara bijaksana dalam diet merupakan salah satu cara mendapatkan manfaat terbesar dari makanan yang dimakan dengan demikian menyumbang pada kondisi tubuh yang baik. E. Pengaruh Pemakaian Bawang Putih Akibat mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak membuat napas kita menjadi bau, untuk menghilangjkannya kita dapat melakukan cara –cara berikut ini : 1. Meminum air teh kental atau kopi setelah mengkonsunsi bawang putih 2. Memakan kulit limau dengan cara dikunyah 3. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telor 4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar Dalam mengkonsumsi bawang putih sebaiknya tidak dimakan mentah, karena dapat mengganggu lambung. Oleh karena itu dianjurkan agar bawang putih terlebih dahulu direbus, digoreng, atau dipanggang dulu sebelum makan. Tetapi bawang putih tidak boleh digunakan dalam bentuk apapun sewaktu terdapat serangan penyakit di bagian perut dan usus besar. Komentar [1] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh azir penemuan yang bagus. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kedepannya. jika ada manfaat dari bawang putih yang dapat di produksi secara massal. [2] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh kuncungs TIdak dimakan mentah --> waduh, dari sebuah majalah kesehatan justru dirusuh makan mentah, orang dari majalah kesehatan ini dapat referensi darimana yah.. menyesatkan sekali :( [3] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh tika yullan Ktanya klu banyak makan bawang putih bisa nyembuhin alergi dingin (alias flu).. bner gag sii?

[4] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh depoy wah info yang sangat berguna buat saya, makasih om.... ntar masak banyakin bawang putihnya terus ahh.... :) [5] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh ajhoaphoe wah.. saya kalo makan bawang putih kok langsung mual...? [6] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh ber++ mendingan mual mas..daripada kabur (emank vampir) :D :D [7] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh vicktor01 infox bagus, lagian u pengobatan luar boleh jg, misalx luka or bisul !! [8] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh elmaz selain manfaat di atas apa lg manfaatnya.. [9] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Dhy_f4n_06 kalau untuk menambah hormon boleh g y? [10] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh jajats Bagus...sih, selain obat bawang putih kalu dikomsumsi kita bakan jauh dari rohroh gaib terutama vampir ih.... atut [11] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Victorya makasi banyak brow... jadi kepikiran buka usaha Jus Bawang Putih. Badan Sehat Vampire Sekarat!!!!!!!! he3 [12] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh perwata informasi yang bagus... aku lagi flu nih.. makasih Saudaraku [13] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Barata wah... NiE InFo BguS BeNER..

bsa ngusir dracula n' setan N' SDr2_nya he2x sdikit da pertanyaan,,,pa gk BiKin BaU BadaN (BB)?? [14] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh cweety sdikit da pertanyaan,,,pa gk BiKin BaU BadaN (BB)?? [15] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Cipoet bawang putih bisa gak digunakan buat terapi alergi hidung??? hidungku sensitip banget sama bau2 menyengat, suhu dingin, dan debu. Katanya bawang putih bisa menyembuhkan penyakit flu. Kalo' kesensitipan idung gimana??? [16] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh PRASETYO HERLAMBANG Bagaimana dengan bawang putih dalam bentuk extrak kapsul seperti terjual di toko obat,apakah kandungannya tidak berubah ? [17] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Pantur Bawang putih memang sangat banyakmanfaatnya yahc.. tapi kadang kala kita sangat lupa dan merasa sepele terhadap manfaat tanaman yang satu ini ...kelak akan di teliti lagi manfaat dari bawang ini dengan kombinasi dengan tumbuhan yang lainnya..!! [18] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Pantur Bawang putih memang sangat banyakmanfaatnya yahc.. tapi kadang kala kita sangat lupa dan merasa sepele terhadap manfaat tanaman yang satu ini ...kelak akan di teliti lagi manfaat dari bawang ini dengan kombinasi dengan tumbuhan yang lainnya..!! [19] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh iid weasley Bagus sekali temuannya. Apakah telah lulus uji klinis? makasih. [20] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh suhaedi Terimakasih yang sudah memberikan info tentang manfaat bawang putih, dan saya baru ingat kalo gak salah ada 2 macam bawang putih, bawang putih tunggal dan jamak , apa manfaatnya sama, erima kasih !!

