C. ALAT MUSIK JAWA TENGAH 1.

kendang kempul

itu adalah sebutan buat jenis musik khas banyuwangian. pernah dengar kan? dinamakan kendang kempul karena instrumen kendang dan kempul tidak ketinggalan dalam setiap komposisi musiknya. selain itu biasanya juga angklung ikut serta. penyuka jenis musik ini cukup banyak, terdistribusi mulai dari banyuwangi terus ke barat sampai surabaya. musisi kendang kempul cukup produktif, apalagi jaman sekarang untuk bikin rekaman enggak harus ke jakarta, di daerah sudah bisa. label lokal cukup banyak, tapi temtu saja enggak bisa dibandingin sama label raksasa seperti sony music, warner music, musica studio. meski begitu kualitas rekamannya memadai, baik yang original maupun bajakannya. kendang kempul adalah musik campursari, jadi campuran dari genre musik yang berbeda. campursari sendiri ada beragam, dulu mendiang ki nartosabdo, dalang kenamaan dari java tengah, adalah dedengkotnya campursari, beliau memakai media musik gamelan. campursari generasi berikutnya misalnya campursarinya manthous dari gunung kidul, campursarinya siapa itu yg gondrong yg lagunya itu stasiun balapan, itu lho adiknya mamik pelawak srimulat, duh lupa namanya, pakai media musik diatonik. kalau gamelan java itu pentatonik. saat ini ada bbrp warna kendang kempul, ada yg campur dg instrumen musik bali, ada yg dikroncongkan, ada yg didangdutkan, ada yg mengandung warna musik latin, ada yg masih pake alat musik bambu. oh iya, alat musik bambu adalah juga alat musik tradisional banyuwangi, ada angklung, kempul, kendang dsb. terbuat dari bambu.

13

kempyang. Ini adalah koleksi gong kecil (kadang-kadang disebut ceret atau pot ) ditempatkan secara horizontal ke string dalam bingkai kayu (rancak). Bonang ini mirip dengan reong Bali. Masing-masing sesuai untuk lapangan tertentu dalam skala yang sesuai. saling layu dengan atau bermain di dua kali kecepatan dari bonang barung. Ia memainkan irama tercepat bonang itu. kethuk. dilas dan dingin-dipalu besi. tetapi di sekelilingnya yang bernada rendah memiliki kepala datar. dan kenong. dan juga secara umum mencakup dua oktaf. Ketika hadir dalam gamelan Solo-gaya. Dalam gamelan Jawa Tengah ada tiga jenis bonang yang digunakan: y Panerus Bonang adalah yang tertinggi dari mereka. dalam gamelan Suriname-gaya. kira-kira kelas yang sama dengan demung dan saron gabungan.2. sehingga ada yang berbeda untuk bonang pelog dan slendro. Bonang dapat dibuat dari perunggu dipalsukan. mungkin hanya memiliki satu baris dari enam (slendro) atau tujuh ceret terdengar dalam daftar yang sama seperti slenthem tersebut. seluas sekitar kisaran yang sama dengan saron dan peking gabungan. Hal ini mirip dengan gong memeluk lain di gamelan itu. dan menggunakan ketel terkecil. sedangkan yang lebih tinggi memiliki melengkung satu. karena banyak memberikan isyarat untuk pemain lain dalam gamelan. Ini adalah salah satu instrumen yang paling penting dalam ansambel tersebut. y y 14 . Pada umumnya mencakup dua oktaf (kadang-kadang lebih dalam slendro pada instrumen Solo-gaya). Semua ceret memiliki bos pusat. Mereka biasanya dipukul dengan tongkat berlapis (tabuh). Barung Bonang adalah bernada satu oktaf di bawah bonang panerus. biasanya memainkan balungan lain dari itu. seluas sekitar kisaran yang sama dengan slenthem dan demung gabungan. bonang juga merupakan instrumen melodi terkemuka di Degung Gamelan Sunda. bonang ekonomis terbuat dari besi dipalu atau kuningan pelat dengan mengangkat bos sering ditemukan di desa gamelan.Alat Musik Bonang Posted on November 16. Selain bentuk gongberbentuk ceret. baik satu atau dua baris lebar. Panembung Bonang adalah nada terendah. 2010 by taoefiq27 Bonang adalah alat musik yang digunakan dalam gamelan Jawa. Hal ini dicadangkan untuk repertoire yang paling keras. dan di beberapa gamelan Amerika. Hal ini lebih sering terjadi pada gamelan gaya Yogyakarta. atau kombinasi dari logam.

yang menjadi 15 .3.Gamelan Jawa Gamelan jawa adalah kumpulan musik .musik tradisional suatu kelompok seperti orkhestra (modern) yang ada di Jawa Tengah.

Ada dua macam gong. Gong menandai permulaan dan akhiran gendhing dan memberi rasa keseimbangan setelah berlalunya kalimat lagu gendhing yang panjang. srepegan. ditabuh untuk menandai akhiran gendhing yang berstruktur pendek. seperti lancaran. dan sampak. Sedangkan gong suwukan (siyem) adalah Gong gantung berukuran sedang. berukuran besar atau sedang. Gong sangat penting untuk menandai berakhirnya satuan kelompok dasar lagu. Gong ageng merupakan gong gantung besar. ditabuh untuk menandai permulaan dan akhiran kelompok dasar lagu (gongan) gendhing. ditabuh di tengah-tengah bundarannya (pencu) dengan tabuh bundar berlapis kain. yaitu gong ageng (besar) dan gong suwukan (gong siyem yang berukuran sedang). sehingga kelompok itu sendiri (yaitu kalimat lagu di antara dua tabuhan gong) dinamakan gongan 16 . sehingga kelompok itu sendiri (yaitu kalimat lagu di antara dua tabuhan gong) dinamakan gongan. Gong sangat penting untuk menandai berakhirnya satuan kelompok dasar lagu. Gong menandai permulaan dan akhiran gendhing dan memberi rasa keseimbangan setelah berlalunya kalimat lagu gendhing yang panjang.Gamelan: Gong : ‡ Gong Ricikan gong khususnya menunjuk pada gong gantung berposisi vertikal.4.

17 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful