P. 1
EKOSISTEM AKUARIUM

EKOSISTEM AKUARIUM

|Views: 1,086|Likes:
Published by alwincool1

More info:

Published by: alwincool1 on Feb 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

EKOSISTEM AKUARIUM

Makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu Tugas dari ibu Ati Darmawati.

Disusun oleh: -Damara Ismiraj Putri -Dewi Asri -Nida Amalia -Nisa Rahmawati -Nurul Laila Dewi

Kelas: 9B

SMP NEGERI 18 Bandu BANDUNG JL.SMP NO 5-6 TERUSAN IBRAHIM ADJIE (022) 756331 BANDUNG

Dalam ekosistem. yaitu: ``Organisme. ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbale balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme.Pengetian ini didasarkan pada hipotesis Gaia. dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik. suatu sistem. kehadiran. Organisme akan beradaptasi dengan ligkungan fisik. khususnya mikroorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada. inilah . kelimpahan dan penyebaran suatu spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya serta kondisi factor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies tersebut. organisme. Hal ini mengarah pada kenyataan bahwa kandungan kimia atmosfer dan bumi sangat terkendali dan sangat berbeda dengan planet lain dalam tata surya. Ekosistem bias dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. sebaliknya organism juga memengaruhi lingkungan fisik untuk keperluan hidup.EKOSISTEM Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhlukh hidup dengan lingkungannya. bersamasama dengan lingkungan fisik menghasilkan suatu sistem control yang menjaga keadaan di bumi cocok untuk kehidupan .

intesitas cahaya yang besar membuat peningkatan suhu sehingga hewan dan tubuhan tertekan. Iklim mikro meliputi iklim . 6. Beberapa organism terestrial beradaptasi dengan lingkungan dengan kandungan garam tinggi. 1 Komponen pembentuk Komponen-komponen pembentuk ekosistem adalah: ABIOTIK Abiotik atau komponen tak hidup adalah komponen fisik dan kimia yang merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan. atau lingkungan tempat berlangsungnya kehidupan. Air. Iklim.ketersediaan air memengaruhi distribusi organisme. yaitu: 1. dan factor yang memengaruhi distribusi organism. 2. atau lingkungan tempat hidup. 4. 3. 5. Intesitas dan kualitas cahaya memengaruhi proses fotosintesis. Sebagian besar komponen abiotik bervariasi dalam ruang dan waktunya. Tanah dan batu. Beberapa karakteristik tanah yang meliputi struktur fisik. Di gurun. Air dapat menyerap cahaya sehingga pada lingkungan air. Iklim makro meliputi iklim global. Kosentrasi garam memengaruhi kesetimbangan air dalam organisme melalui osmosis.yang disebut dengan hukum toleransi. Suhu. Organisme di gurun beradaptasi terhadap ketersediaan air di gurun. regional dan local. Mamalia dan unggas membutuhkan energy untuk meregulasi temperature tubuhnya. Komponen abiotik dapat berupa bahan organik. pH dan komposisi mineral membatasi penyebaran organisme berdasarkan pada kandungan sumber makanannya di tanah. senyawa anorganik. Cahaya matahari. Proses biologi dipengaruhi suhu. Iklim adalah kondisi cuaca dalam jangka waktu lama dalam suatu area. Garam. fotosintesis terjadi di sekitar permukaan yang terjangkau cahaya matahari.

dalam suatu daerah yang dihuni komunitas tertentu 2 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->