AYAT-AYAT AL-QURAN TENTANG PERINTAH MENYANTUNI KAUM DHUAFA Kelompok 2 X IPA 4 : o Arung Samudra o Dyah Ayu o Nuke

Dhelta o Kevin Rifaldi o Puja Putra o Shella Handriana

kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros (Ayat 26) Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.SURAT AL ISRA AYAT 26-27 Terjemahan : Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya. (Ayat 27) .

Kosakata : .

Identifikasi Tajwid : .

seperti menggunakan harta untuk berfoyafoya.Hak tersebut dapat berupa materi atau nonmateri.Kandungan Ayat : A.Allah memerintahkan agar memberikan hak kepada : ‡ Keluarga dekat.yaitu bantuan agar tujuan mereka dapat tercapai B.seperti sedekah dan dikasihi ‡ Ibnu Sabil(musafir).Hak merupakan sesuatu yang harus diterima oleh seseorang.Beberapa perilaku keingkaran setan antara lain:  Mengingkari nikmat Allah swt Tidak bersyukur atas karunia dari Allah  Selalu membangkang terhadap perintah Allah  Selalu menggoda manusia agar berbuat kemungkaran .Allah melarang menghambur-hamburkan harta secara boros.seperti dihormati dan dikunjungi ‡ Orang miskin.

dan ibnu sabil antara lain : Membantu dalam memenuhi kebutuhan pokok yang bersifat materi.seperti yang diberlakukan kepada orang mampu Membantu memberi semangat dan lapangan pekerjaan kepada mereka sebagai upaya melepaskan mereka dari kesulitan hidup .dan sedekah Tidak membebani mereka dengan berbagai kewajiban(beban)yang memberatkan.dapat dilakukan melalui pemberian zakat.infak.orang miskin.Perilaku Memberikan Hak dan Menjauhi Perbuatan Boros sesuai dengan Surat Al Isra¶ Ayat 26-27 Bentuk kepedulian yang dapat diaplikasikan terhadap kerabat.

hari Kemudian. mendirikan shalat. . nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya. musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta dan (memerdekakan) hamba sahaya. dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji. akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah. anak-anak yatim. dan menunaikan zakat. penderitaan dan dalam peperangan. orang-orang miskin. malaikat-malaikat.Surat Al Baqarah Ayat 177 177) Terjemahan : Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa. dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan. kitab-kitab.

Kosakata : .

Identifikasi : .

Adapun ciri-ciri iman yang benar berdasarkan Surat Al Baqarah ayat 177 yaitu : ‡ Beriman kepada Allah.orang yang meminta minta.para malaikat.anak yatim.Kandungan Ayat : A.dan memerdekakan hamba sahaya ‡ Mendirikan salat dan menunaikan zakat ‡ Menepati janji bila berjanji dan selalu bersabar Adapun orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah yaitu  Menjalin hubungan yang baik dengan Allah swt  Menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia  menjalin hungungan yang baik dengan diri sendiri : .orang miskin.Kebajikan itu tidak terletak pada menghadapkan wajah ke arah timur dan barat tetapi kebajikan memiliki iman yang benar yakni kepercayaan yang tersimpan di hati.kitab-kitab.dan para nabi ‡ Memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat.hari kemudian.

misalnya mempererat tali persaudaraan  Mendirikan salat dan menunaikan zakat  Menepati janji apabila berjanji  Selalu sabar dalam melaksanakan perintah Allah.Perilaku yang sesuai dengan kandungan surat Al Baqarah : 177  Menyantuni kaum Dhu¶afa dan memberikan hak kepada yang menerimanya.menjauhi laranganNya dan sabar dalam menerima musibah .

CREATED BY : TARUNG SAMUDRA DYAH AYU NUKE DHEL A KEVIN RIFALDI PUJA PU RA SHELLA HANDRIANA .