MAKALAH

JARINGAN KOMPUTER
( Metropolitan Area Network )

Disusun Oleh: 1) Nurun Nisa’ 2) Mufarikah (2009-53-067) (2009-53-088)

3) Lutfia Maharani (2009-53-094) Kelas: B

FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MURIA KUDUS 2011/2012

1

Kami menyadari bahwa makalah ini masih ada kekurangan. Terima kasih Penulis 2 . Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Tanpa pertolongan-Nya mungkin kami tidak akan sanggup terselesaikan dengan baik. dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.KATA PENGANTAR Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Makalah ini kami susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas pengetahuan tentang MAN (Metropolitan Area Network). Untuk itu kami mohon untuk saran dan kritiknya yang bersifat membangun. Namun.

..7 BAB III PENUTUP Kesimpulan………………………………………………………………………..Daftar Isi KATA PENGANTAR…………………………………………………………………... Tujuan……………………………………………………………………………. Latar Belakang……………………………………………………………………... Implementasi Metropolitan Area Network……………………………………..9 DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………….....4 B. Keuntungan dan Kerugian dari MAN…………………………………………...2 BAB I PENDAHULUAN A. Rumusan Masalah…………………………………………………………………. Definisi Metropolitan Area Network……………………………………………5 B...….10 3 ....4 BAB II PEMBAHASAN A.....7 D..... Contoh kasus…………………………………………………………………….7 C......4 C...

Latar Belakang Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan jenis LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. 3. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.BAB I PENDAHULUAN A. Definisi Metropolitan Area Network Implementasi Metropolitan Area Network Keuntungan dan Kerugian dari MAN Contoh kasus C. 2. Rumusan Masalah 1. 4. Tujuan Mengetahui Jaringan Komputer Metropolitan Area Network serta implementasinya. B. 4 .

MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana. dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh sebuah organisasi tunggal. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km. dan menyediakan layanan up-link untuk jaringan area luas (atau WAN) dan Internet. Mereka akan sering menyediakan sarana untuk internetworking jaringan lokal. seperti seratoptik link. tapi biasanya akan digunakan oleh banyak individu dan organisasi. Standar IEEE 802-2002 menggambarkan MAN sebagai: “MAN dioptimasi untuk area geografis yang lebih besar dari LAN. MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. dan menghubungkan mereka ke jaringan area yang lebih luas seperti Internet”. yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Definisi Metropolitan Area Network Suatu jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar. mulai dari beberapa blok bangunan untuk seluruh kota. 5 .” Penulis Kenneth C. MAN juga dapat bergantung pada saluran komunikasi moderatuntuk. Cakupan geografis yang jatuh antara WAN dan LAN.data kecepatan tinggi. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara. mendefinisikan sebuah jaringan area metropolitan sebagai: “Suatu Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer besar yang mencakup area metropolitan atau kampus.BAB II PEMBAHASAN A. MAN menyediakan konektivitas Internet untuk LAN di wilayah metropolitan. MAN juga mungkin dimiliki dan dioperasikan sebagai utilitas publik. MAN biasanya interkoneksi sejumlah jaringan area lokal (LAN) menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi. Laudon dan Jane P. Laudon (2001) Sistem Informasi Manajemen: Managing the Digital Firm 10th ed.

6 .

Revolusi informasi yang merupakan gabungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah sumber kekayaan bukan lagi materi seperti pada masa evolusi 7 . dan media jaringan Sohonet. seperti Internet peering points MAE-West. radio.6. Metro Ethernet) di kebanyakan daerah.B. Contoh kasus Sistem Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) Pusat Survei Geologi (Konsep Model dan Cara Pemanfaatannya Bagi User) Teknologi komputer (informatika) yang berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi telah menciptakan suatu Revolusi elektronik yang dapat menyalurkan berita atau data denga kecepatan cahaya ke seluruh tempat penjuru di dunia ini. dan SMDS. Menggunakan DQDB. adalah wilayah metropolitan jaringan standar untuk komunikasi data. MAN hubungan antara jaringan area lokal telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave. Distributed-queue dual bus. Keuntungan dan Kerugian MAN Keuntungan:  Biaya akses ke Internet lebih murah karena menggunakan Server  Informasi dapat lebih banyak di temukan oleh client  Dapat saling bertukar informasi/ data  Bisa dijadikan sebagai workstation Kerugian:  Jika menggunakan HUB akan lebih lambat dalam pengaksesan karena speed terbagi untuk client yang lain  Tidak bisa dijadikan sebagai Server D. FDDI. Beberapa jaringan terkenal dimulai sebagai MAN. Implementasi MAN Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM). Sebagian besar perusahaan sewa atau menyewa sirkuit dari operator umum karena fakta bahwa peletakan kabel panjang yang membentang mahal. C. atau infra-merah link laser. Teknologi ini dalam proses digantikan oleh koneksi berbasis Ethernet (misalnya. MAE-East. jaringan bisa sampai 20 mil (30 km) dan beroperasi pada kecepatan 34-155 Mbit / s. Hal ini ditentukan dalam standar IEEE 802. DQDB.

Pusat Survei Geologi mempunyai tugas dan fungsi diantaranya adalah melakukan penelitian. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km. hal ini dapat di lihat dari banyaknya suatu instasi/perusahaan yang telah memanfaatkan sistem jaringan komputer (network) dalam pengelolaan dan komunikasi datanya. Sistem jaringan yang tepat untuk menangani hal tersebut. Pusat Survei Geologi yang memiliki 3 (tiga) komplek gedung yang berjauhan yaitu komplek Diponegoro sebagai komplek gedung pusat. salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi jaringan Metropolitan Area Network (MAN). Melihat keadaan tersebut di atas maka diperlukan teknologi komunikasi data yang dapat menangani hal tersebut di atas.industri tetapi berupa informasi. pemetaan geologi dan geofisika. 8 . kini telah banyak perusahaan/instansi yang telah menyadari perlunya mengikuti/memanfaatkan dari perkembangan teknologi tersebut. kemudian komplek gedung laboratorium kuarter di Pasteur dan komplek gedung Gedebage di jalan Soekarno Hatta yang berjarak sekitar 5 sampai 20 km. Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan jenis LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. salah satunya adalah instansi Pusat Survei Geologi (PSG). nilai inilah yang memunculkan slogan bahwa "Siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia". MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauan. Banyak data hasil penelitian lapangan dan pengolahan laboratorium yang harus segera di laporkan atau di integrasikan satu dengan lainnya menjadi terlambat dikarenakan pengiriman datanya lambat serta banyak lagi masalah-masalah lainnya. Tidak terlepas dari hal tersebut.

9 . Distributed-queue dual bus.BAB III PENUTUP Kesimpulan Suatu jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar. FDDI. dan bahkan dapat berhubungan dengan Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM). adalah wilayah metropolitan jaringan standar untuk komunikasi data. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara. DQDB. jaringan televisi kabel. dan SMDS.

Daftar Pustaka www.html http://en.blogspot.html 10 .elsadha.wikipedia.com/2009/11/metropolitan-area-network-man.org/wiki/Metropolitan_area_network anangss.org/2010/12/man-metropolitan-area-network.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful