Memasukkan Teks Pada Gambar di Adobe Photoshop CS 3

Diposkan oleh Sacharissa Davita , Rabu, 10 November 2010 03:46
Teks dalam dunia desain grafis memiliki peran yang penting dan dapat memperjelaskan informasi yang ingin disampaikan. Setelah itu teks juga dapat digunakan untuk membangun sebuah karakter desain sesuai dengan tujuan pembuatan. Teks dalam desain grafis antara lain digunakan pada iklan, brosur, poster, dan lain sebagainya. Manipulasi teks yang tepat, selain dapat menjalankan fungsi yang terdapat dalam program adobe photoshop, juga akan memberi sentuhan artistik tersendiri yang mencerminkan kualitas desain yang tidak asal/sembarangan. Cara yang paling mendasar untuk memasukkan teks ke dalam image/ gambar sebagai berikut : Bukalah gambar yang akan diberi teks melalui menu File> Open. Akan muncul menu pilihan gambar pada kotak dialogOpen. Pilih salah satu gambar lalu klik OK maka akan tampil gambar tersebut. Aktifkan Text Tool pada Toolbox. Klik pada objek. ketikkan teks “BALI” dengan pengaturan teks yang sudah diatur sesuai dengan keinginanuser pada Option bar. Setelah user mengetikkan teks tersebut, klik ikon Moov Tool agar teks dapat diubah posisinya. Teks dapat dibuat dengan bermacam-macam menu kreasi, hal itu dapat dilakukan karena penggunaan Warp Text. Berikut beberapa menu kreasi yang terdapat dalam program adobe photoshop : Arc Lower Bulge Flag Wave Fish Rise Fisheye Inflate Squeeze Twist

1. 2. 3. 4. 5.

a. b. c. d. e. f. g. h. i. j.

1) Arc Lower

2) Bridge Tipe Bridge adalah bentuk huruf dengan model huruf tengah lebih besar dari huruf kana kirinya. aktifkan Text Tool pada Toolbox kemudian klik lembar kerja. Contoh sebagai berikut : a) Ketikkan teks “BALIKU” b) User klik menu Warp Text pada Option bar dan pilih Bridge. pilih Wave. Cara penggunaan sebagai berikut : a) Siapkan teks yang akan user bentuk. Maka teks akan berubah seperti bendera. ikui langkah-langkah berikut : Misal ketikkan teks “JAWA TENGAH” dengan komposisi Font = Times New Roman = Regular. Klik menu Edit > Transform > Warp. Setelah lembar kerja terbuka. b) Klik menu Edit > Transform > Warp. Ikuti langkah-langkah berikut : a) Ketikkan teks pada lembar kerja. Untuk lebih jelas. klik ikon Move Tool agar teks dapat diubah bentuk.a) b) c) d) e) Efek teks ini berbentuk setengah lingkaran dengan pengaturan rata kanan. a) b) c) d) 4) Wave Wave membuat bentuk teks bergelombang atau melambai. kiri atau atas. ikuti langkah-langkah berikut : Buat lembar kerja baru dengan pengaturan yang diinginkan. Akan tampil menu pilihan bentuk Warped Text pada Option bar.Antialiasing = Sharp dan Color = Green. Klik menu drop down Warp Textkemudian pilih Arc Lower. 5) Fish Fish menciptakan bentuk huruf yang menyerupai bentuk ikan. . Pilih Flag. Font Size = 60pt. Untuk mengetahui. 3) Flag Flag adalah jenis teks bergelombang seperti bendera yang berkibar ditiup angin. Klik menu Edit > Transform > Warp. c) Maka teks akan berubah dari teks asli. c) Pada menu drop down. Setelah user mengetik teks tersebut. Ketikkan teks “ SEMARANG” dengan pengaturan teks pada Option bar.

pilih menu Edit> Trasform > Warp. hanya saja lebih bulat. Cara membuat sebagai berikut : a) Buat lembar kerja baru dengan menu File > New > Ctrl + N. b) Pilih menu Edit > Transform > Warp maka pada Option bar akan muncul menu pilihanWarp Text. d) Klik menu Warp Text dan pilih Fisheye. 8) Inflate Bentuk huruf ini hampir sama dengan bentukFisheye. 6) Rise Rise adalah bentuk teks meninggi atau mendaki. Ikuti langkah berikut : a) Siapkan lembar kerja baru user. c) Selanjut teks yang user buat akan berubah. Cara membuat sebagai berikut : a) Siapkan lembar kerja baru dengan pengaturan yang user inginkan. . c) Setelah user ketikkan teks. 10) Twist Bentuk Twist berbelok-belok atau berliku-liku seperti diterpa angin. b) Klik Text Tool. c) Pilih Squeeze maka kata yang user buat akan berubah. Setelah itu teks yang user buat akan berubah. c) Klik menu Edit > Transform > Warp. pilih fish. a) b) c) d) 7) Fisheye Fisheye adalah bentuk teks bergelembung. Berikut langkahlangkah penggunaan : a) Buat lembar kerja baru dengan menu File >New > Ctrl + N. 9) Squeeze Bentuk Warp Text Squeeze adalah kebalikan dari bentuk Inflate. Klik menu Edit > Transform > Warp. kemudian pilih Horizontal Type Tool pada Toolbox. Langkah-langkah penggunaan sebagai berikut : Klik Horizontal Type Tool pada Toolboxdan kemudian ketikkan teks. kemudian pada Option bar yang muncul.b) Klik menu Edit > Transform > Warp. b) Pilih Text Tool. Klik menu Warp Text pada Option barkemudian pilih Rise. Kemudian ketik teks yanguser inginkan. d) Klik Inflate pada menu Warp Text padaOption bar. Ketikkan sebuah teks.

. d) Maka hasil akan berubah. c) Pilih menu Edit > Transform > Warp dan pilih Twist pada Option bar.b) Pilih Horizontal Type Tool pada Toolboxdan ketikkan teks “KOMPUTER” dengan pengaturan teks.