http://www.scribd.com/doc/38411393/Makalah-Manajemen-Perubahan-Di-PT-Semen-Gresik BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Dalam menghadapi lingkungan kerja yang semakin dinamis dan selalu berubah, maka suatu organisasi atau perusahaan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri baik secara internal maupun ekternal. Hal ini merupakan konsekuensi dari suatu organisasi karena telah memasuki era persaingan yang ketat dan selalu berubah. Suatu organisasi dapat dikatakan berhasil jika organisasi tersebut dapat melakukan perubahan untuk menghadapi persaingan, tangkas dan cermat, mampu mengembangkan inovasi baru dan selalu siap menghadapi persaingan baru. Akan tetapi tidak semudah yang dilakukan karena perubahan-perubahan yang dilakukan oleh organisasi harus dilakukan dengan melalui berbagai pemikiran dan pertimbangan terlebih dahulu. Perubahan dapat diartikan membuat sesuatu menjadi berbeda di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Untuk merealisasikan perubahan harus menggunakan rencana yang matang dan penuh perhitungan. Seperti halnya yang dilakukan di PT. Semen Gresik (persero) Tbk sebelum melakukan suatu perubahan, perusahaan ini dengan terencana dan terarah melakukan kegiatan perubahan yang berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai. Adapun yang melatarbelakangi suatu perubahan dalam organisasi adalah bagaiamana kemampuan dari organisasi tersebut dalam bertahan hidup di dalam persaingan yang tinggi dan selalu dinamis baik dari faktor internal maupun eksternal. Dapat dikatakan bahwa jika suatu organisasi tidak melakukan

perombakan karyawan. Dalam makalah ini disajikan adanya manajemen perubahan dalam implementasi peningkatan laba.86% atau dari 1.027 Triliun menjadi 1.perubahan. bukan lagi suatu pilihan melainkan keharusan atau kewajiban yang harus dilakukan untuk menumbuhkan daya juang dalam bertahan hidup.27 Triliun dan pada tahun ini pula terjadi perombakan manajemen karyawan khususnya dalam perubahan direksi. . Sehingga suatu perubahan sudah menjadi keharusan bagi setiap organisasi yang termasuk didalamnya adalah komponen-komponen yang berkompeten dan berhubungan. Peningkatan net income dengan beberapa perubahan direksi ini difungsikan dalam persiapan pembangunan proyek 2 pabrik baru yang diharapkan sudah 1 berjalan pada tahun 2012.com diperlihatkan bahwa terjadi peningkatan laba yang cukup signifikan dari tahun ke tahun dan beberapa dapat kami cantumkan.com tgl 10 Desember 2007 ditunjukkan adanya peningkatan laba pada kuartal ke III tahun 2007 sebesar 23. disorientasi. Sedangkan di Majalah SWA diberitakan pada tanggal 21 Februari 2008 bahwa adanya perubahan sinergi antara grup Semen Gresik yang saham sebelumnya dimiliki oleh Cemex telah diambil alih oleh Grup Rajawali sebesar 24. bahkan mungkin akan tidak bisa bertahan hidup. pastinya akan mengalami kesulitan. stress. dan penggunaan sistem TI yang lebih terintegrasi. Melihat fakta dan berdasar data dari Majalah SWA dan inilah. Berita pada inilah.9 % dengan harapan mampu meningkatkan produksi tahunan sehingga laba bersih juga meningkat dengan didukung perubahan sistem sumber daya manusia.

perubahan sistem karyawan baik rekrutmen sampai kesejahteraannya. 1. 3.3Lingkup Perubahan Ruang lingkup manajemen perubahan pada dasarnya sangat kompleks dan luas. Semen Gresik (persero) Tbk ini akan membahas mengenai beberapa perubahan pada faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap perubahan lingkungan sekitar maupun nasional. Sesuai data dan penjelasan diatas maka manajemen perubahan di PT. Semen Gresik (persero) Tbk melakukan perubahan dalam organisasinya adalah mempunyai beberapa tujuan organisasi yang ingin dicapai yang berfungsi untuk tetap survive dan mampu bersaing.2.Perubahan dalam implementasi penerapan sistem TI yang terintegrasi 1.Tujuan Perubahan PT. 2. akan tetapi dalam makalah ini akan dibahas dan dibatasi pada lingkup tertentu. . 4.Perubahan dalam mengukur kinerja perusahaan berdasarkan peningkatan kapasitas produksi dan laba bersih.Dalam realita yang ada dan pengamatan dari Riri Satria seorang Direktur PPC (People Performance Consulting) mengatakan Grup Rajawali lebih berpengalaman dalam manajemen perubahan dan di senergikan dengan Grup Semen Gresik yang berpengalaman dalam pemahaman industrinya. perubahan efisiensi operasional dengan ditunjuang peningkatan produksi dalam rangka mencapai peningkatan laba setiap tahunnya. Beberapa tujuan perubahan ini adalah sebagai berikut : 1.Perubahan dalam upaya peningkatan kinerja karyawan. serta penerapan sistem TI yang terintegrasi dan terstruktur antar semua lini yang bertujuan untuk efisiensi dan mempercepat waktu.Perubahan dalam upaya perbaikan kemampuan organisasi untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.

