Definisi Feature

Feature adalah jenis tulisan yang lebih bersifat menghibur, isinya kadang sesuatu yang remeh dan luput dari liputan wartawan straight news Feature (karangan khas) adalah laporan jurnalistik bergaya sastra (gaya penulisan karya fiksi seperti cerpen) yang menuturkan peristiwa

y Bagaimana Penulisan Feature? .Feature hendaknya ditulis dengan gaya bertutur. sedemikian rupa sehingga susunan kata dan kalimatnya mampu menggambarkan atau melukiskan suatu profil atau peristiwa tertentu y Feature adalah sebuah ³cerita´. tapi bukan cerita mengenai fiksi melainkan mengenai fakta. deskriptif.

4.Fungsi Feature 1. 3. Sarana ekspresi yang paling efektif dalam mempengaruhi khalayak . Wahana pemberi nilai dan makna terhadap suatu keadaan atau peristiwa. 5. keadaan. Pemberi informasi tentang suatu situasi. atau peristiwa yang terjadi. Penghibur dan pengembangan imajinasi yang menyenangkan. Melengkapi sajian berita langsung (straight news). 2.

Karenanya. y Dengan kata lain. Tulisan feature memberikan penekanan pada fakta-fakta yang dianggap mampu menggugah emosi-menghibur. . memunculkan empati dan keharuan. Berbeda dari hard news (berita keras).Ciri Khas Tulisan FEATURE y Mengandung segi human interest. sebuah feature juga harus mengandung segi human interest atau human touch-menyentuh rasa manusiawi. feature termasuk kategori soft news (berita ringan) yang pemahamannya lebih menggunakan emosi. yang isinya mengacu kepada dan pemahamannya lebih banyak menggunakan pemikiran.

tulisan feature mirip dengan sebuah cerpen atau novel-bacaan ringan dan menyenangkannamun tetap informatif dan faktual. Karenanya. seorang penulis feature pada prinsipnya adalah seorang yang sedang bercerita. Ia menjadi bagian dari pemenuhan fungsi menghibur (entertainment) sebuah surat kabar. Jadi. Satu hal penting dalam sebuah feature adalah ia harus mengandung unsur sastra. Feature ditulis dengan cara atau gaya menulis fiksi. Karenanya pula. feature adalah jenis berita yang sifatnya ringan dan menghibur.Ciri Khas Tulisan FEATURE y Mengandung unsur sastra. .

4. 5. 3. 6.` Menurut Wolseley dan Campbell jenis feature meliputi: 1. Feature ilmiah (scientific feature) . Feature minat insani (human interest feature) Feature sejarah (hystorical feature) Feature biografi (biografical feature) Fetaure profil (profile feture) Feature perjalanan (travelogue feature) Feature yang mengajarkan keahlian (how-to-do feature) 7. 2.

kegembiraan. kehidupan seorang petugas kebersihan di jalanan. atau kisah seorang penjahat yang dapat menimbulkan kejengkelan. Misalnya. cerita tentang penjaga mayat di rumah sakit. liku-liku kehidupan seorang guru di daerah terpencil.` Feature Minat Insani (human interest feature). simpati. dan sebagainya. . kejengkelan atau kebencian. suka-duka menjadi dai di wilayah pedalaman. ialah feature yang langsung menyentuh keharuan.

Misalnya.` Feature biografi (biografical feature). . riwayat hidup seorang tokoh yang meninggal. Atau kamu juga bisa cerita tentang kisahnya al-Khawarizmi. Itu sebabnya. atau seseorang yang memiliki keunikan sehingga bernilai berita tinggi. tentang seorang yang berprestasi. ilmuwan muslim yang menemukan angka nol. kamu bisa menuliskan tentang profil para pemimpin Islam di masa lalu. misalnya.

.` Feature profil (profile feature). organisasi. misalnya berita tentang proses hidup seorang pengusaha sukses yang berawal dari gelandangan. tetapi juga cerita kegagalan seseorang. Tujuannya agar pembaca dapat bercermin lewat kehidupan orang lain. cerita sukses sebuah LSM dalam membangun masyarakat pedalaman. dan komunitas masyarakat. menceritakan tentang sisi hidup publik figur. Profile feature tidak hanya cerita sukses saja. atau cerita ngiris komunitas masyarakat tertentu.

Dalam feature jenis ini. . Itu sebabnya. tentang perjalanan menunaikan ibadah haji. disarankan untuk membawa buku catatan kecil untuk menuliskan semua peristiwa yang dialami sebagai bahan penulisan. karena biasanya penulisnya yang terlibat langsung dalam peristiwa/perjalanan itu mempergunakan ³aku´.` Feature perjalanan (travelogue feature) mrpkn tulisan jurnalistik yang menceritakan pengalaman berkesan dari sebuah perjalanan. Misalnya. atau ³kami´ (sudut pandang-point of view-orang pertama). Ambil contoh. ³saya´. atau ke tempat yang jarang dikunjungi orang. biasanya unsur subjektivitas menonjol. Perjalanan ke tanah suci itu bisa kamu tuangkan dalam sebuah tulisan bergaya feature yang menarik. kunjungan ke tempat bersejarah di dalam ataupun di luar negeri.

Misalnya. teknik beternak bebek. . ialah feature yang menjelaskan tentang bagaimana suatu perbuatan atau aktifitas dilakukan. memasak. merangkai bunga. disebut juga how-to-do feature.` Feature petunjuk praktis (tips). panduan memilih perguruan tinggi. membangun rumah. seni mendidik anak. dan sebagainya. cara mengendarai bajaj. tentang bagaimana caranya merawat mobil agar irit bensing.

` Feature sejarah (hystorical feature). yaitu feature tentang peristiwa masa lalu. . Banyak kok sejarah yang bisa kita tulis dengan jenis feature ini. Misalnya juga peristiwa Keruntuhan Khilafah Islamiyah. sejarah tentang Istana al-Hamra dan benteng Granada. seperti berita tentang peran Soeharto pada penumpasan PKI yang sering diberitakan media massa menjelang beliau wafat. µMelongok¶ kejayaan Islam di masa lalu. namun masih menarik diberitakan masa kini. Sejarah tentang kekejaman tentara Salib saat membantai kaum muslimin. sejarah pertama kali Islam masuk ke Indonesia dan sebagainya.

kesehatan. . dll. Feature ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dimuat di majalah teknik. menggunakan data dan informasi yang memadai. kedokteran. komputer. pertanian. Bahkan surat kabar pun sekarang memberi rubrik Science Feature.` Feature ilmiah (scientific feature). ialah feature mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai oleh kedalaman pembahasan dan objektivitas pandangan yang dikemukakan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful