RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MTS Mata Pelajaran Kelas/Semester : Negeri kepanjen : Pendidikan Agama Islam : VIII

Stsndar Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada rasul Allah swt. Kompetensi Dasar y y y : Menjelaskan pengertian beriman kepada rasul Allah swt. Menunjukkan dalil/bukti kebenaran adanya rasul-rasul Allah. Meneladani sifat-sifat Rasulullah saw. Menampilkan prilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah swt, dan mencintai Nabi Muhammad saw.dalam kehidupan sehari-sehari. Indikator y : Menjelaskan Pengertian Iman Kepada Rasul Allah swt. Menjelaskan perbedaan antara Nabi dan Rasul

y Menunjukkkan sifat-sifat yang wajib dan sifat jaiz bagi rasul. y y y y y y Menjelaskan Hikmah Beriman Kepada Rasul Menyebutkan nama Rasul yang menerima suhuf dan kitab. Menjelaskan pengertian sifat-sifat wajib bagi Rasul Menyebutkan sifat yang wajib dimiliki Rasul Menunjukkan dalil tentang sifat wajib bagi Rasul Mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sifat-sifat rasul.

Alokasi Waktu

6 X 40 Menit

Tujuan Pembelajaran : y Siswa dapat menjelaskan pengertian iman kepada rasul allah y Siswa dapat menyebutkan nama-nama rasul dan sifatnya y Siswa dapat menyebutkan tugas-tugas rasul

Materi Pembelajaran Iman kepada Rasul Allah.s 14. Nama-Nama Rasul dan Sifatnya Nama-nama Nabi dan Rasul yang disebut dalam Al-Qur¶an ada 25 yaitu: 1.s 13. Nabi Ilyas a. iman kepada rasul adalah meyakini bahwa para rasul itu diutus Allah swt. Nabi Syu¶aib a.S. A. Kita wajib taat mengikuti ajarannya. Nabi Saleh a. telah mengutus rasul-rasulnya. pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan (Q.s Nabi Lut a. Nabi Yunus a.s 22. B.y Siswa dapat menyebutkan hikmah beriman kepada rasul. Iman kepada rasul Allah adalah meyakini bahwa Allah swt. Artinya Wahai nabi ! sesungguhnya kami mengutusmu untuk menjadi saksi.s. Nabi Musa a. 2. Nabi Dawud a. Nabi Hud a.s Nabi Ibrahim a.s Nabi Ishaq a.s.s 16.s Nabi Ismail a. untuk membimbing umat manusia ke jalan yang benar. Nabi Idris a.s 18. Nabi Yusuf . 4. Nabi Nuh a. 7. 6. Nabi Zakaria a. 9. Nabi Alyasa a. Para rasul itu manusia pilihan yang diberi wahyu untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan yang didukung dengan mukjizat yang luar biasa. 5. Nabi Adam a.s 12. Nabi Ayyub a.s 19. Nabi Sulaiman a.s 10. Pengertian Iman Kepada Rasul Allah swt.s 20. al-Ahzab: 45) Dengan kata lain. Nabi Ya¶kub a.s 21.s.s 15.s 17. 8. 3.s. Nabi Zulkifli a.s 11. Nabi Harun a.

lawan dari sifat amanah c. Sifat wajib adalah sifat yang pasti dimiliki para rasul. Khitman berarti menyembunyikan. Khianat berarti tidak dapat dipercaya. Sifat wajib rasul ada empat yaitu: sidik. Mau mengamalkan apa yang disampaikan rasul 3. Nabi Muhammad saw. Semua rasul menyampaikan ajaran tauhid. dengan mengemban tugas-tugas yang sangat mulia. Adapun peraturan agama (syariat) yang dibawa mereka berbedabeda sesuai dengan situasi dan kondisi umatnya saat itu. Adapun tugas-tugas rasul adalah sebagai berikut: 1.s 24.s 25. kabar gembira. Bersukur kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan . dan memberi peringatan kepada umatnya agar mereka menjadi umat yang beriman kepada Allah swt. amanah. lawan dari sifat fathonah. yaitu mengesakan Allah swt. Nabi isa a. Tabliq berarti menyampaikan d. Amanah berarti dapat dipercaya c. Nabi Yahya a. Tugas-tugas Rasul Allah Rasul diutus oleh Allah swt. C. d. Sidik berarti benar atau jujur. tablig dan fatanah. Baladah berarti bodoh. Hikmah Beriman Kepada Rasul Allah swt. 2. Fathanah berarti cerdik pandai 2. Hikmah beriman kepada rasul antara lain: 1. Kehadiran rasul untuk membawa kebenaran. Sifat mustahil ada empat yaitu: a.23. a. lawan dari sifat tablig. Rasul membimbing umatnya menuju jalan yang benar agar mendapat kebahagiaan hidup didunia dan akhirat. Bertambah iman kepada Allah. 3. D. Kazib berarti dusta lawan dari sifat sidik b. b. 2. sedangkan sifat mustahil rasul adalah sifat yang tidak mungkin ada pada diri rasul: 1.

Ceramah 3. Tanya jawab : guru memberikan pertanyaan±pertanyaan pada siswa Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran: y Kegiatan pendahuluan y y Memberi salam dan memulai pelajaran dengan berdo¶a Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan di capai. y Kegiatan Penutup. Demontrasi : guru memberikan materi yang akan dipelajari melalui : Siswa berdiskusi tentang materi yang dipelajari : Siswa mendemontrasikan hasil diskusi 2. y Kegiatan Inti y y Siswa membaca atau menelaah materi tentang iman kepada rasul. Alat/sumber Belajar : y y Buku paket pendidikan agama islam untuk SMP Kelas VIII Membangun Akidah dan Ahlak untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah . Mempercayai tugas-tugas yang dibawanya untuk disampaikan kepada umatnya 5. y y Menyimpulkan beberapa ketentuan tentang iman kepada rasul Memberi tugas untuk menghafal sifat-sifat raul. Siswa merumuskan tentang poin penting terkait dengan iman kepada rasul. Memperoleh teladan yang baik untuk menjalani hidup. Diskusi 4.4. Metode Pembelajaran : 1.

? d. Jelaskan pengertian iman kepada rasul Allah swt.? b. Sebutkan sifat-sifat jaiz bagi rasul Allah. Mengetahui Guru Pamong Guru peraktikan (Irfan Musadat MAg) (Husnur Rofiq) . c. Sebutkan salah satu dari tugas rasul Allah.Penilaian a.? e. Sebutkan sifat-sifat wajib bagi rasul Allah?. Sebutkan hikmah-hikmah beriman kepada rasul? Malang.

Maunah dan Irhas. Nabi Isa AS. Karomah. Maunah dan Irhas. Nabi Muhammad SAW. y Menyebutkan persamaan dan perbedaan antara Karomah. y Menjelaskan manfaat Karamah. Nabi Musa AS. y Menunjukkan dalil tentang Mukjizat Allah yang diberikan kepada Rasulnya. y Menunjukkan persamaan dan perbedaan Karomah. y Menyebutkan contoh Mukjizat yang diberikan kepada Rasul seperti Nabi Ibrahim AS. Karomah. Alokasi Waktu : 40 X 3 Pertemuan Tujuan Pembelajaran : y Siswa dapat mengartikan Mukjizat. y Menunjukkan contoh Mukjizat yang diberikan kepada para Rosulnya. . Maunah dan Irhas. Kompetensi Dasar : y Menjelaskan pengertian Mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (Karomah.RENCANA PEKAN PEMBELAJARAN (RPP) MTS Mata Pelajaran Kelas/Semester : Negeri kepanjen : Pendidikan Agama Islam : VIII Setandar Kompetensi : Memahami Mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya. Maunah dan Irhas bagi orang yang menerimanya. Maunah dan Irhas). Indikator : y menjelaskan pengertian Mukjizat. Maunah dan Irhas.

Pengertian Mukjizat Menurut bahasa. yang akan membuat tengkuk mereka tunduk dengan rendah hati kepadanya (Q. Allah swt. dan dipegang. Mukjizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada diri Nabi atau Rasul Allah. Menurut istilah. y Siswa dapat menyebutkan manfaat orang yang menerimah Karomah. dirasakan dan dipegang. dirasakan. didengar. Mukjizat Maknawiyah. Nabi Musa AS. y Siswa dapat menyebutkan persamaan dan perbedaan antara Karamah. Macam-macam Mukjizat yang Dimiliki para Rasul. yaitu mukjizat hisiyah dan maknawiyah. 1. asy-Syu¶ara/ 26 :4) B. Mukjizat maknawiyah ialah mukjizat yang tidak dapat dilihat. Maunah dan Irhas. didengar. dicium. Nabi Muhammad SAW. y Siswa dapat menunjukkan contoh mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS.y Siswa dapat member contoh Mukjizat. 2. Nabi Musa AS. Berfirman sebagai berikut: 4 . Mukjizat dapat dibagi menjadi dua macam. Mukjizat berarti yang melemahkan atau mengalahkan. Maunah dan Irhas. Mukjisat Hisiyah Mukjizat hisiyah ialah mukjizat yang dapat dilihat. Maunah dan Irhas. Apabila dilihat dari sifatnya. Materi Pembelajaran Mukjizat dan Kejadian Luar Biasa A.S. Karomah. y Siswa dapat melafalkan dalil tentang Mukjizat Allah yang diberikan kepada Rasul. niscaya kami turunkan kepada mereka Mukjizat dari langit. Mukjizat hisiyah ditunjukkan kepada orang yang kurang mampu menggunakan akal pikirannya secara baik. Mukjizat ini hanya dapat . Artinya : jika kami menghendaki.

Mukjizat Nabi Ibrahim a. Mukjizat nabi Musa adalah tongkat yang dapat berubah menjadi ular dan cahaya terang yang keluar dari kedua tangan beliau. Pada waktu itu Allah swt. Raja Namrud memerintahkan rakyatnya untuk membakar nabi Ibrahim dan perintah itupun segera dilakukan nabi Ibrahim di lempar kedalam api yang menyala-nyala dan berdo¶a: Artinya: Ya Allah! Engkau Esa di langit dan aku sendirian di bumi.. Mukjizat Nabi Musa a.tetapi mereka tetap teguh didalam menyampaikan ajaran syariat agama. . C. Mukjizat Nabi Ibrahim a. berbudi luhur.s. Para Nabi tersebut mendapat gelar Ulul Azmi. Mukjizat itu diterima Nabi Musa a.berfirman sebagai berikut. Kaum yang didakwahi waktu itu berada dalam kekuasaan raja zalim yang bernama Namrud. Nabi Ibrahim di utus Allah swt. Musa a. dan meninggalkan penyembahan terhadap berhala.s.s.. 1. Mereka masingmasing menghadapi musuh-musuh yang berat dalam melaksanakan dakwa. Tiada seorangpun yang taat kepadamu selain aku. (69 Artinya Allah berfirman ³ Wahai api ! Jadila kamu dingin.dimengerti dan dikenal oleh orang yang berfikiran sehat.. Dakwanya mendapat tantangan yang berat dari raja Namrud dan juga ayahnya sendiri. dan Nabi Muhammad saw. ketika berada dilembah suci bernama Tuwa. dan penyelamat bagi Ibrahim´ (QS al-Anbiya/ 21: 69) 2. dan berperasaan halus. hangus terbakar.s.. Bagiku cukuplah Allah sebaikbaik tempat berserah diri.s. (bukit turisina) ) .s. Setelah Nabi Ibrahim benar-benar terlempar ketengah kobaran api Raja Namrud dan rakyatnya bergembira karna yakin Nabi Ibrahim a. Untuk mengajak manusia patuh kepadanya.

Maunah dan Irhas. Dan yang paling besar dan istimewah Mukjizat Rasulullah saw. y Karomah Menurut bahasa karomah berarti kemuliyaan. Sebagai nabi akhir zaman. Maunah dan Irhas. Diskusi 4. Perbedaan antara Karomah. Karomah dianugerahkan kepada wali 2. bertakwa dan beramal saleh kepada Allah swt. Demontrasi : guru memberikan materi yang akan dipelajari melalui : guru memberikan pertanyaan±pertanyaan pada siswa : Siswa berdiskusi tentang materi yang dipelajari : Siswa mendemontrasikan hasil diskusi Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran: . 1. y Maunah Berarti pertolongan. Metode Pembelajaran : 1. Menurut ulama sufi. y Irhas Ialah kejadian luar biasa yang ada pada diri calon Nabi atau rasul ketika masi kecil.Dakwah Nabi Musa a. mendapat tantangan berat dari dari Raja Fir¶aun untuk beradu sihir. Mukjizat Nabi Muhammad SAW. berarti keadaan luar biasa yang diberikan Allah swt kepada para wali-walinya ialah orang yang beriman. Tanya jawab 3. 3.. Rasulullah saw. 3. Maunah diberikan kepada siapapun dan bersifat umum untuk semua manusia. Adalah AL-Qur¶an yang akan tetap terjaga keasliannya sampai akhir zaman. baik yang berupa sabda maupun perbuatan. Kepada siapapun yang di kehendakinya baik kepada Nabi. Irhas dianugrahkan kepada calon Nabi atau Rasul Allah swt. Karomah. Mempunyai banyak sekali mukjizat. Wali maupun manusia biasa. Maunah dan Irhas. Ceramah 2. keluhuran dan anugrah. E. D. Maunah diberikan oleh Allah swt.s. Perbedaan antara Karomah.

Karomah. y Kegiatan Inti y y Siswa membaca atau menelaah materi tentang pengertian Mukjizat. y Memberi tugas untuk mengkaji kembali tentang Mukjizat. y Sebutkan contoh Mukjizat yang diberikan kepada Rasul seperti Nabi Ibrahim AS. Maunah dan Irhas bagi orang yang menerimanya. Alat/sumber Belajar : y y Buku paket pendidikan agama islam untuk SMP Kelas VIII Membangun Akidah dan Ahlak untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Penilaian y Jelaskan pengertian Mukjizat. Maunah dan Irhas. Maunah dan Irhas. Nabi Musa AS. y Kegiatan Penutup. Maunah dan Irhas. Malang. y Menyimpulkan beberapa ketentuan tentang Mukjizat. Mengetahui Guru Pamong Guru peraktikan (Irfan Musadat MAg) (Husnur Rofiq) . Karomah. Nabi Isa AS. y Sebutkan persamaan dan perbedaan antara Karomah. Karomah. Maunah dan Irhas. y Jelaskan manfaat Karamah. Maunah dan Irhas. Karomah. y Sebutkan dalil tentang Mukjizat Allah yang diberikan kepada Rasulnya. Siswa merumuskan tentang poin penting terkait dengan Mukjizat.y Kegiatan pendahuluan y y Memberi salam dan memulai pelajaran dengan berdo¶a Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan di capai. Nabi Muhammad SAW.

tawaduk. : y Siswa dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzan.RENCANA PEKAN PEMBELAJARAN (RPP) MTS Mata Pelajaran Kelas/Semester : Negeri kepanjen : Pendidikan Agama Islam : VIII Setandar Kompetensi : Menerapkan Ahlak Terpuji Kepada sesame Manusia Kompetensi Dasar : y Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzan. tawaduk. tasamuh dan taawun. tawaduk. y Siswa dapat mengidentifikasi bentuk dan contoh prilaku husnuzan. Indikator : y y y y Menjelaskan pengertian ahlak terpuji Menunjukkan cirri-ciri orang yang berahlak terpuji Mengklasifikasikan nilai-nilai ahlak terpuji Terbiasa berahlak terpuji terhadap diri sendiri dan kehidupan sehari-hari Alokasi Waktu : 40 x 2 jam (pertemuan) Tujuan Pembelajaran. tasamuh dan taawun. y Membiasakan prilaku husnuzan. tawaduk. tawaduk. dan taawun dalam kehidupan sehari-hari. tasamuh. . tasamuh. dan taawun y Mengidentifikasi bentuk dan contoh prilaku husnuzan. dan taawun y Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzan. tasamuh. tawaduk. dan taawundalam fenomena kehidupan. tasamuh.

tidal menampakkan kemampuan yang dimilik. tasamuh dan taawun dalam fenomena kehidupan. Bentuk-bentuk prilaku tawaduk antara lain: y Menghormati kepada orang yang lebih tua atau lebih pandai dari pada dirinya y y y y Saying kepada yang lebih muda atau lebih rendah kedudukannya. Siswa dapat membiasakan prilaku husnuzan. tawaduk. perkiraan. tasamuh dan taawun. husnuzan berarti prasangka. y Materi Pembelajaran : Ahlak Terpuji Kepada Sesama Manusia. Lawan kata tawaduk ialah takabur.y Siswa dapat menunjukkan nilai-nilai positif husnuzan. tawaduk. y Tawaduk Tawaduk adalah rendah hati. Orang yang tawaduk adalah orang yang merendakan diri dalam pergaulan. dugaan baik. Dengan demikian. Lawan kata husnuzan ialah suuzan yakni berprasangka buruk terhadap seseorang. Dampak positif prilaku Tawaduk y Menimbulkan rasa simpati orang lain sehingga suka bergaul dengannya y Akan dihormati secara tulus oleh pihak lain sehingga sesuai naluri setiap manusia ingin dihormati dan menghormati. Sikap tawaduk disukai dalam pergaulan sehingga menimbulkan rasa simpati dari pihak lain. y Husnuzan Kata husnuzan berasal dari lafal (baik) dan (prasangka). y Mempererat hubungan persaudaraan antara dirinya dan orang lain. . Menghargai pendapat dan pembicaraan orang lain Bersedia mengala demi kepentingan umum Tidak suka disanjung orang lain atas kebaikan atau keberhasilan yang di capai.

al-Kafirun/ 109:6) Dampak Positif Prilaku Tasamuh dalam Kehidupan antaralain: y Memuaskan batin orang lain karna dapat mengambil hak sebagaimana mestinya y kepuasan batin yang tercermin dalam raut wajahnya menjadikan semakin eratnya hubungan persaudaraan orang lain dengan dirinya. Artinya : Untukmu agamamu dan untukku agamaku. (Q.S al-Maidah 5:2) Dampak positif taawun Terpenuhinya kebutuhan hidup berkat kebersamaan. dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. (Q.y Mengangkat derajat dirinya sendiri dalam pandangan Allah maupun sesama manusia. y Taawun Kata taawun berasal dari bahasa arab yang berarti tolong menolong. Memperingan tugas berat karna dilakukan secara bersama-sama. naluri bertaawun telah dimiliki setiap manusia sejak masih usia anak-anak. saling menghormati. saling menghargai sesama manusia (sikap toleransi) Perintah untuk Bersikap Tasamuh: . Perintah untuk taawun 5:2 Artinya Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa. y y y y .S. Terwujudnya persatuan dan kesatuan sesama anggota masyarakat. Pada hakikatnya. Menimbulkan rasa simpati kelompok masyarakat lain karna melihat kekompakan dalam meghadapi suatu urusan bersama . y Eratnya hubungan baik dengan orang lain dapat memperlancar terwujudnya kerja sama yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. y Tasamuh Tasamuh berarti sikap tenggang rasa. bantu membantu dengan sesama manusia. y Dapat memperluas kesempatan untuk memperoleh rezeki karna banyak relasi.

Diskusi 4. . y Alat/sumber Belajar : y y Buku paket pendidikan agama islam untuk SMP Kelas VIII Membangun Akidah dan Ahlak untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Penilaian y y y Jelaskan pengertian dan pentingnya husnuzan. y Memberi tugas untuk mengkaji kembali tentang husnuzan. y Siswa merumuskan tentang poin penting terkait dengan husnuzan. tawaduk. tawaduk.Metode Pembelajaran : 1. dan taawun Berikan contoh prilaku husnuzan. tawaduk. Demontrasi : guru memberikan materi yang akan dipelajari melalui : Siswa berdiskusi tentang materi yang dipelajari : Siswa mendemontrasikan hasil diskusi 2. Ceramah 3. tawaduk. Tanya jawab : guru memberikan pertanyaan±pertanyaan pada siswa Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran: y Kegiatan pendahuluan y y Memberi salam dan memulai pelajaran dengan berdo¶a Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan di capai. tasamuh. y Kegiatan Penutup. y Menyimpulkan beberapa ketentuan tentang ahlak terpuji kepada sesame manusia. dan taawun Sebutkan nilai-nilai positif dari husnuzan. y Kegiatan Inti y Siswa membaca atau menelaah materi tentang pengertian akhlak terpuji kepada sesama manusia. y Berikan contoh prilaku husnuzan. . dan taawun dalam kehidupan sehari-hari. tawaduk. tasamuh. tasamuh dan taawun. dan taawun dalam fenomena kehidupan. tasamuh. tasamuh dan taawun. tasamuh. tawaduk.

Mengetahui Guru Pamong Guru peraktikan (Irfan Musadat MAg) (Husnur Rofiq .Malang.