[21] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Myana wah.bgs banget..lumayan lah klo sakit bisa lbh hemat... pakai yang herbal aja lbh OK [22] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh epick62 ternyata gw baru tahu ternyata kegunaan bawang putjh itu kegunaanya buanyak sekali ya... gw kira cuman dua tiga macam penyakit aja.... thanks to u.... [23] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh nachan manfaatnya itu ngebuat nafas jadi bau bawang klo makan kebanyakan.. hwhwhhwhw [24] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Rully Armanda Bawang putih mentah bs meredakan sakit gigi.. masuk angin dan flu.. mengandung antiseptik yg sangat tinggi sekali.. [25] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh sisca, chemistry bawang putih jg bisa bwt memperindah dan menyehatkan kuku kita... hhe... jgn sepele lo dgn kuku kita... kcil2 gini,, bisa kna pnyakit prah jg lo... [26] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh paunk tiap hari w makan nih..bwang putih..w jdi kuat olahraga ber jam2.... [27] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh putribumi 1. Bawang putih tunggal - di Jawa sering dibilang Bawang Putih lanang (laki2) nggak tahu juga kenapa disebut begitu - biasanya dipakai untuk mengobati bisul2 gitu... 2. Iya.. makan bawang putih dalam jumlah banyak - bau badan bau mulut - udah masuk peredaran darah soalnya.... kalo habis masak(kupas2) bau di tangan juga lama kan hilangnya.... 3. Bawang putih yang udah jadi kapsul jelas ada beberapa komponen yang

hilang/rusak - karena melalui proses, tapi selama bahan aktif utama nggak rusak ya masih berkhasiat.... [28] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh dj_arwo wah bagus-bagus nie...gimana pengolahannya sbuat penyembuhan koesterol nie... [29] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh Zaejunk fox manfaat bawang putih diantaranya adalah agar dapat dimanfaatkan bawang meraah dan ibunya.... ha3 [30] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh dony19 bawang putih mah emang udah makanan tiap hari...ga pake bawang ga sedep masakannya..ya alhamdulillah kalo berkhasiat jadi ga sia-sia makan tiap hari... [31] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh oloan lumbantoruan emang kalau suka makan bawang putih keringatnya bau kurang enak............ atau solusinya makan deh daun kemangi............ [32] Re: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit oleh muhammad yusuf Navigasi

MOBILISASI EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) DENGAN KARAGENAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENURUNAN KANDUNGAN TIMBAL DALAM SAMPEL Oleh: Feri Astriani J2C 001 145 RINGKASAN Bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti tuberkolose, difteri, desentri dan asma. Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah, proteksi terhadap timbulnya kanker dan mengurangi toksisitas logam timbal dalam darah. Bawang putih mengandung vitamin C, senyawa sulfur dan senyawa lain, seperti karbohidrat dan asam amino yang dimungkinkan dapat menurunkan kandungan timbal. Timbal merupakan logam berat yang dapat menimbulkan keracunan pada tubuh manusia apabila kadarnya berlebihan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis untuk mengetahui pengaruh kandungan timbal dengan menggunakan ekstrak bawang putih teramobilisasi dalam sampel cair. Variasi yang dilakukan dalam penelitian yaitu waktu kontak, volume ekstrak bawang putih dan pengulangan pemakaian ekstrak bawang putih teramobilisasi. Analisis kuantitatif timbal yang tersisa setelah dikontakkan dengan ekstrak bawang putih teramobilisasi menggunakan Spektrofotometer Serapan

Atom. Untuk mengetahui adanya gugus fungsi yang ada dalam ekstrak bawang putih, karagenan dan ekstrak bawang putih teramobilisasi digunakan Spektrofotometer Infra Merah. Penurunan konsentrasi larutan timbal pada variasi waktu kontak semakin besar dengan semakin bertambahnya waktu kontak, yaitu sebesar 15,50 % hingga 79,25 %. Penurunan konsentrasi larutan timbal pada variasi volume ekstrak semakin bertambah dengan semakin bertambahnya volume ekstrak yang digunakan, yaitu sebesar 24,90 % hingga 82,30 %. Sedangkan untuk ekstrak bawang putih teramobilisasi dapat digunakan untuk menurunkan konsentrasi larutan timbal sebanyak tiga kali pemakaian dan penurunan konsentrasinya sebesar 92,95 %, 88,65 % dan 83,85 % dari pemakaian pertama hingga pemakaian ke tiga. Sehingga, ekstrak bawang putih teramobilisasi dapat digunakan untuk menurunkan kandungan timbal dalam sampel dan dapat digunakan untuk menurunkan kandungan timbal secara berulang. SUMMARY Garlic can be used as a medicine to cure many diseases, such as tuberculoses, diphtheria,

dysentery and asthma. Beside that, garlic also can reduce blood cholesterol, protect cancer growth and reduce lead toxicity in blood. Vitamin C, sulphur and other component in garlic, carbohydrate and amino acid may can reduce lead concentration. Since high concentration of lead can be a toxicant to human body. In this research, the analysis were used to know the effect of lead concentration in liquid samples using immobilized garlic extract. The variation of the treatment were contact time, garlic extract volume and immobilized garlic extract usage. Atomic Absorption Spectrophotometer were used as quantitative analysis to lead residues after being contacted with immobilized garlic extract. To know the function groups in garlic extract, carrageenan and immobilized garlic extract, Infrared Spectrophotometer were used. Lead concentration decreasing in the variation of contact time were higher as the longer contact time were used (15.50 % to 79.25 %, respectively). Lead concentration decreasing in the variation of extract volume were higher with the more extract volume were used (24.90 % to 82.30 %, respectively). Immobilized garlic extract can be used to reduce lead concentration at three time usage and the reducing concentration were 92.95 %, 88.65 % and 83.85 % from the first to the third usage. Therefore, the garlic immobilized extract can be used to reduce lead concentration in samples and to reduce lead concentration in repetition use.

DAFTAR PUSTAKA Alberty, R.A., Daniels, F., 1980, Physical Chemistry, 1st edition, John Wiley & Sons, New York, 134-140. Aslan, L.M., 1991, Budidaya Rumput Laut, Kanisius, Yogyakarta, 17-18. Budi, H., 1989, Bawang Putih, Penerbit Kanisius, Yogyakarta, 7-8. Cotton, F.A., G. Wilkinson, 1989, Kimia Anorganik Dasar, Penerjemah: Sahati Suharto, UI Press, Jakarta, 226-227. Fessenden, J. Ralph, Joan S. Fessenden, 1999, Kimia Organik, Terjemahan Alloysius Hadyana Pudjaatmaka, Erlangga, Jakarta, 315-316. Khopkar, S.M., 1990, Konsep Dasar Kimia Analitik, Penerjemah A. Saptorahardjo, Cetakan I, Penerbit UI Press, Jakarta, 275-277. Lawrence, G.H.M., 1958, Taxonomy of Vascular Plant, Mc Millan Company, New York, 823. Martindale, 1982, The Extrapharmacopeia, The Pharmaceutical Press, London, 688. Oommen, S., Anto, R.J., Srinivas, G., Karunagaran, D., 2003, Allicin (from garlic) Induces Caspase-mediated Apoptosis in Cancer Cells, European Journal of Pharmacology, 97-103. Palungkun, R., Budiarti, A., 1992, Bawang Putih Dataran Rendah, Penebar Swadaya, Jakarta, 73. Perkin, E., 1982, Analytical Method for Atomic Absortion Spectrophotometry, Norwalk, Connecticut, USA. Riley, J.P., Skirrow, G., 1975, Chemical Oceanography, 2nd edition, Academic Press Inc. (London), London, 246. Sastrohamidjojo, H., 1991, Spektroskopi, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 99-100. Silverstain, R.M., G.C. Bassler and T.C. Morril, 1991, Spectrometric Identification of Organic Compound, 5th ed, John Wiley & Sons Inc, New York, 95-96. Slamet, J.S., 1994, Kesehatan Lingkungan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 211-212. Smith, J., 1990, Prinsip Bioteknologi, Terjemahan Usman F. Sumo, P.T Gramedia, Jakarta, 143145 Suhendrayatna, 2001, Bioremoval Logam Berat dengan Menggunakan Mikroorganisme: Suatu Kajian Kepustakaan, Jurnal Penelitian, 4.

Sumiarsih, U., 1995, Budidaya, Pengolahan, dan Pemasaran Rumput Laut, Cetakan ke-3, Panebar Swadaya, Jakarta, 7-8. Supardi, W.S., 1995, Bahan Pengantar Kuliah Teknik Amobilisasi, Fakultas Farmasi UGM, Yogyakarta, 7. Wang, N.S., 2005, Cell Immobilization by Gel Entrapment, Experiment No.4, Department of Chemical Engineering, University of Maryland, 1-2. Wibowo, S., 1989, Budidaya Bawang Putih, Penebar Swadaya, Jakarta, 194. Winarno, F.G., 1986, Enzim Pangan, P.T Gramedia, Jakarta, 55. www.smallbusiness.miva.com www.botanical-online.com Yassin, M., 2005, Prophylactic Efficacy of Chrushed Garlic Lobes, Black Seed or Olive Oil on Cholinesterase Activity in Central Nervous System Parts and Serum of Lead Intoxicated Rabbits, Department of Biology, Faculty of Science, Islamic University of Gaza, 173-179.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->