Pengertian Teknik Industri

Teknik Industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berkenaan dengan perbaikan, implementasi,

dan evaluasi sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi, dan proses. Pada dasarnya, ilmu Teknik Industri dapat dibagi ke dalam tiga bidang keahlian, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, dan Sistem Industri dan Tekno Ekonomi. 1) Sistem Manufaktur Sistem manufaktur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, material, energy, dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam sistem manufaktur ini adalah antara lain Sistem Produksi, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Pemodelan Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik 2) Manajemen Industri

Operational Research. Kebutuhan dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi aktivitas produksi juga menjadi salah satu pendorong munculnya disiplin ini. Logika Pemrograman. Letak Kota Surakarta yang strategis tersebut menjadikannya sebagai jalur perdagangan dan banyak didirikan industri di sekitarnya (se-Eks-Karisidenan Surakarta). Kota Surakarta (Solo) itu sendiri adalah salah satu kota di Propinsi Jawa Tengah yang letaknya cukup strategis yakni menjadi jalur penghubung kota-kota di Jawa Timur dengan Propinsi Yogyakarta dan kota-kota di Propinsi Jawa Tengah baik yang di jalur pantai utara maupun pantai selatan. Sistem Logistik. pengoperasian serta pengendalian suatu sistem produksi/industri yang luas dan kompleks. Manajemen Kualitas. Disiplin ilmu teknik industri pada dasarnya memberikan bekal pada seseorang menyelesaikan suatu permasalahan industri dengan pendekatan sistem (system approach). Recent Posts Sejarah Teknik Industri Universitas Sebelas Maret UNS February 24th. Kata Teknik Industri itu sendiri diambil dari kata industrial engineering sebagai suatu disiplin ilmu keteknikan yang lahir melalui suatu proses evolusi yang lama sejak revolusi industri (sekitar dua abad lampau). dan Sistem Basis Data. Energi. dan Infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Manajemen Industri antara lain adalah Manajemen Keuangan. Teknologi. Kota Surakarta juga terkenal sebagai kota budaya. Manajemen Inovasi. Manajemen Sumber Daya Manusia. Disiplin ini muncul dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga yang ahli dan trampil dalam hal perancangan. Manajemen Keputusan dan Ekonomi Teknik. Manajemen Pemasarn. Informasi. masyarakat dan pemerintahan. Selain sebagai kota perdagangan dan industri. pengorganisasian. 2011 in Uncategorized by Wibisono Teknik Industri (TI) Universitas Sebelas Maret (UNS) didirikan pada bulan Juni 1998 dengan Nomor SK Pendirian Program Studi 53/DIKTI/Kep/1998 tertanggal 23 Pebruari 1998 yang ditandatangani oleh Dirjen DIKTI.Bidang keahlian manajemen industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem uasaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya insane dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis. 3) Sistem Industri dan Tekno Ekonomi Bidang keahlian dalam Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing Sistem Integral yang teriri atas Tenaga Kerja. Disiplin ini melihat permasalahan industri dengan tinjauan dari aspek-aspek teknis sesuai dengan atribut ilmu . Bidang keilmuan yang dipelajari didalam Sistem Industri dan Tekno Ekonomi antara lain adalah Statistika Industri. Pendirian TI UNS dilandasi perlunya menyediakan sumber daya manusia yang dapat memenuhi kebutuhan dunia industri di Indonesia atau lebih khusus di Kota Surakarta. Bahan Baku.

Oleh karena itu. Buddha. bidang pekerjaan yang bisa ditangani disiplin ini sangat luas seperti pabrik manufaktur. organisasi pemerintahan dan sebagainya. Selain itu. hal tersebut menjadi budaya yang ada di Indonesia.Contoh budaya agama yaitu Islam. Norma. baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya. bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Masalah itu adalah : Ø Aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities). dan lainnya. Macam-macam budaya diantaranya Budaya Agama. dirinya sendiri. dan sebagainya. Manusia dan Penderitaan. Asusila. Kristen. Tujuan ilmu budaya dasar (IBD) Tujuan dari IBD yaitu agar nilai-nilai sejarah budaya kita tidak terus memudar atau ditinggalkan begitu saja. dua masalah pokok . dengan kata lain melestarikan budya tersebut dengan semampu kita. akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Golongan Bahan Pelajaran IBD tersebut berkerangka pada titik tolak tujuan yang ditetapkan. 2010 Related Filed Under IBD (Ilmu Budaya Dasar) merupakan ilmu yang mempelajari nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tersebut. kita harus mencintai budaya bangsa sendiri.keteknikan (engineering) yang disandangnya dan juga aspek-aspek non teknis yaitu kondisi sosio ekonomi. jasa bank/asuransi. pendet. Manusia dan Keindahan. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Manusia dan . pengertian ilmu budaya dasar March 9th. dengan sesame. Industri yang dimaksud dalam disiplin ilmu teknik industri mencakup semua tipe usaha/produksi yang ada. Hindu. maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya Ø Pada hakekat manusia yang satu atau universal. dan sebagainya. ada juga Budaya seni tari yang banyak macamnya di Indonesia seperti Tari jaipong. nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. walaupun Indonesia berbeda-beda agama persatuan dan kesatuan yang akan di utamakan. Bagaimana hubungan manusia dengan alam. baik yang bergerak di sektor produksi barang jadi (industri manufaktur) ataupun jasa pelayanan (service industry). nilainilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Wawasan Tekno-Sosiol Ekonomi tersebut akhirnya menjadi ciri yang cukup terlihat pada profesi teknik industri. jasa transportasi/distribusi. Memiliki kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah : Manusia dan cinta kasih. rumah sakit.

widya. tapi juga termasuk ³kebatinan´ dan persoalan-persoalan lainnya. pengetahuan. ilmu dagang. Kata ilmu sudah digunakan masyarakat sejak ratusan tahun yang lalu. tetapi suatu usaha manusia untuk memuaskan dirinya selagi suatu fenomena tidak / belum dapat dijelaskan secara keilmuan. Di Indonesia. pangrawuh. Persamaan dan Perbedaan ilmu dan budaya Ø Merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran Ø Bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri Ø Mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan permasalahan sosial . ilmu mantek. parujnana. dan masih banyak lagi yang lainnya. dan sebagainya. jyotisa (ilmu perbintangan). why. kawruh. ilmu batin (kebatinan). Filsafat ilmu Filsafat adalah suatu ilmu yang kajiannya tidak hanya terbatas pada fakta-fakta saja melainkan sampai jauh diluar fakta hingga batas kemampuan logika manusia. Ilmu menjawab pertanyaan ³why´ dan ³how´ sedangkan filsafat menjawab pertanyaan ³why.. supakasastra (ilmu tataboga). Batas kajian ilmu adalah fakta sedangkan batas kajian filsafat adalah logika atau daya pikir manusia. yudanegara atau niti (ilmu politik). kawikihan. ilmu silat. Sebagaimana yang sudah kita kenal mengenai beberapa macam nama ilmu. Manusia dan harapan. Pengertian ilmu ilmu artinya adalah pengetahuan atau kepandaian. ilmu tauhid. contohnya kalpasastra (ilmu farmasi). sandisutra (sexiology). Sebagai contoh dulu orang percaya bahwa orang yang sakit lantaran diganggu dedemit. kecakapan. Dari penjelasan dan beberapa contohnya. dan masih banyak lagi. dan lain-lain. Sejak lebih dari seribu tahun yang lampau nenek moyang bangsa kita telah menghasilkan banyak macam ilmu. misalnya kepandaian. bahkan sebelum ada kata ilmu sudah dikenal kata-kata lain yang maksudnya sama. yaitu: 1. Manusia dan Pandangan hidup. meletusnya gunungapi adalah akibat dewa penguasa gunung tersebut murka. jnana. dan why´ dan seterusnya sampai jawaban paling akhir yang dapat diberikan oleh pikiran atau budi manusia (munkin juga pertanyaan-pertanyaannya terus dilakukan sampai never ending). wedastra (ilmu olah senjata). misalnya ilmu ukur. maka yang dimaksud pengetahuan atau kepandaian tersebut tidak saja berkenaan dengan masalah keadaan alam. ajaran. wagmika (ilmu pidato). ilmu bumi. Sementara ada yang berpendapat bahwa filsafat pada dasarnya bukanlah ilmu. maka tampak dengan jelas bahwa cakupan ilmu sangatlah luas. gempabumi terjadi karena Atlas dewa yang menyangga bumi ³gagaro lantaran ateul bujur´. dharmawidi (ilmu keadilan). ilmu hitam.Keadilan. ilmu hitung. Manusia dan kegelisahan. Persaman dan perbedaan ilmu dan budaya dibagi menjadi dua. Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian.

melainkan membantu manusia untuk mengambil putusan ± putusan tentang tujuan.Ø Ilmu Budaya Dasar diberikan pada tingkat perguruan tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas. nilai ±nilai. Sosiologi.sehingga dengan demikian filsafat dapat menelaah yang tidak dicarikan penyelesaianya oleh ilmu 2. Filsafat bisa merenungkan kembali asumsi ±asumsi yang telah ada untuk dikaji ulang tentang kebenaran asumsi. nilai ±nilai. filsafat bersifat pengetahuan sinopsis artinya melihat segala sesuatu dengan menekankan secara keseluruhan. Ø Ilmu bersifat deskritif tentang objeknya agar dapat menemukan fakta ± fakta. dilakukan dengan menggunakan akal pikiran yang didasarkan pada semua pengalaman insani. Ø Ilmu bersifat analisis dan hanya menggarap salah satu pengetahuan sebagai objek formalnya. karena keseluruhan memiliki sifat tersendiri yang tidak ada pada bagian ± bagiannya. karena keseluruhan memiliki sifat tersendiri yang tidak ada pada bagian ± bagiannya. Filfat tidak netral. dan lain-lain. netral dalam arti tidak memihak pada etnik tertentu. Filsafat tidak hanya menggambarkan sesuatu. Verifikasi terhadap teori dilakukan dengan jalan menguji dalam praktik berdasarkan metode ±metode ilmu yang empiris. dari tentang apa ±apa yang harus diperbuat manusia. Selain menghasilkan suatu konsep atau teori. netral dalam arti tidak memihak pada etnik tertentu. dari tentang . Ø Ilmu mengawali kerjanya dengan bertolak dari suatu asumsi yang tidak perlu diuji. Ø Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal artinya tidak memiliki kelompok mata pelajaran sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah mata pelajaran diantaranya Sejarah. melainkan membantu manusia untuk mengambil putusan ± putusan tentang tujuan. filsafat bersifat pengetahuan sinopsis artinya melihat segala sesuatu dengan menekankan secara keseluruhan. karena faktor ± faktor subjektif memegang peranan yang penting dalam berfilsafat. Ø Ilmu bersifat deskritif tentang objeknya agar dapat menemukan fakta ± fakta. Ekonomi. Filsafat tidak hanya menggambarkan sesuatu. Geografi. sudah diakui dan diyakini kebenarannya. filsafat juga menggunakan hasil ± hasil ilmu. Ø Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual. Perbedaan dan persamaan ilmu dan filsafat Ø Ilmu bersifat analisis dan hanya menggarap salah satu pengetahuan sebagai objek formalnya. Ø Ilmu menggunakan eksperimentasi terkontrol sebagai metode yang khas.

apa ±apa yang harus diperbuat manusia. sudah diakui dan diyakini kebenarannya. Filfat tidak netral. Ø Ilmu menggunakan eksperimentasi terkontrol sebagai metode yang khas. Ø Ilmu mengawali kerjanya dengan bertolak dari suatu asumsi yang tidak perlu diuji. dilakukan dengan menggunakan akal pikiran yang didasarkan pada semua pengalaman insani. Verifikasi terhadap teori dilakukan dengan jalan menguji dalam praktik berdasarkan metode ±metode ilmu yang empiris. Filsafat bisa merenungkan kembali asumsi ±asumsi yang telah ada untuk dikaji ulang tentang kebenaran asumsi. filsafat juga menggunakan hasil ± hasil ilmu. Selain menghasilkan suatu konsep atau teori.sehingga dengan demikian filsafat dapat menelaah yang tidak dicarikan penyelesaianya oleh ilmu . karena faktor ± faktor subjektif memegang peranan yang penting dalam berfilsafat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful