5 Contoh Lukisan Naturalis Dari 5 Seniman Indonesia

1. Lukisan Naturalis oleh Seniman Raden Saleh

2. Lukisan Naturalis Oleh Seniman Basoeki Abdullah

3. Lukisan Naturalis Oleh Seniman Trubus

4. Lukisan Naturalis Oleh Gambir Anom

5. Lukisan Naturalis Oleh Seniman Abdullah sudrio

Lukisan Naturalis oleh Seniman Gustav Klimt 2. Lukisan Naturalis Oleh Seniman Pierre-Auguste . Lukisan Naturalis Oleh Arief Smith 4. Lukisan Naturalis Oleh Seniman Pablo Picasso 3.Contoh 5 Lukisan Naturalis Oleh Seniman Mancanegara 1. Lukisan Naturalis Oleh Seniman Vincent van Gogh 5.

2 Macam Seni Terapan 1. Renaissance. Victoria. China. patung. di Amerika Serikat dan Eropa desain interior ini dirubah perkembangannya oelh para tokohnya. arsitek untuk bangunan-bangunan klasik gereja. seni lukis. pemerintah Yunani/Romawi. pameran. tidak ada tokoh yang tercatat (anonim). Pada abad ke 18. Desain interior adalah ilmu seni terapan dan keahlian dari cabang senirupa dengan tambahan dari keilmuan teknik bangunan. 2. Melayu. >Seni terapan ( Aplied Art ) adalah seni yang menjadikan fungsi sebagai tujuan utama dimana kreativitas artistik hanyalah komponen yang melengkapinya . masukan terkini. eklektikisme. kerajinan mebelair. Gaya yang ada waktu itu masuk ke mahzab neo-klasik adalah Baroque. Rococo. cabang keilmuan yang menyertainya adalah fashion. Perkembangan interior dekorator itu sendiri dipahami sebagai suatu budaya baru. dan menjadi suatu keahlian industri yang disebut interior dekorator. arsitektur dunia Salah satu tokoh yang terkenal gaya Art Nouveau (18001910. wilayah tertentu di belahan dunia (budaya Inca. pemahat. Mulanya pada abad ke 7 adalah adopsi karya tukang bangunan. Afrika) sebagai contoh Art Nouveau dan Art Deco dimana kota Paris adalah salah satu barometer fashion. King Henry VIII. . sebab mereka yang bergerak dari berbagai bidang tersebut banyak mengambil ide-ide dari negara. Jacobean. Queen Anne.

Oleh karena itu kelihatannya unik dan menarik. Patung Penolak Bala dipergunakan untuk menghindari sial atau pengaruh buruk atau jahat. Perlunya membuat ukiran Sapundu tersebut supaya tiang yang menjadi tempat mengikat hewan kurban lebih menarik. Patung ini terdiri dari berbagai macam jenis dan fungsi. 2. Patung Sapundu diukir secara spontan dan bentuknya bebas oleh orang yang membuatnya. Patung ini sebagai tanda bagi roh-roh halus penjaga air. agar anak ini dikemudian hari apabila mandi atau main di sungai tidak mendapat musibah. Patung ini dibuat dari kayu biasa atau kayu ulin yang dianggap memiliki kekuatan gaib atau magis. Patung Karuhei memiliki maksud dan tujuan tertentu. 4. yaitu untuk mendapatkan hasil ladang yang banyak. rotan atau batu yang dianggap memiliki kekuatan magis sesuai fungsi atau kegunaannya. .Patung karuhei badagang. misalnya : . 3. .Patung untuk melindungi masyarakat atau orang banyak biasanya disimpan di pinggir kampung. PATUNG PENOLAK BALA. Hewan yang diikat di Sapundu biasanya sapi atau kerbau. misalnya : . Patung karuhei biasanya dibuat dari berbagai macam jenis kayu. yaitu untuk mereka yang berdagang agar laris dan lancar usahanya.Patung karuhei malan. 5. Fungsinya adalah untuk menjaga / melindungi pengantin agar selalu sehat selama perkawinan berlangsung.5 Jenis Patung 1. PATUNG PASAK. Selain itu untuk menghindari seseorang dari berbagai bencana atau musibah. PATUNG UEI. PATUNG SAPUNDU. Patung ini untuk menusuk telur dan ketupat yang sudah direbus lalu kemudian dibuang ke sungai sebagai tanda bahwa bayi atau anak telah dimandikan atau disucikan. Patung diukir pada batang kayu ulin yang dipergunakan untuk mengikat hewan kurban pada saat upacara TIWAH. Patung-patung tersebut bisa diperoleh berdasarkan mimpi atau petunjuk orang pintar atau dukun. PATUNG KARUHEI Patung Karuhei adalah patung yang dianggap dapat mendatangkan rejeki atau petuah bagi pemakai atau pemiliknya. Patung Sapundu adalah patung yang dibuat dari kayu ulin. Patung Pasak adalah patung yang dibuat dari kayu ulin yang digunakan untuk keperluan upacara Nahunan. Patung Uei atau patung yang terbuat dari rotan dipergunakan untuk keperluan upacara perkawinan dan lain sebagainya.

JAYANTI MINAROSA (IX-4) . Wotgali dan Kalitengah. terbuka dan egaliter. Di desa Trusmi dan sekitarnya terdapat lebih dari 1000 tenaga kerja atau pengrajin batik. Kaliwulu. 2. Kaum laki-laki anggota tarekatlah yang pada awalnya merintis tradisi batik.2 Macam Batik Cirebon 1. karena dalam proses pembuatannya ada campur tangan laki-laki. Batik Trusmi yang Khas dari cirebon ini berasal dari Daerah sentra produksi batik Cirebon berada di desa Trusmi Plered Cirebon yang konon letaknya di luar Kota Cirebon sejauh 4 km menuju arah barat atau menuju arah Bandung. Tenaga kerja batik tersebut berasal dari beberapa daerah yang ada di sekitar desa Trusmi. Warna biru dan merah tua juga menggambarkan psikologi masyarakat pesisir yang lugas. seperti dari desa Gamel. Motif megamendung yang asli dari cirebon ini pada awalnya selalu berunsurkan warna biru diselingi warna merah menggambarkan maskulinitas dan suasana dinamis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful