MAKALAH LESTARIKAN KEKAYAAN ALAM LAUT PAPUA

Dibuat untuk tugas akhir semester Mata Kuliah Ekowisata Perairan

Disusun oleh: Fajar Sakti Nur Hardiansyah / B04080136

INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 2011

Seribu jenis ikan karang. moluska. Salawati. Ada 1000 lebih jenis ikan terumbu karang. Berbagai jenis terumbu karang yang berwarna-warni seperti selimut menutupi tebing karang di selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Bantana hingga kepulauan Wayag. Beberapa hewan langka dan masuk dalam perlindungan dapat ditemukan disini. Hasilnya menunjukkan bahwa hamper 75 persen jenis terumbu karang dunia terdapat di Raja Ampat. lumba-lumba. Ahmad yunus) Wilayah perairan laut papua memang kerajaan bagi keanekaragam hayati dunia. Alam Raja Ampat yang terjaga dan lestari telah menjadi bagian jantung segitiga terumbu karang .serangga. Kaimana. Berbagai jenis burung endemic. The Nature Conservancy serta Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) telah melakukan sejumlah penelitian. ikan dugong.000 hektar ini. paus. diantaranya lumba-lumba bungkuk Indo Pacifik (Indo Pacific Humpback Dolphin) serta Paus Baleen Papua. Tak salah jika pesona Raja Ampat pun menjadi terkenal hingga mancanegara. ketika air laut surut hamparan terumbu karang bahkan bias dilihat dengan mata telanjang. dan berbagai jenis penyu adalah penghuni di kawasan seluas 60. Raja Ampat adalah salah satu dari empat kawasan konservasi perairan di papua. Di antaranya Waigeo. ada 640 pulau kecil lainnya yang tersebar. dan Batanta. Selain itu. penyu. Dengan pasir putih yang halus dan membentuk cincin pada setiap pulau. Sinar matahari menghangatkan hutang terumbu karang tersebut tanpa maerusaknya. paus. Perairan yang tenang dan siluet saat matahari terbenam membuat Raja Ampat menjadi salah satu tempat eksotik di Indonesia timur. Pohon-pohon tumbuh besar seperti hamparan zamrud di lautan. Tiga kawasan konservasi lainnya adalah perairan di Sorong. dan Biak Numfor.tujuh puluh lima persenjenis terumbu karang dunia hidup dan berkembang dengan alami di kawasan Raja Ampat. Raja Ampat memiliki empat pulau besar. dan moluska yang hidup berkembang secara lestari.dan anggrek juga menjadi keunikan kawasan ini. Terumbu karang yang alami serta jenis ikan dan moluska yang hidup disini memiliki tingkat keragaman hayati paling tinggi.Ringkasan: LESTARIKAN KEKAYAAN ALAM LAUT PAPUA (Sumber: PAPUA Jejak Langkah Penuh Kesan oleh Frino Bariarcianur. Lembaga internasional seperti Conservation International (CI). Di Kampung Saondarek. Mutiara keindahan papua tak hanya berada di kehidupan bawah lautnya. dugong.

dengan pasir putih yang mengelilingi pulaunya. Motivasi fisik : pengunjung dapat menikmati panorama pantai yang membentang luas. Pulau Ayau. Adanya partisipasi masyarakat yang ditunjukkan dengan ikutnya masyarakat dalam memantau berjalannya peraturan adat Sasi. memiliki kearifan budaya local baarnama Sasi. dimana pengunjung maupun masyarakat di daerah tersebut harus mendukung dan menjaga kelestarian alam agar flora dan fauna di kawasan tersebut tetap lestari. b. akan menambah jumlah wisatawan yang masuk dan akan menambah devisa Negara dan pendapatan daerah. yacht maupun kapal pinisi yang mengembangkan ekowisata menetapkan Raja Ampat sebagai tujuan wisata utama. c. Peraturan adat tersebut secara tidak langsung juga memberikan pendidikan konservasi lingkungan kepada wisatawan. penyelam. Motivasi status dan martabat : panorama yang indah dari kekayaan alam laut papua membuat kawasan ini terkenal hingga ke mancanegara. Motivasi Antar Pribadi : pengunjung dapat bertemu dan mengenal lebih dalam tentang orang-orang suku papua yang ramah dan baik hati. Hal ini akan membuat kepuasan tersendiri bagi pengunjung yang pernah berkunjung kesana. kerapu. Sehingga dengan adanya mutu dan pelayanan yang baik. dan udang-udangan. Contohnya adat Sasi. Jenis ikannya antara lain: kakap. Pariwisata yang terdapat di daerah ini secara garis besar telah memenuhi 8 prinsip ekowisata. salah satu pulau kecil di Raja Ampat. diharapkan ikan-ikan dapat berkembang dan mencukupi kebutuhan makanan bagi masyarakat. dimana peraturan tersebut akan mencegah dan menanggulangi dampak kegiatan wisatawan terhadap alam dan budaya. Ketua adat menetapkan aturan bersama bagi masyarakatnya untuk tidak menggangu satu wilayah dalam kurun waktu tertentu. kapal-kapal layar. d. a.dunia. Dengan adanya partisipasi masyarakat ini akan menambah pendapatan ekonomi masyarakat local. fotografer bawah laut. Hal tersebut terwujud dalam berbagai tindakan seperti menerapkan peraturan adat Sasi. Motivasi budaya : pengunjung dapat mengetahui adat-adat suku di papua. Peneliti. Dengan Sasi. Tempat ini merupakan lokasi pemijahan ikan-ikan untuk bertelur. . Analisis: Perairan yang terdapat di Papua menjadikan pengunjung dapat memenuhi kebutuhan ataupun keinginan dalam berwisata sesuai dengan motivasi wisatanya masing-masing.

ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaan program wisata ini yaitu. Hal ini nantinya akan mengakibatkan pergeseran keseimbangan kelestarian alam karena daya dukung alam yang tidak sanggup menampung kapasitas wisatawan yang berlebihan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pengembangan pariwisata dilihat dari aspek market. Selain itu. dapat memberikan perhatian lebih terhadap potensi yang terdapat di kawasan laut Papua. membuat penyuluh dari pemerintah mengalami kesulitan dalam memberikan pembinaan tentang prosedur yang harus dijalankan. yang memiliki kekuasaan tertinggi. Pendidikan-pendidikan konservasi sangat penting diberikan untuk generasi muda. Misalnya hal-hal yang berkaitan tentang pelaporan. mendirikan market untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. pemerintah juga dapat mengirimkan beberapa orang ahli sebagai pelaksana kebijakan pengembangan ekowisata ke daerah tersebut. Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda terhadap kelestarian lingkungan sehingga mempunyai keinginan untuk berperan secara aktif dalam melestarikannya. agar masyarakat sekitar dapat belajar dan mencontoh secara langsung dan benar tentang pelaksanaan kebijakan yang sudah direncanakan. Bahkan tak jarang prosedur-prosedur yang seharusnya diterapkan dilalaikan begitu saja. Hal ini tidak lepas dari monitoring dari setiap pelaku kebijakan ekowisata. baik local maupun asing. namun juga mempertimbangkan aspek kelestarian alam. Sehingga potensi kekayaan alam laut Papua dapat dimanfaatkan dan dikembangkan tanpa harus mengeksploitasi alam dan menjaganya sehingga tetap lestari. Kurangnya monitoring akan berimbas pula terhadap kurang berlakunya kebijakan ekowisata. .Namun. Selain tidak adanya batasan pengunjung. Perhatian ini dapat berupa pemberian peta konsep pengembangan ekowisata yang tertuju bukan hanya untuk kepuasan wisatawan. Masyarakat local yang mayoritas memiliki budaya yang kental dari sukunya.terkadang apa yang di laporkan berbeda dengan keadaan aslinya. dari berbagai system yang diterapkan. yang direkomendasikan pemerintah ini. adanya kendala dalam pembinaan system perencanaan pengembangan pariwisata kepada masyarakat local juga menjadi masalah dalam penerapan kebijakan pengembangan ekowisata. Majunya objek wisata dan banyaknya wisatawan ini akan memancing pemilik modal/investor-investor. Apabila hal-hal diatas dapat terlaksana. Rekomendasi yang bisa diberikan adalah pemerintah pusat. Monitoring dari seorang yang ahli. tidak adanya batasan jumlah pengunjung yang datang. maka akan sesuai dengan strategi pelaksanaan kebijakan operasional. akan mengurangi kendala-kendala yang ada dilapangan.