.oppapers.4Manfaat Perubahan Adapun manfaat manajemen perubahan secara umum adalah dapat dirasakan apabila semua lini bisnis saling mendukung perubahan tersebut. khususnya akan bermanfaat pada beberapa pendukungnya seperti dampak positif meningkatkan kinerja karyawan dan tumbuhnya pemerataan ekonomi di lingkungan sekitar industri ini.1. Sedang pada PT. Semen Gresik (persero) Tbk.com di dalam situs lengkapnya http://www. Teori Kurt Lewin merupakan salah satu model teori Manajemen Perubahan yang dikemukakan pada tahun 1947. Dalam beberapa teori Manajemen Perubahan banyak dibahas mengenai tahapan maupun cara untuk mengimplementasikannya. Dalam referensi oppapers. Secara umum. 2 BAB II MANAJEMEN PERUBAHAN Manajemen Perubahan dalam implementasinya memerlukan waktu dan tujuan yang terencana dan strategis sehingga mampu memberikan manfaat dengan adanya perubahan tersebut. Adapun salah satu yang membahas mengenai Manajemen Perubahan ini disebutkan dalam beberapa tahap proses yang diterangkan dan digagas oleh Kurt Lewin. perubahan dalam suatu organisasi sudah merupakan kewajiban tetapi perubahan yang dilakukan oleh tiap-tiap organisasi tidak akan sama dan disesuaikan dengan tujuan dari masing-masing organisasi tersebut.com/essays/Lewins-ModelOrganizational-Change/170004 . Lewin percaya teorinya berlaku untuk jangka pendek dalam manajemen perubahan.

ada yang mengartikan juga dengan moving dimana pada tahapan ini dilakukan manajemen perubahan keseluruhan dari organisasi yang dapat meliputi seperti sumber daya manusia.Changing 3. 2. Langkah-langkah tersebut adalah : 1. ke situasi yang sedang dikerjakan atau diterapkan kemudian dikembangkan lagi untuk situasi yang akan datang.Unfreezing 2. Pemberian informasi-informasi baru diharapakan dapat mencairkan orangorang yang masih berstatus quo dan akan membuat mereka memilih setuju atau tidaknya akan adanya perubahan yang diberlakukan. Mereka akan melakukan menunjukkan tindakan yang mengidentifikasikan penilaian mereka. pelayanan. teknologi informasi. Changing dapat diartikan merubah.mengatakan Lewin konsisten dengan 3 langkah utama dalam manajemen perubahan. resistensi dalam perubahan dengan persetujuan dan mampu melewati atau menghindarkan dari ketakutan orang-orang akan perubahan sehingga mampu membuka diri atau menghilangkan ketakutan tersebut. Refreezing dapat diartikan merefresh atau memberlakukan perubahan baru tersebut. Lewin megatakan perubahan baru ini jika tidak diimplementasikan akan tidak berumur panjang atau tidak digubris dan akhirnya tidak tercapai. administrasi maupun politik. 3.Refreezing 1. produk. dimana dalam tahap yang terakhir ini dilakukan penerapan dari perubahan yang baru yang berakibat pada kegiatan rutin yang baru atau menimbulkan kegiatan yang stabil. Sehingga Merubah atau Menggeser dari situasi yang sudah ada. dimana pada tahap ini. Unfreezing dapat diartikan mencairkan atau melunakan. Penerapan perubahan secara umum .

maka suatu organisasi atau perusahaan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri baik secara internal maupun ekternal. Untuk merealisasikan perubahan harus menggunakan rencana yang matang dan penuh perhitungan.Latar Belakang Dalam menghadapi lingkungan kerja yang semakin dinamis dan selalu berubah. Suatu organisasi dapat dikatakan berhasil jika organisasi tersebut dapat melakukan perubahan untuk menghadapi persaingan. perusahaan ini dengan terencana dan terarah melakukan kegiatan perubahan yang berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai.1. Adapun yang melatarbelakangi suatu perubahan dalam organisasi . masa kini. mampu mengembangkan inovasi baru dan selalu siap menghadapi persaingan baru. Akan tetapi tidak semudah yang dilakukan karena perubahan-perubahan yang dilakukan oleh organisasi harus dilakukan dengan melalui berbagai pemikiran dan pertimbangan terlebih dahulu. Hal ini merupakan konsekuensi dari suatu organisasi karena telah memasuki era persaingan yang ketat dan selalu berubah.pada semua lini bisnis dari suatu organisai. Semen Gresik (persero) Tbk sebelum melakukan suatu perubahan. tangkas dan cermat. dan masa depan. dan secara khusus dibahas oleh Lewin adalah pada orang-orang atau karyawan suatu organisasi seperti 3 BAB I PENDAHULUAN 1. Perubahan dapat diartikan membuat sesuatu menjadi berbeda di masa lalu. Seperti halnya yang dilakukan di PT.

com tgl 10 Desember 2007 ditunjukkan adanya peningkatan laba pada kuartal ke III tahun 2007 sebesar 23.adalah bagaiamana kemampuan dari organisasi tersebut dalam bertahan hidup di dalam persaingan yang tinggi dan selalu dinamis baik dari faktor internal maupun eksternal. Sedangkan di Majalah SWA diberitakan pada tanggal 21 Februari 2008 bahwa adanya perubahan sinergi antara grup . Berita pada inilah.com diperlihatkan bahwa terjadi peningkatan laba yang cukup signifikan dari tahun ke tahun dan beberapa dapat kami cantumkan. bukan lagi suatu pilihan melainkan keharusan atau kewajiban yang harus dilakukan untuk menumbuhkan daya juang dalam bertahan hidup. perombakan karyawan. Dalam makalah ini disajikan adanya manajemen perubahan dalam implementasi peningkatan laba. bahkan mungkin akan tidak bisa bertahan hidup. dan penggunaan sistem TI yang lebih terintegrasi. Peningkatan net income dengan beberapa perubahan direksi ini difungsikan dalam persiapan pembangunan proyek 2 pabrik baru yang diharapkan sudah 1 berjalan pada tahun 2012. Sehingga suatu perubahan sudah menjadi keharusan bagi setiap organisasi yang termasuk didalamnya adalah komponen-komponen yang berkompeten dan berhubungan.86% atau dari 1. stress. disorientasi.27 Triliun dan pada tahun ini pula terjadi perombakan manajemen karyawan khususnya dalam perubahan direksi.027 Triliun menjadi 1. Dapat dikatakan bahwa jika suatu organisasi tidak melakukan perubahan. pastinya akan mengalami kesulitan. Melihat fakta dan berdasar data dari Majalah SWA dan inilah.

Perubahan dalam mengukur kinerja perusahaan berdasarkan peningkatan kapasitas produksi dan laba bersih. 3.Tujuan Perubahan PT.Perubahan dalam implementasi penerapan sistem TI yang terintegrasi 1. Semen Gresik (persero) Tbk melakukan perubahan dalam organisasinya adalah mempunyai beberapa tujuan organisasi yang ingin dicapai yang berfungsi untuk tetap survive dan mampu bersaing.2. perubahan efisiensi operasional dengan ditunjuang peningkatan produksi dalam rangka . Semen Gresik (persero) Tbk ini akan membahas mengenai beberapa perubahan pada faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap perubahan lingkungan sekitar maupun nasional. 4. Sesuai data dan penjelasan diatas maka manajemen perubahan di PT.Perubahan dalam upaya perbaikan kemampuan organisasi untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. akan tetapi dalam makalah ini akan dibahas dan dibatasi pada lingkup tertentu. Dalam realita yang ada dan pengamatan dari Riri Satria seorang Direktur PPC (People Performance Consulting) mengatakan Grup Rajawali lebih berpengalaman dalam manajemen perubahan dan di senergikan dengan Grup Semen Gresik yang berpengalaman dalam pemahaman industrinya. 1.9 % dengan harapan mampu meningkatkan produksi tahunan sehingga laba bersih juga meningkat dengan didukung perubahan sistem sumber daya manusia. 2.Semen Gresik yang saham sebelumnya dimiliki oleh Cemex telah diambil alih oleh Grup Rajawali sebesar 24. Beberapa tujuan perubahan ini adalah sebagai berikut : 1.3Lingkup Perubahan Ruang lingkup manajemen perubahan pada dasarnya sangat kompleks dan luas.Perubahan dalam upaya peningkatan kinerja karyawan.

4Manfaat Perubahan Adapun manfaat manajemen perubahan secara umum adalah dapat dirasakan apabila semua lini bisnis saling mendukung perubahan tersebut. Adapun salah satu yang membahas mengenai Manajemen Perubahan ini disebutkan dalam beberapa tahap proses yang diterangkan dan digagas oleh Kurt Lewin. perubahan sistem karyawan baik rekrutmen sampai kesejahteraannya.mencapai peningkatan laba setiap tahunnya. 1. khususnya akan bermanfaat pada beberapa pendukungnya seperti dampak positif meningkatkan kinerja karyawan dan tumbuhnya pemerataan ekonomi di lingkungan sekitar industri ini. Lewin percaya teorinya berlaku untuk . 2 BAB II MANAJEMEN PERUBAHAN Manajemen Perubahan dalam implementasinya memerlukan waktu dan tujuan yang terencana dan strategis sehingga mampu memberikan manfaat dengan adanya perubahan tersebut. Teori Kurt Lewin merupakan salah satu model teori Manajemen Perubahan yang dikemukakan pada tahun 1947.. Sedang pada PT. Dalam beberapa teori Manajemen Perubahan banyak dibahas mengenai tahapan maupun cara untuk mengimplementasikannya. serta penerapan sistem TI yang terintegrasi dan terstruktur antar semua lini yang bertujuan untuk efisiensi dan mempercepat waktu. Semen Gresik (persero) Tbk. perubahan dalam suatu organisasi sudah merupakan kewajiban tetapi perubahan yang dilakukan oleh tiap-tiap organisasi tidak akan sama dan disesuaikan dengan tujuan dari masing-masing organisasi tersebut. Secara umum.

dimana pada tahap ini. dimana dalam tahap yang terakhir ini dilakukan penerapan .com di dalam situs lengkapnya http://www. Changing dapat diartikan merubah. 3. Refreezing dapat diartikan merefresh atau memberlakukan perubahan baru tersebut.Unfreezing 2.oppapers. administrasi maupun politik. Pemberian informasi-informasi baru diharapakan dapat mencairkan orangorang yang masih berstatus quo dan akan membuat mereka memilih setuju atau tidaknya akan adanya perubahan yang diberlakukan.Refreezing 1. Unfreezing dapat diartikan mencairkan atau melunakan.com/essays/Lewins-ModelOrganizational-Change/170004 mengatakan Lewin konsisten dengan 3 langkah utama dalam manajemen perubahan. Dalam referensi oppapers. Sehingga Merubah atau Menggeser dari situasi yang sudah ada. 2. pelayanan. ada yang mengartikan juga dengan moving dimana pada tahapan ini dilakukan manajemen perubahan keseluruhan dari organisasi yang dapat meliputi seperti sumber daya manusia.jangka pendek dalam manajemen perubahan.Changing 3. Mereka akan melakukan menunjukkan tindakan yang mengidentifikasikan penilaian mereka. ke situasi yang sedang dikerjakan atau diterapkan kemudian dikembangkan lagi untuk situasi yang akan datang. teknologi informasi. produk. resistensi dalam perubahan dengan persetujuan dan mampu melewati atau menghindarkan dari ketakutan orang-orang akan perubahan sehingga mampu membuka diri atau menghilangkan ketakutan tersebut. Langkah-langkah tersebut adalah : 1.

Lewin megatakan perubahan baru ini jika tidak diimplementasikan akan tidak berumur panjang atau tidak digubris dan akhirnya tidak tercapai.dari perubahan yang baru yang berakibat pada kegiatan rutin yang baru atau menimbulkan kegiatan yang stabil. dan secara khusus dibahas oleh Lewin adalah pada orang-orang atau karyawan suatu organisasi seperti 3 Makalah Manajemen Perubahan Di PT. Semen Gresik Download this Document for Free Print Mobile Collections Report Document Info and Rating resume definition Comment tugas definisi Manajemen makalah perilaku organisasi (more tags) Follow . Penerapan perubahan secara umum pada semua lini bisnis dari suatu organisai.

p. p. p. p. p. p. p. p. p. p. p.Didik Eka Share & Embed Related Documents Previous Next p. p. p. . p. p. p. p. p.

3 p. 11 p. 10 p. 11 p.p. p. 10 p. 15 p. p. More from this user Previous Next 3 p. 2 p. Recent Readcasters Add a Comment Upload a Document . 2 p.

Language: English .com/scribd twitter.com/scribd facebook.com/scribd About Press Blog Partners Scribd 101 Web Stuff Support FAQ Developers / API Jobs Terms Copyright Privacy Copyright © 2012 Scribd Inc.Search Documents Follow Us! scribd.