y Dalam mengoperasikan PC, kita kadang - kadang

menemui suatu masalah di peripheral kita. Seperti, keyboard tidak dapat terdeteksi, fan tidak bisa berputar, mouse tidak dapat terdeteksi, dll. Sebelum kita menggantinya dengan yang baru, tidak ada salahnya apabila kita memerbaikinya terlebih dahulu.

Peralatan yang diperlukan. 2. Permasalahan dan kerusakan pada peripheral 3. Solusi dan cara perbaikannya
1.

Peralatan dan bahan untuk perawatan peripheral y Kuas y Penyedot debu mini y Kain kering atau tisu y Cairan pembersih / cleaner y Obeng .

Kuas Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang tertinggal dalam periferal. . kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi pada monitor serta dapat juga digunakan untuk membersihkan bola mouse yang sudah mulai lambat untuk mouse-mouse lama.

Obeng ada bermacam-macam bentuknya. Obeng sangat berguna sekali untuk membongkar dan memasang periferal untuk selanjutnya dilakukan perbaikan. serta obeng bintang/kembang. Untuk melakukan perbaikan periferal perlu dipersiapkan obeng dari berbagai ukuran. obeng (-). Mulai dari obeng (+) .Obeng Obeng merupakan alat yang paling penting dalam melakukan perbaikan periferal. Menu . dll.

fentilasi udara pada monitor dan pada fan atau kipas. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan keyboard. bahkan sangat baik digunakan untuk membersihkan rangkaian mainboard. . dimaksudkan untuk disesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada periferal. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam.Penyedot debu mini Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebih bersih.

Kain kering / tisu Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink. tinta atau air hujan. Kotoran cair ini sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan pada periferal. .

Cairan pembersih / cleaner cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti percikan dari tinta printer. Digunakan pada layar monitor. dan body printer. . body monitor. casing.

Selain debu dan kotoran padat. . dan juga dapat terjadi hubung pendek yang dapat mengakibatkan keyboard tak dapat dipakai kembali. Debu dan kotoran dapat masuk ke dalam keyboard melalui sela-sela tombol pada keyboard. Minuman yang tumpah merupakan penyebab yang sering terjadi yang membuat keyboard macet. Debu dan kotoran akan menumpuk menjadi banyak dan mengeras sehingga akan mengganggu kenyamanan dalam menekan tombol atau tombol keyboard akan menjadi keras.a) Keyboard. Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnya keyboard oleh komputer. dan yang paling parah menyebabkan port PS/2 pada motherboard rusak. kotoran jenis cair juga sangat sering terjadi. tombol seperti terpencet terus.

karena debu ini akan tersedot oleh fan casing maupun fan periferal yang lain. reboot dengan sendirinya dikarenakan fan pendingan mati . ‡ Debu ini akan menghambat putaran fan jika telah menempel pada poros dari fan tersebut.Masalah yang timbul komputer akan cepat panas.b) Fan ‡ Debu pada fan sangat sering dijumpai jika periferal komputer terletak pada ruang terbuka atau banyak debu. sering hang.

tombol power yang terdapat pada monitor sudah ditekan tetapi monitor tetap gelap dan tidak mau menyala. Selain pada layar. .c) Monitor Debu pada monitor akan membuat layar buram dan jika debu tersebut sudah menempel pada layar kemudian cara membersihkannya tidak benar dapat menggores layar monitor. Pada saat proses booting komputer. debu juga dapat menutupi fentilasi udara pada monitor yang akan menimbulkan panas yang berlebihan pada monitor. Untuk kotoran cair yang masuk ke dalam monitor dapat mengakibatkan kerusakan monitor.

dapat dilihat dari gerak kursor yang meloncat . terutama mouse yang masih menggunakan bola. Mouse bersentuhan langsung dengan alas (mousepad) dimana alas tersebut merupakan sumber debu.d) Mouse Mouse merupakan periferal paling rawan terhadap debu. hal ini akan membuat mouse sulit diarahkan. maka gerakan bola tidak normal. Menu .loncat ataupun dirasa sangat lambat. Jika debu telah banyak yang menempel pada mouse. Masalah yang sering terjadi pada mouse adalah mouse tidak dikenal oleh komputer.

Prosedur yang diambil harus disesuakan dengan jenis periferal dan kotoran yang berada pada periferal tersebut.Untuk melakukan pembersihan komponen pada periferal harus melalui cara atau prosedure tertentu. . Berikut langkah-langkah pembersihan komponen periferal.

Membersihkan keyboard dari debu dan kotoran: ‡ Gunakan kuas kecil atau v acuum cleaner dengan ujung sikat yang kecil dan sempit. ‡ Untuk tombol penghantar dibersihkan satu persatu pada bagian arang atau penghantarnya. . ‡ Untuk bagian konektor juga diperiksa terutama kabel. ‡ Untuk membersihkannya keyboard harus di buka terlebih dahulu. pada bagian dalam pada keyboard harus hati-hati dalam membersihkannya dikarenakan sangat rawan dengan goresan yang dapat mengakibatkan jalur menjadi putus. Sehingga debu atau kotoran dapat mudah tersedot.a) Keyboard Prosedur membersihkan keyboard dari kotoran cair : ‡ Gunakan lap kering atau tisu untuk membersihkan kotoran cair. karena kabel sangat kecil dan kabel keyboard biasanya sangat mudah ke himpit baik meja maupun benda lain.

. dan pesan kesalahan masih muncul. Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat Jika komputer dihidupkan kembali. Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul. kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak. berarti bukan keyboard yang rusak. Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak.Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke portnya di CPU. Tetapi bisa saja port keyboard di motherbord yang rusak.

.

Pastikan bahwa pemasangan sudah benar.‡ Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON. . Jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip-kedip. gantilah dengan kabel power lain. Apabila dengan pengecekan di atas masalah ini tetap tidak teratasi berarti ada problem pada sinyal video board adapter CRT. ‡ Apabila tetap tidak menyala. ‡ Jika lampu indikator tidak menyala. lihat kabel power baik pada monitor maupun yang ke arah outlet listrik. cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. Pastikan sudah terpasang dengan benar.

Memeriksa fan yang terdapat dalam casing komputer apakah kabel power sudah terpasang dengan baik. . kemungkinan besar fan rusak. serta diberi sedikit pelumas supaya gerakan fan tidak ada hambatan. Bersihkan kotoran-kotoran yang ada didalamnya. Jika sambungan kabel power sudah benar dan fan sudah bersih dari kotoran tetapi masih tetap mati. Lepas penutup poros fan.

c) Mouse Prosedur membersihkan mouse dari debu : Gunakan lap dan cairan pembersih kotoran atau debu yang menempel pada bola maupun poros pada mouse. . Cairan pembersih digunakan jika kotoran atau debu yang menempel pada bola atau poros susah dihilangkan.

komputer memunculkan pesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer. Apabila pesan kesalahan masih muncul. lakukan analisa selanjutnya. Setelah itu hidupkan kembali komputer. . Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Analisa pertama sehubungan dengan pesan tersebut adalah kabel mouse tidak terhubung dengan baik. Jika perlu lepas dan pasangkan kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya.Pada saat proses booting. Untuk melakukan perbaikan prosedur yang dilakukan: Matikan komputer. Pada saat melepas dan memasang mouse komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.

Langkah yang dilakukan : Klik kanan My Computer pada desktop windows Pilih properties>>Hardware>>Device Manager. . Hapus drive mouse yang lama dengan menggunakan tombol Remove. Untuk itu perlu melakukan pendeteksian ulang driver secara otomatis dengan windows melalui device manager. Maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Setelah itu restart ulang komputer.Analisa kedua adalah kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard dengan bantuan tombol Tab.

apakah terjadi hal yang sama. Atau kemudian coba dengan mouse yang lain. ada kemungkinan mouse rusak. .Jika sambungan dan driver mouse sudah benar tetapi ternyata mouse tidak terdeteksi oleh windows. Apabila masih tetap seperti itu. berarti port PS/2 nya yang rusak.

. Penyebab : Firmware dari harddisk tersebut bermasalah.Kerusakan yang sering pada harddisk y Harddisk Terdeteksi Di Bios Tetapi Tidak Bisa Digunakan. Solusi : Untuk gejala ini banyak terjadi pada harddisk merk Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda bisa download program Firmware dari website merk harddisk tersebut.

Solusi : Mengecek arus listrik yg mengalir ke harddisk Mengganti IC pada mainboard Harddisk Buka Penutup Cover harddisk dan cek posisi Head harddisk Cara yg extreme harddisk yg rusak bisa dikanibal dengan harddisk yang lain dengan kerusakan berbeda. . bisa dengan cara mengganti motherboardnya atau mengambil IC nya. IC pada motherboard harddisk rusak.Harddisk Tidak Terdeteksi Di Bios Dan Tidak Bisa Digunakan Penyebab : Kerusakan aliran arus listrik pada harddisk.

komponen yang rusak harus diperbaiki atau diganti termasuk instal ulang OS . jika ada dikeluarkan kemudian enter. Cek apakah kabel power/data hardisk sudah terpasang dengan baik Cek apakah ada kerusakan hardisk dengan cara detection hardisk pada BIOS.Muncul Pesan No System Disk / Invalid System Disk Pada Monitor Penyebab : Ada disket terpasang pada drive A Hardisk tidak dapat berfungsi Belum ada OS Kerusakan pada OS Solusi : Cek apakah ada disket terpasang pada floppy. scandisk pada program starupdisk Bila sudah dipastikan penyebabnya.

periksalah kombinasi warna media untuk melihat apakah kombinasi warna dapat bekerja lebih baik dari yang lain. dan lebih murah. beberap drive CD-ROM 1x yang sangat tua tida dapat membaca media CD-R. CD-RW Disc Pada CD-ROM Atau Drive DVD Solusi : Periksa kompatibilitas.Gagal Membaca CD-R. gunakan merek media yang lain. Banyak drive DVD model awal tidak dapat membaca media CD-R dan CD-RW. Drive CD-ROM harus MultiRed compatible untuk dapat membaca CD-RW karena pemantulan media yang lebih rendah. gantilah drive tersebut. Gantilah drive tersebut dengan model yang lebih baru. . lebih cepat. periksa kekompatibilitasnya. Jika beberapa CD-R dapat dibaca tetapi yang lain tidak.

Kerusakan pada saat perakitan y PC menyala kemudian mati. y PC menyala tetapi tidak ada tampilan di monitor y Saat penginstallan macet tiba tiba .

SELESAI .

wordpress.blogspot.DAFTAR PUSTAKA y http://wahyuari33.com/ .com/ y http://afrissmknpur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful