ETIKA BATUK DAN BERSIN

Oleh: Phutri Pratiwy SMF KESEHATAN ANAK RSU DR SOEDARSO PONTIANAK Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura

.PENTINGNYA ETIKA BATUK DAN BERSIN ‡ Droplet infection adalah infeksi yang ditularkan dari orang ke orang melalui percikan air liur saat batuk atau bersin. Contohnya adalah influenza dan TBC ‡ Penyakit-penyakit ini menular dengan mudah dan cepat dikawasan ramai dan padat.

Sehingga orang disekitar kita rentan atau beresiko untuk tertular . air liur.‡ Saat kita batuk dan bersin. kuman dan virus sedikit banyak ikut keluar dan menyebar ke sekitar kita tanpa kita sadari.

‡ Membuang atau meletakkan tissue yang sudah dipakai disembarang tempat. ‡ Membuang ludah sudah batuk disembarang tempat. .KEBIASAAN BATUK YANG SALAH . ‡ Tidak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup mulut atau hidung saat batuk dan bersin. ‡ Tidak menggunakan masker saat flu atau batuk.. ‡ Tidak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum.

saputangan atau kain.ETIKA BATUK DAN BERSIN ‡ Tutup hidung dan mulut dengan tisu. .

‡ Jika tidak ada jangan tutup menggunakan tangan melainkan GUNAKAN LENGAN DALAM BAJU ANDA .

‡ Segera buang tisu yang sudah dipakai ke dalam tempat sampah .

‡ Cuci tangan dengan menggunakan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol .

‡ Gunakan masker jika sedang sakit atau ada yang sakit disekitar kita .

‡ Tidak sembarangan membuang dahak ataupun ludah setelah batuk .

YouTube.Video Pencegahan Flu A-H1N1 (Flu Babi) .FLV .

itu hanya boleh digunakan sekali dan diikuti segera dengan mencuci tangan dan membuang tissue pada tempat sampah.TIPS DAN PERINGATAN ‡ Ajarkan anak-anak cara yang tepat untuk batuk dan bersin untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit di udara ‡ Bersin pada lengan baju bagian dalam adalah cara penting untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit udara di seluruh dunia. . ‡ Jika menggunakan tissue.

HENTIKAN PENYEBARAN KUMANKUMAN YANG MEMBUAT ANDA DAN ORANG DISEKITAR ANDA SAKIT .

Tutup dengan tisu T E R I M A Tutup menggunakan lengan baju Buang tisu di tempat sampah Gunakan masker K A S I H Cuci tangan dengan sabun Atau dengan cairan berbasis alkohol .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful